Senin, 13 Januari 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Maret 2011 (Bgn 4)


Baru-baru ini di Hong Kong, ada seorang umat Buddha yang mempersembahkan sebuah vihara mungil kepadaku, luasnya mirip dengan studio mini kita ini, seluruh area cuma sedemikian luasnya.

Saya sangat bersukacita, ada tiga dermawan yang mendukung sudah cukup, tidak perlu risau lagi. Separuh bagian dari vihara ini adalah dua lantai, sisi lainnya adalah satu lantai, rumah tua.

Pemilik rumah tersebut mengatakan padaku, bangunan lantai dasar tersebut telah berusia lebih dari 90 tahun, sementara lantai kedua dibangun di kemudian hari, sudah 70 tahun lamanya.

Mulanya saya ingin membongkar dan membangun kembali rumah kediaman tersebut, tetapi pemiliknya mengatakan padaku supaya mempertahankannya, alasannya bangunan tua menggunakan bahan asli, meskipun tampak klasik namun rumah ini hangat di musim dingin dan sejuk di musim panas. Alangkah bagusnya.

Hanya dilakukan sedikit renovasi saja, lain kali saya pulang ke Hong Kong, sudah bisa menetap di sana. Di rumah kediaman tersebut terdapat sebuah pekarangan kecil, sekarang ditanami sayur-sayuran, tidak luas, sekitar 3 mu menurut ukuran Tiongkok. Lahan yang ditanami sayur sekitar 2 mu luasnya.

Saya suka tempat kediaman ini, dapat dihuni 3-4 orang, melatih diri bersama-sama, sebuah gubuk, vihara besar. Kenapa dikatakan sebagai Maha Vihara? Di dalamnya terdapat jaringan internet, serupa dengan studio mini kita yang menyiarkan ceramah ke seluruh dunia, bukankah ini namanya Maha Vihara? Jadi gubuk kecil, vihara besar.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Maret 2011


最近在香港,有個居士送我一個小道場,像土地廟一樣,很小。大概那個道場,就像我們攝影棚這麼大,整個面積就這麼大。我很喜歡,有三個人護持夠了,什麼心都不要操了。這個道場有一半是兩層,另外一邊是一層,老房子。主人告訴我,一層的那一邊,九十多年,兩層這一邊是後建的,七十多年。我本來想拆掉重建,他說不要拆,這個房子老建築,真材實料,很土,但是這個房子冬暖夏涼。那太好了。把它重新修理修理,我下一次回香港就可以到那邊住去。他有個小院子,院子現在都種菜,不大,大概合中國三畝地。種菜的面積,應該差不多有二畝地的樣子。我喜歡這個地方,可以住三、四個人,在一起修行,小茅蓬,大道場。為什麼?我們裡頭有網際網路,像攝影棚這樣講經的時候播出去,不就大道場!小茅蓬,大道場。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三三二集)  2011/3/19  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0332


 

 

Saya telah berusia 85 tahun, dengan serius mengumumkan kepada praktisi sekalian bahwa saya takkan menyelenggarakan kegiatan apapun lagi.

Para anggota Sangha generasi “Wu” yang berada di Pure Land Learning College, Australia, harapanku terbesar pada kalian adalah semoga satu dasawarsa ke depan, kalian dapat mencapai pencerahan, tidak menyia-nyiakan Buddha dan Bodhisattva, tidak menyia-nyiakan Vihara yang telah membimbing kalian.

Kalau masih saja serupa satu dasawarsa silam, belum memiliki pencapaian apapun, maka masalah kalian akan jadi berat, sampai separah bagaimana, tidak perlu saya katakan lagi, dalam hati kalian pasti sudah mengetahuinya.

Selain di Australia, masih ada Malaysia dan Hong Kong, inilah tiga tempat bagiku untuk memberi ceramah, sedangkan di Daratan Tiongkok, tempo dulu CEO Zhao Pu berharap saya pulang ke Negeri Tirai Bambu, pulang ke kampung halaman, kini saya telah mengetahuinya, saya tidak punya harapan lagi, saya telah melepaskan niat hati ini, mustahil bagiku untuk pulang lagi.

Maka itu apabila di dalam negeri Tiongkok ada orang yang memperalat namaku menggalang dana, semuanya adalah palsu alias tipu-tipu.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Maret 2011
Bertempat di : Pure Land Learning College Association Inc, Australia


我八十五歲了,鄭重給大家宣布,我不再做任何事業,連國際上和平的事業我都不參加,任何活動都不參加。住茅蓬跟閉關是一樣的。澳洲悟字輩的,我對你們最大的期望,就是希望十年之後,你們有開悟的、有證果的,你們不辜負佛菩薩,不辜負這個道場栽培你們。如果再像過去十年混日子,你們的問題就嚴重了,嚴重到什麼程度我也不必說,你們心裡都有數。所以這邊我還是會來照顧你們,另外一個馬來西亞、香港,我講經的處所就這三個地方,其他地方哪裡我都不去。國內,從前趙樸老總是希望我回去,落葉歸根,現在我知道了,我沒指望了,我對這個心已經死掉了,我不可能再回去。國內如果有人用我的名義化緣,全是假的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三三二集)  2011/3/19  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0332



         
 

Apabila di dalam negeri Tiongkok ada orang yang memperalat namaku untuk menggalang dana, semuanya adalah palsu alias tipu-tipu. Semoga praktisi sekalian dapat memahaminya, jangan sampai dikelabui.

Memperalat namaku menggalang dana di dalam Negeri Tirai Bambu, katanya saya hendak menyelenggarakan kegiatan ini dan itu, banyak sekali.

Tempo dulu Kepala Biro Ye dari bagian urusan keagamaan, pernah bilang padaku, apakah anda mengetahui adanya kejadian begini? Saya bilang tidak tahu. Dia bilang masalah ini akan ditangani pemerintah Tiongkok, saya berterima kasih padanya.

Sekarang Kepala Biro Ye sudah naik pangkat, saya kenal baik dengan beliau, dan yang menggantikannya adalah Kepala Biro Wang, saya juga kenal baik dengannya, pernah beberapa kali bertatap muka.

Saya sudah usia 85 tahun, mana bisa menyelenggarakan kegiatan apa-apa lagi, masih ada satu hal lagi yang harus saya sampaikan kepada praktisi sekalian supaya jelas, saya tidak ingin menerima kunjungan tamu lagi, supaya saya bisa melewati hari tua-ku dengan lebih relaks.

Saya berharap tiap hari masih sanggup membaca sutra selama 4 jam, maka saya akan merasa bahagia sekali. Takkan menyia-nyiakan waktu, juga takkan menyia-nyiakan semangat.

Kalian berharap agar saya menetap lebih lama di dunia ini, maka saya akan memperbanyak memberi ceramah kepada kalian, hanya demikian saja, saya tidak menghendaki kalian memberiku uang sepeser pun.

Kalian datang ke sini bermaksud mempersembahkan dana kepada diriku, sesungguhnya seluruh dana persembahan umat saya serahkan kepada Sangha, jadi tidak usah repot-repot, kalian langsung saja menyerahkan dana persembahan kepada Sangha, tidak perlu melewati saya lagi.

Saya tidak butuh apa-apa, apa yang saya inginkan adalah kalian dapat melafal Amituofo, semoga kelak kalian dapat terlahir ke Alam Sukhavati, di Persamuan Kolam Teratai di Alam Sukhavati kelak kita akan bersua kembali. Begini barulah disebut kebajikan!

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Maret 2011
Bertempat di : Pure Land Learning College Association Inc, Australia


國內如果有人用我的名義化緣,全是假的。希望同修們要明瞭,不要受騙。用我的名義在國內化緣,說我要做什麼做什麼,很多。以前葉局長跟我談過,他說這些事情你都不知道?我真不知道。他說這個事情他們政府來處理,我很感謝他。葉局長也高升了,現在的局長王局長,我跟他也很熟,我們也多次見過面。八十五歲不能做事情了,現在就是一樁事情,我跟大家說得很明白,我也不願意見人,讓我晚年的時候清閒一點,我每天希望還能夠讀四小時的經,還能夠講四小時,我就很快樂。不要再浪費時間,也不要浪費精神。大家希望我留在這個世間,我多跟大家一點分享,如此而已,我不要大家給我一分錢。你們到這邊來供養,全部是供養常住,供養我的,我也都交給常住。不必轉手,麻煩,直接交常住多好,所以不必交給我。我什麼都不需要,我所需要的,就是希望你們念佛,希望你們將來都往生到極樂世界,我們到極樂世界蓮池海會就又碰到了。那才是好事情!  

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三三二集)  2011/3/19  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0332