Sabtu, 30 November 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Maret 2011 (Bgn 6)


Masa kini insan yang belajar Ajaran Buddha itu jumlahnya banyak, tetapi yang benar-benar menaati cara belajar (terfokus) yang digunakan oleh praktisi senior zaman dulu, sudah tidak ada lagi.

Makanya dia tidak dapat meraih keberhasilan, oleh karena tidak dapat meraih keberhasilan makanya dia tidak bisa memperoleh kebahagiaan Dharma, tidak dapat menikmati kebahagiaan serupa dengan Buddha dan Bodhisattva.

Ajaran insan suci dan bijak yang diwariskan dan dilestarikan hingga hari ini, sungguh tidak gampang, sementara itu, insan yang benar-benar mau menaatinya, tidak ada yang takkan meraih keberhasilan.

Andaikata menganggap cara yang diajarkan tersebut sudah kuno dan ketinggalan zaman, tidak secanggih cara yang dipakai para ilmuwan modern, menggunakan cara modern untuk mempelajari Ajaran Buddha, maka Ajaran Buddha berubah jadi ilmu pengetahuan, bukan lagi Buddha Dharma, namun telah berubah jadi Dharma duniawi.

Masa kini belajar Ajaran Buddha sungguh sulit! Kami memahami hal ini, makanya mempergunakan jaringan internet, televisi satelit, menjalin jodoh Dharma dengan umat Buddha di seluruh pelosok dunia, bersama-sama belajar dan saling berbagi.

Bila anda menyadari bahwa cara belajar yang digunakan orang zaman dulu masih bermanfaat, tidak ada salahnya untuk mencoba, asalkan anda memiliki keteguhan hati, kesabaran, takkan pernah berubah, maka hal ini serupa dengan yang dikatakan orang tempo dulu sebagai tujuh tahun meraih keberhasilan kecil, sembilan tahun mencapai keberhasilan besar, ini nyata adanya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Maret 2011


現在這種學佛的人多,真正依照古大德的方法去修學的人沒有了。所以他不能成就,不能成就就是他得不到法喜,他得不到像佛菩薩那樣的快樂。古聖先賢的典範,承傳到現在不容易,肯死心塌地遵守奉行,沒有一個不成就。如果認為這個方法太老了,沒有現在科學方法這麼活潑,用科學的方法去研究佛學,佛學變成科學,不是佛法了,這變成世間法。現在學佛真難!我們明瞭,所以利用網路、利用衛星,跟全世界各個不同地區的有緣同學,他收看網路、收看衛星就是有緣的,我們用這個方法,跟各地同學在一起學習、在一起分享。覺得古聖先賢這些大德的方法還可以學,你就不妨試試看,只要你有決心、有耐心,不改變,那就像古人所說的,七年小成,九年大成,真的,不是假的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一三集)  2011/3/3  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0313



 
 

Dua kalimat ini hanya dapat diwujudkan oleh Buddha dan Bodhisattva, dengan berbagai upaya kausalya membabarkan Dharma menakjubkan, sehingga para makhluk membangkitkan hati sukacita, oleh karena merasa bersukacita barulah dia bersedia menerima ajaran.

Buddha Amitabha menggunakan upaya kausalya sedemikian rupa, di Alam Sukhavati di penjuru barat, mendirikan Maha Vihara yang luasnya tak bertepi, guna menjemput semua makhluk ke negeriNya untuk melatih diri.

Para makhluk di enam alam tumimbal lahir memiliki masa hidup yang begitu singkat, dalam kurun waktu yang singkat ini, anda tidak berhasil menghapus kekotoran batin dan tabiat, pasti membutuhkan kurun waktu yang panjang.

Begitu anda terlahir ke Alam Sukhavati, anda telah memiliki usia tanpa batas, selamanya takkan mengalami proses penuaan. Andaikata memiliki usia panjang tapi masih mengalami proses penuaan, maka sama juga merana, kalau mengalami penuaan, apa lagi yang bisa dipelajari? Mana sanggup lagi untuk belajar.

Penduduk Alam Sukhavati selamanya awet muda, penampilan mereka serupa pemuda usia belasan atau 20 tahun, muda dan kuat, kalau ditanya berapa usianya? Bukan beberapa abad, juga bukan beberapa ribu tahun, dia akan menjawab, yah, usiaku berkisar beberapa Asamkhyeyakalpa (Asamkhyeyakalpa = waktu yang sangat panjang sekali, yang tak terhitung).

Usia yang amat terlampau panjang tapi penampilannya masih begitu awet muda, fisiknya juga kuat dan kokoh, masih sanggup belajar lagi, kesempatan yang sebagus ini, mau cari ke mana lagi?

Satu-satunya hanya ada di Alam Sukhavati, selain Alam Sukhavati, takkan ada lagi tempat kedua.

Sebaliknya kalau anda merasa penderitaan lahir, tua, sakit dan mati tidaklah terlampau menyakitkan, anda masih ingin merasakannya lagi, maka silahkan saja menetap di alam saha, pelan-pelanlah menikmati siksaan di enam alam tumimbal lahir.

Jika anda telah sadar dan tidak ingin merana lagi, mengetahui bahwa bagi keagungan jiwa sejati diri sendiri, penderitaan lahir, tua, sakit dan mati sesungguhnya merupakan penghinaan, dirimu yang sesungguhnya adalah seorang Buddha, mengapa harus terpuruk sampai kondisi memprihatinkan sedemikian rupa?

“Orang yang tahu merasa malu barulah berani menghadapi kekeliruan diri sendiri, berjuang menaklukkan keakuan”, saya tidak ingin melakukannya lagi, kembali ke jalan yang benar, membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati.

Jika hanya mengandalkan kekuatan diri sendiri, tentunya tidak dapat kembali ke jalan yang benar, kita membutuhkan kekuatan Buddha Amitabha guna membantu diri kita untuk kembali ke jalan yang benar.

Asalkan anda memiliki niat pikiran untuk kembali ke jalan yang benar, begitu niat pikiran ini timbul, Buddha Amitabha langsung menerima pesan yang anda kirim, Sang Buddha akan memberkatimu, membantu dirimu, anda akan memiliki jodoh bersua dengan Pintu Dharma ini.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Maret 2011


  這兩句話真的是佛菩薩才能做到,以種種方便說微妙法,能令眾生發歡喜心,歡喜他才會接受。「今云現在西方,即隨所應度方便說微妙法也。」阿彌陀佛以這樣的善巧方便,在西方極樂世界建立這個大道場,廣大無有邊際,接引一切眾生到這個地方去修行,這是為什麼?十方世界、六道眾生壽命都不長,短時間你的煩惱習氣斷不掉,一定是長時間。到極樂世界頭一個你所得到的無量壽,永遠不老。如果壽命長,老了,老了多辛苦,那還能學嗎?不能學了。極樂世界永遠年輕,個個都像我們這個世間十幾二十歲的人,年輕力壯,你問問他的年歲,不是說幾百歲、幾千歲,他給你講他活了幾個阿僧祇劫,還是那麼年輕,還是那麼力壯,還是那麼樣學習,這個機會到哪去找去?只有到極樂世界,除極樂世界找不到第二家。如果你覺得生老病死苦不錯,那你就留在娑婆世界,輪迴裡頭慢慢去搞去。你如果覺得這個很辛苦,如果說以自性來講,這個生老病死那是莫大的羞恥,你本來是佛,怎麼會搞成這個樣子?知恥近乎勇,我不想幹了,回頭,回頭到極樂世界去。靠我們個人的力量回不了頭,阿彌陀佛就幫上你的忙,只要你有回頭這個念頭,心才一動,信息阿彌陀佛就收到了,他就會加持你,就會幫助你,你就會有緣遇到這個法門。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一三集)  2011/3/3  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0313