Senin, 02 September 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Februari 2011 (Bgn 1)


Kalimat berikut ini mesti dipahami supaya jangan timbul salah tafsir. Pelaku Pancanantariya Karma, saat menjelang ajal melafal Amituofo, satu sampai sepuluh lafalan juga dapat terlahir ke Alam Sukhavati.

Kalau begitu, bukankah boleh menciptakan karma buruk dengan sesuka hati, saat menjelang ajal nanti baru melafal Amituofo sepuluh lafalan. Jika anda punya pemikiran begini, namanya mempertaruhkan faktor keberuntungan, mengelabui Buddha.

Sebelum anda belajar Ajaran Buddha, karma buruk yang anda lakukan boleh dimaafkan, karena anda belum mengerti. Tetapi setelah belajar Ajaran Buddha, bila masih juga tidak tahu memperbaiki diri, sudah tahu tidak boleh masih sengaja melanggarnya, menciptakan karma jelek, maka dosanya jadi berlipat ganda.

Kebenaran ini harus dipahami dengan jelas, kalau tidak, kelak anda gagal terlahir ke Alam Sukhavati, permasalahan ini bukan terletak pada Buddha dan Bodhisattva, juga bukan terletak pada ajaran sutra, tetapi anda sendirilah yang keliru menafsirkan makna sesungguhnya dari sutra yang dibabarkan Tathagata. Anda sendirilah yang harus bertanggung jawab.

Sejak kapan anda belajar Ajaran Buddha, maka sejak itu pula anda harus memperbaiki diri, menyesali dan bertobat atas karma buruk yang pernah dilakukan sebelumnya. Makna sesungguhnya dari pertobatan adalah takkan mengulangi melakukan kejahatan lagi, hari ini saya sudah memahami kebenaran, maka itu mulai hari ini saya takkan mengulangi melakukan karma buruk.

Kalimat begini mudah diucapkan tapi sulit diwujudkan, sudah tahu tidak boleh masih juga melanggarnya. Maka itu setiap hari melakukan introspeksi diri, setiap hari memperbaiki diri, maka hari demi hari kesalahan akan semakin berkurang. Cara pertobatan begini barulah disebut keterampilan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Februari 2011

Pancanantariya Karma dan Sepuluh Kejahatan baca di :


下面這個四句一定要搞明白,怕產生誤會。「五逆罪重,地獄相現」,這是造作極重罪業的人,臨終十念、一念都能往生。「那麼就可以造罪業了,盡量去造,臨終十念就往生了」,你要這樣想法,你就大錯特錯,你心圖僥倖,欺騙佛陀。你造五逆十惡是沒有聞佛法之前,你不知道,不知者無罪;聞到佛法之後,就不能再造罪業,再造罪業是知法犯法,罪加一等。這個道理一定要搞清楚、搞明白,否則的話,將來你不能往生,那不是佛菩薩那邊的事情,也不是經典的事情,是你自己完全錯解了如來真實義,你自己要負責任。什麼時候聞到佛法,什麼時候你就要改,你就要修懺悔;懺悔是後不再造,我今天明白了,今天起以後不再造了。

這句話說起來容易,做起來也非常非常困難,明知故犯,錯了。所以天天要改過,天天要自新,過失一天比一天少,這樣懺悔改過才叫有功夫。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二七九集)  2011/2/13




 
 
Setiap hari melakukan introspeksi diri, setiap hari memperbaiki diri, maka hari demi hari kesalahan akan semakin berkurang. Cara pertobatan begini barulah disebut keterampilan.

Jika sebaliknya karma buruk yang dilakukan kian hari kian bertambah, maka tidak ada gunanya anda bertobat! Bertobat atas rintangan karma, tetapi rintangan karma bukan saja berkurang, malahan tiap hari bertambah berat, maka dapat dipastikan melaporkan diri ke Neraka Avici.

Berapa berat siksaan yang harus dijalani, tergantung bobot karma buruk yang dilakukan, karma buruk adalah benih sebab, Neraka adalah buah akibatnya, sebab akibat pasti saling terjalin.

Bagaimana benih sebabnya maka bagaimana pula buah akibatnya, membunuh orang harus bayar utang nyawa, utang uang dibayar uang, Hukum Sebab Akibat, kelahiran demi kelahiran terbelenggu di tempat tersebut, tidak dapat lolos darinya.

Insan yang belajar Ajaran Buddha telah menyadarinya, maka itu seorang praktisi takkan takut dirugikan, apa alasannya? Sesungguhnya mana ada kerugian yang bisa diderita? Dibalik kerugian ada pahala yang akan menyongsong, jadi mana ada yang dirugikan!

Pada satu masa kehidupan ini menderita kerugian, masa kehidupan mendatang menikmati pahala besar, pepatah Tiongkok mengatakan, “Menderita kerugian adalah berkah”.

Sebaliknya mengambil keuntungan dari orang lain adalah petaka, sepanjang hidup ini main akal-akalan sehingga bisa memetik keuntungan dari orang lain, masa kehidupan mendatang harus menderita kerugian besar.

Baik sutra Ajaran Buddha, klasik ajaran Konfusius, kitab ajaran Tao, juga serentak mengungkapkan kebenaran ini, jadi pasti takkan mengelabui manusia.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Februari 2011


天天要改過,天天要自新,過失一天比一天少,這樣懺悔改過才叫有功夫。如果我今天的過失比昨天更多,昨天比前天還多,一天比一天多,一年比一年多,你那個天天懺悔沒用!懺除業障,你業障沒除,不但沒除,天天還加重,那你肯定是阿鼻地獄去了。地獄要受多少苦、要受多少難、要受多少刑罰,完全看你造的業,業是因,地獄是果報,因果一定是相應的。什麼樣的因則有什麼樣的果報,殺人要償命,欠債要還錢,因果定律,生生世世纏在那個地方,逃不掉的。學佛的人明白了,所以學佛的人不怕吃虧,為什麼?根本就沒吃虧,後頭有果報,吃什麼虧!這一生吃虧了,來生得大福報,中國古人說了一句名言,「吃虧是福」;反過來,佔便宜就是禍害,這一生佔別人的便宜,來生你要吃大虧。佛經典上,儒、道經論裡面,都說這個道理,決定不欺騙人。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二七九集)  2011/2/13




 

“Desakan penderitaan yang dialami saat menjelang ajal, melakukan visualisasi adalah sulit diwujudkan, maka tetaplah melafal Amituofo, sehingga berhasil terlahir ke Alam Sukhavati”.

Saat menjelang ajal rintangan karma muncul, atau musuh kerabat penagih utang datang mengganggu, anda tak berdaya melakukan visualisasi, apa yang harus dilakukan? Lepaskanlah visualisasi, fokuskan pikiran melafal Amituofo, lebih gampang daripada melakukan visualisasi.

Anda melafal Amituofo, ada kekuatan Buddha yang memberkati dirimu, musuh kerabat tidak punya kesempatan mendekatimu, dia tidak dapat merintangi dan mengganggu dirimu, sehingga anda dapat terlahir ke Alam Sukhavati dengan bebas tanpa rintangan.

Maka itu metode pelafalan Amituofo merupakan metode yang mudah dilatih, Pintu Dharma ini mudah dan praktis, cepat dan aman. Di antara 84 ribu pintu Dharma, takkan ada duanya lagi.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Februari 2011

「臨終苦迫,觀想難成,仍可稱名,而得往生。」這個地方特別重要的就是臨終業障現前,或者是冤親債主來纏繞著你,你沒有辦法觀想,這時候怎麼辦?觀想放下,一心念佛,比觀想容易多了。你念佛有佛力加持你,冤親債主就不得其便,他就不能阻擾你,你依舊能往生。所以叫易修,這個法門容易,快速、穩當,這是八萬四千法門裡面找不到的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二七九集)  2011/2/13