Di
dalam sutra “Guan Fo San Mei Jing” tercantum : “Buddha Sakyamuni mengatakan :
Saya beserta para Buddha di sepuluh penjuru dan seribu Buddha yang berasal dari
Bhadrakalpa, sejak membangkitkan niat melatih diri, semuanya dikarenakan
kekuatan Samadhi Pelafalan Amituofo, sehingga memperoleh seluruh jenis
kebijaksanaan”.
Seluruh
jenis kebijaksanaan, maksudnya adalah penerangan sempurna atau KeBuddhaan.
Bagaimana cara mencapainya? Mesti diingat baik-baik, berkat kekuatan Samadhi
Pelafalan Amituofo.
Samadhi
berasal dari Bahasa Sanskrit, bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Mandarin
artinya adalah konsentrasi benar. Melafal Amituofo menyingkirkan segala bentuk
pikiran, melafal Amituofo adalah menggunakan cara ini, dengan sepatah Amituofo
menggantikan segala bentuk pikiran, segala bentuk pikiran berubah menjadi
sepatah Amituofo, di dalam hati hanya ada sepatah Amituofo saja, takkan ada
bentuk pikiran lainnya lagi, inilah yang disebut sebagai Samadhi Pelafalan
Amituofo.
Inilah
salah satu cara untuk menfokuskan pikiran, dengan mengulang sepatah Amituofo
guna memusatkan perhatian. Menfokuskan pikiran pada sepatah Amituofo merupakan
samadhi, setelah melatih samadhi untuk kurun waktu yang lama, maka terbukalah
kebijaksanaan.
Setelah
kebijaksanaan terbuka, masalah pun dapat diselesaikan, seperti yang kita
sebutkan pada pembahasan sebelumnya, segala petaka jadi terurai, masalah pun
dapat diatasi.
Manfaat
yang dirasakan oleh diri sendiri adalah sehat secara jasmani maupun rohani. Apabila
jiwa raga anda tidak sehat, namun dengan tercapainya Samadhi Pelafalan
Amituofo, penyakit dengan sendirinya akan sembuh.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 16 Februari 2011
Kemunculan Seribu Buddha :
接著看下面,「如上所引《觀佛三昧經》」,這前面曾經引過,我們的印象很深,「釋尊曰:我與十方諸佛及賢劫千佛,從初發心,皆因念佛三昧力故,得一切種智。」一切種智就是無上正等正覺,如來所證得的。怎麼證得的?得記住,念佛三昧力故。三昧是梵語,翻成中國意思是正定。念佛把雜念全念掉了,念佛是用這個方法,用這一念把雜念全取而代之,一切雜念換成一個念頭「阿彌陀佛」,心裡只有阿彌陀佛,不再有雜念,這叫念佛三昧。這就是制心一處的一種方法,用阿彌陀佛的方法制心一處。一處是定,就是禪定,禪定時間久了就開智慧,叫豁然開悟,智慧就開了。智慧開了,問題就能解決,像前面所說的眾禍皆轉,這問題解決了。對自己,這現實,我們講對自己身體來講,你的身心不健康,你有很多毛病,如果你念得三昧,你所有一切不健康的地方全好了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二八五集) 2011/2/16
Organ-organ
di dalam tubuh ada yang bermasalah, sel-sel tubuh yang mengandung virus, dari
mana asal usul virus? Dari ketamakan, kebencian, kedunguan, kesombongan,
kecurigaan diri sendiri.
Apabila
anda melafal Amituofo hingga sanggup menyingkirkan ketamakan, kebencian,
kedunguan, kesombongan, kecurigaan, hanya tersisa sepatah Amituofo saja, maka
sel-sel tubuh yang terinfeksi virus akan kembali pulih seperti sedia kala,
inilah maknanya, dengan sendirinya pulih kembali, jiwa ragamu jadi sehat
kembali.
Di
dalam hal ini juga terkandung sebuah kebenaran yakni kondisi berubah menuruti
perubahan hati, tubuh kita adalah kondisi, niat pikiran kita adalah hati, tubuh
kita yang terdiri dari organ-organ tubuh dan sel-sel tubuh, semuanya mendengar
perintah dari niat pikiran.
Apabila
pikiranmu benar, maka tubuh pun jadi benar, sebaliknya hati yang sesat maka tubuh
pun jadi sesat, hati jahat maka sel-sel tubuh pun berubah jadi terinfeksi virus.
Hal
ini serupa dengan eksperimen kristalisasi air yang dilakukan oleh Dr.Masaru
Emoto, prinsipnya adalah sama. Setelah melihat eksperimen kristalisasi air,
saya jadi memahami, bagaimana cara melindungi kesehatan jiwa dan raga sendiri?
Tak
lain adalah melindungi niat pikiran benar diri sendiri, tidak boleh ada pikiran
sesat, tidak boleh ada pikiran jahat. Orang lain menyinggung perasaanku,
menfitnah diriku, menghina diriku, mencelakaiku, saya tetap menggunakan hati
yang baik dalam memperlakukan dirinya, tidak boleh menggunakan hati yang
mendendam, apabila membalasnya dengan kebencian hati, maka diri sendiri memilih
untuk jatuh sakit.
Saya
menggunakan hati yang baik dalam memperlakukan orang lain, dengan hati yang
lapang dan memaafkan dalam memperlakukan orang lain, takkan berperhitungan
dengannya, mengetahui bahwa sesungguhnya sifat asli setiap manusia adalah
bajik, hanya saja akibat pengaruh lingkungan sehingga tabiatnya jadi jelek,
sifat merupakan yang asli, tabiat adalah palsu.
Senantiasa
teringat pada kebajikan orang lain, jangan memikirkan sisi buruknya, hal ini
akan sangat membantu dalam memulihkan kesehatan diri sendiri baik secara
lahiriah maupun batiniah.
Jika
suka berperhitungan dengan orang lain, orang lain mengalami kerugian tiga
bagian saja, sementara diri sendiri mengalami kerugian sebanyak tujuh bagian,
kalau anda menjadikan kesehatan jiwa raga sebagai pengorbanannya, maka ini
sungguh tidak pantas, insan yang memiliki kebijaksanaan takkan melakukan hal
bodoh begini.
Maka
itu Buddha Sakyamuni mengajarkan pada kita, memandang semua makhluk, setiap
orang adalah insan baik, setiap peristiwa adalah peristiwa yang baik, setiap
hari adalah hari baik, setiap waktu adalah waktu baik, segenap hati dipenuhi
oleh sukacita.
Manusia
yang hidup dalam siraman cahaya sukacita, bagaimana dia bisa menderita sakit? Keuletan
merupakan hal biasa, jatuh sakit dikarenakan di dalam hatinya terdapat niat
pikiran buruk, akibatnya gampang terinfeksi virus penyakit.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 16 Februari 2011
Catatan :
Praktisi
Pelafal Amituofo yang memperoleh pancaran cahaya Buddha Amitabha akan
senantiasa merasakan sukacita, maka itu Buddha Amitabha juga diberi gelar
sebagai Buddha Cahaya Sukacita, yang juga bermakna cahaya Maitri Karuna Buddha
Amitabha dapat meluluhkan segala kebencian.
不健康是身體五臟六腑出了毛病,你的細胞裡頭有病毒,病毒從哪裡來?從貪瞋痴慢疑來的。你能把貪瞋痴慢疑都念掉,只剩下一句佛號,你那些身體裡面帶著病毒的細胞統統恢復正常,它就這個意思,自然恢復了,你身心恢復健康。
所以這個裡頭有道理在,就是境隨心轉,我們身體是境,我們念頭是心,身體整個五臟六腑的組織、這些細胞全都聽念頭的話。你的心正你的身就正,心邪,身就邪,心要是惡,你的細胞都變成帶著有病毒的。就跟江本博士水實驗一樣的情形,一個道理。我們看到這個水實驗,我就了解,怎樣保護自己身心健康?沒有別的,保護自己的正念,不能有邪念、不能有惡念。別人得罪我、毀謗我、侮辱我、陷害我,我用好心對待他,不能用怨恨心,用怨恨心自己先得病。我用善心對待別人,用寬恕對待別人,不去跟他計較,知道他的本性是善,他習性不善,本性是真的,習性是假的。常常想到別人好處,不要想到別人的不善處,對自己最大的好處是身心健康。如果跟別人斤斤計較,他受害三分,自己受害七分,你要把自己身心健康做代價付出,這不值得,有智慧的人、聰明人不幹這個傻事。所以佛教導我們,看一切眾生,人人是好人,事事是好事,日日是好日,時時是好時,滿心的歡喜。人生活在歡喜當中,他怎麼會生病?沒這個道理。勞心、勞力都是正常的,真正得病就是心有不善的念頭,這個容易得病。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二八五集) 2011/2/16
Bagaimana
cara melatih Samadhi Pelafalan Amituofo? Membangkitkan Bodhicitta, menfokuskan
pikiran melafal Amituofo berkesinambungan, inilah cara untuk melatih Samadhi
Pelafalan Amituofo, juga merupakan cara untuk menimbun kebajikan sempurna.
Hari
ini kita melafal Amituofo dengan hati yang tidak tulus sepenuhnya, apa
alasannya? Oleh karena tidak mengenalinya dengan jelas, tidak mengetahui bahwa
sepatah Amituofo memiliki manfaat yang sedemikian besarnya.
Sepatah
Amituofo dapat mengurai kekacauan dalam masyarakat dunia, dapat mengurai
bencana di Bumi, namun sayangnya tidak ada orang yang percaya; sepatah Amituofo
dapat mengurai penderitaan sakit diri sendiri, juga tidak ada yang percaya.
Bagi
yang percaya maka terselamatkan, jadi bila anda tidak percaya maka juga tak
berdaya, mukjizat apapun takkan ada. Bukanlah nama Buddha yang mengandung
mukjizat atau tidak, tidak ada kaitannya, mukjizat itu ada pada dirimu sendiri,
apakah anda percaya atau tidak, apabila hatimu percaya maka lafalanmu jadi
efektif, sebaliknya bila hatimu tidak percaya, mukjizat apapun jadi nihil, jadi
mukjizat itu datangnya dari diri sendiri.
Maka
itu, betapa pentingnya pemahaman tersebut. Orang yang belajar Ajaran Buddha itu
jumlahnya banyak, tetapi yang mengenal Buddha Sakyamuni itu jumlahnya cuma ada
berapa orang? Apabila terhadap pengenalan Buddha Sakyamuni, anda tidak tahu sama
sekali, bagaimana mungkin di benakmu takkan timbul keraguan terhadap Buddha
Dharma? Mustahil bukan?
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 16 Februari 2011
Riwayat
Buddha Sakyamuni ~ Komik 1,2 dan 3 :
念佛三昧怎麼個修法?發菩提心,一向專念南無阿彌陀佛,就是念佛三昧的修法,就是植眾德本的修法。我們今天念佛的心不切,原因在哪裡?原因是不認識,不知道這個佛號有這麼大的好處。這一句佛號能化解這個社會的動亂,能化解地球上的災難,沒人相信;這一句佛號能解除自己的病苦,沒人相信。宗教裡有句話說得很好,「信者得救」,你不相信就沒有法子,它就不靈。不是佛號靈不靈,那個沒有關係,問你的心相不相信,你的心要是相信,佛號就靈,心要是不相信,佛號就不靈,靈跟不靈在自己。所以,認知是多麼重要。學佛的人很多,認識釋迦牟尼佛的人有幾個?你對釋迦牟尼佛一無所知,你對佛教能沒有懷疑嗎?不可能的事情。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二八五集) 2011/2/16