Di
dalam rekaman DVD yang berjudul “Keharmonisan Menyelamatkan Krisis”, pembawa
acara yakni Upasaka Chen Da-hui mengajukan pertanyaan, “Ketika negara di ambang
krisis, harus minta pertolongan siapa?”
Saya
beri tahu padanya, coba lihat anak usia tiga tahun ketika bertemu kesulitan,
siapa yang dicarinya? Tentu saja mencari bantuan pada Papa Mama-nya. Dia takkan
mencari orang lain.
Demikian
pula dengan negara kita hari ini, masyarakat dilanda kesusahan, mau cari
bantuan pada siapa? Carilah Leluhur kita maka problema pun tuntas sudah.
Leluhur
telah tiada, tetapi pendidikan budaya warisan Leluhur masih ada, di dalamnya
terdapat solusi atas problema sosial. Andaikata anda membuangnya, anda pergi
cari di luar sana, maka mustahil anda bisa memperoleh solusinya, mesti kembali
cari bantuan pada Leluhur.
Sepanjang
perjalanan sejarah Tiongkok, Dinasti yang paling berjaya adalah Dinasti Tang,
sekarang di kancah internasional, kita berkunjung ke berbagai belahan dunia,
pasti bisa melihat Chinatown atau dalam Bahasa Mandarinnya adalah “Tang Ren Jie
(Jalanan Orang Tang)”, kenapa tidak dibilang Orang Han, Orang Song, tetapi
kenapa dijuluki sebagai Jalanan Orang Tang?
Ini
menunjukkan bahwa Dinasti Tang (618-907) dalam menata negara, keunggulannya dalam
bidang pendidikan, tidak ada Dinasti lainnya yang sebanding dengannya,
merupakan karir Kaisar Tang Taizong.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 13 Maret 2011
有人問我,國家遭到災難,我們要問誰?這是在「和諧拯救危機」裡面,陳大惠先生提出來。我告訴他,我說你看看三歲小孩,他遇到困難他找誰?肯定去找他爸爸媽媽,他不會找別人。我們今天國家、社會遇到困難找誰?找老祖宗就能解決。老祖宗不在了,老祖宗留下來這些寶貝、這些經典裡頭有,有解決的方法。如果你把它丟掉,你到外面去找你找不到,一定要回去找老祖宗。在中國歷史上,最輝煌的朝代是唐朝,現在在國際上,我們到許多國家去旅遊,看到的唐人街,他為什麼不說漢人、不說宋人,他說唐人街?這就說明,唐朝在治國、在教育是各個朝代所不及,這是唐太宗的事業。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三二二集) 2011/3/13 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0322
Sebelum
menduduki tahta, Kaisar Tang Taizong pada usia 16 tahun telah mengikuti Ayahnya
berjuang dalam pemberontakan. Waktu itu merupakan akhir periode pemerintahan
Kaisar Sui Yang-di (bertahta 604-618) yang gagal, rakyat amat sengsara, makanya
terjadi pemberontakan di berbagai pelosok negeri.
Salah
satu kelompok pemberontak adalah Tang Taizong bersama Ayahnya. Dalam kurun
waktu 5-6 tahun, mereka berhasil meredakan kekacauan, kondisi masyarakat pulih
kembali, kemudian Ayah dan anak mendirikan Dinasti Tang.
Sang ayah
menjadi Kaisar pertama yang bergelar Tang Gaozu (bertahta 618-626), setelah
wafat digantikan oleh putranya yakni Tang Taizong (bertahta 626-649), waktu itu
dia berusia 27 tahun.
Meskipun
usianya masih muda, namun dia sangat serius menata pemerintahannya, sehingga
rakyat menikmati kehidupan yang aman sentosa. Kaisar Tang Taizong tidak
mengecap pendidikan yang tinggi, tetapi dia tahu mencari solusi permasalahan
pada pendidikan kesusilaan warisan Leluhur.
Tang
Taizong menugaskan Wei Zheng (Sejarawan Dinasti Tang) guna membentuk sebuah tim
yang beranggotakan para Konfusian (Konfusian adalah orang yang belajar ajaran
Konfusius).
Buku-buku
klasik yang diwariskan oleh Leluhur amatlah banyak, Kaisar mana punya banyak
waktu senggang untuk membacanya? Makanya Wei Zheng bersama timnya ditugaskan
untuk mengutip teks-teks penting yang berkaitan dengan membina diri, membangun
keluarga, menata negara dan mendamaikan dunia.
Kutipan-kutipan
ini berguna bagi Kaisar Tang Taizong untuk menata pemerintahannya.
Wei Zheng
bersama timnya sibuk membaca dan mengutip teks-teks penting dari 65 sumber, lalu
dikumpulkan menjadi sebuah buku yang berjudul “Qunshu Zhiyao”.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 13 Maret 2011
唐太宗十六歲跟著父親起義,那是隋煬帝晚年的腐敗,人民太苦了,所以反抗政府的人就很多,唐太宗父子也是其中之一。五、六年的時間把動亂平定,社會也安定,建立唐朝的政權。他父親這是唐高祖,父親過世之後,他繼承王位就是唐太宗,那一年他二十七歲。這年輕,想到如何把國家治好,讓人民都能過著幸福生活,他年輕讀書不多,他曉得找老祖宗。派魏徵領導一個小組,小組的成員都是當時的大儒。中國留下來,祖宗留下來的典籍,經史子集這四大類太豐富了。從哪裡讀起?哪有那麼多時間去讀?
這下令給魏徵,希望魏徵替他蒐集這些典籍裡頭,有關於修身、齊家、治國、平天下的,這些文字他需要,你們到書裡面去找,把它抄出來送給他看。他們在大量圖書裡頭找到六十五種經史子,集就不要了,集是文學,他不要看。六十五種裡面有他需要的抄出來,編成一部書叫《群書治要》。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三二二集) 2011/3/13 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0322
Wei Zheng
bersama timnya sibuk membaca dan mengutip teks-teks penting dari 65 sumber, lalu
dikumpulkan menjadi sebuah buku yang berjudul “Qunshu Zhiyao”.
Dari
sejumlah besar buku klasik, dikutip keluar teks-teks yang berkaitan dengan membina
diri, membangun keluarga, menata negara dan mendamaikan dunia. Setelah buku ini
selesai ditulis, Tang Taizong tiap hari mempelajarinya, para bangsawan dan
pejabat juga diwajibkan mempelajarinya, inilah alasannya mengapa Dinasti Tang
bisa begitu berjaya, yakni dengan mengandalkan pendidikan budaya warisan
Leluhur.
Maka itu
Tang Taizong merupakan Kaisar yang hebat, tahu mencari solusi masalah pada
Leluhur, esensi dari pendidikan budaya warisan Leluhur, Tang Taizong telah
membacanya.
Maka itu
kita jadi menyadari bahwa hanya ajaran Leluhur yang bukan hanya bisa
menyelamatkan Negeri Tirai Bambu, namun juga seluruh dunia. Gagasan ini bukanlah
saya yang mengemukakannya, namun Dr.Arnold J. Toynbee (sejarawan Inggris) yang
mengatakan bahwa “Jika ingin menyelesaikan masalah sosial abad 21, solusinya
hanya ada pada falsafah Konfusius dan Mencius serta Buddha Dharma Mahayana”.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 13 Maret 2011
六十五種裡面有他需要的抄出來,編成一部書叫《群書治要》。群是很多,一大群的這些典籍裡頭,修身、齊家、治國、平天下最重要的這些文獻,分量不多,總共五十萬字。這部書成功之後,唐太宗天天讀它手不釋卷,王公大臣五品官以上的統統要學,這就是大唐盛世所依靠的祖宗教誨。所以他厲害,他知道找祖宗,祖宗的精髓他都讀到了。所以我們了解只有老祖宗這些東西,不但能救中國,而且能救全世界。能救全世界不是我說的,是英國湯恩比博士說的,在二十世紀七十年代湯恩比博士說過,「要解決二十一世紀的社會問題,只有中國孔孟學說與大乘佛法」,英國人講的。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三二二集) 2011/3/13 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0322