“Orang
awam selalu mengeluh akan jauhnya jarak Alam Sukhavati, takutnya tidak bisa
sampai ke sana”, kondisi semacam ini ada banyak sekali. Banyak orang yang
begitu mendengar jarak sejauh 10 triliun Alam Buddha, langsung tercengang,
bagaimana mungkin bisa sampai ke sana?
“Hal
ini dikarenakan jiwa sejati yang tersesat”. Bagaimana menjelaskan kalimat ini? Tidak
mengetahui akan luasnya hati yang dimiliki diri sendiri.
Berapa
luas hati yang dimiliki diri sendiri? Yang pertama adalah "Kemampuan merangkul segalanya". Hati kita mampu merangkul alam semesta beserta seluruh isinya.
Jadi seluruh isi jagat raya dapat dimuat ke dalam hatimu, bayangkan betapa
luasnya hati diri sendiri!
Yang
kedua adalah “Berubah-ubah tanpa henti”, alam seluruh Buddha Tathagata yang
tersebar di sepuluh penjuru dari tiga masa, yang tak terhingga dan tanpa batas,
semuanya ini muncul dari niat pikiranmu, segala sesuatu muncul dari hati dan
pikiran.
Kalimat
ini terdengar tidak asing lagi bagi kita, bahkan sudah bisa menghafalnya di
luar kepala, namun masih saja tidak paham, tidak mengakuinya.
Tidak
mengakuinya dikarenakan tidak memahaminya; andaikata telah mengerti, sudah
jelas, sudah memahami, mana ada alasan tidak mengakuinya? Apabila anda telah
mengakuinya, dimanakah Alam Sukhavati berada? Ada di sini.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 3 Maret 2011
「凡夫聞之,常感極樂甚遠,懼不能去」,這情形真多,許多人一聽說十萬億佛國土嚇到了,這怎麼去法?「此實由於迷自心量故」。這句話怎麼說?不知道自己心量之大,三種周遍的第三種「含容空有」,我們心量多大?含是包含,包含虛空,容是容納,容納萬有。有就是十法界依正莊嚴,一切諸佛如來的剎土這是有。虛空裡面不講物質,整個虛空跟一切法全在我們自己心量之中,你心量多大!第二種周遍「出生無盡」,那就是經上講的,十方三世一切諸佛如來無量無邊的剎土,出生無盡,全是你自己念頭變的,一切法從心想生,《華嚴經》上講「唯心所現,唯識所變」。我們對這些話聽得耳熟,自己也能說,但是確實不知道、不承認。不承認是由於真的不知道,如果都說明白、清楚、了解了,哪有不承認的道理?你要是真承認了,極樂在哪裡?就在此地。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一四集) 2011/3/3 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0314
Dimanakah
Alam Sukhavati berada? Ada di sini. Menurut “Surangama Sutra”, alam semesta
beserta seluruh isinya ada di dalam hatiku, ibarat setumpuk awan yang jernih,
maka itu adakah jaraknya?
Jadi
di dalam “Surangama Sutra”, Buddha Sakyamuni mempergunakan sebuah perumpamaan, alam
semesta ibaratnya adalah setumpuk awan, sedangkan hati kita adalah ruang
angkasa. Menurutmu mana yang lebih luas, ruang angkasa atau tumpukan awan?
Alam
semesta ada di dalam hati kita, ibarat tumpukan awan di ruang angkasa, hati
kita dapat memuat alam semesta. Ingatlah, “Hati selapang ruang angkasa mampu
merangkul alam semesta beserta seluruh isinya”, jadi hati kita begitu lapang
adanya.
Tetapi
sekarang hati kita jadi begitu sempit, mengutamakan kepentingan dan keuntungan
pribadi, bahkan satu orang saja tidak sanggup dirangkulnya, ini adalah
kekotoran batinmu, serupa dengan yang dikatakan Buddha Sakyamuni sebagai “Oleh
karena khayalan, perbedaan dan kemelekatan makanya tidak bisa memperoleh apa
yang sejati”, anda kehilangan kelapangan hatimu yang sesungguhnya, sekarang
jadi berhati sempit, orang yang berhati sempit amat merana.
Andaikata
anda mengetahui ternyata kelapangan hatimu sedemikian luasnya, seluruh negeri
Buddha dan maha ribu dunia ternyata tercipta dari hatiku, apa yang anda
pikirkan maka fenomena tersebut akan muncul di hadapanmu.
Jadi
Alam Sukhavati ada di depan mata, ke mana lagi anda mau mencarinya?
Pembahasan
semacam ini, apabila Upasaka Huang Nian-zu tidak menyertai petikan sutra dan
sastra, kami juga tidak ingin membahasnya, daripada muncul beragam penafsiran
dan mengundang kritikan, lebih baik dilewatkan saja.
“Penjelasan
Sutra Usia Tanpa Batas” buah pena Upasaka Huang Nian-zu merupakan karya yang
bagus, mengumpulkan berbagai petikan sutra dan sastra.
Maka
itu dengan membaca satu buku “Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas”, sudah membaca
seratus lebih sutra dan sastra. Hendaknya melapangkan hati sendiri, melepaskan
(menyingkirkan) kekotoran batin dan tabiat diri sendiri, lihatlah alangkah
bebasnya!
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 3 Maret 2011
極樂在哪裡?就在此地。下面引《楞嚴經》上說的,「據《楞嚴》,則十方虛空生我心中,如片雲點太清裡,何遠之有?」這《楞嚴經》上說的,佛舉了個比喻,我們都認為最大的虛空,佛舉比喻說,我們把虛空比喻說一片雲彩,在太空一片雲彩,我們的心呢?我們的心是太空。你說是心大、還是雲彩大?遍法界虛空界在我們心裡頭,就像太空當中一片雲彩一樣,虛空小,心量大。記住,「心包太虛,量周沙界」,是講我們自己的心,我們真心這麼大,妄心也是這麼大,真妄不二。心變成那麼小,自私自利,和一個人都不能包容,那是什麼?是你的煩惱,就是世尊講的「但以妄想分別執著而不能證得」,你把你原有的心量失掉了,變成小心量,小心量很苦。你要是知道心量這麼大,原來十方諸佛如來所有的國土大千世界都是我心裡變現的,你想到哪裡去,那個境界就現在眼前。所以《淨土生無生論》裡面講,「生則決定生,去則實不去」。不去怎麼生?極樂就在現前,你到哪裡去!像這些話,如果老居士要不引用這些經論,我們就避免不談,以免爭論,就省略掉了。他的註解好,把有關的經論裡面這些經文全部都收到此地。所以讀這一部註解,就讀了一百多部經論,全是真的不是假的,一定要相信。要把自己心量拓開,要把自己煩惱習氣放下,你看你多自在!
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一四集) 2011/3/3 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0314