Sabtu, 14 Desember 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Maret 2011 (Bgn 2)


Anda melafal Amituofo, namun hatimu tidak tulus, apa alasannya? Anda menggunakan hati munafik, menurutmu berdosa tidak? Sambil melafal sambil meragukan metode Sukhavati, di benakmu muncul segudang pertanyaan, benarkah Alam Sukhavati itu ada? Benarkah Buddha Amitabha itu ada?

Terhadap pertanyaan-pertanyaan begini, Buddha takkan menyalahkan dirimu, mengapa demikian? Alam Sukhavati tidak ada di Planet Bumi, tidak ada orang zaman now yang menyaksikannya secara langsung dengan mata kepala sendiri.

Praktisi yang telah terlahir ke Alam Sukhavati juga tidak kembali lagi untuk melaporkan keberhasilannya, begitu pergi tidak ada kabarnya lagi, bagaimana orang sekarang bisa percaya?

Ketika Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma di dunia ini, meskipun berulang kali menyampaikan “Sutra Usia Tanpa Batas”, namun tidak ada orang yang menjelaskannya, sehingga membawa banyak keraguan pada diri kita.

Sang Buddha sendiri juga mengakui bahwa Pintu Dharma ini merupakan Dharma yang sulit dipercaya. Dapat meyakini Dharma yang sulit dipercaya, sungguh tidak mudah!

Mengapa ada praktisi yang mampu meyakini Dharma yang sulit dipercaya? Pada masa kehidupan lampau sudah pernah mempelajarinya, akar ini ditanam dengan sangat mendalam, pada masa kelahiran sekarang berjumpa lagi dengan Pintu Dharma ini, lebih giat lagi belajarnya sehingga semakin mahir, beginilah kebenarannya.

Praktisi begini sedikit jumlahnya, kebanyakan orang tidak sanggup menerima dan meyakini Pintu Dharma terunggul ini.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Maret 2011


念阿彌陀佛,你的心不真、不誠。為什麼?六根沒有收回來,不真、不誠,你用的是妄心,你不是用真心,你說你有沒有罪過?對淨宗法門還持有懷疑的態度,求生西方極樂世界這裡頭打了很多問號,西方極樂世界到底有沒有?阿彌陀佛是真的還是假的?一大堆的問題。這些問題佛絕對不會怪罪我們,為什麼?極樂世界不在地球,從來沒有人去看過。往生的人也沒有回來做報告,一去杳無音信,怎麼能叫人相信?釋迦牟尼佛當年在世,這個法門雖然是多次宣說,《無量壽經》,可是從來就沒有人把這個事情解釋得清楚,所以帶給我們許許多多的問題。

這個法門,佛自己也承認是難信之法。難信能信,真不容易!難信能信是什麼緣故?過去生中曾經學過,底蘊深厚,這一生中又遇到,駕輕就熟,是這麼個道理;這樣的人畢竟是少數,多數人很難接受。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一八集)  2011/3/6  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0318





 

Buddha Sakyamuni sendiri juga mengakui bahwa Pintu Dharma Tanah Suci merupakan Dharma yang sulit dipercaya. Dapat meyakini Dharma yang sulit dipercaya, sungguh tidak mudah!

Mengapa ada praktisi yang mampu meyakini Dharma yang sulit dipercaya? Pada masa kehidupan lampau sudah pernah mempelajarinya, akar ini ditanam dengan sangat mendalam, pada masa kelahiran sekarang berjumpa lagi dengan Pintu Dharma ini, lebih giat lagi belajarnya sehingga semakin mahir, beginilah kebenarannya.

Praktisi begini sedikit jumlahnya, kebanyakan orang tidak sanggup menerima dan meyakini Pintu Dharma terunggul ini.

Sesungguhnya praktisi senior zaman dulu telah menjelaskan Pintu Dharma ini secara terperinci, hati mereka lebih suci daripada kita orang zaman modern ini, bentuk-bentuk pikiran mereka tidak begitu banyak.

Kita ambil saja telepon genggam sebagai perumpamaan,  30 tahun yang silam sebelum telepon genggam booming, pikiran manusia masih tidak begitu tercemar, tetapi sekarang hampir setiap orang memiliki telepon genggam, hati manusia telah tercemar berat, bentuk-bentuk pikiran bertambah seratus kali lipat, bagaimana hatimu bisa tenang?

30 tahun yang silam, telepon genggam masih belum berkembang, masyarakat masih menggunakan telepon sambungan kabel. Lebih mundur lagi ke belakang adalah periode Perang Dunia Kedua, kala itu untuk mengetahui sebuah kabar berita, paling cepat dalam kurun waktu seminggu barulah tiba di tangan kita.

Tidak seperti waktu sekarang ini, kabar berita di pelosok mana saja, entah berita atau gosip, cuma dalam kurun waktu satu jam saja, sudah sampai di tangan kita, ini namanya manusia mencelakai diri sendiri.

Insan zaman dulu berkata, “Semakin sedikit yang diketahui semakin sedikit kerisauan; semakin banyak kenalan semakin banyak gunjingan”, semakin banyak anda berkenalan dengan orang lain, maka semakin banyak pula gosip; semakin banyak hal yang anda ketahui, semakin banyak pula yang dirisaukan, bagaimana pikiranmu bisa tenang?

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Maret 2011


     這個法門,佛自己也承認是難信之法。難信能信,真不容易!難信能信是什麼緣故?過去生中曾經學過,底蘊深厚,這一生中又遇到,駕輕就熟,是這麼個道理;這樣的人畢竟是少數,多數人很難接受。為什麼古大德不把這樁事情詳詳細細講清楚?這你就不知道,古大德是真講清楚了,古人的心比我們現在心淨,妄念沒有這麼多。我們就拿這個手機來做比喻,手機沒有發明之前,手機發展年數不多,在最近幾年,我看頂多不過二十年,三十年前沒手機,就算三十年,三十年中國人講一世。手機發展之後,人被這個東西干擾、擾亂超過上一世的人,就是三十年前的人,妄念至少要超過一百倍,你心怎麼會定得下來?如果再往前推三十年,電話還沒有發展,無線電話還沒有,都是有線的,還有總機給你接線的,二次大戰時期。所以你知道外面社會狀況,發生新聞的時候,一般至少都是要一個星期才能夠聽到。不像現在,現在資訊發達,全世界哪個地方出了點小事,一個小時之內全世界知道,這是人自己害自己。古人說得好,「知事多時煩惱多,識人多處是非多」,你認識人多,是非多了;知道事多了,煩惱多了,你心怎麼會清淨?

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一八集)  2011/3/6  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0318

 


 

Insan zaman dulu berkata, “Semakin sedikit yang diketahui semakin sedikit kerisauan; semakin banyak kenalan semakin banyak gunjingan”, semakin banyak anda berkenalan dengan orang lain, maka semakin banyak pula gosip; semakin banyak hal yang anda ketahui, semakin banyak pula yang dirisaukan, bagaimana pikiranmu bisa tenang? Bagaimana anda dapat mengendalikan enam landasan indria?

Mengendalikan enam landasan indria, cara pertama adalah menyingkirkan telepon genggam, mencabut kabel sambungan telepon rumah, ini merupakan jurus untuk mengendalikan enam landasan indria.

Sebuah organisasi cukup memiliki satu atau dua unit telepon genggam, bagian humas dapat menghubungi orang lain bila ada hal penting, jika tidak ada hal penting maka tidak perlu memakai telepon.

Insan zaman dulu berkata, “Lebih baik mengacaukan aliran air seribu sungai, namun juga takkan menggoyahkan hati sang praktisi”, patut diketahui bahwa hati ibarat permukaan air yang tenang, ini merupakan kondisi batin yang terunggul.

Buddha dan Bodhisattva memiliki keterampilan samadhi yang mendalam, ketika enam landasan indria melakukan kontak dengan enam objek, hatiNya takkan tercemar sama sekali, inilah yang disebut dengan keterampilan.  

Sedangkan diri kita tidak memiliki keterampilan begini, maka cara yang paling baik adalah menolak jodoh luar.

Mereka menggunakan kemajuan teknologi untuk mengembangkan bidang media sehingga setiap saat ada informasi baru yang beredar, tetapi saya memiliki hak untuk tidak menerimanya, saya tidak berminat melihat semua ini, juga tidak mendengar siaranmu, guna melindungi sebutir hati yang suci, setara dan tercerahkan.

Suci, setara dan tercerahkan adalah hati sejati kita. Suci, setara dan tercerahkan adalah Buddha Amitabha. Makanya hatiku adalah Buddha Amitabha, Buddha Amitabha adalah hatiku, melafal Amituofo dengan cara demikian, akan terjalin dengan kebajikan sejati (kebajikan yang sejak semula telah sempurna dalam jiwa sejati), sepatah Amituofo dapat menghapus 8 miliar kalpa dosa berat samsara, tidaklah seberapa banyak, mengapa demikian?

Kesesatan takkan bisa melampaui kebenaran.  Dosa adalah kesesatan, lafalan Amituofo adalah kebenaran, kesesatan takkan dapat melampaui kebenaran, sebutir kebenaran dapat melampaui sepuluh ribu kesesatan, 8 miliar kalpa dosa berat samsara.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Maret 2011


古人說得好,「知事多時煩惱多,識人多處是非多」,你認識人多,是非多了;知道事多了,煩惱多了,你心怎麼會清淨?你怎麼能夠都攝六根?

  都攝六根,首先的辦法把手機丟掉,把家裡電話線切斷,這是都攝六根必要的手段。一個團體一、二個手機就夠了,專門有負責向外聯絡的人,重要的事情跟大家說一下,不重要的不必說。古人說得好,「寧動千江水,不動道人心」,要知道心如止水這是最好的境界。佛菩薩的定功深,那個沒有話說,他動靜一如,他六根接觸六塵境界心地絲毫不染著,這叫功夫。我們沒有這等功夫,那只有最好的辦法,拒絕外緣。他們有這些科學技術,發展這些媒體日新月異,我有權不接受,我不看你這些、不聽你這些的,保護我們自己的清淨平等覺。清淨平等覺是我們的真心,清淨平等覺就是阿彌陀佛。所以我心即是阿彌陀佛,阿彌陀佛即是我心,這樣念佛一句,你跟性德相應,一聲佛號消八十億劫生死重罪不多,為什麼?邪不勝正。罪業是邪,你一念佛號是正,邪不勝正,一正能抵萬邪,超過一萬,八十億劫生死重罪。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一八集)  2011/3/6  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0318