Pintu Dharma yang tak terhingga, 84 ribu
pintu Dharma, tiap pintu-nya juga dapat mencapai Jalan KeBuddhaan. Meskipun
metode itu tidak sama, tetapi bila anda amati dengan seksama, arah dan
tujuannya cuma satu, kunci untuk melatih diri itu cuma satu, yakni
mengikhlaskan dan melepaskan.
Mengikhlaskan adalah memahami kenyataan,
setelah mengikhlaskan, dengan sendirinya, anda takkan melekat lagi, takkan
membeda-bedakan lagi, barulah bersedia melepaskannya. Mengikhlaskan adalah
kebijaksanaan, melepaskan adalah keterampilan!
Jika dikatakan anda sudah belajar banyak
sekali, kayaknya sudah sanggup mengikhlaskan, tetapi satupun tidak anda
lepaskan, Master Zhangjia memberitahukan padaku, keikhlasan-mu hanyalah semu
belaka. Harus anda akui, anda masih belum sanggup mengikhlaskan. Wejangan ini
amatlah penting!
Mengapa demikian? Tabiat kita, selalu merasa
keterampilan melatih diri sendiri sudah mencapai tahap yang lumayan, tetapi
begitu guru menggunakan standar di atas untuk mengukur pencapaianmu, barulah
tahu ternyata tidak bernilai sama sekali, cuma semu belaka, anda tidak
melepaskan kemelekatan!
“Segala sesuatu yang berwujud adalah khayalan
semu”, cuma pintar mengucapkan teori, tapi tidak melepaskan kemelekatan,
“Segala sesuatu yang mengalami proses muncul dan lenyap, adalah bagaikan mimpi,
khayalan, gelembung air dan bayangan”.
Kita sungguh tak sebanding dengan Buddha dan
Bodhisattva, bahkan juga tak sebanding dengan Pratyekabuddha dan Arahat. Mereka
telah melepaskan kemelekatan, Mereka telah memperoleh pembebasan; sedangkan
kita masih sibuk membangun hubungan manusia atas pertimbangan untung dan rugi. Ini
sudah salah.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 6 Maret 2011
無量法門,八萬四千法門,門門都能成佛道。方法、門道不一樣,可是你要細心去觀察,方向目標是一個,修行的祕訣是一個,祕訣就是看破、放下。看破是對於事實真相真正明白,這叫看破;看破之後你自然就不再執著、不再分別了,他就放下。看破是智慧,放下是功夫!如果說你學了很多,好像看破了,一樣也沒有放下,章嘉大師告訴我,你那個看破是假的,沒看破,你要承認。這個開示太重要!
為什麼?我們的習氣,往往覺得我學得很不錯了,被老師用這個標準去一衡量,才知道一文不值,真的是假的,沒放下!「凡所有相皆是虛妄」,沒放下,話也會講,「一切有為法,如夢幻泡影」,三心不可得,還是用三心,這怎麼行?跟諸佛如來、跟這些法身菩薩,乃至於跟聲聞、緣覺相比,都比不上。人家真放下,人家真得自在了;我們還在搞是非人我,錯了,錯到底了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一八集) 2011/3/6 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0318
Kita sungguh tak sebanding dengan Buddha dan
Bodhisattva, bahkan juga tak sebanding dengan Pratyekabuddha dan Arahat. Mereka
telah melepaskan kemelekatan, Mereka telah memperoleh pembebasan; sedangkan
kita masih sibuk membangun hubungan manusia atas pertimbangan untung dan rugi. Ini
sudah salah.
Kalau pada satu masa kelahiran ini, kita
masih meneruskan melakukan kesalahan, maka masalah pun jadi besar, mengapa
demikian? Begitu kehilangan wujud manusia, entah sampai kapan barulah memiliki
peluang bertumimbal lahir jadi manusia?
Walaupun berhasil bertumimbal lahir jadi
manusia, entah sampai kapan barulah berkesempatan mendengar Buddha Dharma? Gara-gara
kesilapan ini, mungkin harus melewati kalpa yang lama sekali, bukan dihitung
ribuan tahun atau puluhan ribu tahun, tetapi harus melewati banyak sekali kalpa,
barulah mempunyai satu peluang untuk bersua dengan Pintu Dharma ini.
Upasaka Peng Ji-qing berkata, dalam satu masa
kehidupan ini, kita berjodoh bersua dengan metode Tanah Suci, merupakan “Satu
hari yang sulit ditemukan selama kalpa yang tak terhingga”, kita telah berjumpa
dengannya, hal yang sulit ditemukan selama kalpa yang tak terhingga, anda telah
berhasil meraih peluang ini, apabila anda melewatkan kesempatan ini, harus
menanti lagi sampai kalpa yang tak terhingga.
Setelah bertemu, mesti mempelajari dan
memahaminya dengan jelas dan dimengerti, menggenggam dengan erat, dalam satu
masa kehidupan ini juga pasti meraih keberhasilan, begini barulah betul.
Jika menyia-nyiakan kesempatan ini, untuk
memperolehnya kembali adalah tidak mudah. Bila melewatkan peluang ini maka
harus meneruskan bertumimbal lahir lagi; asalkan bersedia melepaskan
kemelekatan, maka sesampainya di Alam Sukhavati menjadi Buddha.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 6 Maret 2011
跟諸佛如來、跟這些法身菩薩,乃至於跟聲聞、緣覺相比,都比不上。人家真放下,人家真得自在了;我們還在搞是非人我,錯了,錯到底了。
如果這一生再錯,麻煩就大了,為什麼?一失人身,什麼時候再得人身?得人身,什麼時候再聞佛法?這一個差錯,可能要經歷很多劫,不是用千年萬年來記載,要經過很多劫才會碰到一次。彭際清居士說得好,我們這一生遇到淨土這個緣分,是「無量劫來希有難逢的一天」,我們遇到了,無量劫稀有難逢你才碰到,這個機會錯過了,又要過無量劫。遇到要能夠搞清楚、搞明白,掌握住,就在這一生當中決定成就,這就對了。錯過這個機會,再得來不容易,能不放下嗎?能不捨嗎?不捨吃了大虧,繼續搞六道輪迴;真能放下,真能捨,到極樂世界去作佛去了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一八集) 2011/3/6 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0318
Kita
meneruskan misi Buddha adalah meneruskan misi Buddha dalam pengajaran, ketika
Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma di dunia ini, praktisi sekalian, cobalah
periksa di dalam buku sutra, Buddha Sakyamuni tidak pernah menyelenggarakan
upacara-upacara ritual contohnya upacara pelimpahan jasa (Chao Tu), tidak ada
sama sekali.
Kegiatan
Sang Buddha hanyalah membabarkan Dharma. Juga tidak pernah menyelenggarakan
kegiatan Foqi (kegiatan pelafalan Amituofo selama tujuh hari berturut-turut)
atau kegiatan retret lainnya, tidak ada, anda takkan bisa menemukannya di dalam
buku sutra.
Buddha
Sakyamuni menyampaikan bahwa melatih diri itu terpulang kembali pada diri
setiap individu, Sang Buddha hanya memberi bimbingan. Setelah mendengar dan
memahaminya, dengan menuruti apa yang telah diajari, anda mengamalkannya, Buddha
akan memujimu.
Asalkan
memfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan
untuk jangka panjang, maka tidak ada yang tidak mencapai samadhi, tidak ada
yang tidak terbuka kebijaksanaannya.
Tujuan
dari belajar Ajaran Buddha adalah mencapai samadhi, memperoleh hati yang suci,
hati yang setara, mencapai pencerahan, terbukanya kebijaksanaan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 6 Maret 2011
我們續佛慧命是續佛教學的慧命,釋迦牟尼佛在世,諸位查查經典,沒有做一次佛事,就現在這些佛事超度,沒有,一次也沒有,沒有做一次法會。他的法會就是講經。也沒有打個佛七、打個禪七,沒有,你在經典上找不到。那些事情是什麼?佛說過的修行在個人,佛只是上課。哪堂課你聽懂、聽明白了,你真照幹,佛都讚歎。只要一門深入,長時薰修沒有不得定的,沒有不開智慧的。佛法修學的目標是在得定,得清淨心、平等心,是在開悟,開智慧。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一八集) 2011/3/6 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0318