Praktisi
Aliran Sukhavati melekat pada tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, setibanya
di Alam Sukhavati barulah melepaskan kemelekatan hingga tuntas.
Maka
itu praktisi zaman dulu berkata, “Asalkan dapat bersua dengan Buddha Amitabha,
buat apa merisaukan tak tercapainya pencerahan”, kita menempatkan urusan
mencapai pencerahan di satu sisi dulu, sekarang yang paling penting adalah
urusan terlahir ke Alam Sukhavati, mesti membulatkan tekad dan berhasil
terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.
Tempo
dulu Guru Li bilang padaku, tujuan akhir dari Buddha Dharma Mahayana adalah
menemukan kembali jiwa sejati, mencapai KeBuddhaan, Ajaran Sukhavati juga tak
terkecuali.
Tetapi
praktisi Aliran Sukhavati menempatkan urusan menemukan kembali jiwa sejati sesampainya
di Alam Sukhavati nanti, yang penting sekarang adalah menfokuskan pikiran
melafal Amituofo berkesinambungan.
Maka
itu alangkah pentingnya 48 tekad agung Buddha Amitabha, 48 butir tekad ini
langsung diikrarkan oleh Buddha Amitabha sendiri, sedangkan Buddha Sakyamuni
hanya menyampaikannya pada kita.
Setiap
butir tekadNya adalah demi menyelamatkan semua makhluk, tiap butirnya adalah
demi membantu para makhluk dalam satu kelahiran mencapai keberhasilan, supaya
semua makhluk mencapai KeBuddhaan, kebenaran ini tidak boleh tidak dipahami.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 3 Maret 2011
「又《上都儀》云:歸命三寶,要指方立相,住心取境,以凡夫繫心尚不可得,況離相耶?」這就是說其他法門難,難在什麼地方?難在離相。淨宗不離相,淨宗立相到極樂世界,先是指方立相,求生淨土,到極樂世界再離相。所以古人說,「但得見彌陀,何愁不開悟」,我們把開悟這樁事情放在極樂世界,現在專求淨土。李老師當年告訴我,大乘佛法終極的目標是明心見性、見性成佛,淨土也不例外。淨土是什麼?到西方極樂世界,目標就是明心見性,現在的目標是一心專念。淨宗的殊勝,所以四十八願重要,四十八願是阿彌陀佛自己說的,釋迦牟尼佛為我們轉述。願願為度眾生,願願幫助眾生一生成就,一切皆作佛,這我們不能不知道。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一三集) 2011/3/3 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0313
Ajaran
Sukhavati lebih praktis dan mudah dibandingkan dengan Mahayana, oleh karena
Ajaran Mahayana menghendaki praktisinya melepaskan kemelekatan hingga tuntas,
sulit!
Sedangkan
Ajaran Sukhavati memiliki arah yang pasti, setiap butir niat pikiran senantiasa
mengingat penjuru barat, melafal Amituofo, kita melekat pada Alam Sukhavati dan
Buddha Amitabha.
Kita
hanya melekat pada sepatah Amituofo, melekat dan takkan pernah melupakannya, sedangkan
hal lainnya mesti dilepaskan, di dalam hati cuma ada Amituofo saja, cuma ada
“Sutra Usia Tanpa Batas” saja, jadi kalau anda hobi berpikir, maka pikirkanlah
“Sutra Usia Tanpa Batas”.
Buat
apa memikirkan “Sutra Usia Tanpa Batas”? Guna mengingat Alam Sukhavati, guna
mengingat dan melafal Amituofo, supaya baik saat sekarang maupun mendatang
pasti bersua dengan Buddha Amitabha.
Makanya
kalau tidak akrab dengan “Sutra Usia Tanpa Batas”, tidak menguasainya sampai
mahir, anda takkan berdaya merenungkannya, apa yang anda renungkan disebut
sebagai berpikir sembarangan alias berkhayal.
Sepanjang
hayatku cuma membaca “Sutra Usia Tanpa Batas” saja, menguasainya sampai mahir,
maka pikiranku terfokus pada Alam Sukhavati, juga terfokus pada Buddha
Amitabha.
Tetapi
jika sutra yang saya pelajari beraneka ragam, bercampur aduk, alhasil pikiran
pun jadi kalut, apa yang anda pikirkan juga kacau balau dan penuh kekeliruan.
Buddha
Sakyamuni mengajarkan kita untuk menfokuskan pikiran pada satu objek, kalau
kita hobi belajar metode gado-gado, maka pikiran pun jadi kalut, tidak sanggup
memusatkan perhatian, lihat sana lihat sini, mikir ini mikir itu, beginilah
yang disebut dengan hati tumimbal lahir.
Beraneka
ragam sutra dan sastra yang dipelajari, juga merupakan hati tumimbal lahir,
oleh karena anda tidak mampu memusatkan perhatian. Memusatkan perhatian adalah
samadhi, dengan tercapainya samadhi barulah kebijaksanaan terbuka.
Kebijaksanaan
terbuka adalah serupa bersua dengan Buddha (jiwa sejati diri sendiri), maka itu
dikatakan sebagai baik pada masa sekarang maupun mendatang pasti bersua dengan
Buddha Amitabha.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 3 Maret 2011
淨宗比大乘來得方便,因為大乘沒有相,離一切相,即一切法,難!淨宗有方向,我們念念都想著西方,念念念阿彌陀佛,著相,不是離相。執持名號,執就是執著,持就是保持不要失掉,把別的東西都放下,心裡頭只有阿彌陀佛,只有《無量壽經》,你要想就想《無量壽經》。想《無量壽經》是什麼?是想極樂世界,憶佛念佛,現前當來必定見佛。所以經不熟你沒法子想,你胡思亂想。我一生受持這一部經,我的想是專想,專想極樂世界,專想阿彌陀佛。如果我學習的經典太多、太雜,那你想就亂掉,亂想就錯了。佛教我們制心一處,我們這個心是散亂的,不在一處,想東想西,那是什麼?輪迴心。經論想多也是輪迴心,因為它不是一心。一心就是禪定,一心就是三昧,得定才能開慧,慧就見佛,慧就見極樂世界,境界現前,所以說現前當來必定見佛。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一三集) 2011/3/3 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0313
Memusatkan
perhatian adalah samadhi, dengan tercapainya samadhi barulah kebijaksanaan
terbuka. Kebijaksanaan terbuka adalah serupa bersua dengan Buddha (jiwa sejati
diri sendiri), maka itu dikatakan sebagai baik pada masa sekarang maupun
mendatang pasti bersua dengan Buddha Amitabha.
Segala
sesuatu tercipta dari hati dan pikiran, anda memikirkan Alam Sukhavati, Alam
Sukhavati muncul di hadapanmu; anda memikirkan Buddha Amitabha, Buddha Amitabha
muncul di hadapanmu. Dengan demikian anda pasti terlahir ke Alam Sukhavati,
hidup kita kali ini barulah jadi bernilai, jasa kebajikan jadi sempurna.
Setibanya
di Alam Sukhavati memperoleh pemberkatan kewibawaan tekad Buddha Amitabha,
yakni menjadi Bodhisattva Avaivartika, meskipun terlahir di tingkatan paling
rendah sekali-pun, juga tetap bergelar Bodhisattva Avaivartika, ini sungguh tak
terbayangkan.
Tanpa
mengandalkan pemberkatan dari Buddha Amitabha, manalah mungkin kita bisa
langsung mencapai kondisi batin sedemikian rupa, harus melatih diri sampai
kalpa yang mana barulah dapat mewujudkannya?
Setelah
bersua dengan Buddha Amitabha, tak terduga ternyata begitu gampangnya mencapai
tingkatan Bodhisattva Avaivartika, barulah anda sadari begitu sulitnya bisa
memperoleh kesempatan ini.
Upasaka
Peng Ji-qing mengatakan, hari yang langka dan sulit ditemukan selama kalpa yang
tak terhingga, kini anda telah berhasil berjumpa dengannya.
Kesempatan
langka selama kalpa tak terhingga, hari ini kita telah berjumpa dengannya,
setelah berjumpa andaikata masih juga tidak menggenggamnya dengan
seerat-eratnya, tidak meraih keberhasilan, bukankah anda ini sungguh kasihan?
Ini
namanya sudah menyia-nyiakan kesempatan berharga, melakukan kekeliruan yang
paling besar!
Sebaliknya
bila anda dapat menggenggamnya dengan erat, maka dalam satu masa kehidupan ini,
pasti berhasil menyempurnakan KeBuddhaan. Dharma Sukhavati merupakan ajaran
yang dalam satu kelahiran mencapai keberhasilan, semoga kita semuanya berdaya
upaya mewujudkannya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 3 Maret 2011
一心就是禪定,一心就是三昧,得定才能開慧,慧就見佛,慧就見極樂世界,境界現前,所以說現前當來必定見佛。
一切法從心想生,你想極樂世界,極樂世界現前;想阿彌陀佛,阿彌陀佛現前。這樣才能夠平平穩穩取得極樂世界,我們這一生那就有價值了,大功圓滿。生到極樂世界得彌陀本願威神加持,就是阿惟越致菩薩,凡聖同居土下下品往生也是阿惟越致菩薩,這不可思議。同居土下下品往生的身,彌陀四十八願加持你,你的身是什麼身?法性身,你居住的同居土也是法性土,這還得了!不是《金剛經》上講的世界是一合相、微塵聚,不是那個世界。這樣殊勝的果報,就是經上講的惠以真實利益。我們要不靠阿彌陀佛修到這個境界,要到哪一劫才能成就?遇到阿彌陀佛,沒想到這麼容易就得到了,那你就曉得這個機會難得。彭際清居士講的話完全正確,無量劫來稀有難逢的一天,你碰到了。無量劫來稀有難逢,我們今天遇到了,遇到要不把它抓住,不在這成就,你不就冤枉了嗎?那你叫真的錯了,大錯特錯!你能夠掌握住,你這一生必定圓滿成佛,這叫一生成就的佛法,希望我們大家努力。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一三集) 2011/3/3 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0313