Senin, 25 November 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 2 Maret 2011 (Bgn 2)


Orang masa kini yang membaca buku Dharma kian lama kian berkurang jumlahnya, maka itu terhadap Buddha Dharma makin lama makin terasa asing. Ada sebab pasti ada akibat, apa akibatnya? Akibatnya masyarakat dunia bergolak, Bumi dilanda bencana, benih buruk menghasilkan buah yang buruk pula.

Pada zaman dulu di Tiongkok, belajar Ajaran Buddha direkomendasikan oleh Kekaisaran, digalakkan oleh Kaisar, sehingga menciptakan dunia yang damai dan sejahtera, menciptakan kondisi masyarakat yang aman sentosa untuk jangka waktu yang lama.

Bila anda bertanya faktor apa yang menyebabkan semua ini? Ajaran Buddha bukan takhayul, namun merupakan pendidikan. Sutra adalah buku materi pembelajaran Ajaran Buddha, yang mengajarkan padamu supaya menyingkirkan kejahatan dan mengamalkan kebajikan yang suci dan setara, di sinilah letak alasannya.

Kaisar menggunakan cara ini untuk menata pemerintahan yang adil dan makmur, tetapi dia sendiri tidak mengamalkannya, andaikata dia juga melatih diri, maka pasti bisa mencapai KeBuddhaan, bukankah ini sangat unggul!

Apabila sang Kaisar berhasil mencapai KeBuddhaan, maka para pejabatnya adalah Bodhisattva, sehingga negara ini akan berubah menjadi Negeri Buddha.

Selama perjalanan sejarah Tiongkok, para Kaisar yang mendukung perkembangan Ajaran Buddha, hanya tahu memotivasi orang lain supaya melatih diri, tetapi dirinya sendiri tidak menjalankannya, walaupun boleh dikatakan sudah cukup lumayan, sungguh sulit diperoleh.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 2 Maret 2011


現代人讀佛書的人愈來愈少,所以對於佛法好像是愈來愈陌生。這是因,有這個因,果報是什麼?果報就是社會動亂,地球的災變,不善的因感得不善的果。佛教在古代,國家提倡,帝王提倡,所以它可以造成盛世,它可以造成長治久安。你要問這是什麼原因?這不是迷信,是教學。經典是佛家的教科書,它天天在這裡教你放棄邪惡,崇尚清淨平等的善行,道理在此地。可惜帝王用這個做手段來治國平天下,他自己沒有真幹,自己要真幹,自己就成佛了,那多麼的殊勝!國王成佛了,大臣皆是菩薩,這個國就變成佛國。歷史上國王護法,勸別人幹,自己沒幹,也不錯了,也很難得。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一一集)  2011/3/2  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0311

 


 

Alam Sukhavati di penjuru barat sangatlah istimewa, tidak ada proses muncul dan lenyap. Penduduk Alam Sukhavati menikmati usia tanpa batas; demikian pula dengan pepohonan dan bunga-bunga yang ada di sana, takkan layu, daun-daun juga takkan berguguran.

Di Alam Sukhavati takkan ada empat musim, praktisi sekalian hendaknya tahu bahwa empat musim artinya adalah perubahan, segala sesuatu yang dapat berubah adalah khayalan semu, sedangkan di Alam Sukhavati, segalanya takkan mengalami perubahan.

Manusia di dunia ini mengetahui bahwa pemandangan di musim semi merupakan yang paling indah dalam setahun, di Alam Sukhavati selamanya adalah musim semi.

Alam Sukhavati tidak memiliki gunung berapi, makanya tidak ada fenomena gunung meletus, gempa, tsunami, bencana kekeringan, banjir dan sebagainya. Cuacanya senantiasa bersahabat dan nyaman.

Angin yang berhembus bukanlah angin biasa, namun merupakan semilir kebajikan, yang diwujudkan oleh kebajikan sejati (kebajikan yang sejak semula telah sempurna dalam jiwa sejati), maka itu angin begini takkan mengakibatkan bencana apapun, ini merupakan kondisi batin yang tak terbayangkan.

Maka itu kita tidak boleh membandingkan apa yang ada di dunia ini dengan Alam Sukhavati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 2 Maret 2011


西方極樂世界就很特殊,不是波動現象,它沒有生滅。極樂世界的人是真正的長生不老;極樂世界的花草常青,它不枯,葉也不落;極樂世界沒有四季,諸位要曉得四季是變化,有變化就不是真的,永遠沒有變化。我們世間人知道春天是最美,極樂世界永遠是春天。極樂世界的山河大地沒有火山爆發,沒有地震,沒有海嘯,沒有旱災,沒有水災,什麼樣災害都沒有,風調雨順。它的風不是空氣對流,它是德風,性德變現的,所以風不會造成災害,這是不可思議的境界。

我們決定不能用我們世界這些東西跟極樂世界去比,那全錯了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一一集)  2011/3/2  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0311


 

 
 
“Sukhavati-vyuhopadesa” menyebutkan, “Menfokuskan pikiran melafal Amituofo berkesinambungan dan membangkitkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, pasti berhasil memasuki Negeri Teratai”.

“Sukhavati-vyuhopadesa” mengajarkan pada kita untuk menfokuskan pikiran melafal Amituofo berkesinambungan dan membangkitkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.

Melafal Amituofo mesti menfokuskan pikiran melafal berkesinambungan, tidak boleh ada keraguan sama sekali, kalau masih ada keraguan, apakah bisa terlahir ke Alam Sukhavati? Belum tentu; terkecuali dia dapat menfokuskan pikiran melafal Amituofo berkesinambungan dan membangkitkan tekad bulat terlahir ke Alam Sukhavati, dengan demikian barulah dapat meraih keberhasilan.

Di dalam kondisi masyarakat seperti sekarang ini, di dalam Buddha Dharma ada 84 ribu pintu Dharma, metode yang tak terhingga, lepaskanlah semuanya, mengapa demikian? Sudah tidak sempat lagi.

Hendaknya meneladani Master Lian Chi, ucapan beliau ini tercantum di dalam buku berjudul “Zhu Chuang Sui Bi (Catatan Jendela Bambu)”, saat berusia lanjut, beliau berkata “12 bagian Tripitaka, biarlah orang lain yang tercerahkan darinya”, siapa yang berminat mempelajarinya, biarkan saja dia mencari pencerahan dari isi Tripitaka, “84 ribu pintu Dharma, biarlah orang lain yang mempraktikkannya”, dari 84 ribu metode pelatihan diri, mana yang kalian suka, silahkan mempraktikkannya sendiri.

Sedangkan Master Lian Chi sendiri malah melepaskan keseluruhannya, menfokuskan pikiran melafal Amituofo berkesinambungan dan membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, akhirnya Master Lian Chi meraih keberhasilan.

Sama halnya pula dengan Master Ou Yi, saat berusia muda hobi memperkaya ilmu, lihatlah hasil karyanya sampai ada lebih dari 20 jenis. Beliau meninggal dunia pada usia yang masih tidak terlampau tua. Juga merupakan jelmaan yang datang ke dunia ini, yang merupakan jelmaan Buddha dan Bodhisattva yang memperlihatkan peragaan kepada kita semuanya supaya kita jadi sadar.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 2 Maret 2011

「又《往生論》曰」,底下引用《往生論》的話說,「以一心專念作願生彼,得入蓮華藏世界」。《往生論》教給我們的,一心專念,作願就是發願,發願求生淨土。念佛要一心專念,你三心二意就不行了,發願往生能不能往生?那是未定數;如果一心專念作願往生,那就決定得生。在現前這個社會,佛法裡頭八萬四千法門,無量法門,統統放下,為什麼?來不及了。要學蓮池大師,這個話是蓮池大師《竹窗隨筆》裡面寫的,他老人家在晚年,他說「三藏十二部,讓給別人悟」,你們誰有興趣你們去悟去;「八萬四千行,饒與他人行」,八萬四千行門,你們喜歡修哪個法門修哪個法門,他自己全放下了,一心專念求生淨土,他成功了。蕅益大師亦如是,年輕的時候廣學多聞,特別是蕅益大師,你看留下來的著作多少,二十多種。年歲不大他就走了。都是再來人,都是佛菩薩為我們做示現的,我們要會看,要能體會得到。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一一集)  2011/3/2  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0311