Planet
Bumi sedang menghadapi ancaman krisis, krisis pangan dan krisis air bersih. Apa
yang akan terjadi bila manusia telah kehabisan persediaan pangan dan air
bersih? Ini merupakan masalah terbesar.
Belum
lagi ancaman krisis lainnya, seperti krisis moneter, ancaman perang nuklir.
Lantas, apakah segala ancaman krisis ini dapat diurai? Jawabannya adalah pasti
bisa diurai.
Di
dalam sutra Buddha ada sebuah kalimat yang sangat penting yakni “Segala sesuatu
tercipta dari hati dan pikiran”. Di dalam Yijiao Jing (Sutra yang berisi esensi
ajaran Buddha Sakyamuni sebelum memasuki Parinirvana), Buddha Sakyamuni
menyampaikan bahwa “Menfokuskan pikiran pada satu objek, tidak ada hal yang
tidak teratasi”. (Dengan menfokuskan pikiran pada pelafalan Amituofo maka
ancaman krisis ini juga dapat teratasi).
Benarkah
dengan menfokuskan pikiran maka krisis dapat diakhiri? Dapat. Apa alasannya?
Buddha Sakyamuni berkata “Kondisi berubah menuruti perubahan hati”, lingkungan
yang kita huni berubah menuruti perubahan niat pikiran kita.
Hal
ini sering diucapkan oleh pakar Fengshui Tiongkok, yakni Fengshui berubah
menuruti perubahan niat pikiran manusia, maka itu dikatakan “Insan berberkah
menempati lahan berberkah, lahan berberkah ditempat oleh insan berberkah”.
Insan
yang memiliki berkah, walaupun semula menempati tempat hunian yang Fengshui-nya
jelek, tetapi karena ditempati oleh praktisi tulen, maka tiga tahun kemudian Fengshui-nya
berubah jadi bagus.
Sebaliknya
insan yang tidak punya berkah, meskipun menempati lahan yang Fengshui-nya
bagus, tiga tahun kemudian Fengshui bagus pun berubah jadi jelek.
Hal
ini nyata adanya, para ilmuwan telah membuktikannya kepada kita hari ini.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 23 Februari 2011
這個地球有危機,什麼危機?水資源的危機。人要沒水怎麼辦?這是大問題。沒有糧食怎麼辦?沒有能源怎麼辦?其他的危機很多,現在確實有金融危機,有核武戰爭的危機,你真正修行契入這個境界,這些危機現前也是夢幻泡影,你能如如不動,這就是正定。危機能不能化解?答案是肯定的,佛經上有一句最重要的話,「一切法從心想生」,也就是前面我們念過的「止心一處」。《遺教經》上,釋迦佛說「制心一處,無事不辦」,化解這些危機也能辦得到嗎?能。為什麼能?佛說「境隨心轉」,我們居住的環境是隨著人心在轉變。這是中國風水家常說,風水是跟著人心轉的,所以才說「福人居福地,福地福人居」,這才講得通。有福的人,他住在這個地方,風水不好,他住在這裡三年不動,不好的風水變好了;沒有福報的人,這風水特好,頂好的風水,他在這住三年,風水破壞了,就沒有了。這真的不是假的,科學家今天給我們印證了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二九八集) 2011/2/23 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0298
Tempo
hari kami mewakili universitas di Australia untuk menghadiri konferensi
perdamaian dunia yang diselenggarakan Perserikatan Bangsa-Bangsa, selama kurun
waktu bertahun-tahun, saya sudah menghadiri konferensi begini sebanyak belasan
kali.
Akhirnya
kami menyadari bahwa PBB menyelenggarakan konferensi begini sudah lebih dari 30
tahun lamanya, dimulai sejak tahun 1970, paling tidak sudah 36-37 tahun, tetapi
dunia malah kian kacau, konflik kian meningkat dan meluas, bencana kian
merajalela. Di mana letak akar permasalahannya?
Orang-orang
yang kami temui di kancah internasional merupakan para pakar yang kaya pengetahuan,
semuanya menyandang titel profesor, meskipun gudang ilmu dapat memecahkan
masalah, namun membawa dampak negatif di belakangnya.
Tujuan
pendidikan ala timur berbeda dengan pendidikan ala barat, Bangsa India kuno
memiliki tujuan pendidikan yang sama dengan Bangsa Tiongkok kuno yakni mengejar
kebijaksanaan, jadi bukan untuk memperkaya pengetahuan, namun menekankan pada
kebijaksanaan.
Pendidikan
kesusilaan Tiongkok dimulai dari Ayahbunda menyayangi anak dan anak berbakti
pada Ayahbunda, hubungan ini adalah saling mengasihi antar manusia, dari titik
inilah pendidikan kesusilaan Tiongkok berkembang, maka itu seluruh pendidikan
merupakan ajaran kasih (welas asih), oleh karena tahu mengasihi maka takkan
mencelakai orang lain.
Pendidikan
ini telah berlangsung selama lebih dari lima ribu tahun lamanya di Negeri Tirai
Bambu. Kita memiliki alasan yang kuat untuk mempercayainya, bukan hanya lima
ribu tahun lamanya, oleh karena zaman pra sejarah di Tiongkok belum ada
tulisan, jadi masih belum dicatat, belum ada tulisan bukan berarti belum ada
pendidikan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 23 Februari 2011
我們在過去,代表澳洲大學參加聯合國的和平會議,這麼多年來,參加了十多次,我們發現了,聯合國這個和平會議開了三十多年了,一九七0年開始,至少有三十六、七年了,世界愈開愈亂,衝突的頻率年年上升,災難一次比一次嚴重,問題在哪裡?我們所遇到的人都是豐富的知識,都具備有大學教授的身分,博士學位,知識,知識是有侷限的,知識解決問題有後遺症。東西方求學的目標不一樣,古印度、古老的中國是求智慧,不是求知識,特重智慧,知識是附帶的。中國的教育是從倫理父子有親裡面那個親愛,從這裡發源的,所以整個教育是愛的教育,愛人就不可能害人。這個教育在中國推行了五千多年,我們有理由相信,不止五千年。因為上古時代,文字沒有發明,沒有文字不能代表沒有教育。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二九八集) 2011/2/23 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0298
Rohaniwan
dari India memberitahukan padaku, India mempunyai sejarah 13 ribu tahun
lamanya, kami memiliki alasan kuat untuk percaya bahwa budaya warisan leluhur
Tionghoa pasti berlangsung lebih lama, hanya saja kala itu belum ada tulisan
yang mencatatnya.
Aksara
Mandarin diciptakan pada periode antara Kaisar Fuxi (2852-2738 SM) dan
Kaisar Huangdi (bertahta 2697-2597 SM), sampai pada masa
pemerintahan Kaisar Huangdi, barulah aksara Mandarin benar-benar resmi, jangka
waktu antara Fuxi dan Huangdi adalah seribu tahun.
Maka itu
Konfusius berkata bahwa beliau sepanjang hayatnya, apa yang dipelajari dan apa
yang diajarkan, bukanlah hasil ciptaannya sendiri, tetapi merupakan warisan dari
leluhur.
Konfusius
berkata, “Menyampaikan ajaran para pendahulu, tidak menciptakan teori sendiri,
yakin dan suka pada ajaran para pendahulu”, maka itu generasi berikutnya
memberi gelar kepada Konfusius sebagai Penghimpun Agung, mengumpulkan dan
menyusun materi sejak 2500 tahun yang silam.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 23 Februari 2011
印度的婆羅門教,我跟他們有往來,他們告訴我,他們的歷史有一萬三千多年,我有理由相信,中國傳統文明絕不在它之下,只是沒有文字記載。文字是伏羲到黃帝這一段時期發明的,到黃帝才真正形成,伏羲畫八卦,伏羲到黃帝一千年。所以孔子說得好,他告訴人,也就是告訴我們,他老人家一生所學的、所修的、所教的、所傳的,不是自己的東西,都是古人傳留下來的,這個我們能相信。夫子自己說,「述而不作,信而好古」,這兩句話說得很好。所以後人稱孔子為集大成者,稱他為大成先師,集過去二千五百年的大成。他把這些傳說寫成文字,留傳給後世。《論語》裡面很多話,我們都相信,那是千萬年前老祖宗留下來的。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二九八集) 2011/2/23 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0298