Minggu, 01 Desember 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Maret 2011 (Bgn 7)


Buddha Amitabha menganugerahkan manfaat yang sesungguhnya kepada semua makhluk di enam alam tumimbal lahir, yakni mendirikan Alam Sukhavati di penjuru barat.

Alam Sukhavati merupakan Maha Vihara, juga merupakan sekolah, seluruh penduduk Alam Sukhavati merupakan siswa Buddha Amitabha, para makhluk di sepuluh penjuru yang mengagumi Buddha Amitabha, benar-benar kembali ke jalan yang benar, semoga dapat menyempurnakan diri dalam sekolah ini.

Setelah meraih keberhasilan, boleh dikatakan seluruhnya merupakan jelmaan Buddha Amitabha, yang sehati dengan Buddha Amitabha, satu tekad, satu kebajikan, satu pengamalan.

Orang masa kini ibarat air terjun, airnya mengalir begitu derasnya, bukan hanya begitu terburu-buru dan begitu mendesak, bahkan juga sangat rumit, menyibukkan diri untuk hal-hal yang tidak penting.

Apabila anda pernah berkunjung ke air terjun Niagara yang terletak di perbatasan antara Amerika dan Kanada, maka anda dapat merasakannya, hati para makhluk demikianlah adanya.

Aliran Sukhavati memiliki arah dan tujuan yang pasti, asalkan anda menfokuskan diri, pasti meraih keberhasilan, bahkan cepat berhasilnya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Maret 2011


 「因此正是『指方立相,即事而真』之殊勝方便。」這是阿彌陀佛給六道眾生的真實利益。指方立相,方是方所,指方是西方,立相是在那裡建立極樂世界。極樂世界是事相,極樂世界是道場,是大道場,極樂世界是學校,極樂世界全都是阿彌陀佛的學生,十方世界仰慕阿彌陀佛,真正回頭了,希望在這個學校裡圓滿成就。成就之後,可以說皆是阿彌陀佛的化身,跟阿彌陀佛同心、同願、同德、同行。即事而真,殊勝方便,殊是特殊、殊勝,殊勝方便。「善導大師剖示其義,謂娑婆眾生妄心瀑動。」這瀑動兩個字說得好,特別是現在的眾生,就像瀑布一樣,水流得多急,不但急,而且複雜,亂流。如果你參觀過美國跟加拿大邊界的大瀑布,你就能感受得到,眾生心就像這樣的。「指方立相尚未能專注,況無方無相耶?」無方無相是一般大乘上的理論與方法,所以它難。不像淨宗,淨宗有一定的方向、有一定的目標,只要你專注,你決定能成就,而且成就快。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一三集)  2011/3/3  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0313


 

 
 
Sutra menyebutkan dengan jelas, asalkan menfokuskan diri pada satu arah dan satu tujuan, maka 3-5 tahun sudah bisa berhasil. Berapa lama waktu untuk berhasil, bisa ditentukan sendiri, kalau memang tekun, maka ini serupa dengan yang disebutkan di dalam “Amitabha Sutra” sebagai dalam kurun waktu sehari, dua hari, tiga hari, empat hari sampai tujuh hari, pasti bisa berhasil, inilah yang disebut sebagai kegiatan “Fo Qi Ekstrem”.

Catatan :
Fo Qi merupakan kegiatan pelafalan Amituofo selama tujuh hari berturut-turut tetapi masih ada waktu istirahatnya, sedangkan “Fo Qi Ekstrem” adalah kegiatan pelafalan Amituofo selama tujuh hari, siang malam 24 jam terus menerus tanpa istirahat.

Tetapi dalam kegiatan “Fo Qi Ekstrem”, peserta-nya sudah benar-benar melepaskan kemelekatan, jika masih ada sedikit saja kemelekatan yang belum sanggup dilepaskan, maka mudah kerasukan Mara, masalah pun jadi besar.

Guru Li (Upasaka Li Bing-nan) tempo dulu pernah dua kali menyelenggarakan kegiatan “Fo Qi Ekstrem” di Taichung, selanjutnya beliau tidak berani lagi menyelenggarakan kegiatan semacam ini.

Guru Li memberitahukan padaku, jika peserta yang mengikuti kegiatan tersebut jumlahnya tidak banyak, tidak sampai 10 orang, ketua penyelenggara masih sanggup menjaga para peserta dan mengendalikan situasi.

Tetapi bila jumlah peserta-nya melampaui 10 orang, maka ketua penyelenggara tidak sanggup menjaga keseluruhannya, oleh karena jumlahnya kebanyakan.

Salah satu peserta sempat mengalami fenomena kerasukan Mara, Guru Li menghabiskan waktu setengah tahun lamanya guna memulihkan kondisi mental peserta tersebut.

Tidak sanggup melepaskan beban pikiran, membawa serta sejumlah ganjalan hati pergi mengikuti kegiatan “Fo Qi Ekstrem”, tentu saja sangat merepotkan!

Guru Li sengaja menyampaikan pengalaman ini kepada diriku sekaligus mewanti-wanti supaya saya jangan pernah menyelenggarakan kegiatan “Fo Qi Ekstrem”, terlalu beresiko.

Orang yang semula mengikuti kegiatan ini masih dalam kondisi baik-baik, tetapi tujuh hari kemudian jadi kurang waras, bagaimana anda tidak bersalah pada orang lain?

Sedangkan kegiatan Fo Qi biasa (yang ada rentang waktu istirahatnya) masih boleh diselenggarakan, disiplinnya tidak terlalu ketat, jadi tidaklah masalah, lain halnya dengan kegiatan “Fo Qi Ekstrem”, akan mengundang banyak masalah.

Makanya melatih diri itu tidaklah gampang!

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Maret 2011


經上講得很清楚,事上也給我們證實了,就一個方向、一個目標,三年五載決定成就。究竟需要多少時間自己決定,果然是勇猛精進,那就是《彌陀經》上所說的,若一日、若二日、若三日到若七日,肯定成就,那叫精進佛七。不過精進佛七是真放下,有絲毫沒有放下就容易著魔,那個麻煩就很大。李老師以前告訴我,他在台中辦過兩次精進佛七,以後再不敢做了。他告訴我,參加的同學人不多,不超過十個人,主七師精神能夠照顧得到;十個人以上,照顧不到,人太多了。其中還有一個著魔了,老師為這個人花了半年的時間把他恢復正常。煩惱沒有放下,帶著這個東西勇猛精進,麻煩!老師提出這個事情警告我,叫我不可以幹這個事情,很危險。人家來參加的時候好好的一個人,七天之後就變成神經病,你對人怎麼交代?普通的佛七可以打,它不嚴格,沒關係,精進佛七就怕有這個麻煩。修行不容易!

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一三集)  2011/3/3  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0313


 

 
 
Kegiatan Fo Qi biasa (yang ada rentang waktu istirahatnya) masih boleh diselenggarakan, disiplinnya tidak terlalu ketat, jadi tidaklah masalah, lain halnya dengan kegiatan “Fo Qi Ekstrem”, akan mengundang banyak masalah. Makanya melatih diri itu tidaklah gampang!

Cara yang paling aman adalah dengan memberi ceramah Dharma, kemajuan batin yang diperoleh adalah perlahan-lahan, setahap demi setahap, sehari demi sehari, pastinya yang bukan merupakan semangat yang berkobar-kobar atau menyala-nyala.

Demikian pula dengan melepaskan kemelekatan, juga perlahan-lahan, sehari demi sehari, sedikit demi sedikit melepaskan kemelekatan. Melalui pelatihan berkesinambungan selama jangka panjang, dengan sendirinya hati semakin suci.

Oleh karena hati semakin suci, dengan sendirinya makna sutra yang dipahami akan semakin banyak yang diselami dan diresapi, anda akan menemukan ternyata dibalik setiap kata dan kalimat dalam sutra terkandung makna tersirat yang tak terhingga, tak habis diungkapkan dengan kata-kata, di dalamnya terdapat kebahagiaan yang tak terhingga.

Perlahan-lahan segalanya bisa dipahami dengan jelas dan dimengerti secara keseluruhan, diri sendiri melafal Amituofo membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, jadi sangat gampang! Tidak sulit.

Upasaka Huang Nian-zu setelah menyelesaikan menulis “Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas”, oleh karena kondisi kesehatan yang tidak bagus, usia pun sudah lanjut, tidak ingin menetap lebih lama lagi di dunia ini, maka itu menfokuskan pikiran melafal Amituofo, sehari melafal 140 ribu lafalan Amituofo, selama 6 bulan, akhirnya terlahir ke Alam Sukhavati.

Beliau memperlihatkan peragaaan ini kepada kita semuanya, melepaskan segala kemelekatan, menfokuskan pikiran melafal Amituofo berkesinambungan, tidak ada seorang pun yang tidak terlahir ke Alam Sukhavati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Maret 2011


普通的佛七可以打,它不嚴格,沒關係,精進佛七就怕有這個麻煩。修行不容易!

  最穩當的方法還是教,「教」是什麼?漸進,它不是那個很勇猛的,慢慢的,一天一天的求進步。放下也是的,一天一天的,點點滴滴的慢慢放。長時間的薰習,自自然然心就清淨;心愈清淨,這個經義你深入得就愈多,你會看到字字句句無量義,說不盡,這個裡頭其樂無窮。逐漸逐漸全搞清楚、全搞明白了,我們自己也念佛求往生,就很簡單!不難。黃念祖老居士,這個註解完成之後,因為身體不好,年歲也大了,不想再住世了,一心念佛,一天十四萬聲佛號,六個月,他就走了。這都是示現給我們看的,萬緣放下,一心專念,沒有一個不往生。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一三集)  2011/3/3  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0313