Kamis, 02 Januari 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 Maret 2011 (Bgn 5)


Sudhana-kumara merupakan murid Bodhisattva Manjusri, yang telah menemukan kembali jiwa sejatinya, mencapai KeBuddhaan. Sang Guru yakni Bodhisattva Manjusri menyuruh Sudhana-kumara supaya pergi berkelana memperkaya ilmu.

Sebelum mencapai pencerahan, mesti memfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan selama jangka panjang, mengikuti seorang guru saja. Setelah berhasil mencapai pencerahan, barulah boleh memperkaya ilmu.

Kalyanamitra pertama yang dikunjunginya adalah Bhiksu Ji Xiang-yun, yang memfokuskan diri melafal Amituofo bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.

Sudhana-kumara mengunjungi Bhiksu Ji Xiang-yun, dengan perkataan lain, Sudhana-kumara pasti juga melatih Pintu Dharma Pelafalan Amituofo. Bhiksu Ji Xiang-yun menjelaskan pada Sudhana-kumara 21 jenis Pintu Dharma Pelafalan Amituofo.

21 jenis Pintu Dharma Pelafalan Amituofo mengungkapkan bahwa seluruh pintu Dharma yang dibabarkan semua Buddha di sepuluh penjuru dari tiga masa, secara keseluruhan dapat dikategorikan menjadi 21 jenis, semuanya adalah Pintu Dharma Pelafalan Amituofo.

Pertama kalinya saya menceramahkan satu bab ini, saya belum menyadarinya, ternyata sedemikian menariknya!

Kalyanamitra di urutan terakhir adalah Bodhisattva Samantabhadra yang berada di urutan ke-53. Bodhisattva Samantabhadra dengan sepuluh raja tekadNya menuntun semua makhluk pulang ke Alam Sukhavati.

Lihatlah urutan pertama dan urutan terakhir, kita jadi mengerti, ternyata Sudhana-kumara sepanjang hayatNya juga melafal Amituofo bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.

Dari berbagai penjelasan tersebut, barulah saya meyakini Aliran Sukhavati, membangkitkan kesungguhan hati mempelajarinya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 Maret 2011


善財在文殊會上,文殊是他的老師,證得根本智,也就是禪宗所說的大徹大悟、明心見性,這是根本智。他的老師文殊菩薩叫他出去參學,參學是什麼意思?廣學多聞。沒有開悟之前一門深入,長時薰修,跟一個老師;開悟之後可以,可以廣學多聞,廣學多聞成就你的後得智,無所不知。

第一個老師是文殊菩薩介紹的,吉祥雲比丘這出家人,吉祥雲修般舟三昧專念阿彌陀佛求生淨土。善財童子去參訪他,換句話說,先入為主,肯定善財就修這個法門。吉祥雲比丘給他講、給他開示,也就是我們今天講的傳法,給他講二十一種念佛法門,這二十一種是什麼?把十方三世所有一切諸佛教化眾生的法門,統統歸納在二十一個,全是念佛法門。我第一次講這一章經的時候,我沒有發現到這個事情,太精彩!再看最後一個普賢菩薩第五十三參,普賢菩薩十大願王導歸極樂,你看一頭一尾,我們就曉得,原來善財童子一生就是修念佛求生淨土,我對於淨宗就相信,認真的學習了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三二六集)  2011/03/15  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0326


 

 

Pintu Dharma ini sungguh merupakan Dharma yang sulit dipercaya, tanpa adanya landasan  “Avatamsaka Sutra”, “Surangama Sutra” dan “Sutra Lotus”, anda memperkenalkan padaku Ajaran Sukhavati, saya takkan memercayainya.

Saya sendiri setelah belajar selama belasan tahun, melihat sepenggal bait sutra ini, barulah memiliki ketetapan hati ber-sarana (berlindung) pada Aliran Sukhavati.  

Saya tidak memiliki akar kebajikan sebesar Upasaka Zhou Guang-da, begitu mendengar Ajaran Sukhavati langsung percaya, saya sendiri butuh waktu belasan dan hampir mencapai 20 tahun kemudian barulah bisa percaya.

Guru Li berulang kali menasehatiku, saya juga tetap tidak bisa menerimanya, bayangkanlah, betapa sulitnya membangkitkan keyakinan itu!

Tetapi begitu menerimanya, saya sangat serius mendalaminya, setelah memahaminya dengan jelas dan dimengerti, sutra-sutra lainnya yang saya sukai selama ini, termasuk Avatamsaka Sutra, saya lepaskan secara menyeluruh.

Sekarang saya cuma menceramahkan “Sutra Usia Tanpa Batas” saja. Saya menerima pendapat dari Upasaka Peng Ji-qing yang mengatakan bahwa “Sutra Usia Tanpa Batas” merupakan “Avatamsaka Sutra” ukuran sedang. “Amitabha Sutra” merupakan “Avatamsaka Sutra” ukuran tipis. Jadi saya hanya menceramahkan dua judul sutra ini, bukankah sudah cukup?

Saya membaca “Avatamsaka Sutra”, menceramahkan “Amitabha Sutra” dan “Sutra Usia Tanpa Batas”, dengan menggenggam prinsip ini, saya melakukannya dengan serius, sutra judul lainnya dilepaskan semuanya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 Maret 2011

Artikel terkait :
Kisah Upasaka Zhou Guang-da terlahir ke Alam Sukhavati baca di :
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Juni 2014


這個法門真的是難信之法,我要沒有《華嚴》、《楞嚴》、《法華》的底子,你介紹給我,我不相信。我自己學了十幾年,看到這段經文,這才死心塌地皈依淨宗。我沒有周廣大那麼大的善根,人家一接觸馬上就接受、馬上就相信;我修學大乘,搞了十幾將近二十年才相信它。李老師勸我,我都沒有接受,你說這個事情多難!

可是我這一接受是真接受,搞清楚、搞明白了,把其他的,以前喜歡這些、喜歡那些,華嚴、天台、法相,我的興趣是多方面的,全放下了。甚至於連《華嚴》也放下,不講了,講《無量壽經》。我接受彭際清居士的看法,《無量壽經》即是中本《華嚴》,《阿彌陀經》即是小本《華嚴》,我講這兩樣不就夠了嗎?我讀《華嚴經》,我講《彌陀經》、講《無量壽經》,我就拿定這個主意真幹,其他都放下了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三二六集)  2011/03/15  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0326