Tiap
hari belajar Ajaran Mahayana tetapi masih juga tidak memahaminya. Kapan barulah
dikatakan paham? Master Zhangjia berkata, ketika anda benar-benar telah
melepaskan kemelekatan, berarti anda telah memahaminya, ketika anda benar-benar
telah memahaminya maka anda pasti sanggup melepaskan kemelekatan.
Bila
masih ada secuil saja yang belum sanggup dilepaskan, maka akan menghalangi
dirimu mencapai samadhi (konsentrasi), merintangi dirimu mencapai pencerahan.
Apakah juga akan menghalangi upayamu terlahir ke Alam Sukhavati?
Mungkin
saja, kalau sudah begitu maka harus melihat keberuntunganmu saat menjelang
ajal, kalau peruntunganmu bagus, bersua dengan kalyanamitra yang berada di
samping dan senantiasa mengingatkan dirimu supaya melafal Amituofo, anda menggunakan
lafalan Amituofo untuk meredam bentuk-bentuk pikiran, dengan demikian anda
dapat terlahir ke Alam Sukhavati.
Sebaliknya
jika peruntungan tidak bagus, saat menjelang ajal tidak ada kalyanamitra yang
datang mengingatkan dirimu supaya melafal Amituofo, terhadap dunia ini, masih
ada secuil perasaan mendambakannya, melekat dan merindukannya, alhasil kembali
berputar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir.
Maka
itu, keterampilan melatih diri harus dikembangkan dalam kehidupan keseharian,
saat menjelang ajal pada momen terakhir tersebut barulah bisa efektif,
andaikata pada momen terakhir tersebut malah melupakan lafalan Amituofo, maka
satu masa kehidupan ini pun terlewatkan sia-sia, inilah yang disebut sebagai sungguh
patut disayangkan sekali.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 4 Februari 2011
大乘教天天在學習,沒有真懂。什麼時候真懂?章嘉大師說的,你真放下就真懂了,你真懂了一定就真放下。有一絲毫沒放下,它都障礙你得定,障礙你開悟。會不會障礙你往生?有可能,那要看你臨終時候的運氣,運氣好,遇到善友在旁邊提示你,你用佛號壓住,就往生了;如果運氣不好,臨終的時候沒有人提醒你,你對這個世間還有絲毫貪戀、留戀,就又繼續搞輪迴了。所以,功夫要在日用平常當中去做,臨終那一刻才管用,要不然臨終那一刻錯了,一生都錯了,那叫真可惜。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二六三集) 2011/2/4
Meskipun
kita sekarang berada di Alam Manusia, namun siksaan yang kita alami, tidak
kalah dibandingkan dengan tiga alam rendah, siksaan di tiga alam rendah kini
mulai tampak di Alam Manusia. Apa alasannya?
Niat
pikiran manusia tidak sebanding dengan binatang, tidak sebanding dengan setan
kelapatan, hal ini tidak dapat dimungkiri.
Dari buah
akibat, kita melihat benih sebabnya, standar menjadi manusia yang seutuhnya
adalah manusia yang taat susila, apakah orang masa kini bersusila? Nihil, tentu
saja sudah tidak ada orang yang melakukannya.
Setiap
niat pikiran yang timbul, ucapan dan tindakannya berbanding terbalik dengan
tata susila, bertentangan dengan kebajikan sejati (kebajikan yang sejak semula
telah sempurna dalam jiwa sejati), akibatnya adalah jatuh ke tiga alam
penderitaan, di tiga alam rendah ini mengeliminasi karma jeleknya.
Setelah
karma buruknya dieliminasi, dia sudah mengerti kesalahannya dan memiliki hati
yang bertobat dan tahu malu, barulah bebas dan keluar dari alam penderitaan,
kembali lagi ke Alam Manusia.
Sampai di
Alam Manusia, kalau tidak bertemu lagi dengan pendidikan kesusilaan, dia
kembali berperilaku tidak terpuji, belajar jadi jahat lagi, apa yang terjadi
selanjutnya?
Usia
manusia begitu singkat, dia kembali melaporkan diri ke tiga alam rendah. Raja
Setan yang melihat dirimu jadi keheranan, baru saja keluar, kenapa balik lagi?
Sebagian
orang selalu berkata, fenomena ini akibat ulah kekotoran batin dan tabiat, anda
tidak sanggup menahan diri pada godaan di lingkungan buruk, sampai kapan barulah anda mampu melenyapkan
kekotoran batin dan tabiat hingga tuntas?
Umumnya
anda berada di tiga alam penderitaan untuk kurun waktu yang sangat panjang, barulah
dapat menghapus tabiat hingga bersih.
Setelah
kenyang akan siksaan bertubi-tubi, barulah sadar dan tidak ingin menjalani
siksaan lagi, mendengar Buddha Dharma dengan sendirinya timbul hati sukacita,
mendengar tentang Alam Sukhavati di penjuru barat, membangkitkan keyakinan dan
tekad, sehingga memperoleh penyelamatan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 4 Februari 2011
我們現在雖然在人道,受的苦不亞於三途,三途之苦現在在人間出現了。為什麼?人的起心動念不如畜生、不如餓鬼,不就這麼回事情。從果上我們就看因,做人,人的標準條件是倫常道德,現在的人有沒有講倫常道德?講都沒有了,當然更沒有人去做。起心動念、言語造作跟倫常道德一百八十度的相反,違逆了性德,果報就是三途,在三途裡面消他的惡業。惡業消盡了,他明白過來了,有了懺悔的心,有了慚愧的心,脫離惡道,再到人間。到人間,如果沒有遇到倫理道德的教育,那就又學壞了,學壞了怎麼樣?人這一生壽命盡了,又到三途去了。《地藏經》上說得很明白,三惡道的鬼王看見了,才出去沒多久,怎麼又回來了?一般人常說,這個現象是煩惱習氣在作祟,你禁不起不善環境的誘惑,什麼時候你才能把煩惱習氣淘汰盡?這一般講,你在三惡道的時間很長,才能把這些習氣磨盡。真知道苦了,不想再受這些苦難了,聞到佛法自然生歡喜心,聽到西方極樂世界會生稀有心,那就有救了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二六三集) 2011/2/4
Bagaimana
cara menerima ajaran sehingga kita bisa mendapatkan manfaat yang sesungguhnya?
Master Yin Guang berkata, dengan hati yang tulus dan hormat, meyakini, memahami
dan mengamalkan, barulah anda bisa mendapatkan manfaat yang sesungguhnya.
Yang
paling penting adalah memiliki sebutir hati yang tulus dan hormat, bukan saja
terhadap Buddha Dharma, bahkan terhadap Dharma duniawi juga serupa, belajar
bidang apapun, kondisi batin bagaimana yang akan dicapai, kuncinya ada pada
hati yang tulus dan hormat, tidak ada kaitannya dengan orang lain, seluruhnya
terletak pada diri sendiri.
“Dengan
membangkitkan satu bagian ketulusan dan rasa hormat memperoleh satu bagian
manfaat; dengan membangkitkan sepuluh bagian ketulusan dan rasa hormat
memperoleh sepuluh bagian manfaat”.
Secara
keseluruhan terletak pada diri sendiri, patut diketahui, tidak ada kaitannya
dengan orang lain, materi yang dipelajari dan lingkungan luar.
Terutama
adalah sikap curiga dan ragu, lalu sikap yang melontarkan kritikan, inilah yang
paling celaka. Sikap curiga dan ragu masih agak lumayan, diri sendiri saja yang
tidak memperoleh manfaat, tetapi melontarkan kritikan itu adalah menciptakan
karma buruk, akibatnya harus ditanggung diri sendiri.
Jika anda
tidak memahami dengan jelas, lalu sembarangan melontarkan kritikan, buah
akibatnya kelak adalah kedunguan, tak peduli lahir ke alam manapun tetap saja
menderita kedunguan, tidak punya kebijaksanaan.
Ketahuilah
bahwa akibat kedunguan adalah sangat mudah menciptakan karma buruk, oleh karena
menciptakan karma buruk maka jatuh ke tiga alam rendah menjalani siksaan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 4 Februari 2011
怎樣接受我們才能得真實的利益?印光大師講得好,真誠恭敬心,信解執持,你真得到了。最重要的是真誠恭敬心,不但對佛法,對世間法亦如是,學習任何一樣東西,你能達到什麼樣的境界,關鍵全在真誠恭敬,與別人不相干,完全在自己。真的,ㄧ分恭敬你就得ㄧ分成就,十分恭敬你就得十分成就,完全決定在自己,要知道,於人、於法、於一切境緣統統不相干,這個道理不能不懂。最忌諱的是懷疑的態度,再要是批評的態度那就更糟糕了,懷疑態度還好,自己不得利益,批評造罪業,果報要自己承當。你要是批評錯了,你將來得的果報是愚痴,無論投生在哪一道都愚痴,沒智慧。可是你要知道,愚痴就非常容易造業,造業就不能不受三途苦報,你說這個麻煩多大。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二六三集) 2011/2/4