Master
Ou Yi, saat berusia muda hobi memperkaya ilmu, lihatlah hasil karyanya sampai ada
lebih dari 20 jenis. Beliau meninggal dunia pada usia yang masih tidak
terlampau tua. Juga merupakan jelmaan Buddha dan Bodhisattva yang
datang ke dunia ini guna memperlihatkan peragaan kepada kita semuanya supaya
kita jadi sadar.
Tujuan
kita datang ke dunia ini adalah demi meneruskan penyalaan pelita. Beliau
menerima warisan ajaran dari generasi sebelumnya, lalu mewariskannya pada
generasi selanjutnya, supaya Buddha Dharma dapat lestari di dunia ini dan
berlangsung dari generasi demi generasi, turun temurun tak terputus.
Diwariskan
kepada siapa? Tentu saja kepada insan yang berjodoh, kalau tidak berjodoh yah
tidak bisa. Jika jodoh Dharma-nya banyak, maka bisa diwariskan kepada beberapa
orang, jika jodoh Dharma-nya sedikit, yah cuma bisa diwariskan kepada sedikit
orang, walaupun cuma satu orang juga boleh, yang penting penyebaran Dharma itu
jangan sampai terputus.
Terutama
periode Master Lian Chi dan Master Ou Yi merupakan era yang sangat menentukan,
pada era tersebut Aliran Tanah Suci mengalami kemunduran, metode pelafalan
Amituofo merosot sampai mendapat julukan metode Oma-Oma, beginilah cara para
kaum intelek meremehkan praktisi pelafal Amituofo.
Kala
itu Aliran Dhyana sedang berada di atas angin, dari luar tampaknya Buddha
Dharma sedang mengalami kejayaan, padahal jumlah praktisi yang berhasil
mengakhiri samsara cuma beberapa orang saja.
Praktisi
sekalian hendaknya tahu, selama belum terbebas dari tumimbal lahir, maka tidak
dapat dikatakan berhasil, setelah berhasil melampaui enam alam tumimbal lahir
barulah dapat dikatakan berhasil.
Jika
tidak terlahir ke Alam Sukhavati, hanya melampaui enam alam tumimbal lahir
saja, maka ini merupakan pencapaian Arahat, Bodhisattva Mahayana, seperti yang
dikategorikan di dalam “Avatamsaka Sutra” sebagai Bodhisattva “Sepuluh
Tingkatan Keyakinan”, tidak bisa dikatakan keberhasilan sempurna.
Alangkah
unggulnya Aliran Sukhavati, begitu terlahir ke Alam Sukhavati, praktisi
tersebut telah berhasil mencapai tingkatan Bodhisattva Avaivartika, Bodhisattva
“Sepuluh Tingkatan Keyakinan” manalah bisa sebanding denganNya?
Makanya
para Buddha dan Bodhisattva menjelma di dunia ini, hanya karena khawatir Pintu
Dharma ini akan sirna, Dharma ini terputus, makanya Mereka datang menjelma ke
dunia ini.
Pada
periode akhir Dinasti Ming dan permulaan Dinasti Qing, dihitung sejak era
tersebut hingga sekarang ini, sudah 400 tahun lamanya. Selama kurun waktu 400
tahun ini, praktisi pelafal Amituofo yang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati
ada berapa banyak! Hasil ini tak terlepas dari jerih payah Master Lian Chi dan
Master Ou Yi.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 2 Maret 2011
Tingkatan
Bodhisattva :
蕅益大師亦如是,年輕的時候廣學多聞,特別是蕅益大師,你看留下來的著作多少,二十多種。年歲不大他就走了。都是再來人,都是佛菩薩為我們做示現的,我們要會看,要能體會得到。
他們來到這個世間的目的,佛家的術語叫來傳燈的。上一代佛法他接受了,承傳到後代,讓佛法在世間世世代代不至於斷絕。傳給誰?當然有緣人,沒有緣不行。緣多,多傳幾個,緣少,少傳幾個,一個人都行,法不斷絕。尤其是蓮池跟蕅益是關鍵的時代,那個時候淨土宗衰了,念佛法門淪落為老太婆教,知識分子都輕視念佛人。禪宗、教下興旺,看到好像是佛法興旺氣象,其實真正能了生死出三界的沒幾個。給諸位說,不出輪迴不算成就,超越六道輪迴才算是成就。不往生極樂世界,超越六道輪迴證阿羅漢,大乘菩薩,像《華嚴經》所說的十信菩薩,不是什麼大的成就。淨宗法門多殊勝,人一往生就是阿惟越致菩薩,十信怎麼能比?所以這些諸佛菩薩應化到世間,唯恐這個法滅了、法斷了,他來。在明末清初,這兩個人出現在世間,從那個時代到現在四百年了,這四百年當中,念佛往生的人有多少!這個功勞不能不算是蓮池大師跟蕅益大師的。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一一集) 2011/3/2 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0311
Sampai
pada era pemerintahan Tiongkok Nasionalis (1912-1949), muncullah Master Yin
Guang, Upasaka Xia Lian-ju, Upasaka Mei Guang-xi, kemudian dilanjutkan oleh
Upasaka Huang Nian-zu, Upasaka Li Bing-nan, generasi demi generasi turun
temurun. Jalinan jodoh kita begitu unggulnya, begitu sulit diperoleh!
“Penjelasan
Sutra Usia Tanpa Batas” yang merupakan buah pena Upasaka Huang Nian-zu kini
diwariskan kepada diriku, waktu itu beliau menyerahkan buku karyanya tersebut
kepada diriku masih dalam bentuk Mimeograf (dicetak melalui mesin stensil), dicetak
di atas kertas minyak, bisa menghasilkan berapa jilid? Sekitar 120-130 jilid
saja, kalau lebih lagi, sudah tidak jelas lagi tulisannya.
Upasaka
Huang Nian-zu memilih satu jilid yang hasil cetakannya paling jelas dan paling
bagus, lalu dibawa ke Amerika, di sanalah kami bersua dan beliau menyerahkan
buah pena-nya padaku.
Upasaka
Li Bing-nan pernah menceramahkan “Sutra Usia Tanpa Batas”, dan mewariskan buku
sutra ini padaku. Kami memiliki misi untuk meneruskan tanggung jawab
menyebarluaskan sutra ini, kemudian mewariskan misi ini kepada generasi
selanjutnya.
Generasi
berikutnya telah muncul, makanya kami merasa terhibur, mengapa demikian? Kami
sudah boleh pergi dengan tenang, karena sudah ada calon penerus!
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 2 Maret 2011
到民國,這是近代,出現的印光大師、夏蓮居老居士、梅光羲老居士,他們的傳人黃念祖老居士、台灣的李炳南老居士,代代相傳。我們的緣很殊勝,很難得!念老把這個註解傳給我,當年送給我的本子是油印印的,油印臘紙能印多少份?大概只有一百二、三十份,再多後頭不清楚了。他大概選的是油印本裡頭最好的,字都能看得清楚。他就帶一套到美國,在美國送給我了。李炳南老居士在台灣講這部經,他有個眉註,這本子也給我了。我們有使命接這個棒,下面要交給下一代的人。底下一代人出現了,所以我就非常安慰,為什麼?可以走了,有接棒的嘛!沒有接棒的不能走,有接棒了。我們今天最重要的是完成《演義》。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一一集) 2011/3/2 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0311
Sutra
Aliran Sukhavati yang terunggul adalah “Sutra Usia Tanpa Batas”, Upasaka Xia
Lian-ju merangkum-nya, Upasaka Huang Nian-zu menulis penjelasannya.
Dapat
diprediksikan kelak Pintu Dharma Tanah Suci akan tersebar luas dan berjaya, apa
alasannya? Oleh karena Pintu Dharma ini memperoleh perlindungan dari semua
Buddha dan Bodhisattva.
Pada era
sekarang ini, Pintu Dharma Tanah Suci akan membawa pada dunia ini cahaya
cemerlang yang tanpa batas, berkah kebajikan yang tak terhingga, membawa pesan
akan keberlangsungan Dharma Sejati buat selama-lamanya.
Semua
makhluk akan mengandalkan “Sutra Usia Tanpa Batas” untuk mengakhiri samsara dan
keluar dari Triloka, ini merupakan fakta. Terutama orang zaman now, yang
percaya pada kemajuan ilmu dan teknologi, tidak meyakini Buddha Dharma, namun
seiring dengan berjalannya waktu, banyak penemuan-penemuan ilmiah yang semakin
dekat dengan kebenaran yang tercantum di
dalam ajaran sutra.
Kelak
Ajaran Sukhavati, bukan saja akan merupakan Ilmu Sains, namun juga merupakan
Ilmu Filsafat, yang akan memperoleh pengakuan dari masyarakat di seluruh
pelosok dunia.
Menuruti
apa yang tercantum di dalam sutra ini guna melatih diri, pasti memperoleh
manfaat yang sesungguhnya, baik ditinjau dari segi Dharma duniawi maupun Dharma
non duniawi.
Inilah
yang dikatakan di dalam “Sukhavati-vyuhopadesa” sebagai menfokuskan pikiran
melafal Amituofo berkesinambungan, membulatkan tekad terlahir ke Alam
Sukhavati, pasti terlahir ke Negeri Buddha Amitabha.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 2 Maret 2011
淨宗第一大經《無量壽經》,有圓滿完善的會集本,有科會,有黃念老的註解,有這次的《演義》。這個法門往後發揚光大我們可以預期的,為什麼?它得諸佛護念,得諸菩薩護持。在這個時代出現,給這個世間帶來正法久住的信息,帶來無限的光明,無量的福德。一切眾生依這部大經,能了生死出三界,這是真的。特別是現代人,相信科學,不相信佛法,很難得科學家的發現,科學家的報告,跟大乘經愈來愈相似,愈來愈接近。將來淨土宗不但它是佛教,同時它是科學、它是哲學,它會被世人普遍的肯定。依照這個經典修學,無論是世法、是佛法,就是世間法還是出世間法,都能夠獲得真正圓滿的真實利益,像這部經上所說的三種真實,真實之際、真實智慧、真實利益,你一定可以得到。這是《往生論》上講的,一心專念作願生彼,你就能到極樂世界去了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一一集) 2011/3/2 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0311