Minggu, 29 Desember 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Maret 2011 (Bgn 4)


Memberi persembahan sangatlah penting, diantara semua jenis persembahan, praktisi sekalian hendaknya ingat bahwa Dharma Dana merupakan yang terunggul.

Di dalam “Sutra Intan”, Buddha Sakyamuni membuat sebuah perumpamaan, bahkan mendanakan tujuh mustika sebanyak maha ribu dunia, juga tak sebanding dengan menyampaikan empat baris gatha kepada orang lain.

Empat baris gatha adalah Dharma Dana, hal ini menunjukkan bahwa jasa kebajikan dari Dharma Dana pastinya bukanlah dana materi dapat sebanding dengannya. Apa alasannya?

Dana materi hanya bisa memenuhi kekurangan kehidupan materi seseorang, hanya sebatas begini saja, tidak bisa meningkatkan kondisi batinnya.

Dharma Dana dapat membantu para makhluk mencapai pencerahan, mencapai tingkatan kesucian, hal ini tidak dapat dilakukan dengan dana materi.

Maka itu, untuk memberi persembahan kepada Tathagata, apa yang paling penting? Menerima, meyakini dan mengamalkan sesuai dengan ajaran, inilah bentuk persembahan yang paling penting.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Maret 2011


供養重要,供養裡頭諸位要記住,法供養為最。《金剛經》我相信中國人都念過,學佛的人沒有不念過《金剛經》的。你看《金剛經》上,佛一再比較,甚至於說以大千世界七寶布施,都比不上為人說四句偈。四句偈是法布施,就說明法布施的功德絕對不是財布施能夠相比的。為什麼?財布施只能幫助別人物質生活缺乏,只能做到這個,不能提升他的境界;法布施能幫助眾生開悟,能幫助眾生證果,這財布施做不到。所以供養如來,最重要是什麼?依教修行供養。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三二三集)  2011/3/14  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0323





 

Hari ini kita mengatakan memberi persembahan adalah dengan membangkitkan Bodhicitta, memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan, inilah bentuk persembahan yang sesungguhnya kepada Buddha Amitabha.

Memberi persembahan kepada Buddha Amitabha, sekaligus juga memberi persembahan kepada semua Buddha Tathagata yang tersebar di sepuluh penjuru dari tiga masa. Betapa besarnya jasa kebajikan dari melafal Amituofo.

Dengan hati yang tulus dan hati yang menghormati, melafal sepatah Amituofo, inilah bentuk persembahan kepada semua Buddha Tathagata yang memenuhi seluruh jagat raya.  

Insan yang mengerti, tahu cara melatih diri, sedangkan orang yang tidak paham cara melatih diri, maka bagaimanapun berdaya upaya juga tak kunjung tampak hasilnya.

Bahkan ada orang yang menyindir bahwa Aliran Tanah Suci adalah dilatih oleh orang-orang miskin, orang kaya harus melatih Tantra. Bentuk persembahan dalam aliran Tantra, lihatlah, emas, perak, batu permata, semuanya dituangkan keluar guna memberi persembahan.

Mereka tidak tahu bahwa sepatah Amituofo yang dilafal oleh orang miskin, jasa kebajikannya melampaui persembahan batu permata Tantra, berkali-kali lipat, tak terhingga dan tanpa batas, oleh karena sepatah Amituofo merupakan Dharma Dana!

Batu permata hanyalah merupakan dana materi, mana bisa dibandingkan dengan Dharma Dana.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Maret 2011


我們今天講供養是發菩提心,一向專念阿彌陀佛,那就是真正供養阿彌陀佛;供養阿彌陀佛,同時供養十方三世一切諸佛如來,念佛功德還得了嗎?真誠心、恭敬心念這一句阿彌陀佛,就是供養遍法界虛空界一切諸佛如來。明白人會修,不明白的人怎麼修也修不成。甚至於還有人說,淨土是窮人修的,大富大貴的要修密宗。密宗供養,你看,真的,金銀珠寶統統端出來來供養。殊不知,窮人一句阿彌陀佛比密宗無量無邊珠寶供養都超越,法供養!他那些都是財供養,財寶,不能跟法供養比。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三二三集)  2011/3/14  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0323


  

 
 
Di dalam Sutra Usia Tanpa Batas Bab 29 tercantum :
“Di antara Negeri Buddha yang tak terhitung yang tersebar di sepuluh penjuru alam, Negeri Buddha Amitabha, usianya paling panjang dan lama, luas dan tanpa batas. Suci dan bercahaya, menakjubkan dan berwibawa, para penduduknya berbahagia, di antara seluruh Alam Buddha, paling istimewa dan luar biasa tiada duanya. Semua ini terwujud berkat Buddha Amitabha semasa melatih diri, kesempurnaan tekad yang diikrarkanNya dan jasa kebajikan yang ditimbun selama kalpa yang tak terhingga”.

Negeri Buddha Amitabha berlangsung buat kurun waktu yang lama, yakni tak terhingga, usia tanpa batas; luas dan tanpa batas, kian lama kian luas. Mengapa demikian?

Para praktisi yang tersebar di sepuluh penjuru alam, yang membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, kian hari kian bertambah, semua orang berkeinginan ke sana.

Alam Sukhavati tidak memiliki tepi, setiap hari penduduknya mengalami penambahan, para praktisi yang berdatangan dari Dasa Dharmadhatu (sepuluh Alam Dharma), jumlahnya adalah tak terhitung, tak terhingga dan tanpa batas.

Para pendatang baru ini, tak peduli statusnya adalah Bodhisattva hingga orang awam yang memiliki akar kebijaksanaan yang paling rendah sekali-pun, tetap disambut dan diterima di Alam Sukhavati, takkan ada alasan untuk menolak.

Syarat penerimaannya juga begitu gampang, cuma tiga syarat saja, yakni anda memiliki keyakinan benar, anda memiliki tekad bulat dan bersedia melafal Amituofo.

Asalkan memenuhi tiga persyaratan ini, maka anda sudah sah menjadi penduduk Alam Sukhavati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Maret 2011

Dasa Dharmadhatu :


「卷末第二十九願力宏深品」,這裡頭說,「阿彌陀國長久廣大,明好快樂,最為獨勝。本其為菩薩時,求道所願,累德所致。」這幾句話說得好!阿彌陀國長久那是真長久,無量的長久,無量壽;廣大,愈來愈大。為什麼?十方世界人嚮往的人愈來愈多,大家都想去。這個國土沒有邊界,天天都有無數無量無邊那麼多十法界的眾生去往生。往生的人從菩薩到一般下下根人,九品他統統攝受,他不拒絕。他所要的條件很簡單,就是三樁事情,你真信,你真願意去,真肯念阿彌陀佛,你看就這三個條件。這三個條件具足,你就是極樂世界的人。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三二三集)  2011/3/14  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0323