Selasa, 15 Oktober 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Februari 2011 (Bgn 8)


Pure Land Learning College Association telah berdiri satu dasawarsa lamanya. Andaikata setiap dari kita dapat menfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan selama jangka panjang, maka selama kurun waktu satu dasarwarsa ini, setiap orang pasti meraih keberhasilan masing-masing, maka kampus akan memiliki belasan hingga 20 orang tenaga pengajar terunggul.

Saya pernah mengatakan bahwa apabila kampus kita sudah boleh menyelenggarakan penerimaan mahasiswa baru secara resmi, maka ini merupakan harapan pemerintah kepada kita, juga merupakan harapan kita sendiri bukan? Sayangnya belum ada tenaga pengajar.

Menyelenggarakan sekolah itu gampang, tapi siapa yang datang mengajar? Maka itu masalah yang nyata terpampang di hadapan kita, kita berharap semoga kurun waktu satu dasawarsa ini, janganlah dilewati secara sia-sia.

Segala pengalaman pahit yang dilewati selama satu dasawarsa, hendaknya dijadikan pelajaran berharga, sehingga satu dasawarsa berikutnya, jangan lagi melakukan kesalahan yang sama, kalau hobinya mengulangi kesalahan, maka Ajaran Buddha akan hancur di tangan kita sendiri.

Kenyataannya, karir itu tidaklah sulit, dengan menggunakan cara apa untuk menyelamatkan diri sendiri, menyelamatkan Pure Land Learning College dan menyelamatkan Buddha Dharma?

Yakni dengan menggunakan kalimat berikut ini, “Menghormati Tri Ratna dan Guru”, ini merupakan kalimat sutra. Andaikata kita menempatkan kalimat ini di dalam sanubari kita, benar-benar dapat mengamalkannya, maka satu dekade kemudian pasti meraih keberhasilan.

Kita mesti menemukan kembali sebutir hati kita yang suci, hati kita yang sekarang adalah munafik penuh kepura-puraan, tidak jujur juga tidak tulus. Kita tidak tahu menghormati orang lain, tinggi diri dan pongah, merasa diri sendiri lebih hebat dan selalu benar.

Apabila setiap orang merasa diri sendiri lebih hebat, maka takkan bisa menghormati orang lain, ibarat sepiring pasir yang berserakan. Anda merasa lebih hebat, anda juga tidak sanggup mengamalkannya.

Insan yang memiliki etika moral, yang memiliki kebijaksanaan, yang memiliki ilmu pengetahuan, maka hendaknya dapat memperlihatkan kepada orang banyak, teladan dalam bentuk pengamalan nyata.

Jika benar ada satu orang saja yang mampu mengamalkannya, maka dapat mempengaruhi semuanya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Februari 2011
Bertempat di : Pure Land Learning College Association Inc, Australia


我們學院這十年,如果同學們每個人都是一門深入、長時薰修,那現在十年個個都有成就,學院就有十幾二十個一流的老師。我曾經說過,如果有十幾個一流的老師,學院就可以正式招生,可以辦學了。政府對我們的期望,是希望我們辦學。我們自己也希望,但是沒有老師。辦學容易,誰來教?所以這是現實的問題擺在我們面前,我們希望底下一個十年不要空過。這個十年,慘痛的教訓要認真記取,下個十年,不能像這樣過法,這樣過法,佛教就滅亡,滅在我們的手上。其實事並不那麼困難,用什麼方法能救自己,能救淨宗學院,能救佛法?底下這兩句,「恭敬三寶,奉事師長」,這兩句是經文。這兩句如果我們真的放在心上,真的能做到,向後的十年就成功了。我們要把自己的真誠心找回來,我們現在的心是虛偽的,不真不誠。我們不知道恭敬,貢高我慢,自以為是。個個人都自以為是,都不能尊重別人,所以一盤散沙。你自以為是,你也做不出來。真有德行,真有智慧,真有學問,你得做出樣子來給人看看。真有一個人能做,就能感化一切。


文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二九一集)  2011/2/19  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0291
 

 


 

Kalian berharap saya menetap di Australia, tetapi apakah saya dapat menetap di sini, saya sendiri juga tidak bisa memutuskannya, melewati hari demi hari dengan menuruti jodoh apa adanya! Ke mana ada jodoh, ke situlah saya menuju.

Apa yang dimaksud dengan jodoh? Di tempat tersebut ada praktisi yang mengamalkan dengan serius. Kalian di sini tidak mengamalkannya dengan serius, sementara di tempat lain jika ada orang lain yang mengamalkannya dengan serius, maka saya akan menuju ke tempat tersebut.

Saya bukan bertindak secara emosional, oleh karena perasaan emosional hanya akan merusak hal yang baik, namun hal ini mesti ditangani dengan akal sehat.

Buddha dan Bodhisattva mengharapkan agar kita dapat kembali ke jalan yang benar, mengharapkan supaya kita menyingkirkan sikap mengutamakan kepentingan dan keuntungan pribadi, demi Dharma Sejati, demi para makhluk yang menderita, kita mendedikasikan diri, mengabdikan diri guna menyempurnakan diri sendiri.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Februari 2011
Bertempat di : Pure Land Learning College Association Inc, Australia
 

  你們希望我在這裡常住,我能不能在這裡常住,我自己做不了主,隨緣度日!哪裡有緣哪裡去。什麼叫做緣?哪個地方有人真幹。你們這裡同學不真幹,別的地方如果有人真幹,我到真幹那個地方去了。這樁事情不是感情的事情,感情會壞事,這個事情是理智的事情,不是感情。這個地方修學的環境好,這世界各地還有真正修行的人,把這些真正修行的人,我們都找在一起來共修,好事情!我們尊重,我們供養,我們護持,我們宣揚正法。我還能做一點點這樣的事情,希望同學們互相勉勵。佛菩薩在期盼著,盼望我們回頭是岸,盼望我們放下自私自利,為正法、為苦難眾生做出貢獻,做出貢獻就是成就自己。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二九一集)  2011/2/19  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0291