Selasa, 14 Januari 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Maret 2011 (Bgn 1)


Enam alam tumimbal lahir adalah semu dan tidak nyata, namun para makhluk malah salah menafsirkannya, menganggap sebagai nyata adanya, tidak mengetahui fakta sesungguhnya.

Makanya selama kelahiran demi kelahiran melekat pada perasaan (suka dan benci), meskipun beruntung dapat bersua langsung dengan kemunculan Buddha di dunia ini, namun tetap saja tidak bisa memperoleh manfaat, maka itu betapa parahnya kemelekatan pada perasaan, kekotoran batin dan tabiat tersebut.

Kita melihat praktisi yang sepanjang hayatnya melafal Amituofo lalu berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, tampaknya tidak sulit dan sangat gampang. Padahal sesungguhnya anda mesti mengamati masa kehidupan lampau, sekarang dan mendatang, barulah anda memahami bahwa dalam segala hal tidak ada yang namanya faktor kebetulan.

Orang Tiongkok zaman dulu berkata, “Setetes air yang diteguk dan sepotong makanan yang dikunyah, semua ini telah ditetapkan sebelumnya”.

Pada satu masa kehidupan ini kita bersua dengan Aliran Sukhavati, melafal Amituofo dan terlahir ke Alam Sukhavati, juga telah ditetapkan sebelumnya, jadi bukan faktor kebetulan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Maret 2011

六道輪迴是假的不是真的,在這裡產生嚴重的誤會,把這認為是真的,不知道事實真相。所以生生世世迷戀(就是貪戀)六道裡面的情執,縱然遇到真佛出世,依舊得不到利益,你說這個情執、煩惱習氣多麼重。所以我們看到這一生念佛往生的,好像是不難,很容易。而實際上,你要是把過去未來統統都看到,你就明白,決定不是偶然,世出世間決定沒有偶然的事情。中國古人講得好,所謂「一飲一啄,莫非前定」,前定這兩個字用得好。這一生當中我們遇到淨宗,念佛往生極樂世界了,說實在話,也是前定,不是偶然。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三三三集)  2011/3/20  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0333




 
 
Pada satu masa kehidupan ini kita bersua dengan Aliran Sukhavati, melafal Amituofo dan terlahir ke Alam Sukhavati, telah ditetapkan sebelumnya, jadi bukan faktor kebetulan.

Apa maksud telah ditetapkan sebelumnya? Praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati, meskipun pada satu masa kehidupan sekarang tidak bersua dengan Buddha Dharma, sampai saat menjelang ajal, beberapa hari sebelumnya barulah mendengar Ajaran Sukhavati, setelah mendengarnya dia langsung membangkitkan keyakinan dan melafal Amituofo, lalu berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.

Umumnya kita melihat hal ini akan merasa orang ini begitu beruntung. Sesungguhnya bukanlah demikian, pada masa-masa kehidupan lampaunya dia sudah pernah melatih Pintu Dharma ini, bahkan memiliki pencapaian yang sangat bagus. Lantas kenapa waktu itu dia tidak terlahir ke Alam Sukhavati? Saat menjelang ajal muncul sebersit niat pikiran buruk.

Pada satu masa kehidupan sekarang, saat menjelang ajal dia berjodoh bersua kembali dengan Aliran Sukhavati, begitu mendengar Ajaran Sukhavati, akar kebajikan dan berkah kebajikan yang tertanam di Alayavijnana (gudang kesadaran)-nya pada masa kehidupan lampau, bangkit keluar, makanya dia tidak ragu, dia dapat meyakini, dapat memahami, langsung membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, dan berhasil, jadi bukanlah dengan mengandalkan faktor keberuntungan!

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Maret 2011

 
這一生當中我們遇到淨宗,念佛往生極樂世界了,說實在話,也是前定,不是偶然。什麼叫前定?往生的人,這一生雖然沒有遇到佛法,到臨命終前幾天才聽到,他聽到就相信,他就真幹,他真去了。我們一般人看到,這個人好像太僥倖,運氣這麼好。其實不然,他過去生中生生世世曾經修過這個法門,有很好的成就。為什麼沒有往生?臨命終時一念錯了沒去成。這一生當中,在臨終之前很幸運又碰到,這一碰到,把阿賴耶裡面過去這些善根福德引發出來,所以他不懷疑,他能信,他能解,立刻發願求生淨土,他真去了,哪裡是僥倖!

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三三三集)  2011/3/20  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0333





 

Apabila anda bertanya, apakah diri sendiri memiliki akar kebajikan, berkah kebajikan dan jalinan jodoh? Ini adalah bentuk keraguan. Mungkin saja akar kebajikan, berkah kebajikan dan jalinan jodohmu tidak mencukupi, jadi tidak boleh dikatakan tidak ada sama sekali, mengapa demikian?

Andaikata anda benar-benar tidak memiliki akar kebajikan, berkah kebajikan dan jalinan jodoh, maka pada satu masa kehidupan ini, anda takkan sudi mendengar Ajaran Sukhavati, anda juga takkan sudi melafal Amituofo. Anda pasti takkan sudi mendengar dan melihat, apalagi mendekatinya.

Jika setelah mendengar Ajaran Sukhavati tetapi tidak percaya, ini dikarenakan akar kebajikannya tipis. Bisa saja karena ajakan sahabat Dharma dan tidak enak menolak, makanya datang kemari mendengar ceramah.

Oleh karena keseringan mendengar ceramah, perlahan mulai memahaminya, lama kelamaan akar kebajikan mulai tumbuh, yang juga berarti akar kebajikan dan berkah kebajikan yang tertanam di Alayavijnana pada masa kehidupan lampau, perlahan-lahan mulai muncul ke permukaan.

Muncul ke permukaan berarti mulai efektif, keyakinan hatimu tahun demi tahun akan makin mendalam, pemahaman-mu juga tahun demi tahun kian meluas.

20-30 tahun kemudian, anda sudah yakin sepenuhnya, membulatkan tekad, akar kebajikan dan berkah kebajikanmu terjalin dengan masa kelahiran lampau, kekuatan ini sungguh besar adanya, pada satu masa kehidupan ini pasti terlahir ke Alam Sukhavati. Di sinilah letak kebenarannya, kita tidak boleh tidak memahaminya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Maret 2011

Catatan :
Akar kebajikan : dapat meyakini dan dapat memahami
Berkah kebajikan : dapat bertekad dan dapat mengamalkan
Jalinan jodoh : bersua dengan Ajaran Sukhavati


我們要問,我們哪有這個善根福德因緣?這是個疑問,也許你真的善根福德因緣不足,不能說沒有。為什麼?如果善根福德因緣沒有,你這一生不願意聽,聽到這裡念佛,走過去,趕快走過去,不想看,不想接觸。但是還是有善根,為什麼?你遇到了,遇到了不相信,善根薄,才有這個現象。如果遇到善友,他不斷的來帶你,不想去,礙於人情,不好意思,不得不去,那都是你有緣的人。去的時間多了,慢慢的了解、明白了,善根生起來,就是說把你過去生中阿賴耶識裡面含藏的善根福德種子慢慢的引出來了。引出來它就起作用,你的信心一年比一年加深,你的理解一年比一年擴大。十年、二十年、三十年之後,你真信了,真發願了,你的善根福德跟過去生中連起來,這個力量就大了,這一生必定得生。道理在此地,我們不能不懂。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三三三集)  2011/3/20  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0333