Minggu, 01 Maret 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 30 Maret 2011 (Bgn 4)


Para Buddha dan Bodhisattva memiliki Maitri Karuna yang setara dan tidak memihak. Takkan ada istilah “saya lebih baik padamu, sedangkan dengan dia biasa-biasa saja”, takkan ada berat sebelah, takkan membeda-bedakan, takkan melekat.

Tetapi dalam soal penjemputan ke Alam Sukhavati, ada yang berada di urutan lebih awal dan ada yang berada di urutan berikutnya, hal ini tergantung apakah anda telah memenuhi persyaratan, bila persyaratan telah lengkap dan terpenuhi, maka Buddha Amitabha segera datang menjemputmu, apabila persyaratannya belum lengkap, maka Buddha Amitabha akan menanti hingga anda telah melengkapi semua persyaratan, barulah datang menjemputmu.

Adil, tidak ada niat mengutamakan kepentingan pribadi sama sekali, tidak membeda-bedakan, tidak melekat, hal ini mesti kita teladani dalam hal berinteraksi dengan orang lain di dunia ini.

Dalam membantu orang lain juga serupa, orang ini memenuhi persyaratan, bolehlah membantunya lebih banyak. Terutama dalam proses belajar mengajar, seorang guru yang mendidik anak muridnya, merupakan perumpamaan yang sangat jelas.

Si A belajarnya sangat serius, sangat rajin, guru akan mengajarkan lebih banyak pelajaran kepadanya; sebaliknya si B malas, rintangan karmanya sangat berat, sudah diajari masih juga tidak paham, alhasil guru hanya bisa membiarkannya mengikuti pelajaran secara umum.

Sesungguhnya si guru memberi perhatian yang sama kepada setiap muridnya, tidak pilih kasih, namun dalam hatinya beliau sangat mengenali kemampuan setiap muridnya.

Seperti yang dikatakan oleh Master Yin Guang, “Dengan membangkitkan satu bagian ketulusan dan rasa hormat memperoleh satu bagian manfaat; dengan membangkitkan sepuluh bagian ketulusan dan rasa hormat memperoleh sepuluh bagian manfaat”

Umpamanya si A memiliki sepuluh bagian ketulusan dan rasa hormat, dia bisa memperoleh sepuluh bagian manfaat, apabila si guru tidak menyampaikan pelajaran padanya sebanyak sepuluh bagian, masih menyimpan satu jurus, cuma menyampaikan padanya sembilan bagian saja, maka si guru bersalah pada si murid.

Sedangkan si B cuma memiliki satu bagian ketulusan dan rasa hormat, makanya guru cuma menjelaskan padanya sebanyak satu bagian saja; kalau menjelaskan sebanyak dua bagian, dia tidak sanggup menerimanya lagi.

Dari luar tampaknya si guru pilih kasih, perlakuannya pada murid-muridnya itu berbeda-beda. Sesungguhnya si guru tidak berat sebelah, tetapi akar kebajikan setiap murid itu tidak sama, Maitri Karuna dan perhatian yang diberikan guru tetap adil.

Kebenaran ini mesti dipahami, barulah anda benar-benar mengenal insan suci dan bijak, dengan perkataan lain, barulah anda mengenali, yang mana orang baik, orang baik itu takkan ada niat mementingkan diri sendiri, orang baik juga takkan menyimpang ke arah sesat.

Apabila pikiran sendiri tidak benar, maka melihat orang lain juga tidak benar, ini merupakan hal yang lumrah; sebaliknya jika diri sendiri sudah berpikiran benar, maka melihat segalanya juga adalah benar. Melatih diri dan belajar dengan serius adalah sangat penting.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 30 Maret 2011


諸佛菩薩平等慈悲沒有偏愛。沒有說我對你好一點,對他差一點,沒有,決定沒有分別、沒有執著。但是接引有先後,那是你具備的條件足不足,具備條件足了,馬上接引你,再欠一點的,等你補足了再來接引你。公平,沒有自私、沒有分別、沒有執著,這是我們在這個世間處事待人接物都應該要學習的。

  幫助人也是一樣,這個人有條件,可以多幫助他一些。老師教學這非常明顯的例子,這個人學習非常認真,非常努力,老師多關照他一些;那個人懈怠懶散,業障很重,聽都聽不懂,那只好隨他去,讓他跟著學好了。老師對學生平等的關懷,沒有厚薄,表面上看起來不懂,老師對這個人好好,對那個人不好。不是的,你完全錯怪,你不了解。就像印光大師說的,這個人有十分恭敬,他能得十分利益,老師要不給他講十分,講九分對不起他。那個人只有一分誠敬,老師只給他講一分;講兩分,他接受不了。這好像看到就有厚薄,有不一樣。不是老師不一樣,是學生根性不一樣,老師的慈悲關懷照顧完全平等的。這個道理要懂,你才真正認識聖賢人,換句話說,你才真正認識那個人是個好人,好人沒有私心,好人沒有偏邪。自己心不正,看別人也不正,這是很正常的現象;自己要是正了,看什麼都正。認真修學重要。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三五二集)  2011/3/30  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0352

 


 
 
Sekarang banyak sekali ramalan bencana yang beredar di dalam masyarakat, ada orang yang bertanya padaku, apakah benar akan terjadi? Apakah boleh dipercaya?

Saya bilang pada kalian, cobalah tenangkan hati dan pikiran, lalu amati dengan seksama, orang zaman sekarang, baik pria, wanita, tua maupun muda, yang bergerak di segala bidang pekerjaan, apa yang ada di dalam pikiran mereka? Kata-kata apa yang keluar dari mulut mereka? Apa saja yang mereka kerjakan? Cobalah amati, lihat dan dengarlah dengan seksama, maka anda sudah bisa memahaminya dengan jelas.

Apabila apa yang dipikirkan, apa yang diucapkan dan apa yang diperbuat, semuanya adalah karma buruk, maka ramalan bencana tersebut adalah nyata; sebaliknya apa yang dipikirkan, apa yang diucapkan dan apa yang diperbuat, semuanya adalah karma baik, maka ramalan bencana tersebut tidaklah benar.

Untuk mengurai bencana, tidak ada cara lainnya, hanya dengan pendidikan. Mengapa kami gigih memberi ceramah empat jam sehari? Sudah tidak sempat lagi, memberi ceramah adalah menasehati khalayak ramai supaya menghapus kejahatan menimbun kebajikan, kembali ke jalan yang benar, menyelamatkan diri sendiri, menyelamatkan keluarga anda, tetangga dan masyarakat, negara dan dunia, inilah yang dilakukan!

“Sutra Usia Tanpa Batas” menguraikan dengan jelas, di Alam Sukhavati, Buddha Amitabha tiap hari membabarkan Dharma, penduduk di sana tiap hari mendengar pembabaran Dharma, tiada seorang pun yang tidak mendengarkan Dharma tiap menit dan tiap detiknya.

Buddha Amitabha menggunakan berbagai upaya kausalya supaya penduduk di NegeriNya tak pernah terpisahkan dari mendengarkan Dharma, meskipun berada di luar Aula Pembabaran Dharma, anda sedang berjalan-jalan berkeliling Alam Sukhavati, atau bermain-main di kolam, atau sedang berteduh di bawah pepohonan, di manapun anda berada, anda tetap bisa mendengarkan suara Dharma yang mengalir tiada henti-hentinya. Maka itu penduduk Alam Sukhavati mendengarkan Dharma tanpa terputus, inilah alasannya mengapa mereka bisa berhasil dalam kurun waktu singkat.

 Kutipan Ceramah Master Chin Kung 30 Maret 2011


現在這個社會盛傳這些災難都感到很大,有人來問我這是真的還是假的?可信不可信?我告訴大家,你把心定下來,你細心去觀察,觀察什麼?觀察因。他們傳的信息是果,果一定有因,因果要相應就可信,因果不相應那就不能相信它。因是什麼?你觀察現在的人,男女老少、各行各業,他想什麼?他說的些什麼?你細細聽聽,他幹的是什麼?你仔細看看你就明白了,如果想的、說的、做的全是不善,那就是真的,這災難是真的;如果他想的、說的、做的都是善的,那這災難不是真的。我們從這個地方來下斷語就不會有過失。

化解災難,方法沒有別的,教學。我們現在為什麼堅持每天四個小時講經?來不及了,講經是勸告大家,勸大家斷惡修善,勸大家積功累德,勸大家改邪歸正,救自己,救你的家庭,救你的鄰里鄉黨,救國家,救社會,救世界,幹這個!我們細心觀察極樂世界,極樂世界我看不到,《無量壽經》裡介紹你可以看到,你細心去觀察經典上所說的極樂世界是什麼狀況,阿彌陀佛天天講經教學,往生的這些眾菩薩天天上課,沒有一個人缺一堂課。阿彌陀佛的方法非常善巧,你無法缺課。你不願意在教室,出到外面去轉轉,外面水、鳥、樹林都講經說法,無論你走到哪個地方,你都能夠聽到阿彌陀佛法音宣流。所以聞法不中斷,所以他進步快,就這麼個道理。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三五二集)  2011/3/30  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0352




 

Sesampainya di Alam Sukhavati, cahaya Buddha memberkati dirimu, tekad Buddha memberkati dirimu, pelatihan diri Buddha memberkati dirimu, Buddha mengerahkan segenap kemampuanNya memberkati dirimu, sehingga anda mencapai keberhasilan dalam waktu singkat.

Bagaimana yang dikatakan waktu singkat? Panjang atau pendeknya waktu itu tidak ada standar yang tetap, di dalam “Avatamsaka Sutra” diuraikan dengan sangat jelas, kalpa yang tak terhingga dapat dipadatkan menjadi sebersit niat pikiran, sebersit niat pikiran dapat diurai menjadi kalpa tak terhingga.

Panjang pendeknya waktu itu tidak ada standar atau patokannya, bagi insan yang memiliki akar kebajikan, waktu itu berjalan dengan cepat bahkan sangat singkat, sedangkan bagi orang yang memiliki rintangan karma yang sangat berat, waktu terasa begitu panjang dan membosankan.

Setiap orang juga pernah mengalami hal yang sama, ketika kita masih anak-anak, selalu mengharapkan datangnya Hari Imlek, harus menanti begitu lama barulah Imlek tiba, tetapi setelah dewasa justru merasa mengapa setahun begitu cepat sudah berlalu?

Tempo dulu kalau mendengar waktu sepuluh tahun, wah, itu adalah kurun waktu yang sangat panjang sekali, tetapi sekarang barulah merasa ternyata waktu satu dekade cuma satu petikan jari saja sudah berlalu.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 30 Maret 2011


到極樂世界佛光加持你,佛願加持你,佛的修行加持你,樣樣加持你,你很容易覺悟,很容易契入境界。說時間長短,時間不是定法,《華嚴經》上講得很清楚,無量劫可以濃縮成一念,一念可以展開為無量劫。時間不是定法,對有善心的人來說,對根性大利的人來說,時間很短,對業障很深重的人來說,時間很長。我想我們每個人都有經驗,你看你在做小孩的時候,兒童,七、八歲也很懂事了,過年好玩,過個年等好長好長的時間才遇到過年。那現在在現前的社會,不知不覺怎麼又一年都過去了?以前講十年,那多長的時間!現在十年一彈指。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三五二集)  2011/3/30  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0352