Minggu, 19 Januari 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Maret 2011 (Bgn 1)


Keangkuhan akan diikuti oleh niat mengejar ketenaran dan keuntungan, sehingga batin kian terpuruk kian mendalam. Ketika niat buruk ini bangkit ke permukaan, anda akan menganggap Buddha Dharma sebagai alat untuk memperoleh ketenaran dan keuntungan, karma buruk yang diperbuat makin berat.

Tindakan ini mengakibatkan masyarakat salah paham pada Ajaran Buddha, mengira Buddha Dharma adalah mengejar ketenaran dan keuntungan!

Makanya saya mendengar banyak orang yang menfitnah Ajaran Buddha, membangun vihara bak istana, membuka toko vihara, menjadikan Buddha Dharma sebagai lahan bisnis.

Ini merupakan penghinaan terhadap Saddharma (Dharma Sejati atau Dharma Murni), akibatnya adalah jatuh ke Neraka Avici.

Sejak dulu hingga sekarang praktisi yang menyimpang itu jumlahnya sudah terlampau banyak!

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Maret 2011


貢高我慢連帶著就是名聞利養,愈墮愈深,這就是於通又起了塞。「於塞」,塞那是絕對不通,你煩惱起來,名利心起來了,把佛法都當做求取名利的一種手段、一種方法、一種工具,造業更重了。讓一般大眾對佛法起了很深的誤會,佛法搞什麼?還不是搞名聞利養!所以我聽到許多人毀謗佛教的,建這些廟富麗堂皇的,指著什麼?開廟店,拿著佛法當生意買賣做。這是對於正法嚴重的侮辱,這個罪就應該墮阿鼻地獄。因為這個緣故,「所以立此通塞一門」,讓你「撿彼破法遍」,前面破法遍,檢查檢查是不是「於塞得通,於通無塞」,那就對了!識通塞也就是識正邪,什麼是正法,什麼是邪法?也就是認識什麼是罪,什麼是福?從這條裡面可以引申無數條,讓你真正覺悟,真正明瞭,不至於把正法在修學過程當中變質了。實在講,自古以來修行變質的太多太多了!

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三三九集)  2011/3/23  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0339



 

 


“37 cara melatih diri menuju pencapaian Nirvana”, 37 butir cara yang dapat mengantar kita menuju tercapainya Nirvana, membantu kita meraih keberhasilan.

Meskipun terdiri dari 37 macam cara, bila dikelompokkan maka tak terpisahkan dari sila, samadhi (konsentrasi) dan prajna (kebijaksanaan).

Jadi “37 cara melatih diri menuju pencapaian Nirvana” adalah penjabaran dari sila, samadhi dan prajna. Tak peduli anda melatih pintu Dharma manapun juga, wajib mempelajari 37 cara ini.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Maret 2011

“37 cara melatih diri menuju pencapaian Nirvana” :


「道品調適。道即能通之義。品類不同」,稱之為「道品」,通常我們把它說作三十七道品。底下講,「謂三十七道品,而能通至涅槃也」,這都是幫助我們成就的。調適,調是調停、調試,適是適當、適宜,也就是恰好這個意思。「從別言之,故有三十七品」,從它個別來說,它一共有三十七種。「若從總而言,此三十七品,不出戒定慧。」三十七道品從哪裡來的?從戒定慧延伸出來的;換句話說,「即是以戒定慧而調適也」,戒定慧是總綱領、總原則。

三十七道品通一切法,在大乘裡面,天台家把它講成藏通別圓,也就是藏教三十七道品,通教也有三十七道品,別教、圓教亦復如是。名稱相同,淺深廣狹不相同,愈往上面愈深愈廣。三十七道品總一切法門,這個是修行,無論修哪個法門、哪個宗派,必須要學的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三三九集)  2011/3/23  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0339




 

Selanjutnya kita akan mempelajari tentang “37 cara melatih diri menuju pencapaian Nirvana”.

37 cara ini terdiri dari 7 subjek yakni :
1.    Empat obyek perenungan
2.    Empat upaya benar
3.    Empat kekuatan batin
4.    Lima akar kebajikan
5.    Lima Kekuatan
6.    Tujuh faktor menuju pencerahan  
7.    Delapan Jalan Utama

Subjek pertama adalah “Empat Obyek Perenungan” terdiri dari :
1.    Perenungan terhadap tubuh jasmani,
2.    Perenungan terhadap perasaan
3.    Perenungan terhadap pikiran
4.    Perenungan terhadap Dharma

 Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Maret 2011



這三十七種方法,它分為七科,四念處,四正勤,四如意足,五根,五力,七覺知,八正道。七個科目,總共三十七道品。我們先把三十七道品介紹一下,下面就好講了。三十七道品第一個是「四念處」,四念處四句,每一句就是一個道品,「第一觀身不淨,第二觀受是苦,第三觀心無常,第四觀法無我」。這四種觀都是屬於智慧,看破。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三三九集)  2011/3/23  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0339