Minggu, 22 Desember 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Maret 2011 (Bgn 3)


Praktisi Buddhis tidak mengandalkan apapun, satu-satunya yang diandalkan hanyalah jiwa sejati diri sendiri. Insan suci dan bijak mengajarkan pada kita supaya memperhatikan niat pikiran yang timbul, ucapan dan tindakan, hendaknya selaras dengan kebajikan sejati (kebajikan yang sejak semula telah sempurna dalam jiwa sejati).

Orang awam suka mencari tempat berlindung, tanpa adanya perlindungan yang bisa diandalkan, hatinya jadi panik, merasa tak percaya dan ketakutan. Maka itu Ajaran Buddha mengajarkan tentang “Empat Andalan Dharma”, anda belum keluar dari enam alam tumimbal lahir, Buddha mengajarkan pada kita, mengandalkan Dharma dan bukan mengandalkan orangnya.

Apa yang dimaksud dengan Dharma? Sutra, ajaran yang dibabarkan oleh Buddha dan Bodhisattva, di dalamnya juga termasuk klasik ajaran insan suci dan bijak. Semua ajaran ini mengajarkan manusia menjadi orang baik.

Prinsip utama dari ajaran insan suci dan bijak Tiongkok kuno adalah “bakti, persaudaraan, setia, dapat dipercaya, kesusilaan, kebenaran, kejujuran, tahu malu, kemuliaan, mengasihi, harmonis, perdamaian”, ini merupakan kebajikan sejati.

Hubungan antar manusia, hubungan manusia dengan makhluk hidup, hubungan manusia dengan alam, merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan, memiliki hubungan yang sangat dekat sekali, dari sinilah hati Maitri Karuna berkembang.

“Sutra Usia Tanpa Batas” mengatakan Maitri, yakni cinta kasih terhadap semua makhluk tanpa membeda-bedakan, memperlakukan semua makhluk dengan setara, maka bencana pun terurai, menemukan kembali jiwa sejati yang unggul sempurna.

Juga dapat menyerupai Bodhisattva Dharmakara yang mengasihi semua makhluk, melihat para makhluk yang tersesat dan menciptakan karma serta menerima balasannya, selamanya tidak mampu keluar dari lingkaran tumimbal lahir, sungguh kasihan.

Alhasil Bodhisattva Dharmakara mengikrarkan 48 tekad agung, di mana tiap butir tekadnya adalah demi membantu para makhluk mengakhiri penderitaan tumimbal lahir, mencapai kebahagiaan Nirvana.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Maret 2011

Empat Andalan Dharma :


    學佛,佛叫無依道人,依是依靠,佛沒有依靠,唯一的一個依靠是自性。世出世間聖賢都是這樣教導我們的,起心動念,言語造作要跟性德相應,這就對了。凡夫都要找個依靠,沒有依靠,他心就慌了,他有恐懼了。所以佛教給我們四依法,你沒有離開六道輪迴,佛教給我們,依法不依人,法是什麼?經典,佛菩薩所說的,這裡面包括聖賢的經典,也包括所有宗教的經典,這叫法。我們依這個修行,好事。沒有宗教教你去做壞人,教你去幹壞事,沒有。中國古聖先賢教人的總綱領,是「孝悌忠信,禮義廉恥,仁愛和平」,這是性德。人與人的關係,人與一切眾生的關係,人與大自然的關係,是一體,無比的親密,慈悲心從這個地方生的。《無量壽經》上講的博愛,仁慈博愛,我們明白、肯定了,那對於遍法界虛空界一切眾生,要平等的做到仁慈博愛,什麼災難都化解了,究竟圓滿的性德。又能像法藏菩薩看到眾生可憐,眾生迷惑顛倒,造業受報,永遠在這個圈子裡頭輪迴出不去,太可憐了。發四十八大願,願願都是幫助眾生脫離輪迴之苦,證得涅槃之樂,這個大願還得了嗎?

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三二一集)  2011/3/13  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0321




 

Hal apa yang membuat Pangeran Ajatasatru merasa bersukacita? Yang pertama adalah pencapaian Buddha Amitabha, bukan untuk diri sendiri, namun demi semua makhluk.

Yang kedua, “Bersukacita karena Buddha Amitabha telah menyempurnakan KeBodhian dan mewujudkan tekad agungNya”. Yang di depan adalah membangkitkan niat, melatih diri, sekarang sudah mencapai KeBuddhaan, 48 tekad, tiap butir tekadNya telah jadi kenyataan.

Menyempurnakan KeBodhian, Bodhi adalah pencerahan, telah mencapai penerangan sempurna. Mewujudkan tekad agung, yakni tekadNya untuk menyelamatkan para makhluk telah berhasil.

Ucapan ini tidaklah kosong, setelah vihara (Alam Sukhavati) selesai dibangun, benar-benar dipersembahkan buat semua orang sebagai sarana melatih diri, asalkan anda bersedia menuju ke sana.

Apabila anda tidak bersedia ke Alam Sukhavati, Buddha Amitabha juga tak berdaya menarikmu ke sana, jadi harus ada kemauan dari dirimu sendiri. Lagi pula syarat ke sana adalah begitu gampangnya, yakni asalkan anda yakin.

Jika benar-benar ingin ke sana, maka anda harus bertekad. Jika benar-benar ingin ke sana, harus ada tindakan nyata, yakni bersedia melepaskan kemelekatan pada dunia ini.

Jika hal-hal di dunia ini masih belum sanggup dilepaskan, maka takkan bisa terlahir ke Alam Sukhavati; kemelekatan pada dunia ini mesti dilepaskan, barulah anda dapat terlahir ke Alam Sukhavati. Inilah bentuk sukacita!

Yang ketiga adalah “Bersukacita karena Buddha Amitabha memiliki upaya kausalya nan sempurna”, ini menunjukkan metode yang sangat menakjubkan, “Bersukacita karena metode pelafalan Amituofo yang dapat menyelamatkan semua makhluk”.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Maret 2011

Artikel terkait :
Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas Bab 10


阿闍王子喜歡什麼?這是第一個喜歡的,阿彌陀佛的成就,不為自己,為眾生。第二,「為彌陀圓證菩提、大願成就而喜」。前面是發心、修行,現在他成佛了,四十八願,願願都兌現了。圓證菩提,菩提是覺悟,徹底的覺悟了,中國人講大徹大悟。圓證菩提就是大徹大悟,這是自己智慧德能相好的成就;大願成就,這是他度化眾生也成就了。這話不是空話,道場建立好了,確確實實有具體的修學場所提供給大家,只要你肯去。你不肯去,他沒辦法拉你去,要你自己願意去。而且非常容易去,條件很簡單,只要你相信。真想去,你就發願,真想去。真有行動,把這個世間放下。這個世間不放下,去不了;這個世間必須放下,你才能去得了。這歡喜!

第三,「為彌陀證此究竟方便」,這是特別指方法太巧妙,「以持名妙法普度一切而喜」。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三二一集)  2011/3/13  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0321