Minggu, 05 Januari 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 Maret 2011 (Bgn 9)


Alam Sukhavati terbentuk dari jasa kebajikan tak terhingga, bukan berkah kebajikan. Seorang pelaku kebajikan akan bertumimbal lahir di Alam Dewa atau Surga, Surga terbentuk dari berkah kebajikan, bukan jasa kebajikan.

Istana dan paviliun megah yang dihuni oleh para kaisar zaman dulu, merupakan hasil timbunan berkah kebajikan dan bukan jasa kebajikan. Jasa kebajikan terjalin dengan jiwa sejati, sedangkan berkah kebajikan tak terpisahkan dari kemelekatan, khayalan dan perbedaan.

Maka itu meskipun bisa memiliki Mutiara Cintamani yang dapat memenuhi segala kebutuhan hidup manusia, tetapi tidak dapat memberikan pada kita Buddha Dharma.

Keunggulan Alam Sukhavati adalah Buddha Amitabha tiap hari membabarkan Dharma, para Bodhisattva setiap hari belajar dan menerima ajaran.

Meskipun sedang mendengar pembabaran Dharma dari Buddha Amitabha, namun bersamaan itu pula dapat menjelma menuju ke sepuluh penjuru alam guna menyelamatkan para makhluk yang berjodoh, memiliki kemampuan sedemikian rupa.

Tak peduli makhluk berjodoh tersebut berada di alam manapun, dia menderita kesusahan, ditimpa musibah, apa yang dipikirkannya, anda juga bisa mengetahuinya, anda segera menjelma ke sana guna menyelamatkan dirinya.

Apakah dengan demikian anda telah berpisah dengan Buddha Amitabha? Anda tetap berada bersama Buddha Amitabha. Anda tidak beranjak dari Aula Pembabaran Dharma, namun anda memiliki kemampuan untuk menjelma hingga tubuh jelmaan yang tak terhingga dan tanpa batas.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 Maret 2011

Apa beda jasa kebajikan, berkah kebajikan dan pahala?


極樂世界無量功德成就的,不是福德。諸位如果生天,你看到天堂,天堂是福德的成就,不是功德。人間過去帝王人家宮殿樓台美輪美奐,福德,它不是功德;西方極樂世界是功德,不是福德,功德稱性。福德不離情執,妄想分別執著它沒有離開,這又是不能不知道的。所以縱然是摩尼寶,摩尼寶能對我們物質生活不會缺乏,但是不能給我們佛法。極樂世界的殊勝,是阿彌陀佛天天在講經教學,諸菩薩天天在學習接受教誨。雖然接受佛菩薩教誨,他同時可以與遍法界虛空界一切有緣眾生感應道交,他有這個能力。眾生無論在哪一道,他有痛苦、他有災難,他起心動念你知道了,你就能現身去幫助他,化身去了。你有沒有離開阿彌陀佛?沒離開。沒離開講堂,分身去了。能分多少身?能分無量無邊身。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三二六集)  2011/03/15  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0326




 

Mutiara Cintamani hanya bisa membantumu sesaat saja, tidak bisa selamanya, ibarat penyaluran bantuan, cuma bisa mengatasi kekurangan sesaat, tidak bisa membantu seumur hidup.

Para Buddha dan Bodhisattva memberi pemberkatan bagi semua makhluk, juga mesti menuruti balasan karma masing-masing makhluk. Bagi makhluk yang memiliki karma baik, Buddha dan Bodhisattva membantunya menimbun kebajikan.

Sedangkan bagi makhluk yang melakukan karma buruk, Buddha dan Bodhisattva juga membantunya, semoga karma buruknya dapat berkurang beberapa bagian.

Jika anda menyuruhnya tidak boleh melakukan karma buruk, dia tidak sanggup mengelaknya, dia dikendalikan oleh kekuatan karma, hanya bisa menggunakan upaya kausalya guna meringankan sedikit kekuatan karma-nya.

Bagaimana kalau ternyata kekuatan karma-nya terlampau berat? Kadang kala Bodhisattva juga akan menambahnya supaya lebih berat lagi, tujuannya adalah untuk membantunya.

Menambahnya supaya lebih berat lagi sehingga dia bisa lebih dini melaporkan diri ke Neraka, menjalani siksaan mengeliminasi rintangan karmanya. Setelah rintangan karma-nya sudah dihapus, dia keluar dari Neraka, barulah Bodhisattva menuntun-nya.

Menyuruhnya lebih dini melaporkan diri ke Neraka menjalani hukuman, supaya lebih dini pula keluar dari Neraka, ini juga merupakan bentuk Maha Maitri Maha Karuna. Pasti membantunya mencapai KeBuddhaan, ini merupakan hati Bodhisattva.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 Maret 2011
Bertempat di : Pure Land Learning College Association Inc, Australia


我們再繼續看下去,「又彼寶」,這就是摩尼寶「但能與眾生一身願,不能與眾生無量身願」。這就講這種寶只能幫助你現前,不能幫助你永久,像救急一樣,救一時,不能救你一輩子。諸佛菩薩加持一切眾生,他要隨順眾生的業報,眾生有善業,佛菩薩幫助他修善;眾生在造惡業,佛菩薩也幫助他,希望他的惡業能減少幾分。你叫他不造,他轉不過來,他受業力支配,只能以善巧方便把他業力減輕一點。他業力很重的時候,怎麼辦?有時候菩薩也幫助再加重一點,那是幫助他。加重點是什麼?讓他趕快墮地獄,墮地獄是消業障,業障消除,他出來的時候再接引。叫他早一點到地獄受罪,早一點出來,還是大慈大悲。肯定幫助他圓成佛道,這菩薩心,這菩薩心腸如是。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三二六集)  2011/03/15  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0326


 

 

Kita tidak mengamalkan sesuai dengan ajaran yang tercantum di dalam sutra, juga tidak melatih sila, samadhi dan prajna, cuma belajar sedikit teori tidak ada gunanya, namun hati tidak diperbaiki.

Cara yang paling sederhana, sudah berulang kali saya sampaikan, menaruh lafalan Amituofo di dalam hati saja tidak sanggup diwujudkan, saya tidak melihat ada orang yang menaruh Amituofo di dalam hati.   

Di dalam hatinya adalah sedemikian kacaunya, khayalannya melayang-layang dan berterbangan, semuanya merupakan bentuk-bentuk pikiran, tidak ada pikiran benar.

Ini dikarenakan tidak ulet mendengar ceramah sehingga tidak tercerahkan. Mengapa tidak tercerahkan? Tidak punya hati hormat, ketulusan dan perasaan hormat itu tidak mencukupi.  

Master Yin Guang selalu berkata, “Dengan membangkitkan satu bagian ketulusan dan rasa hormat memperoleh satu bagian manfaat; dengan membangkitkan sepuluh bagian ketulusan dan rasa hormat memperoleh sepuluh bagian manfaat”, sekarang kita bahkan satu bagian ketulusan dan rasa hormat pun tidak ada.

Satu bagian ketulusan dan rasa hormat adalah keyakinan benar; dua bagian ketulusan dan rasa hormat adalah pemahaman benar; tiga bagian ketulusan dan rasa hormat adalah pengamalan benar, dengan demikian pasti terlahir ke Alam Sukhavati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 Maret 2011
Bertempat di : Pure Land Learning College Association Inc, Australia


我們沒有依教奉行,戒定慧三學都欠缺,每天在經教裡學一點皮毛,沒用處,心沒改。

  就是最簡單這個方法,我講了很多次,把阿彌陀佛放在心上都做不到,我沒有看到一個人真的把阿彌陀佛放在心上。心裡面還是雜亂,妄念紛飛,全是妄想,沒有正念,這是什麼?這是聽經不夠,沒開悟。為什麼不開悟?沒有恭敬心,真誠恭敬心不夠。印祖常講「一分誠敬得一分利益,十分誠敬得十分利益」,我們連一分誠敬都沒有。一分誠敬是什麼?正信;二分誠敬是正解,你真理解;三分以上是真幹,決定往生。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三二六集)  2011/03/15  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0326



 

Vihara yang benar adalah empat jenis siswa Buddha yang tinggal di dalamnya, yakni Bhiksu, Bhiksuni, Upasaka dan Upasika, hatinya suci takkan ada khayalan, tiap butir niat pikiran yang timbul adalah merenungkan ajaran, memikirkan ajaran sutra yang sedang dipelajari, tidak ada khayalan.

Saat tidak memikirkan ajaran sutra maka pikirkanlah Buddha, “Mengingat dan melafal Amituofo, baik sekarang maupun mendatang pasti bersua dengan Buddha Amitabha”, tidak bercampur dengan bentuk-bentuk pikiran, tiada keraguan.

Dengan semangat ini, pikiran dan pengamalan sedemikian rupa, menerima persembahan dana dari sepuluh penjuru, barulah anda sanggup memikulnya, para dermawan juga benar-benar telah memberi persembahan kepada Tri Ratna, mereka memperoleh berkah.

Sebaliknya bila pikiran dan pengamalan kita tidak terjalin dengan Buddha Amitabha, mereka tidak dapat menimbun jasa kebajikan, yang ditimbunnya hanyalah berkah kebajikan.  

Insan yang tidak belajar Ajaran Buddha tidak mengetahui hal ini, sedangkan kami telah mendalami ajaran sutra 60 tahun lamanya, berkesinambungan tak terputus, hal begini kami sangat jelas dan dimengerti.

Niat pikiran yang timbul adalah merenungkan ajaran, buka mulut tutup mulut adalah melafal Amituofo, ini adalah anda mengamalkan Jalan Bodhisattva, anda melaksanakan Dharma Sejati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 Maret 2011
Bertempat di : Pure Land Learning College Association Inc, Australia


真正道場裡面的住眾,四眾在家、出家、男眾、女眾,心地清淨沒有妄念,起心動念思道,想到學習經典裡面講些什麼,沒有妄想。不思道的時候就想佛,「憶佛念佛,現前當來必定見佛」,不夾雜、不懷疑。這種精神、這種心行接受十方供養,你能消化得了,他們是真供養三寶,他得福。我們的心行不相應,他沒有修到功德,他修的是福德。不學佛的人不知道這些事情,我們對經教六十年了,鍥而不捨,這些事情我們清清楚楚、明明白白。起心動念思道,開口閉口念佛,這是你行在菩薩道上,你行在正法上。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三二六集)  2011/03/15  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0326