Kamis, 24 Oktober 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Februari 2011 (Bgn 7)

           
Kita sungguh beruntung, dalam satu masa kehidupan ini dapat bertemu dengan Buddha Dharma, bersua dengan Mahayana, berjumpa dengan “Sutra Usia Tanpa Batas”, mengenal Buddha Amitabha, semua ini merupakan keberuntungan yang tiada taranya.

Maka itu hendaknya menghargai jalinan jodoh istimewa ini, hendaknya tercerahkan, dalam satu masa kehidupan ini saya berikrar melepaskan segala kemelekatan, menfokuskan pikiran melafal Amituofo, membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.

Orang begini barulah disebut insan yang tercerahkan, praktisi yang memiliki akar kebijaksanaan tertinggi. Meskipun bencana besar mengancam, kita juga takkan merasa gentar, oleh karena kita telah memiliki tempat tujuan, yakni berimigrasi ke Alam Sukhavati, hal ini bukanlah kematian, tetapi anda melafal Amituofo dan kini keterampilanmu telah berhasil, jadi bukan mati tapi terlahir ke Alam Sukhavati.

Setiap hari melafal Amituofo, setiap hari pula mengirim pesan kepada Buddha Amitabha, ketika waktunya tiba, Buddha Amitabha pasti datang menjemput. Di sini saya membangkitkan niat pikiran, saya ingin terlahir ke Negeri Buddha, Buddha Amitabha segera mengetahuinya, pesan ini langsung sampai dan takkan ada kendala apapun.

Tak peduli masih ada sisa berapa lama waktu kita berada di dunia fana ini, yang pasti kita mesti memadamkan kejahatan dan menimbun jasa kebajikan berkesinambungan, dan untuk tujuan ini, melafal sepatah Amituofo telah sempurna akan segala kebajikan di dalamnya.

Melafal Amituofo dengan setulus hati, di dalam hati tiada keraguan, tiada bentuk-bentuk pikiran, setiap lafalan Amituofo adalah memadamkan kejahatan, setiap lafalan Amituofo adalah menimbun kebajikan.

Sepatah Amituofo telah sempurna akan segala-galanya, benar-benar mewujudkan keberhasilan. Untuk memahami teori, cukup satu judul sutra yakni “Sutra Usia Tanpa Batas”, di dalam sutra ini telah dijelaskan secara lengkap, sepanjang hayat kita berpedoman pada satu judul sutra ini, menfokuskan diri pada sepatah Amituofo, maka masalah pun terselesaikan, jangan lagi melakukan hal bodoh (bertumimbal lahir).

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Februari 2011

  我們非常幸運,能夠在這一生當中遇到佛法,遇到大乘,遇到《無量壽》,遇到阿彌陀佛,比什麼都幸運。如果真的覺悟,真的明白了,我們這一生當中應當萬緣放下,一心念佛,求生淨土,這是真正覺悟的人,上上根人。大災難果然現前,我們有好地方去,移民到極樂世界,這個不是死亡,你念佛功夫真成就了,說走就走。給阿彌陀佛一個信息,佛就來接引你,我們只一動念頭,我想去,佛就來了,這個信息暢通無阻。我們在這個世間,無論還有多少光陰,我們決定斷惡修善,決定積功累德,這一句名號統統具足了。老實持名,心裡沒有懷疑、沒有雜念,聲聲佛號都是斷惡,聲聲佛號都是修善,聲聲佛號都是積德。一樣,什麼都做到了,圓圓滿滿,真成功了。道理,這一部《無量壽經》講得太透徹了,我們這一生依這部經、依這句名號,問題就解決了,不能再幹傻事了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二九三集)  2011/2/20  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0293

 


 

Andaikata kita telah membangkitkan Bodhicitta, membangkitkan Bodhicitta adalah suci, setara dan tercerahkan, hatimu senantiasa mempertahankan suci, setara dan tercerahkan, setiap butir niat pikiran tak terpisahkan dari lafalan Amituofo, coba anda pikirkan, apakah dirimu takkan terjalin dengan Buddha Amitabha?

Setelah terjalin dengan Buddha Amitabha, tak peduli bencana sebesar apapun melanda, tidak ada lagi urusannya dengan diri sendiri, anda mengasihi semua makhluk yang menderita di dunia ini, makanya anda bertekad terlahir ke Alam Sukhavati.

Bencana merupakan balasan karma atas perbuatan buruk yang dilakukan para makhluk, Buddha dan Bodhisattva juga tidak dapat menolongnya, bencana merupakan wujud dari kekuatan karma para makhluk.

Para makhluk di dunia ini setelah kenyang akan penderitaan, mereka akan mulai sadar dan tercerahkan, tidak ingin lagi menjalani siksaan. Dia ingin kembali ke jalan yang benar, saat inilah jodohnya sudah masak, anda datang menyelamatkannya, anda membimbing dirinya, dia akan bersedia menerimanya, anda menjelaskan padanya, dia dapat memahaminya.

Buddha dan Bodhisattva membantu semua makhluk, terlebih dulu mengamati jodoh barulah membimbingnya, apabila jodohnya belum masak, anda datang menyelamatkannya takkan ada gunanya, anda datang bukan pada waktunya.

Dia takkan sudi menerima bimbinganmu, dia tidak dapat mempercayaimu, bahkan dia malah akan menfitnah, sehingga menambah dosanya, mengapa niat baik kita malah berbalik jadi membantunya menfitnah Buddha, menfitnah Dharma dan menfitnah Sangha? Welas asih itu tidak ada lagi.

Ketika dia tidak sanggup menerima bimbingan, jangan lagi mengungkitnya, kalau dia cuma mampu menerima satu bagian, maka sampaikanlah satu bagian padanya; mampu menerima dua bagian, maka sampaikanlah dua bagian padanya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Februari 2011


如果我們真的發了菩提心,發菩提心就是清淨平等覺,你的心恆常保持清淨平等覺,念念不離阿彌陀佛,你想想看,你能跟阿彌陀佛沒有感應嗎?跟阿彌陀佛有了感應,無論什麼大災大難現前,與你毫不相干,你對這個世界苦難眾生有憐憫的心,自己到極樂世界去了。災難是一切眾生造的業報,心佛眾生三無差別,佛菩薩救不了,是你自己的業力變現的,不是別的。三界是假的不是真的,《永嘉證道歌》上說得多好,「夢裡明明有六趣,覺後空空無大千」。六道是什麼回事情?好比作夢,夢中境界有六道,夢醒了之後,這境界就不見了。

這個世間人苦難受盡了,受盡是什麼?他就覺悟了,他不想再受苦難,他想回頭了,這個時候緣成熟了,你來度他,你教他,他能接受,你跟他講他聽得懂。佛菩薩幫助這一切眾生,觀機設教,機緣不成熟,你來沒用處,你來錯了。他不能接受,他不能相信,他還要毀謗,那就加重他的罪業了,為什麼要幫助他去謗佛、謗法、謗僧?這個仁慈就失掉了。不能接受的時候不要再提,他能接受一分給他講一分,能接受兩分講兩分。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二九三集)  2011/2/20  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0293




 

Hari ini kita bertemu dengan Mahayana, metode mana merupakan yang terunggul? Yakni melafal Amituofo merupakan metode yang terunggul, yang telah sempurna akan segalanya.

Kecemasan yang ada dalam hatimu, ketakutan, kegelisahan, kecurigaan, semua ini akan tersapu bersih, anda memperoleh pembebasan agung, mendapatkan kedamaian.

Dalam kehidupan keseharian memiliki arah, mempunyai tujuan, setiap butir niat pikiran terjalin dengan Buddha Amitabha, yakni terletak pada pikiran yang terfokus.

Jangan sampai pikirannya bercabang, oleh karena pikiran yang bercabang akan merusak pikiran terfokus, betapa berharganya pikiran terfokus tersebut.

Buddha Sakyamuni membabarkan bahwa “Menfokuskan pikiran pada satu objek, maka tidak ada hal yang tidak dapat tertangani”, hari ini saya menfokuskan pikiran pada Alam Sukhavati di penjuru barat, mendekatkan diri pada Buddha Amitabha, tekadku ini pasti terwujud dengan sempurna, pasti meraih keberhasilan.  

Kita menggunakan hati begini, hari ini melatih metode Tanah Suci, hari ini terjalin dengan Buddha Amitabha, tiap hari melatih metode Tanah Suci, tiap hari pula terjalin dengan Buddha Amitabha.

Sisa hidup di dunia ini, dijalani dengan menuruti jodoh apa adanya, belajar untuk memberi manfaat bagi diri sendiri dan mengajar untuk memberi manfaat bagi orang lain.

Memberi manfaat bagi diri sendiri sesungguhnya juga adalah memberi manfaat bagi orang lain. Memberi manfaat bagi orang lain sesungguhnya juga adalah memberi manfaat bagi diri sendiri. Kedua hal ini merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan.

Hati inilah yang merupakan landasan bagi pelatihan diri kita hari ini.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Februari 2011

今天我們遇到的大乘,什麼第一?《無量壽》第一,修什麼法門第一?念阿彌陀佛第一,全得到了。你心裡的憂慮、恐懼、不安、懷疑一掃乾淨了,你得大自在,你得大安穩。日常生活當中有方向、有目標,念念跟阿彌陀佛通了,就在一心。可不能有二意,二意就把你一心破壞了,一心最可貴。佛說「制心一處,無事不辦」,我今天制心一處,西方極樂世界,親近阿彌陀佛,決定滿願,決定成就。我們用這個心,今天修淨土,今天就相應,天天修淨土,天天就相應。在這個世間還有一些時日,隨緣隨分自行化他,自行實在就是化他,化他實在講也就是自行,自他不二。這個心就是今天我們所修行的根本。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二九三集)  2011/2/20  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0293






Hari ini kita memperlakukan orang lain, menangani urusan, memperlakukan makhluk hidup dan benda mati, hendaknya menggunakan ketulusan hati, jangan ada kepura-puraan.

Dia bersikap pura-pura padaku, tapi saya takkan menyalahkannya, mengapa demikian? Oleh karena dia adalah orang awam, dia adalah makhluk enam alam tumimbal lahir.  

Hari ini jika saya juga menggunakan hati pura-pura padanya, bukankah saya dan dia adalah sama? Kalau begini mana punya harapan terlahir ke Alam Sukhavati.

Hari ini kita harus memiliki keyakinan hati, membangkitkan pemikiran sedemikian rupa : Saya adalah penduduk Alam Sukhavati, saya adalah siswa Buddha Amitabha, saya bukan makhluk enam alam tumimbal lahir, saya hanya singgah di dunia ini saja, beberapa hari lagi akan pulang ke Alam Sukhavati. Hal ini pastinya bukan semu, namun pasti nyata adanya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Februari 2011


  肇公說的「以質直無諂之心,為萬行之本。語至切要,未可忽之」,這話說得太重要,太懇切了!換句話說,我們今天處事待人接物要用真心,不能有一絲毫虛偽。他用虛偽對我是正確的,應該的,為什麼?他是凡夫,他是六道眾生。我今天也用虛偽的心對待他,那我不跟他一樣?那我們希求極樂世界沒分,去不了。我們現在心裡要有信心,要真的是這樣想法,這想法是真的不是假的:我是極樂世界的人,我是阿彌陀佛弟子,我不是六道裡面的人,六道裡面再住幾天就走了。這個決定不是虛妄的,決定是真實的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二九三集)  2011/2/20  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0293