Senin, 26 Agustus 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Januari 2011

 
Kami sungguh beruntung, saat usia muda bersua dengan kalyanamitra sejati, yang menyampaikan kebenaran kepada kami, sehingga sepanjang hayat tidak mengalami pencemaran batin, hanya dengan satu cara berikut ini : Setiap hari tidak terpisah dari ajaran sutra.

Saya sudah belajar ajaran sutra selama 60 tahun, bila dalam kurun waktu seminggu saja terpisah dari belajar ajaran sutra, saya dapat merasakan kurang percaya diri, batinku mulai goyah.

Barulah anda sadari betapa dahsyatnya kekuatan dari pencemaran batin tersebut, betapa mengerikannya, orang Tiongkok zaman dulu berkata “Tiga hari tidak membaca buku ajaran insan suci dan bijak, tabiat pun berubah jadi jelek”, hati pun mulai goyah.

Maka itu pendidikan kesusilaan mesti dibaca setiap hari, seminggu saja tidak dibaca, tabiat pun kembali bertahta! Sekarang kita jadi mengerti, jangan menyalahkan orang lain, mulanya dia belajar Ajaran Buddha dengan serius, belasan tahun sampai 20 sekian tahun lamanya, mendadak dia berubah, melakukan perbuatan yang bertentangan dengan Buddha Dharma, alhasil jatuh ke tiga alam penderitaan.

Ada sejumlah orang yang melihat hal ini jadi keheranan, bukankah ini berarti Ajaran Buddha tidak efektif? Bukan begitu, bukanlah karena Buddha Dharma yang tidak efektif, saat permulaan, dia benar-benar serius belajarnya, tiap hari baca sutra, tiap hari melafal Amituofo.

Tetapi kemudian dia bertemu dengan sebuah kesempatan, sehingga dia mulai menggeluti karir barunya, apa yang merupakan karir barunya? Cari duit. Waktu dulu Buddha ditaruh di puncak kepalanya, sekarang gantian lembaran uang yang ditempel di puncak kepalanya, tidak sama lagi, hatinya sudah berubah, beginilah kejadiannya.

Apakah dia bersalah? Tidak bisa menyalahkan dirinya secara menyeluruh, oleh karena masyarakat sekarang memang menempatkan duit di urutan pertama, sedangkan Buddha Dharma diletakkan di urutan terakhir. Ada atau tidak juga bukan masalah, yang penting meraup keuntungan dulu, urusan lainnya taruh di belakang saja.

Praktisi yang menyelami Buddha Dharma, yang mencicipi aroma Dharma, orang begini mengerti bahwa sehari pun tidak boleh terpisah dari Buddha Dharma.

Lihatlah Buddha Sakyamuni ketika membabarkan Dharma di dunia, tiada sehari pun terpisah dari menyampaikan kebenaran! Demikian pula dengan Buddha Amitabha di Alam Sukhavati, juga tiada sehari pun terpisah dari tekadNya menjemput para makhluk, tiada sehari pun terpisah dari membabarkan Dharma!

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Januari 2011


    我們很幸運,年輕的時候遇到真正善知識,把事實真相告訴我們,我們能夠這一生保持而不被染污,只是一個方法:每天不離開經教。我現在學了六十年,如果我一個星期離開經教,我自己感覺得我沒有把握,我會被染污。你就知道這環境染污的力量有多大,有多可怕,中國古人所謂「三日不讀聖賢書,面目可憎」,這變樣子了。聖賢書要天天讀,一個星期不讀真的靠不住!於是我們就了解了,不要去責怪別人,本來學佛學得不錯,學了十幾二十多年,忽然變了,背離佛法,墮落到三途了。有些人看到這奇怪,這佛法不靈。不是的,不是佛法不靈,他前面一段時間他認真學習,天天讀經,天天念佛。以後遇到緣,他去操作現前的行業,現前行業為什麼?賺錢。從前是把佛放在頭頂上,現在是把鈔票放在頭頂上,不一樣了,他就變心,就這麼回事情。我們要了解,我們要認清楚。他有沒有做錯?不能說他做錯,現在的世界確實是把金錢擺在第一位,佛法擺在最末後,有沒有無所謂,只顧眼前,不顧身後。真正契入佛法,真正嘗到法味,這個人有前後眼,他能看到過去,也能看到未來,清清楚楚、明明白白,一天都不能離開佛法,誰教我們的?十方諸佛如來。你看看釋迦牟尼佛當年在世,哪一天不講學,哪一天不念佛!阿彌陀佛在極樂世界他哪一天不接引眾生,哪一天不講經說法!

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二五三集)  2011/1/26