Tanpa
mengamalkan 48 tekad, anda bukan satu misi dengan Buddha Amitabha, upayamu
terlahir ke Alam Sukhavati akan mengalami rintangan. Makanya kami menetapkan
“Buku Kebaktian Pagi Aliran Sukhavati” berisi Sutra Usia Tanpa Batas Bab 6
Mengikrarkan 48 Tekad Agung. Kita harus se-hati dengan Buddha Amitabha, satu
tekad dengan Buddha Amitabha.
Untuk
Kebaktian Sore, kami mengambil Bab 32 sampai Bab 37 dari Sutra Usia Tanpa
Batas, apa isinya? Isinya mengenai Lima Sila dan Sepuluh Kebajikan, menghapus
kejahatan menimbun kebajikan, menghapus rintangan karma, kita menggunakan ini
guna memfokuskan diri melatih Pintu Dharma Tanah Suci.
Bait
sutra dibaca hingga bisa hafal di luar kepala, di mana saja dan kapan saja
ketika cobaan dan godaan menghadang, dapat mengingat ajaran yang tercantum di
dalam sutra, membantu dirimu mengubah kesesatan menjadi kebenaran, membantumu membangkitkan
pikiran benar, barulah satu masa kehidupan ini takkan terlewatkan sia-sia,
pasti terlahir ke Alam Sukhavati.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 13 Maret 2011
沒有四十八願,你跟阿彌陀佛不是同志,你往生就有障礙。所以我們編訂《淨宗朝暮課誦本》,把早課讀的經文,就是本經第六品四十八願,我們要心同佛、願同佛;晚課我們採取的經文,是本經的三十二品到三十七品,那一段經文長,講什麼東西?講五戒十善,斷惡修善,懺除業障,我們用這個專修淨土。經念得熟,一切時一切處境緣現前,能夠提得起經典裡面的教訓,幫助你改邪歸正,幫助你端正心念,這一生才不空過,決定往生。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三二二集) 2011/3/13 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0322
“Semuanya
mengandalkan keyakinan, tekad dan pengamalan sebagai bekal mencapai pantai
seberang”.
Harus
memiliki keyakinan benar, tekad bulat dan pengamalan nyata. Apa itu pengamalan
nyata? Yakni menaruh Buddha Amitabha di dalam hati, selain Buddha Amitabha, hal
lainnya mesti dilepaskan, di dalam hati hanya boleh ditaruh Buddha Amitabha
saja, dengan demikian anda dapat mencapai pantai seberang, pantai seberang
adalah Alam Sukhavati.
“Maka
itu Master Xing An berkata : Melatih diri merupakan hal pokok, terlebih dulu
harus membangkitkan tekad”.
Master
Xing An merupakan Guru Sesepuh Aliran Sukhavati yang ke-11, melatih diri itu
merupakan hal yang sangat penting dan mendesak, yang harus dilakukan adalah membangkitkan
tekad.
Tekad
yang dibangkitkan mesti mengikuti keyakinan benar, apabila anda tidak yakin
maka mustahil bisa membangkitkan tekad, setelah memiliki keyakinan benar
barulah anda sanggup membangkitkan tekad.
Lihatlah
setiap bait, kalimat dan kata yang tercantum di dalam sutra, semuanya merupakan
wejangan dari Buddha dan Bodhisattva, Guru Sesepuh dan Praktisi Senior yang tak
kenal jenuh memberi nasehat pada kita, kita tidak boleh tidak berterima kasih,
tidak boleh tidak serius mengamalkannya.
Dunia
ini hanyalah khayalan semu, termasuk tubuh fisik sendiri, tidak ada satupun
yang dapat dibawa pergi; sedangkan keyakinan, tekad dan pengamalan bisa dibawa
pergi, dengan mengandalkan keyakinan benar, tekad bulat, pengamalan tulus,
Buddha Amitabha pasti datang menjemputmu terlahir ke Alam Sukhavati.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 13 Maret 2011
「一切皆賴信願行為資糧而登彼岸」,要真信、要切願(懇切的願望)、要真行。真行是什麼?就是我常常講的勸導大家把阿彌陀佛放在心上,阿彌陀佛以外的全都放下,心裡只有阿彌陀佛,這樣你就能登彼岸,彼岸就是往生極樂世界。「是故省庵師云:修行急務,立願居先。」祖師的話,修行最急要的、必須得做的就是立願。立願它的依據是正信,你不信,願立不起來,真信之後願就生起來。你看這個經文每一品、每一段,佛菩薩、祖師大德苦口婆心勸導我們,我們不能不感恩,不能不認真。這個世間是假的,包括自己的身體沒有一樣你能帶得走的;信願行可以帶得走,憑藉你的真信、切願、篤行,阿彌陀佛就會來接引你往生。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三二二集) 2011/3/13 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0322
Buddha
Sakyamuni selalu berkata “Memfokuskan pikiran pada satu objek, tidak ada hal
yang tidak tertangani”. Hati itu harus ditumpukan di mana? Taruh di atas
lafalan Amituofo.
Kalau
di hati kita tidak melafal Amituofo, maka kita akan berkhayal dan berpikir
sembarangan, diri sendirilah yang salah, siapa yang merintangi dirimu? Diri
sendirilah yang merintangi diri sendiri.
Siapa
yang merusak reputasimu? Diri sendirilah yang merusak reputasi sendiri, orang
lain takkan punya kekuatan untuk merusak nama baikmu.
Anda
masih memiliki ketamakan, kebencian dan kedunguan, apabila niat pikiran
ketamakan, kebencian dan kedunguan ini sangat kental, maka anda harus selalu
memperingatkan diri sendiri, ketamakan terjalin dengan Alam Setan Kelaparan,
kebencian terjalin dengan Neraka, kedunguan terjalin dengan Alam Binatang.
Apabila
tiga racun (ketamakan, kebencian dan kedunguan) masih begitu kental, maka
jodohmu dengan mereka adalah sangat mendalam. Anda masih mengutamakan
kepentingan dan keuntungan pribadi, masih hobi mengejar ketenaran dan keuntungan,
ini menunjukkan bahwa anda tidak memahami Mahayana, selama ini anda belajar
Ajaran Mahayana tetapi tidak dapat mencicipi aroma Dharma, tidak memperoleh
kebahagiaan Dharma.
Selama
jangka waktu yang panjang, anda telah melewatinya dengan sia-sia, melewati hari
demi hari dalam bentuk-bentuk pikiran, anda telah menyia-nyiakan ajaran Buddha
Sakyamuni, menyia-nyiakan akar kebajikan, berkah kebajikan dan jalinan jodoh
yang telah ditimbun pada masa kehidupan lampau, anda masih tetap menggunakan hati
tumimbal lahir menciptakan karma
tumimbal lahir, sehingga tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 13 Maret 2011
世尊也常說「制心一處,無事不辦」,把心放在哪裡?放在阿彌陀佛上。心裡沒有阿彌陀佛,還胡思亂想,你錯了,誰障礙你?你自己障礙自己。誰破壞你?自己破壞自己,沒有任何人有力量破壞你。你還有貪瞋痴,如果貪瞋痴這個念頭很濃,你就要時時刻刻提出警告,貪跟餓鬼道相應,瞋跟地獄道相應,痴跟畜生道相應,你這三個東西還很濃厚的話,你跟他們的緣很深。你還有自私自利,你還有名聞利養,這說明你對大乘不了解,你在大乘法裡頭,沒有得到法味、沒有嘗到法味、沒有得到法喜。這麼長的時間裡面你錯過了,你在妄想當中度日子,你辜負了釋迦牟尼佛,辜負了你過去生中所修的善根福德因緣,你還是用輪迴心在造輪迴業,這不可能往生。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三二二集) 2011/3/13 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0322