Demi
semua makhluk, hendaknya meneladani Buddha Amitabha, mengikrarkan 48 tekad
agung dimana tiap butirnya adalah memberi manfaat yang sesungguhnya bagi semua
makhluk.
Buddha
Amitabha tidak pernah membanggakan jasaNya, bekerja namun takkan menaruhnya di
dalam hati, di dalam hati senantiasa bersih dan suci, tak terkotori meskipun
oleh setitik debu, hal ini mesti diteladani.
Orang
awam baru melakukan secuil kebajikan saja sudah merasa tersanjung, “Lihat toh,
betapa baiknya diriku padamu, saya sudah berbudi pada dirimu, anda harus ingat
budi dan balas budi padaku lho”, kalau mentalmu memang begitu maka jatuh
kembali ke dalam arus tumimbal lahir.
Hendaknya
setelah berbuat baik, janganlah diingat lagi, setelah mendermakan budi pada
orang lain, maka segeralah dilupakan, selamanya hidup dalam suci, setara dan
tercerahkan, begini barulah betul.
Baik
dalam kondisi suka maupun duka, bertemu dengan jodoh baik maupun buruk, semua
ini takkan taruh di hati, dengan hati Maitri Karuna memperlakukan semua
makhluk, mengamalkan Jalan Bodhisattva, “Tiga Faktor Dalam Berdana Adalah
Kosong” (Tidak melekat pada siapa pendana, siapa penerima dan barang apa yang
didanakan), jiwa sejati adalah suci, kita terjalin dengan jiwa sejati.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 20 Maret 2011
為一切眾生,像阿彌陀佛一樣,四十八願願願都是惠以眾生真實之利,阿彌陀佛沒有居功,作而無作,無作而作,心裡乾乾淨淨,一塵不染,這個要學。做一點好事,「你看我對你多好、我對你有恩,你要知恩報恩」,錯了,你就搞輪迴了。沒事,布施恩德,布施完了就忘掉,永遠活在清淨平等覺裡就對了。順境、逆境、善緣、惡緣統統不沾染,以大慈悲心對待一切眾生,行菩薩道,三輪體空,清淨無為,我們與自性相應了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三三四集) 2011/3/20 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0334
Kalimat
yang tercantum di dalam sutra “Shi Wang Sheng Jing”, lihatlah, praktisi yang
serius melatih diri, jujur dan tulus, patuh, ulet, praktisi pelafal Amituofo
membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, takkan memohon berkah Alam Dewa
dan Manusia, tidak mengejar ketenaran dan keuntungan, satu-satunya niat adalah
terlahir ke Alam Sukhavati.
Buddha
Amitabha akan mengutus 25 Bodhisattva untuk melindungi praktisi pelafal
Amituofo, sehingga baik berjalan, duduk, berdiri maupun berbaring, siang maupun
malam hari, “Di mana saja dan kapan saja, takkan membiarkan setan jahat dan
malaikat jahat memperoleh kesempatan mendekati si praktisi”.
Yang
dimaksud setan jahat dan malaikat jahat adalah musuh kerabat penagih utang-mu,
yang datang ingin merintangi-mu, namun hal ini mustahil terjadi, oleh karena
ada 25 Bodhisattva yang melindungi-mu.
Apakah
anda yakin pada ucapan Buddha Sakyamuni? Apakah anda yakin pada ucapan Buddha
Amitabha? Kalau yakin pada ucapan Buddha, maka anda akan mengamalkan dengan
serius, anda akan membuktikannya secara langsung.
Tetapi
andaikata terhadap dunia ini, anda masih begitu mendambakannya, masih
mementingkan kepentingan dan keuntungan pribadi, masih sibuk mengejar ketenaran
dan keuntungan, maka jangan harap ada yang datang melindungimu.
Jadi
anda harus membaca bait sutra ini dengan seksama, syaratnya adalah segenap hati
cuma berniat terlahir ke Alam Sukhavati, ini barulah praktisi pelafal Amituofo
yang sejati.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 20 Maret 2011
《十往生經》裡面的話,你看你真幹的人,老實、聽話、真幹,念佛人一心求往生,絕不求人間天上的這些富貴,絕不求名利,只求往生。彼佛就是阿彌陀佛,阿彌陀佛派遣二十五位菩薩保佑你,你行住坐臥、白天夜晚,「一切時、一切處,不令惡鬼惡神得其便也」。這些惡鬼惡神是你的冤親債主想來障礙你的,都不可能,二十五位護法神保護你。佛言是釋迦牟尼佛說的,釋迦牟尼佛不會騙人,他講彼佛,彼佛是阿彌陀佛,二十五位菩薩是阿彌陀佛派的。你相不相信釋迦牟尼佛的話?相不相信阿彌陀佛的話?你要認為佛說的話是真的,絕對不是假的,你真幹,就真有這個事情。如果對這個世間還有貪戀,還有自私自利、還有名聞利養,就沒有了。這個經文你要看清楚,不附帶任何條件的,一心一意只求往生極樂世界,這真念佛人。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三三四集) 2011/3/20 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0334
Praktisi
pelafal Amituofo sejati tidaklah banyak, serupa dengan kata Li Shi-min (Kaisar
Tang Taizong), bila praktisi pelafal Amituofo jumlahnya banyak, maka dunia ini
masih bisa terselamatkan, bencana dapat terurai.
Namun
kenyataannya praktisi pelafal Amituofo justru terlampau sedikit jumlahnya. Praktisi
pelafal Amituofo sejati adalah serupa dengan yang diutarakan oleh Bodhisattva
Mahasthamaprapta sebagai “Mengendalikan enam landasan indria, dengan pikiran
suci melafal Amituofo berkesinambungan”.
Diantara
para praktisi pelafal Amituofo zaman now, siapa yang dapat mengendalikan enam
landasan indria? Tiap hari enam indria kita sibuk keluyuran di luar, mata
melihat rupa, telinga mendengar suara, lidah mengecap rasa, hidung mencium wangi-wangian,
semua indria sibuk keluyuran mencari objek yang sesuai dengan keinginan hati,
tidak ditarik kembali ke dalam diri.
“Mengendalikan
enam landasan indria” artinya semua indria tersebut ditarik kembali ke dalam
diri, jangan biarkan keluyuran di luar mencari objek yang disenangi, memutuskan
hubungan dengan jodoh luar, hanya satu arah, satu jalan, satu tujuan, yakni
Alam Sukhavati di penjuru barat, mendekatkan diri pada Buddha Amitabha, selain
ini, takkan ada lagi hal lainnya, begini barulah disebut sebagai praktisi
pelafal Amituofo sejati.
“Dengan
pikiran suci melafal Amituofo berkesinambungan”, bila pikiran mengandung
keraguan dan bercabang-cabang, maka pikiran suci pun jadi hilang.
Metode
yang diajarkan oleh Bodhisattva Mahasthamaprapta ini sangat bagus, unggul dan
sempurna.
Di
dalam Dasa Dharmadhatu (sepuluh alam Dharma), tidak ada satupun yang nyata, “Segala
sesuatu yang berwujud merupakan khayalan semu”, para makhluk di enam alam
tumimbal lahir sungguh kasihan, terlampau sengsara.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 20 Maret 2011
真念佛人不多,李世民講得很好,真念佛的人多了,世界就有救,災難可以化解了。真念佛人太少太少了,真念佛人,就像大勢至菩薩所說那個條件,「都攝六根,淨念相繼」。我們現在念佛人誰攝六根?六根是妄心,都往外頭跑,眼緣色、耳緣聲、舌緣味、鼻緣香,統統往外跑,沒收回來。都攝六根就是統統收回來,不再向外攀緣,把外緣統統給切斷,一個方向、一條路、一個目標西方極樂世界,親近阿彌陀佛,除這之外沒了,這叫真念佛人。淨念相繼,不懷疑是清淨,不夾雜是清淨,懷疑、夾雜,淨念就沒有了。大勢至菩薩八個字講得真好,究竟圓滿。十法界裡頭沒有一樣是真的,「凡所有相皆是虛妄」,六道眾生特別可憐,太苦了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三三四集) 2011/3/20 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0334