Praktisi
yang terlahir ke Alam Sukhavati menjelma melalui Bunga Lotus. Dari mana asalnya
Bunga Lotus ini? Bunga Lotus tersebut terwujud dari kekuatan tekad Buddha
Amitabha, ditambah dengan kekuatan niat dari setiap praktisi yang bertekad
terlahir ke Alam Sukhavati.
Kekuatan
tekad Buddha Amitabha adalah faktor pendukung atau jalinan jodoh, kekuatan niat
diri sendiri adalah benih sebab, kita memiliki benih sebab ini, Buddha Amitabha
memberi kita faktor pendukung, terlahir ke Alam Sukhavati menjelma melalui
Bunga Lotus, bukan melalui kandungan.
Jika
terlahir melalui kandungan tentunya akan mengalami siksaan, sedangkan menjelma
melalui Bunga Lotus memperoleh pembebasan agung. Praktisi yang terlahir ke Alam
Sukhavati memiliki rupa yang sama dengan Buddha Amitabha, maka itu di Alam
Sukhavati berlaku kesetaraan.
Bukan
seperti di dunia kita ini, bayi yang baru lahir perlahan-lahan tumbuh dewasa.
Namun begitu Bunga Lotus bermekar, sang Bodhisattva telah memiliki rupa yang
sama dengan Buddha Amitabha, dengan tubuh berwarna kuning keemasan dan rupa nan
sempurna.
Di
dalam 48 tekad agung disebutkan bahwa jika ada rupa yang tidak sama, maka
Buddha Amitabha takkan mencapai KeBuddhaan. Buddha Amitabha telah mencapai
KeBuddhaan berarti tekadNya telah terwujud secara sempurna, seluruh penduduk
Alam Sukhavati memiliki rupa Buddha yang sama, yang terunggul dan sempurna.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 16 Maret 2011
到極樂世界,這些菩薩,包括邊地,都是這樣的,全是蓮花化生。蓮花從哪來的?蓮花是阿彌陀佛的願力,是每一個往生到極樂世界人他的念力,這樣成就的。阿彌陀佛的願力是緣,我們自己的念力是因,我們有這個因,阿彌陀佛給我們做助緣,到西方極樂世界蓮花化生,不是胎生、卵生,那個要受罪的,蓮花化生得大自在。蓮花化生那個身相,給諸位說,跟阿彌陀佛完全相同,所以極樂世界是平等法,不是說像我們這邊人出生之後從小孩慢慢長大,不是的。這是花裡頭突然有個菩薩出現,就是他來了,他修成,他來了,他跟阿彌陀佛一樣,紫磨真金色身,體質;相好,身有無量相、相有無量好,跟阿彌陀佛沒兩樣。四十八願裡講的,如果有相好差別的,阿彌陀佛誓不成佛。他現在成佛了,西方極樂世界每個人相貌是相同的,完全是究竟圓滿的佛相。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三二八集) 2011/3/16 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0328
Lagi pula
praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati setelah bersua dengan Buddha Amitabha
akan memperoleh pemberkatan dari kewibawaan tekad Buddha Amitabha, sehingga
bisa langsung memiliki kemampuan menjelma ke sepuluh penjuru alam guna membantu
semua makhluk yang berjodoh.
Kemampuan
ini bukanlah diperoleh atas upaya diri sendiri, tetapi merupakan pemberkatan
dari Buddha Amitabha, anda memiliki kemampuan yang sama dengan Bodhisattva
Avalokitesvara mempunyai 32 wujud jelmaan.
Para
makhluk dapat diselamatkan dengan wujud yang bagaimana, maka anda akan menjelma
dan tampil dengan wujud tersebut. Penampilan ini bukanlah atas kehendak diri
sendiri, diri sendiri tidak punya niat apa-apa, takkan timbul niat pikiran,
tetapi para makhluk yang berharap agar “Penyelamatnya” bisa tampil dengan wujud
yang bagaimana, wujud Buddha atau Bodhisattva, jadi sesuai dengan harapan para
makhluk, maka anda akan tampil dengan wujud tersebut, barulah kemudian anda
menyelamatkan dan menuntunnya.
Bagi yang
tidak memiliki akar kebajikan, membantunya menanam akar kebajikan; bagi yang
memiliki akar kebajikan, membantunya mengembangkan akar kebajikan; bagi yang telah
memiliki akar kebajikan, membantunya supaya akar kebajikannya bisa masak.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 16 Maret 2011
而且生到極樂世界見到阿彌陀佛,肯定,阿彌陀佛來接引你,得到阿彌陀佛本願威神加持,你立刻就有能力應化到十方世界幫助一切有緣眾生,你就有能力。這個能力雖然不是自己的,是阿彌陀佛加持你的,你能像觀音菩薩一樣三十二應身,應以什麼身得度你就現什麼身。這個現身不是自己的意思,自己沒有意思,不會起心動念,是眾生,感的那個眾生,他希望見到什麼佛相、菩薩相,你就能如他的願,就現佛相、現菩薩相,你就幫助他、接引他了。沒善根幫助他種善根,有善根幫助他善根增長,善根已經增長,幫助他善根成熟。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三二八集) 2011/3/16 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0328
Kini
dunia dilanda kekacauan, manusia makin merana, adakah Buddha dan Bodhisattva
yang menjelma ke dunia ini? Bukan saja ada, bahkan banyak sekali.
Jika
tidak ada begitu banyak Buddha dan Bodhisattva yang menjelma ke dunia ini, maka
sejak awal dunia ini sudah luluh lantak.
Karma
buruk yang diciptakan manusia sudah terlampau berat, sementara itu Buddha dan
Bodhisattva memiliki pahala, menetap di kawasan ini, maka bencana di wilayah
tersebut dapat terurai, meskipun tidak bisa terurai secara total, namun juga
bisa bertambah ringan.
Ini
merupakan Maitri Karuna Bodhisattva yang tak bertepi, secara diam-diam
memberikan pemberkatan, serupa dengan yang tercantum di dalam sutra Mahayana
sebagai “Di dalam pintu Buddha takkan ada seorang pun yang terabaikan”,
walaupun menciptakan dosa yang begitu berat, tetap saja memperlakukannya dengan
hati Maitri Karuna, menjaganya, takkan ada kebencian sama sekali, ini merupakan
semangat Mahayana.
Maka itu
sebagai praktisi yang bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, hendaknya memahami
kebenaran ini, mesti mengamalkannya dengan serius, berapa banyak yang sanggup
dilakukan, maka lakukanlah sesuai dengan kesanggupan yang ada, semua ini sudah
termasuk jasa kebajikan nan sempurna.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 16 Maret 2011
現在世間亂、世間苦,佛菩薩應化在這個世間有沒有?不但有,而且很多。如果沒有眾多佛菩薩化身在這裡頭,這世界就毀滅了。眾生造業造得重,這佛菩薩有福報,他住在這個地區,這個地區的災難會化解,不能完全化解,會減輕。這是菩薩無盡的慈悲,冥冥當中在加持,真正是大乘經上常說的,「佛氏門中,不捨一人」,縱然造作極重的罪業,還是以慈悲心來對待他、來照顧他,決定沒有絲毫怨恨,這是大乘的精神。所以我們要往生,這些道理要懂,要真修,努力真幹,能幹多少就幹多少,都算是圓滿功德。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三二八集) 2011/3/16 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0328