Selasa, 14 Januari 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Maret 2011 (Bgn 3)


Apakah saya mampu tidak terpengaruh oleh kondisi luar? Ketika godaan dan cobaan datang menghadang, jangan salahkan orang lain, tidak ada kaitannya dengan orang lain, masalahnya ada pada niat pikiran diri sendiri.

Ketika orang lain datang memujimu, memberimu hormat, dalam hati lafallah  Amituofo; demikian pula ketika orang lain datang memakimu, menfitnahmu, menghinamu, juga dalam hati lafallah Amituofo.

Saya takkan terpengaruh, menanggapi segala cobaan dan godaan cuma satu yakni melafal Amituofo. Dengan demikian diri sendiri adalah Buddha Amitabha.

Ketika melihat orang baik, lafallah Amituofo, demikian pula ketika melihat orang jahat, juga lafallah Amituofo, anda adalah Buddha Amitabha, anda telah mencapai KeBuddhaan.

Takkan ada kebencian di hati, juga takkan ada kegirangan di dalam hati. Orang lain memakimu, menghina-mu, mencelakai-mu, semuanya dipandang sebagai Buddha Amitabha, tetap bersukacita, tidak merasakan disakiti sama sekali.

Meskipun dia mengambil pisau lalu menghabisimu, juga Amituofo, saya menuju ke Alam Sukhavati, terima kasih telah mengantar diriku ke Alam Sukhavati. Kalau tidak, maka saya masih harus menderita lebih lama lagi di dunia ini.

Dia melakukan kejahatan, pasti jatuh ke Neraka menjalani siksaan, sedangkan saya bisa lebih dini sampai di Alam Sukhavati, bukankah saya harus berterima kasih padanya?

Andaikata di hatiku malah timbul kebencian dan dendam, maka saya dan dia adalah serupa, sama-sama jatuh ke Neraka, melakonkan episode serial saling balas membalas tiada habis-habisnya.

Maka itu tak peduli seberat apapun cobaan itu, jangan simpan di hati, anggap saja tidak ada kejadian apa-apa, Bodhisattva datang mengujiku, untuk melihat apakah benar saya telah sanggup melepaskan kemelekatan, apakah batinku tercemar atau tidak, benarkah pikiranku telah suci adanya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Maret 2011


我能不能不受外面干擾?不受外面干擾這樁事情不怪別人,完全是自己的事情。人家來讚歎你、讚美你、恭敬你,阿彌陀佛;人家來罵你、侮辱你、羞辱你,阿彌陀佛。我不受他干擾,我統統是阿彌陀佛,我真的是阿彌陀佛,看到善人,阿彌陀佛,真阿彌陀佛;看到惡人,真的阿彌陀佛,不是假的,你就成佛了。沒有怨恨心,沒有歡喜心。那個真歡喜,那個歡喜是法喜充滿。罵你、侮辱你、害你,都是阿彌陀佛,歡歡喜喜,沒有受到絲毫傷害。縱然拿著刀槍把我殺掉了,阿彌陀佛,我到極樂世界去了,謝謝你,要不然我還多待幾天,你早一天把我送走,我感恩你。真的,一點都不假,是要感恩。為什麼?他造的是惡業,他那個惡業到地獄受果報,他是到地獄,把我送到極樂世界,我怎麼能不感恩?我還能恨他嗎?我要恨他,不知道感恩,跟他一道去了,到地獄去了,去搞冤冤相報去了。感恩,真正感恩。無論受什麼重大的災害,若無其事,菩薩來考驗我,看我是不是真放下了,看我還有沒有染污,是不是真的清淨。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三三三集)  2011/3/20  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0333


 

 

Tempo dulu ketika saya berada di Amerika, saya melihat ada dua kalimat yang tercantum di dalam sutra, yakni “Setiap hari adalah hari baik, setiap waktu adalah waktu baik”, lalu saya tuliskan kelanjutannya, “Setiap orang adalah orang baik, setiap kejadian adalah kejadian baik”.

Sama sekali tidak semu, di dunia ini tidak ada orang jahat, Siluman, Mara dan setan jahat lainnya sampai di tempat kami akan berubah jadi Buddha dan Bodhisattva.

Makanya kondisi berubah menuruti perubahan hati atau niat pikiran. Orang awam malah terbalik, hati berubah menuruti perubahan kondisi atau lingkungan, sudah keliru.

Kalau hati berubah menuruti perubahan kondisi atau lingkungan, maka anda bisa jatuh ke Neraka Avici. Sebaliknya kalau kondisi berubah menuruti perubahan hati atau niat pikiran, maka anda bisa mencapai KeBuddhaan, atau menjadi Bodhisattva.

Master Ouyi berkata, “Kondisi luar dan jodoh itu tidak ada yang namanya baik atau buruk, bagus dan jelek ada dalam hati sendiri”. Lingkungan luar itu, jodoh baik maupun jodoh buruk, suasana suka maupun duka, adalah setara, tidak ada bedanya.  

Bagus atau jelek adalah karena khayalan, perbedaan dan kemelekatan diri sendiri, terlepas dari khayalan, perbedaan dan kemelekatan, maka segalanya adalah setara, tidak tampak lagi bagus dan jelek, juga tidak tampak lagi baik dan buruk.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Maret 2011


早年我在美國的時候,我看到經上兩句話,「日日是好日,時時是好時」,我續了兩句,「人人是好人,事事是好事」。一點都不假,世間沒有惡人,妖魔鬼怪到我這裡來,都是佛菩薩。所以境隨心轉。凡夫,凡夫可憐,顛倒了,他的心隨境轉,錯了。心隨境轉,你就會轉到阿鼻地獄;境隨心轉,你就能成佛、成菩薩。蕅益大師講得好,「境緣無好醜,好醜在於心」,外面環境,善緣惡緣、順境逆境,平等的,沒有兩樣。好醜是我們自己虛妄的分別執著,離開分別執著就平等了,看不到好醜,看不到善惡了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三三三集)  2011/3/20  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0333