Mari
kita bahas tentang “Perenungan terhadap tubuh jasmani”, secara kasarnya kita
dapat mengamati organ dalam tubuh kita, 9 buah lubang dari tubuh jasmani kita
terus menerus memproduksi kotoran, dari sini anda dapat menyadari bahwa tubuh
jasmani manusia tidak bersih.
Amati
lagi lebih seksama, keringat mengalir dari pori-pori kulit. Boleh dikatakan seluruh
bagian tubuh memproduksi kotoran, tidak ada satupun bagian yang bersih dan menebarkan
keharuman, semuanya bau busuk, terutama buang air besar dan kecil.
Yang
paling jelas kelihatan adalah keringat yang mengalir keluar, bagaimana
aromanya? Dengan perenungan sedemikian rupa, insan yang tercerahkan, takkan
melekat lagi pada fisik ini.
Kalangan
Buddhis menyebut tubuh jasmani sebagai kantong kulit berbau busuk, di dalamnya
berisi kotoran. Apa yang perlu dibanggakan? Apa yang patut dicintai? Apa yang
pantas didambakan?
Dalam
upaya melatih diri, inilah rintangan pertama yang harus dihancurkan, yakni tidak
melekat lagi pada tubuh ini. Kemelekatan yang paling parah adalah kemelekatan
pada tubuh jasmani.
Lihatlah
Buddha Sakyamuni mengajarkan pada kita guna mengatasi masalah dalam upaya
melatih diri, yang pertama adalah merenungkan tubuh jasmani tidaklah bersih,
maka itu mesti melepaskan kemelekatan pada kantong kulit berisi kotoran ini.
Saat
ini kita masih boleh mempergunakannya, Buddha Dharma mengatakan, meminjam yang
semu guna melatih yang sejati. Hari ini kita mempergunakan kantong kulit berisi
kotoran ini guna melatih diri, setelah kita tercerahkan akan kantong kulit
berisi kotoran ini, maka kita takkan melekat padanya lagi, takkan menciptakan
karma buruk lagi, namun mempergunakan-nya untuk melatih diri.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 23 Maret 2011
頭一個,你得要細心去觀察,「身不淨」。粗淺從哪裡看?看我們五臟六腑,從九竅裡流出來的是什麼?你就知道不乾淨。再細心觀察,從毛細孔裡面流出來的汗。等於說全身都在排泄,沒有一處排出來的是清香,香味沒有,都是惡臭,大小便溺,所流出來的。最明顯的是出汗,你看汗水什麼味道?什麼氣味?這種觀法,真正覺悟的人,對這個身體就不再執著,不再愛惜。佛家講個名詞是名符其實,叫臭皮囊,囊就是袋子,臭皮袋,裡面所裝的是惡臭不淨,不乾淨的東西。有什麼值得尊貴?有什麼值得可愛?有什麼值得留戀?修行最苦的,頭一個關破不掉,就是對這個身執著,最嚴重的執著,對身的貪愛,對身體的執著。你看佛教給我們修行對治的方法,頭一個教我們觀身不淨,這智慧出來了,這個臭皮囊應當放下。現在還可以用,佛法裡講的借假修真。我們今天也有個臭皮囊,我們覺悟了,覺悟了臭皮囊就不再造臭惡業,這個不造了,用它來修行。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三三九集) 2011/3/23 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0339
Yang kedua adalah “Perenungan
terhadap perasaan”. Di dunia ini baik kaum miskin maupun kaya, berkedudukan
atau tidak, tidak ada seorang pun yang tidak merderita.
Umumnya kita melihat orang
miskin hidupnya merana, kekurangan sandang dan pangan, sungguh sengsara!
Menderita kelaparan dan kedinginan. Orang kaya juga memiliki penderitaannya
tersendiri, bahkan lebih merana berkali-kali lipat dibandingkan dengan orang
miskin.
Saya bukan hartawan, saya hanyalah
seorang Bhiksu yang sangat bersahaja, orang zaman dulu menyebutnya sebagai
Bhiksu miskin, apapun tidak punya!
Tetapi saya berjodoh mengenal
banyak hartawan, diantara sahabatku, banyak yang merupakan pemimpin negara,
baik Perdana Menteri, Raja, maupun pengusaha yang memiliki harta berlimpah.
Kami sering berdiskusi, makanya
saya tahu mereka sangat menderita, ingin memiliki dan takut kehilangan, kaya
namun tak bahagia, berkedudukan tinggi namun diliputi kecemasan.
Makanya kami jadi terpikir akan
“Empat Objek Perenungan”, butir kedua adalah “Perenungan terhadap perasaan”, yakni merenungkan bahwa perasaan susah, senang dan sebagainya
adalah penderitaan. Barulah menyadari bahwa hidup di dunia ini sangatlah
sengsara!
Anda mungkin beranggapan bahwa kalau bisa kaya
maka takkan merana lagi. Tetapi andaikata hari ini anda memiliki uang satu
juta, anda pasti takkan merasa puas dan ingin memiliki uang sebanyak sepuluh
juta; setelah memiliki uang sepuluh juta, anda pasti ingin memiliki seratus
juta; setelah memiliki uang seratus juta, anda pasti ingin memiliki satu
miliar; setelah memiliki uang satu miliar, anda pasti ingin memiliki sepuluh
miliar.
Nafsu keinginan yang tidak pernah berhenti,
serakah dan tidak pernah merasa cukup, setelah memilikinya jadi takut
kehilangan.
Lain halnya seperti diri kami yang hidup sangat
sederhana ini, takkan ada beban pikiran. Bahkan tubuh fisik saja bukan
kepunyaanku, apalagi harta benda di luar diri, kemelekatan ini tentunya harus disingkirkan
hingga bersih. Takkan memikirkannya lagi, barulah hati kita dapat tenteram,
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 23 Maret 2011
第二,「觀受是苦」。受是什麼?享受。在這個世間,無論貧富貴賤沒有一個不苦。我們一般人看到貧窮的人苦,少吃少穿,少是缺少,食物缺少,衣服缺少,苦啊!飢寒之苦。富貴人家有富貴人家的苦處,比我們少衣少食還要苦,不知道要苦多少倍!我不是富貴人,我們出家是個窮和尚,古人講的貧僧,真的,一無所有。可是我有緣分認識很多富貴的朋友,朋友當中有不少國家領導人,做總統的、做國王的,擁有百億財富的這些朋友我也有。我跟他們接觸了解,他們很苦,患得患失,富而不樂,貴而憂慮,憂患。所以,我們想到四念處的觀受是苦,才知道人間真的是苦,太苦了!你說發財,以為發財就樂了,你今天有了一百萬,他就想一千萬;有了一千萬,他就想一個億;有了一億,他想十個億;有了十個億,他想一百個億。欲望沒有止境,貪而無厭足,得到的又怕失掉。像我們這樣很省事,沒有,沒什麼想的。連身都不是我的,身外之物當然就把它丟乾淨,不再去想它了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三三九集) 2011/3/23 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0339