Selasa, 17 Desember 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Maret 2011 (Bgn 1)


Jasa kebajikan dari nama Buddha Amitabha sungguh tak terbayangkan. Setelah kita memahaminya dengan jelas, barulah anda bersedia menaruh Buddha Amitabha di dalam hati, di dalam hati cuma ada Buddha Amitabha, selain Buddha Amitabha, apapun tidak ada. Apa alasannya? Inilah jasa kebajikan terunggul.

Di dalam “Yijiao Jing” (Sutra yang berisi esensi ajaran Buddha Sakyamuni sebelum memasuki Parinirvana), Sang Buddha menyampaikan pada kita, “Memfokuskan pikiran pada satu titik, tidak ada hal yang tidak tertangani”.

Memfokuskan pikiran pada satu titik, artinya tidak ada niat pikiran kedua, hanya ada sepatah Amituofo saja, maka tidak ada hal yang tidak tertangani, bahkan untuk mengubah awam menjadi suci sudah bukan masalah, apalagi untuk hal lainnya?

Teorinya memang sedemikian rupa, tetapi apakah setelah mendengarnya, ada berapa orang yang bisa memahaminya? Tidak banyak. Kalau benar-benar sudah paham, pasti kembali ke jalan yang benar, berapa orang yang menaruh Amituofo di dalam hatinya? Lebih sedikit lagi jumlahnya.

Asalkan menaruh Buddha Amitabha di dalam hati, maka dia telah mencapai KeBuddhaan. Lantas kenapa begitu sulit? Oleh karena tidak sanggup melepaskan kemelekatan, di dalam enam alam tumimbal lahir, tidak sanggup melepaskan ketenaran dan keuntungan.

Maka itu walaupun sudah memahami tentang kewibawaan Alam Sukhavati beserta seluruh isinya, namun tidak sanggup mengikhlaskan keuntungan kecil yang terpampang di depan mata, alhasil kehilangan manfaat besar yang bisa diperoleh baik waktu sekarang maupun mendatang.

Makanya orang yang begitu mendengar Pintu Dharma ini langsung tercerahkan, melepaskan segala kemelekatan, mengamalkan dengan serius, praktisi ini bukanlah orang biasa, pasti merupakan seorang Suciwan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Maret 2011


名號功德不可思議。我們真正知道了、真正明白了,你才會真正把阿彌陀佛放在心上,心上只有阿彌陀佛,除阿彌陀佛之外什麼都沒有。為什麼?世出世間第一真實功德。《遺教經》上世尊告訴我們,「制心一處,無事不辦」,我們在前面也讀到,這個經上所講的「止心一處」,制心、止心是一個意思。心裡面沒有雜念,沒有第二個念頭,只是阿彌陀佛,無事不辦,連轉凡成聖都能辦得到,何況其餘?話雖然是這麼說,佛講清楚了,祖師大德註解也清楚了,我們也盡量把這個問題說清楚了,有沒有聽懂的?不多。聽懂了,真正能回頭,把阿彌陀佛放在心上的人有幾個?更少了。只要把阿彌陀佛放在心上,他就成佛了。為什麼這麼難?世出世間一切法放不下,在六道裡頭名聞利養放不下。所以,縱然把極樂世界依正莊嚴搞清楚、搞明白了,眼前的小利捨不得放下,那往後的大利益就沒有分,往後這個利益太大了;不但是往後,現前得到。所以真正能一聞千悟,聽了之後他就明白、就覺悟了,真放下,真幹了,這個人不是普通人,確實叫英雄豪傑、大聖大賢。這說明凡夫做不到,他能做到。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一九集)  2011/3/7  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0319




 

“Saddharma Pundarika Sutra” atau Sutra Lotus menyebutkan, “Sang Buddha demi membabarkan Dharma dan menyelamatkan para makhluk makanya muncul di dunia ini”.

Kemunculan seorang Buddha di dunia ini amatlah langka, Sang Buddha muncul di dunia pasti ada misi penting, yakni ada makhluk di dunia ini yang jodohnya sudah masak, waktunya untuk mencapai KeBuddhaan sudah tiba.

Oleh karena misi penting inilah, Sang Buddha muncul di dunia ini, meskipun cuma ada satu orang saja, juga harus diselamatkan. Di dalam pintu Buddha, tidak ada seorang pun yang terabaikan. Lantas bagaimana dengan orang lainnya?

Yang lainnya berperan sebagai pendengar pasif, berapa pun banyak yang mampu diserap, tetap saja merupakan makhluk yang berjodoh.

Buddha Amitabha telah mencapai KeBuddhaan. Cara yang paling mudah dan praktis, yang paling lurus dan langsung, yang paling aman dan terjamin, yang paling cepat untuk mencapai KeBuddhaan, tak lain adalah melafal Amituofo.  

Mengapa harus melafal Amituofo? Buddha Sakyamuni memperkenalkan metode ini kepada kita, semua Buddha di sepuluh penjuru memuji Buddha Sakyamuni.

Dengan perkataan lain metode pelafalan Amituofo merupakan ajaran seluruh Buddha di sepuluh penjuru. Apakah kita harus menerimanya? Apakah kita mau mematuhinya?

Jika benar-benar bersedia menerimanya, benar-benar mematuhinya, maka mesti melepaskan kemelekatan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Maret 2011


《法華經》上說的,「佛為一大事因緣出現於世」,佛不輕易出現在世間,出現在世間一定有大因緣。什麼大因緣?辦大事,辦大事就是這個時代確實有眾生根熟了,他應該成佛了,佛才示現在這個世間,一個人也要度,佛氏門中,不捨一人。其他的人?其他人是旁聽的,能聽多少算多少,也都算是有緣人。阿彌陀佛成佛了,成佛最簡單、最直捷、最穩當、最快速的方法無過於念佛。念什麼佛?念南無阿彌陀佛。世尊介紹給我們,十方諸佛都讚歎。十方佛讚歎,換句話就是十方佛都讚歎、都贊成釋迦牟尼佛的教誨。換句話說,一心專念阿彌陀佛,就是十方三世一切諸佛如來的勸告。我們要不要接受?要不要聽話?真接受、真聽話,就得萬緣放下。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一九集)  2011/3/7  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0319




 

Masa kini untuk meraih kemajuan batin merupakan hal yang sulit, mengapa demikian? Tidak ada tempat untuk melatih diri, vihara yang sepenuhnya terfokus untuk melatih diri itu tidak ada.

Master Yin Guang berharap pada generasi selanjutnya untuk mengamalkan dengan serius, beliau mengemukakan vihara mungil, dimana praktisi yang berdiam di dalamnya cukup 20 orang saja, dengan demikian barulah pikiranmu bisa terfokus.

Yang pastinya tidak boleh memaksakan kehendak, sebuah vihara mungil yang ditempati 20 orang saja, cari 2-3 orang donatur sudah cukup, untuk mendukung vihara ini, yang penting bisa melewati kehidupan dengan layak maka sudah boleh, melepaskan segala kemelekatan, memfokuskan pikiran melafal Amituofo berkesinambungan.

20 orang praktisi ini semuanya mencapai keberhasilan, terlahir ke Alam Sukhavati, maka vihara mungil ini telah menghasilkan 20 Buddha, hebat bukan!

Sebuah vihara yang sukses bukanlah dinilai dari kemegahannya, atau umatnya ramai, bukan begitu, itu namanya vihara rame-rame, bukan Vihara Buddha.

Sebuah vihara Buddha adalah suci dan berwibawa, kewibawaan vihara dinilai dari berapa orang penghuni atau umatnya yang mencapai pencerahan, berapa orang yang mencapai tingkatan kesucian, berapa orang yang terlahir ke Alam Sukhavati, inilah yang dimaksud dengan kewibawaan, bukanlah berapa orang rame-nya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Maret 2011


現在成就特別困難,為什麼?沒有地方修行,真正清修的道場沒有。印祖期望於後人,真幹,他老人家所提出的,小道場,同參道友不超過二十人,你的心才能夠專。決定不向外攀緣,二十個人的小道場,有兩、三個護法就夠了,來護持你,一般生活能過得去就行,真正萬緣放下,一心專念。二十個人統統成就,都往生了,這個小道場成就二十尊佛,還得了嗎!道場的成就不是說富麗堂皇,金碧輝煌,人眾很多、很熱鬧,不是,那是熱鬧道場,那不是佛道場。佛法道場清淨莊嚴,你進去什麼都看不到。佛道場的莊嚴,看這裡面開悟的多少人,證果的多少人,往生的多少人,這是莊嚴,不是人多熱鬧。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一九集)  2011/3/7  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0319