Manusia
di dunia ini tidak tahu menimbun berkah kebajikan berkesinambungan, jiwa
sejatinya tersesat, terhadap ajaran insan suci dan bijak penuh kecurigaan dan
keraguan, tidak tahu justru inilah penyebab munculnya berbagai permasalahan.
Maka
itu praktisi Buddhis, terlebih dulu mesti benar-benar meyakini Buddha, barulah
Buddha dapat melindungimu, ada Bodhisattva yang khusus bertugas menjaga para
praktisi yang menimbun berkah secara benar, sehingga anda bisa memusatkan
perhatian guna melatih diri.
Kalangan
Buddhis mengatakan “Seorang Buddha muncul di dunia, seribu Buddha datang
mendukung”, anda berikrar datang ke dunia ini demi membimbing para makhluk, melestarikan
Dharma murni, maka akan ada seribu Buddha yang menjelma guna mendukung dan
membantumu, menjadi pendukung Dharma yang setia mendukungmu.
Buddha
Sakyamuni memiliki siswa yang berjumlah 1255 orang yang setia mengikutiNya, diantara
1255 siswa ini banyak yang merupakan jelmaan para Buddha dari masa lampau,
jelmaan Maha Bodhisattva, bukan orang biasa.
Ketika
Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma di dunia ini, banyak Dermawan Agung, yang
merupakan siswa berkeluarga, para raja, pejabat, hartawan, juga merupakan
jelmaan para Buddha dan Bodhisattva.
Dari
sini kita dapat mengetahui bahwa Buddha Sakyamuni memiliki pahala besar
sehingga dapat menggugah para Buddha Tathagata datang mendukungNya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 15 Maret 2011
Apa beda jasa
kebajikan, berkah kebajikan dan pahala?
我們這個世界人可惜大家不知道修積功德,迷失了自性,對聖賢教誨充滿疑惑,不確定的這因素造成真正的障礙。所以學佛的人,首先得真相信佛,佛就會真照顧你,佛不直接照顧你,有菩薩差遣,真正想修福、種福的人他來照顧你,你好好的一心辦道。佛家所講的「一佛出世,千佛擁護」,你發願到這個世間來教化眾生,主持正法,就有千佛化身做你的助手、做你的護法、做你的信徒。釋迦牟尼佛常隨眾一千二百五十五人,給諸位說,這一千二百五十五人裡面,許許多多都是古佛再來的、大菩薩再來的,不是普通人。世尊當年在世有許多大護法在家弟子,國王、大臣、大富長者也是諸佛菩薩化身來的。這個問題我們明白、我們了解了,佛有大福報能感動諸佛如來護持你。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三二六集) 2011/03/15 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0326
Bumi yang
kita tempati sekarang ini dilanda bencana bertubi-tubi, para makhluk telah
kehilangan arah, kehilangan pendidikan kesusilaan, tidak percaya pada Tri Ratna
(Buddha, Dharma, Sangha) sehingga menjalani siksaan yang tak terungkapkan
dengan kata-kata.
Apabila
anda berniat membangun vihara, begitu niat mulia ini muncul, para Buddha di
sepuluh penjuru segera menerima pesan ini, dengan sendirinya akan merespon,
para Buddha takkan timbul niat pikiran, namun respon tersebut terjadi secara
alamiah.
Respon
ini akan kita terima berupa pemberkatan dari kekuatan Buddha, kewibawaan Tri
Ratna yang tak terbayangkan. Kita dapat mewujudkannya tetapi tidak boleh merasa
telah berjasa, tidak boleh angkuh, mengapa demikian?
Jasa ini merupakan
jasa Buddha Amitabha, jasa para Bodhisattva. Tanpa pemberkatan Buddha dan
Bodhisattva, apakah kita memiliki kesanggupan? Poin ini mesti dipahami.
Andaikata
diri sendiri merasa telah berjasa, maka yang memberkatimu bukan lagi Buddha,
tapi Mara-lah yang datang memberkatimu, Mara juga mempunyai kekuatan untuk
memberkatimu, tetapi kalau Mara yang memberkatimu, akibatnya pasti tidak baik,
saat permulaan tampaknya anda berjaya tetapi cuma sebentar saja, selanjutnya
kondisimu akan sungguh menyedihkan.
Sedangkan
pemberkatan Buddha adalah makin lama makin unggul, dengan perkataan lain, niat
pikiran yang timbul hendaknya selaras dengan kebajikan sejati (kebajikan yang
sejak semula telah sempurna dalam jiwa sejati), jika bertentangan dengan
kebajikan sejati, itulah namanya kekeliruan.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 15 Maret 2011
Bertempat
di : Pure Land Learning College Association Inc, Australia
現在我們居住這個地球災難頻繁,眾生迷失了方向、迷失了倫理道德、迷失了三寶,苦不堪言。你要真正發心建道場,我們念頭才動十方諸佛信息全收到,自然感應,他沒有起心動念,自然感應。在我們感觸到的這就是佛力加持,三寶威神不可思議。我們能做到,但是不能居功、不能夠傲慢,為什麼?這個功歸彌陀、功歸菩薩。沒有佛菩薩加持,我們有什麼能力?這點要懂。如果自以為有功德,不是佛加持你,魔加持你,魔也有這個力量來加持你,但是魔加持你,後果一定不好,眼前可以輝煌一下,後果很悽慘。佛加持愈往後愈殊勝,換句話說,起心動念要與性德相應;違背性德錯了,完全錯了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三二六集) 2011/03/15 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0326
Niat
pikiran yang timbul hendaknya selaras dengan kebajikan sejati (kebajikan yang
sejak semula telah sempurna dalam jiwa sejati), jika bertentangan dengan
kebajikan sejati, itulah namanya kekeliruan.
Kebajikan
sejati adalah suci, setara dan tercerahkan. Apa itu suci? Takkan tercemarkan
sama sekali, melakukan kebajikan sebanyak apapun juga takkan taruh di hati.
Kalau
merasa diri sendiri sudah melakukan banyak kebajikan, maka celakalah, hatimu
yang suci telah tercemar.
Seperti
yang disebutkan di dalam Ajaran Mahayana sebagai “Tiga Faktor Dalam Berdana
Adalah Kosong” yakni tidak melekat pada siapa pendana, siapa penerima dan
barang apa yang didanakan. Termasuk juga keuletan kita dalam belajar ajaran
sutra setiap harinya.
Demikian
pula di Alam Sukhavati, Buddha Amitabha tiap hari membabarkan Dharma, namun
tidak menaruhnya di dalam hati. Para Bodhisattva tiap hari tekun belajar, namun
juga tidak menaruhnya di dalam hati, di dalam hati yang suci, bahkan jejak pun
takkan ada. Ini namanya belajar secara baik.
Sedangkan
kita adalah belajar secara buruk, mengapa demikian? Melekat lalu timbullah niat
pikiran buruk. Apa itu niat pikiran buruk? Merasa diri sendiri telah berjasa,
saya merasa diriku memang hebat, hal ini menciptakan karma buruk, bertentangan
dengan ajaran yang tercantum di dalam “Sutra Intan”.
Sutra
Intan memberitahukan pada kita, “Tidak melekat pada pemikiran adanya aku,
manusia, para makhluk dan kehidupan”, tidak melekat barulah merupakan jasa
kebajikan; sebaliknya kalau melekat, maka jasa kebajikan akan berubah menjadi
berkah kebajikan, jasa kebajikan tidak ada lagi.
Jasa
kebajikan adalah hati yang suci, berkah kebajikan adalah hati yang tercemar,
makanya jasa kebajikan sulit ditimbun.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 15 Maret 2011
Bertempat
di : Pure Land Learning College Association Inc, Australia
Apa beda
jasa kebajikan, berkah kebajikan dan pahala?
起心動念要與性德相應;違背性德錯了,完全錯了。性德就是清淨平等覺,清淨是什麼?一塵不染,做再多的好事跟沒做一樣。我做了多少好事,完了,你全染污了。也就是大乘教裡面常講「三輪體空」,包括我們天天在學經教。在西方極樂世界也是的,阿彌陀佛天天說法,說而無說,無說而說。菩薩們天天在學習,學而無學,無學而學,清淨心裡頭痕跡都不著,這叫善學。我們雖然學習不善,為什麼?著相起了惡念。惡念是什麼?自己有功德,我很了不起,這造孽了,與《金剛經》上講的完全相違背。經上告訴我們「無我相,無人相,無眾生相,無壽者相」,離一切相,即一切法是功德;著了相,著了相是世間的福德,功德沒有了。功德是清淨心,福德是染污的心,所以功德難修。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三二六集) 2011/03/15 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0326