Senin, 23 Desember 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Maret 2011 (Bgn 7)


“Semuanya mengikrarkan tekad mencapai KeBuddhaan, menyerupai Buddha Amitabha. Melihat insan berbakat yang bermoral tinggi lalu meneladaninya”.

Melihat Buddha Amitabha, merasa salut hingga lima titik tubuh menyentuh permukaan lantai (melakukan namaskara), membangkitkan tekad mesti serupa denganNya.

Buddha Amitabha pasti memberkatimu, membantumu supaya tekadmu lekas terwujud, benar-benar serupa dengan Buddha Amitabha.

“Semoga tekad agungku, pelaksanaan agungku, Maha Maitri, Maha Karuna, kebijaksanaan agung, kekuatan agung, seluruhnya juga serupa dengan Buddha Amitabha”. Ucapan ini bagus sekali!

Maka itu kita belajar Sutra Usia Tanpa Batas, pada Bab 6 Mengikrarkan Tekad Agung, semestinya menjadikan 48 tekad Buddha Amitabha sebagai tekad sendiri, begini sudah betul.

Tekad kita harus serupa dengan Buddha Amitabha, hati juga harus serupa dengan Buddha Amitabha. Bagaimanakah hati Buddha Amitabha? Semoga semua makhluk mencapai KeBuddhaan, beginilah yang disebut sebagai Hati Buddha.

Kalau hati sudah serupa dengan hati Buddha, tekad juga sudah serupa dengan tekad Buddha, apakah anda tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati? Jika tidak terlahir ke Alam Sukhavati, mau ke mana lagi? Sudah pasti terlahir ke Alam Sukhavati, sudah pasti mencapai KeBuddhaan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Maret 2011


「並皆發願作佛,皆如阿彌陀佛。見賢思齊。」見到阿彌陀佛,佩服得五體投地,要發願跟他一樣。阿彌陀佛一定加持你、幫助你,幫助你早日滿你的願,真跟阿彌陀佛一樣。「願我之大願、大行、大慈、大悲、大智、大力,如是一切,皆能如阿彌陀佛。」說得好!所以我們學習第六品經,應當把阿彌陀佛四十八願變成自己的大願,這就對了。我們的願跟阿彌陀佛完全相同,我們的心跟阿彌陀佛的心完全相同。阿彌陀佛是什麼心?一切皆成佛,願遍法界虛空界一切眾生皆成佛道,這是佛心。心同佛,願同佛,你還能不往生嗎?你不往生你到哪裡去?決定往生,決定成佛。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三二一集)  2011/3/13  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0321


 

 

Setelah mencapai KeBuddhaan, anda akan mengamalkan Jalan Bodhisattva, menyelamatkan para makhluk. Dengan Maha Maitri menebarkan kebahagiaan, dengan Maha Karuna mencabut akar penderitaan, dengan kebijaksanaan agung menghancurkan kesesatan, dengan kekuatan agung membantu para makhluk mencapai pencerahan, demikianlah segala-galanya adalah serupa dengan Buddha Amitabha.

 “Berdiam dalam kebijaksanaan sejati, menuntun para makhluk pulang ke Negeri Buddha”.

Buddha Amitabha menggunakan waktu lima kalpa lamanya guna mewujudkan Alam Sukhavati, lantas apakah kita perlu mendirikan satu Negeri Buddha lagi? Tidak perlu.

Negeri Buddha kita adalah Negeri Buddha Amitabha, misi kita adalah menuntun semua makhluk di sepuluh penjuru alam untuk pulang ke Alam Sukhavati.

Asalkan dia bisa sampai di Alam Sukhavati, kita percaya tidak lama kemudian dia pasti bisa memiliki keberhasilan yang serupa dengan kita, yang sama dengan pencapaian Buddha Amitabha.

“Memberi manfaat bagi semua makhluk, adalah membangkitkan Bodhicitta yang sesungguhnya”.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Maret 2011


成佛之後,你的行,菩薩行,普度眾生。大慈與樂,大悲拔苦,大智破迷,大力幫助一切眾生開悟,如是一切,皆能如阿彌陀佛,跟阿彌陀佛一樣。「住真實慧,攝淨佛國。」阿彌陀佛用五劫的時間,成就了極樂世界,我們要不要再去成就一個佛國?不需要。我們的佛國就是阿彌陀佛的佛國,在十方世界接引一切眾生往生極樂世界就行了。他到極樂世界,我們相信不久跟我們有同樣的成就,跟彌陀有同樣的成就。「普利有情,是即真發菩提心也。」這是真的發心,不是假的發心。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三二一集)  2011/3/13  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0321




 

Terlahir ke Alam Sukhavati, anda telah menjadi Buddha, anda memiliki kebijaksanaan yang serupa dengan para Buddha Tathagata, kemampuan kebajikan yang sama, keterampilan melatih diri yang sama, kemampuan gaib yang sama, memiliki kemampuan untuk membantu semua makhluk yang berjodoh di seluruh jagat raya.

Berapa banyak jumlah makhluk yang berjodoh tersebut? Tak terhitung. Pada satu masa kehidupan ini kita tinggal di Planet Bumi ini, semua makhluk di Planet Bumi ini berjodoh dengan kita.

Pada masa kehidupan lampau, saya tinggal di planet lainnya, maka penghuni di planet tersebut berjodoh denganku. Selama kalpa yang tak terhingga, sudah berapa banyak planet yang pernah kita huni?  Tak terhitung, pastinya bukan sedikit jumlahnya.

Para makhluk yang berjodoh dengan kita jumlahnya adalah sangat banyak, tetapi diantara mereka ada yang jodohnya sudah masak, ada pula yang belum masak; ada yang memiliki akar kebajikan, ada pula yang tidak.

Maka itu ketika para makhluk memohon penyelamatan, Bodhisattva segera meresponnya, tentu saja Bodhisattva muncul dalam beragam wujud, beragam metode, semua makhluk yang berjodoh memperoleh manfaat yang tidak sama, pelan-pelan saja.

Yang penting adalah makhluk yang hendak diselamatkan tersebut, jodohnya sudah masak, sehingga dalam satu kelahiran mewujudkan keberhasilan. Praktisi pelafal Amituofo yang berhasil terlahir ke Tanah Suci Sukhavati merupakan makhluk yang jodohnya sudah masak, sehingga pada satu masa kehidupan ini dapat mencapai KeBuddhaan, tidak perlu lagi menanti hingga masa kehidupan kedua.

Maka itu Aliran Sukhavati merupakan Pintu Dharma tertinggi tiada taranya, keberhasilan yang terwujud juga merupakan yang tertinggi tiada taranya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Maret 2011


生到西方極樂世界,你就作佛了,你有諸佛如來同樣的智慧,同樣的德能,同樣的道力,同樣的神通,有能力幫助遍法界虛空界一切有緣眾生。有緣眾生有多少?說不盡。我們這一生住在這個地球上,這地球上所有眾生跟我就有緣。我過去生中住在另外一個星球上,那個星球跟我也有緣。無量劫以來,我們住過多少星球?實在講,數不清,決定不是少數。有緣眾生多,但是有緣眾生裡面,有根成熟的,有根沒成熟的;有有善根的,有沒善根的。所以菩薩,他們有感,菩薩有應,應一定有不同的身分,有不同的方法,不同的內容,一切有緣眾生得不同的利益,慢慢來。主要的對象是根熟眾生,其他是附帶的。根熟的眾生是一生成就,念佛往生淨土是根熟眾生,就這一生他就能成佛,不要等待第二生。所以淨宗是無上的法門,成就無上。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三二一集)  2011/3/13  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0321