Jumat, 10 Januari 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Maret 2011 (Bgn 5)


Andaikata di dalam hati sering muncul bentuk-bentuk pikiran, suka, marah, sedih, senang, tiap hari berkutat dengan perasaan begini, maka juga tak berdaya.

Tiap hari mendengar ceramah, tapi senang bermain dengan perasaan, maka ini serupa dengan apa yang dikatakan oleh praktisi zaman dulu sebagai, hanya bisa menanam sedikit akar kebajikan di Alayavijnana, pada satu masa kehidupan ini takkan bisa efektif.

Demikian pula praktisi yang melatih metode Tanah Suci, cuma bisa menanam secuil akar kebajikan, pada satu masa kehidupan ini tak berdaya terlahir ke Alam Sukhavati, jodohnya belum masak, persyaratan untuk terlahir ke Alam Sukhavati belum terpenuhi.

Persyaratan tersebut yang paling utama adalah “Tiga Berkah Karma Suci”, ini merupakan pedoman tertinggi, apabila dilanggar, maka seluruh keterampilanmu jadi sia-sia.

Tak peduli apapun yang anda latih, semuanya akan jadi sia-sia, oleh karena cuma semu belaka. Tak peduli pintu Dharma apapun yang anda latih, baik itu adalah “Enam Prinsip Keharmonisan”, “Enam Paramita”, “Sepuluh Tekad Bodhisattva Samantabhadra”, “48 tekad Buddha Amitabha”, semua ini hanyalah semu, anda takkan sanggup mewujudkannya, mengapa demikian? Tidak adanya akar pendidikan kesusilaan.

Barulah anda sadari betapa pentingnya peranan akar pendidikan kesusilaan tersebut. Apabila anda ingin berhasil, maka anda wajib belajar “Di Zi Gui”, “Risalah Balasan dan Ganjaran yang Setimpal”, “Sepuluh Kebajikan”, tanpa ketiga akar ini, maka upayamu cuma sia-sia belaka.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Maret 2011

Lima Mata Pelajaran Aliran Sukhavati : 

Penjelasan “Di Zi Gui” baca di :

Risalah Balasan dan Ganjaran Setimpal :

Sepuluh Kebajikan :


如果這個心常生煩惱,就是喜怒哀樂,每天還是搞這些玩意,那一點辦法都沒有。佛法聽聽,那只是古大德所說的,阿賴耶裡面種個善根,這一生不起作用。修淨土也是在淨宗種善根,這一生不會往生,緣不成熟,往生西方條件不具足。

條件裡頭大家一定要記住,頭一個是淨業三福,那是最高指導原則,你要是違背,你就全功盡棄了。不管修什麼全是假的,都不是真的,無論修學哪個法門,你學六和敬也好,學六波羅蜜也好,學十願也好,發阿彌陀佛四十八願也好,全是空的,你統統做不到,為什麼?沒根。然後你才曉得,這個根底是多重要。

你要真正想成就,你得非常認真去學《弟子規》、《感應篇》、《十善業》,你不在這上,你全功盡棄。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三三0集)  2011/3/17  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0330




 

Apabila anda ingin berhasil, maka anda wajib belajar “Di Zi Gui”, “Risalah Balasan dan Ganjaran yang Setimpal”, “Sepuluh Kebajikan”, tanpa ketiga akar ini, maka upayamu cuma sia-sia belaka.

Saat menjelang ajal dikatakan terlahir ke Alam Sukhavati, ini cuma sebagai pelipur lara, benarkah dia telah berhasil terlahir ke Alam Sukhavati? Apakah seorang praktisi berhasil terlahir ke Alam Sukhavati atau tidak, bukanlah dilihat dari jasadnya yang lentur, puncak kepalanya hangat, bukan begini.

Jasadnya lentur dan puncak kepalanya hangat, ini hanyalah petanda dia takkan jatuh ke tiga alam rendah, pada masa kehidupan berikutnya, dia mungkin bertumimbal lahir ke Alam Manusia menjadi orang kaya dan mulia, termasuk insan yang punya pahala besar.

Kebanyakan bertumimbal lahir ke Alam Dewa (Surga) di Kamaloka, tingkatan Surga yang bisa dicapai juga sebatas sampai Surga Trayastrimsa (Pali : Tavatimsa) saja.

Untuk mencapai Alam Dewa (Surga) yang berada di Rupaloka, harus memiliki keterampilan samadhi. Tanpa keterampilan samadhi, dia tidak dapat mencapai Rupaloka, apalagi Arupaloka, lebih tidak mungkin lagi. Jadi ruang lingkup bagi dirinya bertumimbal lahir tidaklah luas (paling tinggi cuma bisa mencapai Surga Trayastrimsa di Kamaloka).

Jadi siapakah yang dapat terlahir ke Alam Sukhavati? Yakni praktisi yang saat menjelang ajalnya memberitahu kepada orang-orang di sekelilingnya : “Buddha Amitabha sudah datang menjemputku, sekarang saya akan pergi mengikutiNya”.

Kalau sempat bilang begini, maka sudah bisa dipastikan dia berhasil terlahir ke Alam Sukhavati. Dia melihat sendiri Buddha Amitabha hadir di hadapannya, orang lain tidak bisa melihat kehadiranNya.

Jadi kalau bukan si praktisi yang bilang sendiri, maka tidak bisa diandalkan, hal ini patut diketahui.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Maret 2011


你要真正想成就,你得非常認真去學《弟子規》、《感應篇》、《十善業》,你不在這上,你全功盡棄。臨命終時往生,那是什麼?那說好聽的,不是真的,真能保證往生嗎?真正往生,絕對不是說身體柔軟,頭頂發熱,不是的。身體柔軟、頭頂發熱,保證不墮三惡道,這是真的,他來生到人間來也是富貴人,也是很有福報的人。多半生天,而天一般都是在欲界,欲界一般來講最高的是忉利天,四王天以下還有很多天界,在四王天之下的,就到這些地方去。生色界天要有禪定,他沒有禪定功夫他去不了,無色界天那更沒分,所以他輪迴的範圍並不大。什麼樣的人真的往生?臨命終時告訴大家:阿彌陀佛來接我,我走了。那是真的往生,他自己看到,別人看不到。如果他不是自己親自說的,都靠不住,這個要知道。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三三0集)  2011/3/17  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0330