Dengan
suara nyaring melafal Amituofo, jasa kebajikan ini dapat menghapus dosa berat
sejak kalpa tanpa awal. Tiap hari kita melafal Amituofo dengan suara nyaring,
apakah dosa berat kita sejak kalpa tanpa awal, sudah terhapus? Sepertinya
belum, bukan saja belum, malah dosanya makin bertambah.
Oleh
karena itu, sekarang banyak orang yang menolak Ajaran Buddha, menolak Buddha
Amitabha, mengapa fenomena begini bisa terjadi? Sesungguhnya persoalan kita
terletak pada “Tahukah anda cara melafal Amituofo secara benar”?
Apa
yang dimaksud dengan “Cara melafal Amituofo secara benar”? Lantas bagaimanakah
yang disebut sebagai tidak tahu cara melafal Amituofo secara benar?
Hal
ini mesti dipahami dengan jelas. Apabila tidak dipahami dengan jelas, maka anda
akan mengatakan bahwa isi sutra tidak efektif, ucapan yang tidak bisa
dipercaya.
Sebaliknya
jika anda telah memahami kebenaran dengan jelas, barulah anda mampu
membangkitkan keyakinan, percaya bahwa isi yang tercantum di dalam sutra takkan
keliru sama sekali.
Saat
menjelang ajal melafal Amituofo baik sepatah maupun sampai sepuluh kali
lafalan, pasti terlahir ke Alam Sukhavati, asalkan tahu cara melafalnya.
Lantas,
patokan apa yang dipakai untuk menentukan cara melafal Amituofo secara benar? Di
dalam “Surangama Sutra Bab Bodhisattva Mahasthamaprapta melafal Amituofo dengan
sempurna tanpa rintangan”, Bodhisattva Mahasthamaprapta mengajarkan pada kita “Mengendalikan
enam landasan indria, dengan pikiran suci melafal Amituofo berkesinambungan”,
inilah yang dimaksud dengan cara melafal Amituofo secara benar.
Melafal
Amituofo dengan cara demikian, seperti yang disebutkan di dalam sutra, melafal
sepatah Amituofo dapat menghapus 8 miliar kalpa dosa berat samsara, ini nyata
adanya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 6 Maret 2011
唱阿彌陀就是我們高聲唱佛號,它的功德能滅無始重罪。我們每天都在唱念,無始劫以來的重罪是不是真的滅掉?好像沒有,不但是沒有,似乎是增加我們的罪業。所以現在有人排斥佛教、排斥阿彌陀佛,這種現象是怎麼回事情?我們從前面一直學下來的,心裡就明瞭,我們今天的問題出在「會麼」?宗門大德用這個話來考驗學人。教下淨宗也不例外,念佛你會念嗎?怎麼叫會念?怎麼叫不會念?這要搞清楚。如果沒有搞清楚,你就說經上說的話不靈,是假話;如果你要懂得,你就相信,經上的話一點都沒錯。臨命終時一念十念決定得生,會念才行。會不會的標準,《楞嚴經》上「大勢至菩薩圓通章」,給我們簡簡單單八個字的開示,標準就建立了。大勢至菩薩教給我們「都攝六根,淨念相繼」,這叫會念。這樣念佛,確實念一聲佛號,經上講的消八十億劫生死重罪,一點都不假。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一八集) 2011/3/6 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0318
Apa
yang dimaksud dengan enam landasan indria? Yakni mata, telinga, hidung, lidah,
tubuh dan pikiran. Mengendalikan artinya menariknya kembali.
Enam
indria kita berkeliaran di luar, mata sibuk melihat rupa, ketika melihat rupa
yang disukai akan timbul kemelekatan dan mendambakan, sebaliknya yang tidak
disukai akan ditolak, beginilah mata kita seharian sibuk berkeliaran di luar.
Lantas
bagaimana cara kita mengendalikan mata ini? Menariknya kembali, jangan biarkan
mata sibuk berkeliaran di luar, jangan lagi mengikuti rupa apa yang disukai dan
menolak yang tidak disukai, tarik kembali ke dalam. Setelah ditarik kembali,
apa yang mau dilihat lagi? Lihatlah jiwa sejati diri sendiri.
Telinga
janganlah dibiarkan mengikuti suara atau bunyi yang disukai, tariklah kembali
ke dalam, setelah kembali ke dalam akan menemukan jiwa sejati.
Jika
dibiarkan berkeliaran di luar, apa yang anda temukan di luar adalah rupa,
suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran, inilah yang disebut
sebagai enam objek.
Ketika
enam indria melakukan kontak dengan enam objek, akan menciptakan karma tumimbal
lahir, sehingga anda tidak mampu keluar dari enam alam tumimbal lahir. Bahkan
karma yang diciptakan adalah karma buruk, akibatnya jatuh ke tiga alam rendah,
sungguh mengerikan.
Pikiran,
yang dimaksud di sini adalah niat pikiran, pemikiran, sehingga timbul
bentuk-bentuk pikiran. Bentuk-bentuk pikiran ini adalah kesan. Setelah anda
melihat atau mendengar, lalu meninggalkan kesan yang mendalam, tidak bisa
melupakannya, dipikirkan terus.
Padahal
mata, telinga, hidung, lidah dan tubuh sudah tidak melakukan kontak dengan
objek di luar, namun fenomena tersebut melekat terus di ingatan (pikiran), dia
masih asyik memikirkannya.
Hari
ini kita melihat seseorang, berhadapan dengan sebuah masalah, dia terus menerus
memikirkannya, bahkan termasuk juga kita menonton siaran televisi, mendengar
siaran radio, enam indria sibuk melakukan kontak dengan enam objek luar, banyak
orang yang tidak tahu menariknya kembali.
Kalau
tahu menariknya kembali maka akan berubah menjadi pikiran terfokus, menfokuskan
pikiran pada satu titik, inilah yang disebut sebagai samadhi (konsentrasi).
Samadhi
itu bukan artinya duduk bersila menghadap ke tembok, samadhi yang sesungguhnya
adalah menfokuskan pikiran pada satu titik.
Maka
itu baik berjalan, berdiri, duduk maupun berbaring, senantiasa dilakukan dengan
penuh konsentrasi, seperti apa yang sering disebutkan di dalam ajaran sutra sebagai
“Naga senantiasa berada dalam samadhi, tiada waktu yang tidak berkonsentrasi”.
Siang
malam enam periode waktu, senantiasa berada dalam konsentrasi atau perhatian
terpusat. Dengan pikiran beginilah kita melafal Amituofo.
Pikiran
suci, apa yang dimaksud dengan pikiran suci? Tidak ragu dan tidak terpencar.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 6 Maret 2011
什麼叫都攝六根?六根是眼耳鼻舌身意,攝是把它收回來。《孟子》說過一句話,「學問之道無他,求其放心而已」,孟子這一句話可以用來註解都攝六根,孟子懂得了,所謂大聖大賢。我們的六根是往外跑,眼往色塵上跑,見到色相合乎自己心意的就起貪愛,不適合自己意思就起排斥,這是眼一天到晚往外跑。攝是什麼?把它收回來,眼不要往外跑,不要往色相上跑,收回來。回來看什麼?回來看自性。耳不要往音聲上跑,收回來,觀世音菩薩是用這個法門,「反聞聞自性,性成無上道」,回頭來就見性。往外跑,你見的是色塵、聲塵,六塵,六根緣六塵這是造輪迴業,你出不了六道輪迴。而且造的這個業都是罪,罪業,果報在三途,非常可怕。意根,意是念頭、是思想,它緣法塵,什麼是法塵?前五根落謝的影子這叫法塵。我們一般講印象,他在想,眼耳鼻舌身離開外面境界了,他在想這個現象。今天看到某個人,遇到某一樁事,他在想這些,乃至於我們看電視、聽廣播,也是六根向外奔馳,沒有人懂得把它收回來。收回來就變什麼?變成一心,止心一處,制心一處那就是禪定。禪定不是盤腿面壁,真正的禪定是制心一處。所以你行住坐臥都在定中,經教裡常講「那伽常在定,無有不定時」,你二六時中全在定中。用這樣的心念佛,淨念,淨是什麼?不懷疑、不夾雜。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一八集) 2011/3/6 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0318
Kita
melafal Amituofo bercampur dengan bentuk-bentuk pikiran di dalamnya, sehingga
keterampilan jadi rusak, tidak gampang. Master Yin Guang di dalam karyanya yang
berjudul “Wen Chao” atau Catatan Master Yin Guang, banyak membahas tentang
keterampilan melafal Amituofo.
Peserta
kebaktian biasanya mengikuti kebaktian pelafalan Amituofo selama kurun waktu
satu batang dupa. Zaman dulu di Tiongkok, lamanya waktu kebaktian dihitung per-dupa. Dupa
panjang mewakili waktu 1,5 jam, sedangkan dupa biasa mewakili waktu 1 jam.
Inilah yang disebut sebagai satu batang dupa lamanya.
Dalam kurun waktu satu batang dupa, di
dalamnya masih berbaur dengan 3-5 butir bentuk-bentuk pikiran, menurut Master
Yin Guang, keterampilan begini sudah termasuk lumayan.
Keterampilan begini paling tidak
juga mesti melafal Amituofo hingga tiga tahun ke atas barulah bisa diperoleh,
bayangkan, selama kurun waktu satu batang dupa, dia sanggup meredakan
bentuk-bentuk pikirannya hingga tersisa 3-5 butir bentuk pikiran yang muncul.
Mengapa bentuk-bentuk pikiran bisa
bermunculan? Oleh karena anda tidak melepaskan kemelekatan, hal yang membuatmu
risau itu terlampau banyak, poin ini tidak boleh tidak diketahui.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 6 Maret 2011
我們念佛裡面夾雜著妄念,把功夫全破壞了,不容易。印光大師在《文鈔》裡面說了很多,就講念佛功夫,一般真正念佛,在念佛堂念佛一支香,中國人從前沒有那麼多鐘錶,念佛堂時間用什麼算?用香算。長香一個半小時,普通一般的香是一個小時,這叫一支香。一支香裡面還有三、五個雜念,有,不是沒有,印祖說功夫算不錯了。這樣的功夫在念佛堂至少念三年以上,一支香可以減少到三、五個妄念。由此可知,一支香裡頭一個雜念沒有,那是什麼樣的功夫!為什麼會有雜念?你放不下,牽腸掛肚的事情太多了,這點不能不知道。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一八集) 2011/3/6 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0318