Selasa, 25 Februari 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Maret 2011 (Bgn 2)


Karir Buddha adalah membantu para makhluk menghancurkan kesesatan mengembangkan pencerahan. Dalam kehidupan keseharian kita mesti memperlihatkan teladan dengan pengamalan nyata, yakni menghancurkan kesesatan mengembangkan pencerahan. Ada banyak cara untuk menghancurkan kesesatan mengembangkan pencerahan, sejumlah 84 ribu metode melatih diri.

Dalam waktu keseharian, hendaknya tahu mengamati apakah waktunya sudah tepat atau apakah jodohnya sudah masak, bagaimana orang yang akan saya hadapi nantinya, bagaimana akar kebajikan yang dimilikinya, cara apa yang mesti saya gunakan untuk menginspirasinya. 

Orang sekarang suasana hatinya labil dan gampang tersinggung, tidak punya kesabaran, makanya belajar apa saja tidak sampai mengakar, tidak terfokus, tiap hari sibuk belajar, sampai akhir hayat, satupun tidak berhasil, masalah ini sungguh parah.

Kita harus memperlihatkan teladan kepada dirinya, saya belajar tak kenal jenuh, mengajar tak kenal lelah, tiap hari belajar, tiap hari mengajar, tiap hari belajar dengan serius, tiap hari pula mengajar dengan serius.

Mengajar atau berceramah adalah sharing dengan kalian, apa yang saya sadari dari ajaran yang tercantum di dalam sutra, lalu saya jelaskan dan petik keluar untuk mendiskusikannya dengan kalian.

Belajar dengan bersungguh-sungguh, belajar dengan perasaan hormat, pasti mendapatkan manfaat, penuh dengan kebahagiaan Dharma. Minimal dalam kehidupan keseharian, ketika enam akar indria (mata, telinga, hidung, lidah, tubuh dan pikiran) melakukan kontak dengan enam kondisi luar (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan dan bentuk-bentuk pikiran), mampu mengendalikan diri, takkan terpengaruh oleh kondisi luar.

Tak peduli berada dalam kondisi senang maupun susah, takkan menghiraukannya lagi, takkan simpan di hati, bertemu jodoh baik maupun buruk juga takkan memaksakan kehendak lagi, dengan demikian hati pun jadi tenang dan terfokus, barulah sepatah Amituofo dapat dilafal dengan baik, penuh sukacita dan secara benar.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Maret 2011


佛事就是幫助眾生破迷開悟的事,這叫佛事。我們在日常生活當中要做出個樣子給人看,什麼樣子?破迷開悟。破迷開悟的方法太多,八萬四千種。日常生活當中要知道時節因緣,我對象是什麼樣的人,什麼樣的根性,什麼樣的程度,我要用什麼方法去啟發他。一般最普遍的,就是現在眾生心浮氣躁,沒有耐心,所以學什麼東西都學得不紮實、不認真,天天在學,學一輩子,都不能成就,這個問題很嚴重。我們得做樣子給他看,做什麼樣子?我們學不倦、講不厭,天天學、天天講,認真的學、認真的講。講是跟大家分享,我所能夠體會的,我所能夠感受佛在經上的教誨,提出來給大家分享。認真的學,恭恭敬敬的學,確實得利益,身心安樂,法喜充滿。至少在日常生活當中,六根接觸六塵境界能夠穩得住,不會受外面境界影響。無論是順境、逆境,都可以不關懷了,不放在心上了,善緣、惡緣統統不攀緣,心這才能定得下來,這一句佛號才能念得好、念得歡喜、念得很如法。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三四五集)  2011/3/27  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0345




 

Ketika karma kolektif (karma serupa yang dilakukan banyak orang sehingga membuahkan akibat yang sama pada waktu yang sama) berbuah, jumlah korban yang meninggal dunia akan banyak sekali, namun tempat yang dituju adalah tidak sama, mengikuti kekuatan karma masing-masing, berputar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir, melanjutkan menikmati siksaan demi siksaan.

Apabila dituntun oleh kekuatan karma baik, anda akan bertumimbal lahir ke Alam Manusia atau bertumimbal lahir di Alam Dewa (Surga), sedangkan praktisi pelafal Amituofo akan terlahir ke Alam Sukhavati, coba renungkan, jalur mana yang dipilih?

Keputusannya ada di tangan sendiri, yang menjadi pengendali itu adalah diri sendiri, bukan orang lain, harus memiliki kekuatan samadhi (ketetapan hati), harus memiliki kebijaksanaan.

Tumimbal lahir itu sungguh menyengsarakan, sementara jodoh bersua dengan Ajaran Sukhavati begitu sulit ditemukan selama ratusan, ribuan bahkan puluhan ribu kalpa, sekarang kita telah bersua dengannya, sungguh beruntung, sangat langka adanya, terlampau sulit diperoleh, asalkan menggenggamnya seerat-eratnya, bukankah telah meraih keberhasilan?

Jangan ragu lagi, jangan sampai melewatinya dengan sia-sia, ini merupakan masalah terbesar kita sekarang, segala hal lainnya dilepaskan saja, jangan lagi taruh di hati, jangan ikut campur lagi.

Hendaknya melafal Amituofo hingga menyingkirkan bentuk-bentuk pikiran dan tabiat, takkan melekat lagi pada tubuh jasmani ini, setiap niat pikiran yang timbul adalah melafal Amituofo, sehingga niat yang mengutamakan kepentingan dan keuntungan pribadi tidak dapat menyusup ke dalamnya; perasaan membenarkan diri sendiri dan menyalahkan orang lain, juga tidak dapat menyusup ke dalamnya, dengan sepatah Amituofo ini meraih keberhasilan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Maret 2011


共業所感,死的人太多,各人去處不一樣,業力牽著走的,你在六道裡頭還受輪迴之苦,善業牽著你走的,你又到人間天上去投胎,念佛走的,阿彌陀佛全接到極樂世界,你願意走哪一條路?全操在自己手裡,主宰是自己不是別人,要有定功,要有智慧。輪迴太苦,這樣的緣分真正是百千萬劫難遭遇,我們遇到了,太幸運,太稀有、太難得,緊緊抓住不就成功了嗎?不能再猶豫,決定不能放過,這是我們當前第一樁大事,其餘的統統放下,不要再放在心上,不要再過問了。要把自己的妄想習氣統統念掉,把這個身體也念掉,都是佛,念念是佛號,自私自利夾不進去,是非人我也入不進去,就這一句佛號,他就成功了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三四五集)  2011/3/27  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0345

 


 

Ada orang yang mengatakan bahwa dirinya masih memiliki banyak urusan yang harus ditangani di dunia ini. Jangan pikirkan lagi, jangan lagi diurus, menghapus sekaligus hingga tuntas, jika anda pergi mengurusnya lagi maka hatimu kembali merasa galau. 

Saya tidak menghendakinya lagi, segalanya sudah dilepaskan, hanya menggenggam sepatah Amituofo saja, kapan saja Buddha Amitabha datang menjemput, saya sudah siap, tekad bulat begini barulah ada gunanya.

Jika sudah berniat melepaskan maka lepaskanlah secara menyeluruh, jasa kebajikanmu jadi sempurna. Saya masih memiliki banyak harta benda, mungkin ada baiknya sekarang saya melakukan kebajikan. Daripada melakukan kebajikan, lebih baik tidak melakukan apapun, sebaik apapun tindakan tersebut, juga tidak sebanding dengan jasa kebajikan dari melafal Amituofo, buat apa anda memikul beban pikiran lagi, mengapa tidak mempergunakan waktu yang ada guna meningkatkan tingkatan Bunga Lotus diri sendiri?

Kebajikan apapun yang dilakukan juga tidak dapat meningkatkan tingkatan kelahiranmu di Alam Sukhavati. Saya pernah menceramahkan bahwa tubuh ini semasa hidup masih merupakan milikku, setelah mati bukan lagi milikku, jadi buat apa saya merisaukannya?

Pakaian yang melekat di badan adalah milikku, sedangkan yang di lemari bukanlah milikku; uang yang ada di kantongku sekarang adalah milikku, yang tidak berada di kantongku sekarang bukanlah milikku, barulah hatimu jadi bersih.

Rumah ini, ketika saya berada di dalam, maka rumah ini adalah milikku, begitu saya jalan keluar pintu, maka rumah ini bukan lagi kepunyaanku. Jadi takkan merisaukannya sama sekali, barulah niat hatimu dapat terfokus.

“Memfokuskan pikiran pada satu titik, tidak ada hal yang tidak tertangani”,  satu titik itu maksudnya adalah sepatah Amituofo, memusatkan perhatian pada lafalan Amituofo, selain Amituofo takkan ada hal lainnya lagi.

Kita bergerak mengikuti tujuan dan arah ini, begini sudah betul. Andaikata kita berpikir, masih ada hari esok, masih ada tahun depan, ini sudah keliru.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Maret 2011

Sembilan Tingkat Bunga Teratai :


  有人講我還有好多事情來處理。別想了,不要處理了,一筆勾銷,你再處理你的心又亂了。我都不要了,全放棄了,我就是一句阿彌陀佛,我現在就到極樂世界,這樣的決心才管用。說放下就放下,徹底放下,你功德就圓滿。我還有很多財產,想做一點好事。好事不如無事,再好的事沒有比你念阿彌陀佛這個事情更好,你操這種冤枉心,為什麼不提升自己的品位?做再多的好事,不能幫助你提升品位。我過去講經的時候說過,不只說過一次,這個身體活著是我的,死了就不是我的,我操這個心幹什麼?身上穿的衣服是我的,不是穿在身上都不是我的;身上帶的一點錢是我的,不是身上口袋放的都不是我的,你的心才乾淨。這個房子,我住在這裡,房子是我的,我離開這個房子,這個房子不是我的。不操一點心,你的心念才能集中。「制心一處,無事不辦」,那個一處就是阿彌陀佛,心就放在阿彌陀佛上,除阿彌陀佛之外什麼也沒有。我們向著這個目標、向著這個方向去走就對了。還有明天,還有明年,錯了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三四五集)  2011/3/27  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0345