Minggu, 19 Januari 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Maret 2011 (Bgn 2)


Apabila sanggup mengikhlaskan tetapi tidak mampu melepaskan kemelekatan, maka juga tak berdaya. Dalam hal begini, siapapun tidak bisa membantu, harus mengandalkan diri sendiri.

Sang Buddha hanya bisa membantu sebatas menjelaskan teori kepada kita saja, supaya anda sanggup mengikhlaskan, tetapi mau atau tidak mau melepaskan kemelekatan tetap saja harus mengandalkan diri sendiri, Sang Buddha tidak bisa membantumu.

Praktisi sekalian hendaknya memahami bahwa Buddha dan Bodhisattva membantu kita adalah seperti guru mengajar di sekolah, guru hanya bisa menjelaskan teori kepada kita, tetapi untuk mengerjakan tugas sekolah adalah urusan masing-masing murid, guru tidak bisa mewakilimu mengerjakan tugas sekolah.

Maka itu, Guru hanya bisa menjelaskan teori padamu supaya anda sanggup mengikhlaskan, apakah anda bersedia melepaskan kemelekatan atau tidak, terpulang kembali pada diri sendiri, orang lain takkan berdaya membantumu.

Bila kita membahas sampai di sini, praktisi sekalian hendaknya mengetahui bahwa selama satu dekade terakhir, tempo dulu masih jarang, tetapi selama satu dekade terakhir, kasus kesurupan semakin banyak, mengapa hal ini bisa terjadi? Mereka datang memohon pelimpahan jasa.

Pelimpahan jasa maksudnya adalah kita menyampaikan ceramah padanya, membaca sutra, melakukan namaskara pada Buddha, kemudian melimpahkan jasa kebajikan ini kepada makhluk halus tersebut, dia akan memperoleh manfaatnya.

Manfaat sesungguhnya bisa dia peroleh, apabila dia sendiri bisa tercerahkan, diri sendiri bersedia melepaskan kemelekatan, kita hanya bisa memberi sebuah jodoh pembantu saja.

Umpamanya kita menyelenggarakan “Upacara Kebaktian Pembacaan Amitabha Sutra Berkesinambungan Dalam Tiga Sesi”, selama kebaktian berlangsung, arwah tersebut mendengar pembacaan sutra dan sudah mengerti, dia kembali ke jalan yang benar, sudah tercerahkan, bertobat dengan setulusnya, dia memperoleh manfaat.

Dia benar-benar bertobat, membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, alhasil dia terlahir ke Alam Sukhavati, kita telah memberinya jodoh pembantu, tanpa jodoh pembantu ini, dia tidak berdaya.

Maka itu berapa besar hasil yang bisa diperoleh dari pelimpahan jasa, adalah terpulang kembali pada dirinya sendiri. Ketika kita menyelenggarakan upacara kebaktian tersebut, hati kita mesti tulus dan tahu menghormati, barulah dia dapat memetik manfaat.

Andaikata kita tidak memiliki ketulusan hati, juga tidak memiliki perasaan hormat untuk memberi ceramah padanya, dia akan mendengar secara tidak jelas, maka itu ketulusan dan hormat lebih penting dari segalanya.

Membantu malaikat dan setan adalah serupa dengan membantu manusia, apalagi sekarang manusia sudah tak sebanding lagi dengan malaikat dan setan, apa alasannya? Malaikat dan setan menyadari penderitaan, makanya mereka memiliki niat yang kuat untuk keluar dari enam alam tumimbal lahir, membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, masa kini menyelamatkan malaikat dan setan lebih mudah daripada menyelamatkan manusia.  

Manusia begitu sukar untuk membangkitkan keyakinan, manusia tidak memiliki ketulusan hati dan perasaan hormat, maka itu dalam mendengar ceramah, meskipun sudah diuraikan dengan jelas, tetapi masih juga tidak paham, masih juga tak tercerahkan.

Malaikat dan setan menggunakan hati yang tulus untuk belajar Buddha Dharma, makanya manfaat yang dipetik tentu saja melampaui manusia, di sinilah letak alasannya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Maret 2011


如果看破不能放下,那就沒有法子。這樁事情誰都幫不上忙,完全要靠自己。佛能夠幫忙的,只是把這樁事情講清楚、講明白,這佛幫得上忙,幫助我們看破,可是放下幫不上忙。所以諸位一定要曉得,佛菩薩幫我們的忙,就像學校老師教導我們、指導我們,功課要自己去做,老師不能代你做功課。所以看破老師能幫忙,放下決定是自己,這個別人沒法子。說到這個地方,諸位也要曉得,在現前的階段特別是最近十年,過去比較少,最近這個十年愈來愈多,通靈的、附體的我們見到很多,來幹什麼?來求超度的。超度是我們對他講經說法,誦經拜佛將功德迴向給他,他能得到受用。真正得到受用是他自己要開悟、自己要放下,我們只給他一個增上緣而已。我們做這堂佛事,譬如三時繫念佛事他參與,佛事裡面他真聽懂了,真聽明白了,他回頭、覺悟了,真正懺悔,他得利益。真正懺悔,發願求生淨土,他就真往生了,我們給他做增上緣,不給他做增上緣他沒有辦法。所以超度效果有多大,還是靠他自己。我們做這些事情幫助他的時候,要真誠、要恭敬,他才能受益;如果我們沒有真誠心、沒有恭敬心給他開示,他聽得很模糊,聽不清楚,所以真誠、恭敬比什麼都重要。幫助鬼神跟幫助我們人是一個道理,現在似乎是人比不上鬼神,這什麼原因?鬼神知道苦,所以他求出離六道的心切,求往生的心真,現在度鬼神比度人好度。人不相信,人沒有真誠恭敬心,所以聽教,講得再清楚、講得再透徹,他都聽不懂,他聽了不開悟。鬼神用真心、懇切的心來學習,他得的利益比我們人得的多,道理在此地。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三三八集)  2011/3/22  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0338