Rabu, 20 November 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Maret 2011 (Bgn 10)


Di Alam Sukhavati, Guru Pembimbing (Buddha Amitabha) memiliki usia tanpa batas, sama halnya pula, seluruh siswaNya juga memiliki usia tanpa batas. Hari ini ruang gerak kita di Planet Bumi sangat terbatas, kita tidak dapat beraktivitas di luar Planet Bumi, ibarat berada dalam kurungan, anda tidak mampu melampaui ruangan yang terbatas ini.

Seperti apakah Planet Bumi ini? Bukankah cuma serupa dengan satu unit pesawat antariksa? Yang terapung-apung di jagat raya nan luas tanpa andalan (jaminan keamanan), ke manakah tempat yang hendak dituju?

Tidak ada yang tahu arah yang jelas, hanya tahu Bumi berevolusi mengelilingi matahari. Tetapi matahari sendiri juga sedang berevolusi mengelilingi pusat galaksi Bima Sakti, diperkirakan galaksi Bima Sakti sendiri juga ikut berevolusi, mungkin mengelilingi galaksi yang berukuran lebih besar lagi, namun sejauh ini tidak ada yang mengetahuinya. Kita memang terlampau kecil bagaikan titik debu di jagat raya ini!

Mengapa kondisi kita sungguh tak berdaya dengan ruang lingkup yang sedemikian terbatasnya? Oleh karena jiwa sejati kita sedang tersesat, andaikata anda telah mencapai pencerahan, pasti takkan begini lagi.  

Setelah berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, maka ruang gerak kita adalah keseluruhan jagat raya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Maret 2011


老師無量壽,學生也無量壽。活動的空間,我們一定要曉得,今天我們在地球上,活動空間不能超越地球,實在講就像坐監牢獄一樣,你沒辦法超越。地球像什麼?在太空當中還不就像一個太空船一樣,在空中四面沒有依靠,到底往哪裡走?不知道,沒人曉得,只曉得跟著太陽。但是太陽也是在走,太陽在繞銀河系,銀河系想必一定也是在走,繞更大的一個星系,我們還不知道。太渺小了!這個渺小是什麼?渺小是迷惑造成的,你要一開悟就不是這樣的。開悟之後,你只要到極樂世界,你的活動空間是遍法界虛空界。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一0集)  2011/3/1  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0310


 

 

Di dalam Sutra Usia Tanpa Batas Bab 2 tercantum, “Mereka yang hadir dalam pesamuan meneladani Tekad Bodhisattva Samantabhadra, bertekad lahir ke Alam Sukhavati.

Maka itu Alam Sukhavati juga disebut sebagai dunia Bodhisattva Samantabhadra, Pintu Dharma Tanah Suci juga merupakan pintu pelaksanaan Bodhisattva Samantabhadra.

Kita belajar bersama di sini, setiap hari rekan praktisi saling berdiskusi bersama, cuma begini saja sudah terasa betapa bahagianya, apalagi setibanya di Alam Sukhavati, kebahagiaan tersebut tak berdaya kita bayangkan.

Vihara kita di sini tidak luas, rekan praktisi juga tidak banyak, lain halnya setibanya di Alam Sukhavati, lingkungan belajar yang maha luas, sahabat belajar yang tak terhingga dan tanpa batas, tak terhitung jumlahnya.

Buddha Amitabha membabarkan Dharma tidak perlu memakai loudspeaker, juga tidak butuh audio system, suara Buddha Amitabha tersebar ke seluruh penjuru tanpa batas, tiada yang tidak mendengarnya dengan jelas, ini merupakan pemberkatan dari kewibawaan tekad agungNya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Maret 2011


本經第二品的品題就很清楚,「咸共遵修普賢大士之德」。所以極樂世界就是普賢菩薩的世界,淨宗法門就是普賢菩薩的行門。我們在此地修學,每一天同學們在一起分享,都感到很快樂,那到極樂世界的樂我們無法想像。我們這裡道場不大,同學不多,到極樂世界道場太大了,同學無量無邊,數不清。阿彌陀佛講經不要用擴音器,不需要科學設備,阿彌陀佛說法沒有一個人聽不清楚,沒有一個人聽不懂,這都是本願威神加持。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一0集)  2011/3/1  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0310


 


 

Kami jadi teringat pada ucapan Guru-ku Upasaka Li Bing-nan, beliau menetap di Taichung selama 38 tahun, mendirikan Asosiasi Lotus Taichung, selain itu beliau juga mendirikan Perpustakaan Ci Guang, Panti Jompo, sebuah Rumah Sakit Bodhi dan dua unit sekolah penitipan anak, inilah karir beliau.

Guru Li selalu mengatakannya pada kami, praktisi pelafal Amituofo jumlahnya banyak, tetapi yang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati malah sedikit.

Guru Li dihormati masyarakat Taiwan, banyak orang yang berdatangan dari berbagai daerah ke Taichung guna belajar pada Guru Li, lalu kembali ke daerahnya masing-masing dan membuka cabang Asosiasi Lotus, ada beberapa puluh cabang jumlahnya.

Pada acara peringatan 10 tahun berdirinya Asosiasi Lotus Taichung, jumlah anggotanya telah mencapai 200 ribu orang; saya berguru pada beliau selama 10 tahun, ketika saya meninggalkan Taichung, jumlah anggota Asosiasi Lotus telah mencapai 500 ribu orang.

Guru Li bilang, praktisi yang dapat terlahir ke Alam Sukhavati, dari 10 ribu orang hanya ada 2 atau 3 orang saja yang berhasil. Angka begini sudah sangat lumayan, 38 tahun lamanya Guru Li berceramah di Taichung, bila diasumsikan dari 10 ribu orang ada 3 orang yang berhasil, maka dari 500 ribu orang, paling tidak juga ada 150 orang yang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.

 Menurut perkiraan kami, jumlah anggota Asosiasi Lotus Taichung yang meraih keberhasilan minimal juga di atas 500 orang, angka ini pasti bukan masalah. Sepanjang hayatnya Guru Li dapat menyeberangkan sebanyak 500 orang ke Alam Sukhavati menjadi Buddha, hal ini serupa dengan ucapan Bodhisattva Maha Maitri, yakni jika sepanjang hidupmu, anda dapat menyeberangkan 2 orang ke Alam Sukhavati menjadi Buddha, jasa kebajikan ini melampaui jasa kebajikan melatih diri sendiri.

Bayangkan, Guru Li berhasil menyeberangkan 500 orang, ini pasti jelmaan Buddha Amitabha. Ini nyata adanya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Maret 2011


我們要記住一樁事情,老人常說,早年李炳南老居士就常講,他在台中居住三十八年,創辦了台中蓮社、台中慈光圖書館,他還辦一個老人院,還有一個菩提醫院,還有兩個托兒所,這是他老人家做的事業。常常跟我們說,念佛的人多,真正往生的人少。老師的德望,敬仰的人很多,台灣各地參加台中蓮社,做為蓮社的分支機構,非常之多,有幾十所。蓮社蓮友總共,我跟他的時候,那時候十年,台中蓮社十週年紀念,蓮友有二十萬人;我在他身邊十年,我離開的時候,蓮友增加到五十萬人。老師說真正往生的人,一萬人當中只有二、三個,真往生的。就這個數字也相當可觀,三十八年,就算一萬人當中有三個,五十萬人,三五也有一百五十人。要是每年都有一百五十人,三十多年相當可觀,到極樂世界都成佛了。太難太難了。我們最保守的估計,台中蓮社成就的這些諸佛如來,至少至少五百人以上,那是決定不成問題,這是最保守的數字。老師一生能度五百個人成佛。大慈菩薩說,你一生能度兩個人成佛,就比自己功德大。度五百個,那就是阿彌陀佛再來。這真的不是假的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一0集)  2011/3/1  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0310