Kamis, 07 November 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Februari 2011 (Bgn 2)


Hari ini Pintu Dharma terunggul yang praktis dan mudah, yang menakjubkan tiada bandingnya, tak lain adalah Pintu Dharma Pelafalan Amituofo.

Saya selalu mengulang bahwa di hati kita cuma ada lafalan Amituofo, selain sepatah Amituofo, apapun tidak ada. Tetapi coba renungkan sejenak, apabila Buddha Amitabha saat ini juga muncul di hadapanmu, sekarang juga hendak menjemputmu ke Alam Sukhavati, apa yang akan kita lakukan? Say Yes or No?

Kalau anda beralasan bahwa sekarang kan saya masih ada keluarga toh, saya belum buat surat wasiat nih, begini saja biar saya pikir-pikir dulu ya, masih ada yang perlu saya kerjakan lho, dan sejuta alasan lainnya, maka Buddha Amitabha pun takkan memaksa dirimu, Buddha pun segera berlalu, ogah peduli padamu, mempersilahkan dirimu meneruskan petualangan samsara-mu.

Sejuta alasanmu tak lain adalah urusan di dalam enam alam tumimbal lahir. Buddha Amitabha sudah hadir di hadapanmu, sekarang juga menjemputmu terlahir ke Alam Sukhavati, hendaknya saya bersukacita mengikuti Buddha pergi menuju ke negeriNya, segala urusan di dunia ini sudah tidak ada kaitannya lagi dengan diriku, sekarang juga Buddha Amitabha boleh membawaku pergi, sure let’s go.

Saya menasehati praktisi sekalian supaya senantiasa membuat perenungan seperti ini. Tiap hari mesti merenungkannya, setiap saat juga harus merenungkannya.

Buddha Sakyamuni membabarkannya di dalam sutra bahwa kehidupan manusia sungguh tidak kekal, sehela nafas tidak kembali lagi, maka tamatlah satu masa kehidupan ini. Jangan mengira masih ada beberapa hari lagi, beberapa tahun lagi, ini cumalah angan-angan.

Praktisi yang senantiasa melakukan perenungan ini, memiliki mawas diri yang tinggi, ini merupakan kebijaksanaan sejati, manfaat yang sesungguhnya, setiap saat mempersiapkan syarat untuk terlahir ke Alam Sukhavati : akar kebajikan, berkah kebajikan dan jalinan jodoh.

Di dalam “Sutra Usia Tanpa Batas” Bab 8 disebutkan : “Jasa kebajikan yang diperbuat, tak terhingga dan tanpa batas, takkan habis diungkapkan dengan kata-kata”.

Sepatah Amituofo telah sempurna akan jasa kebajikan yang tak terhingga dan tanpa batas, tidak ada lagi jasa kebajikan lainnya yang dapat melampaui jasa kebajikan dari melafal sepatah Amituofo, makanya Buddha Sakyamuni mengatakan bahwa jasa kebajikan ini takkan habis diungkapkan dengan kata-kata.

Para Buddha Tathagata saja tidak sanggup mengungkapkannya sampai selesai, apalagi manusia awam!

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Februari 2011

Catatan :
Akar kebajikan adalah dapat meyakini dan dapat memahami.
Berkah kebajikan adalah dapat bertekad dan dapat mengamalkan
Jalinan jodoh adalah dapat bersua dengan Pintu Dharma Tanah Suci


今天最簡單、最殊勝,無比微妙的法門,無過於念佛,我講得很多。我們心裡只有阿彌陀佛,除阿彌陀佛之外什麼都放下。試問一問,如果阿彌陀佛在你面前,現在就接引我們到極樂世界,這個時候我們還有什麼念頭?如果還是我有親人,我想跟他見個面,我還有財產,我還沒有交代清楚,佛就走了,不理你了,你慢慢去搞去。那些是什麼?六道輪迴裡面的事。佛現在來接引我,歡歡喜喜我就跟他去,世間事與我不相干,沒事,什麼事都沒有,乾淨俐落,佛就帶你走了。我勸同學們,天天要作如是觀,時時要作如是觀。佛在經上告訴我們,人命無常,在呼吸之間,一口氣不來,這一生就結束了。不要以為還有多少天,還有多少年,那是妄想。常作如是觀的人警覺高,那是真實智慧,真實之利,有高度的警覺,念念都具備往生的條件:善根、福德、因緣。真的是多善根、多福德,福德是放得下,善根是看得破,真清楚了,真明白了,真放下。「所作功德,無量無邊,說不能盡」,一句佛號具足無量無邊功德,沒有比這個功德更殊勝的,所以說不能盡。諸佛如來說不盡,何況凡夫!

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三0五集)  2011/2/27  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0305



 
 

Para Buddha dan Bodhisattva dengan cahaya semerbak membabarkan Buddha Dharma, dengan cahaya membantumu mengembangkan kebijaksanaan, dengan keharuman semerbak membantumu menghapus kekotoran batin, kita dapat membayangkan keunggulan dan kewibawaan Alam Sukhavati yang tiada bandingnya.

Setiap kalimat yang tertera di dalam sutra, tujuannya hanya satu, menasehatimu supaya membangkitkan keyakinan dengan penuh sukacita, anda harus meyakini dengan penuh sukacita, membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, setelah terlahir ke sana, anda telah mendapatkan segala-galanya.

Praktisi yang terlahir di Alam Sukhavati pada tingkatan Bunga Lotus yang paling rendah sekalipun, tetap bergelar Bodhisattva Avaivartika, cahaya dan semerbak yang ada pada tubuh Bodhisattva Avaivartika tersebar memenuhi jagat raya.

Maka itu di dunia ini apa lagi yang patut didambakan? Tidak sanggup melepaskan kemelekatan pada sanak keluarga, ini merupakan alasan yang dungu, anda tidak memiliki kebijaksanaan.

Betapapun eratnya ikatan kasih tersebut, memangnya bisa bersama buat selama-lamanya? Mustahil! Ketika masa hidup berakhir, masing-masing berputar di lingkaran enam alam tumimbal lahir, siapapun tidak tahu jatuh ke alam yang mana.

Kalau anda benar-benar menyayangi keluargamu, anda mempunyai tali persaudaraan yang erat, anda memiliki kebijaksanaan, maka mesti membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, setelah berhasil terlahir ke Alam Sukhavati barulah memiliki kemampuan menyelamatkan mereka  terlahir ke Alam Sukhavati.

Begini barulah bisa melakukan reuni keluarga, berkumpul kembali, di Alam Sukhavati belajar dan melatih diri bersama-sama, kelak menuju ke sepuluh penjuru alam guna menyelamatkan para makhluk juga bisa bersama-sama, seorang Buddha lahir ke dunia, seribu Buddha mendukungNya, inilah kebijaksanaan yang sesungguhnya.

Di dunia ini segalanya adalah semu, tidak ada satupun yang nyata, makanya tidak boleh ada perasaan mendambakannya sama sekali. Hendaknya memandang dunia ini ibarat sebuah mimpi. Jika anda dapat memandangnya dengan cara begini, maka dapat membantumu mengikhlaskan dan melepaskan kemelekatan. Sungguh merupakan sebuah mimpi!

Setelah mengikhlaskan, takkan lagi tercemar oleh debu duniawi, anda sanggup melepaskan kemelekatan hingga sebersih-bersihnya, terjalin dengan jiwa sejati, terjalin dengan Alam Sukhavati, terjalin dengan Buddha Amitabha.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Februari 2011


諸佛菩薩以香光作佛事,光幫助你開智慧,香幫助你斷煩惱,我們這就能體會到極樂世界無比的殊勝莊嚴。經裡句句經文、種種信息,只有一個目標,勸你信樂,你要相信、你要生歡喜心,發願求生淨土,往生到極樂世界,這你全都得到了。生到極樂世界,凡聖同居土下下品往生,皆作阿惟越致菩薩,阿惟越致菩薩身上的香光都周遍法界。這個世間有什麼值得留戀?親情放不下,那是你愚痴,你沒有智慧。再親愛的,能永遠在一起嗎?不可能!六道一流轉,不知道誰跑到哪裡去了。如果你真的有親情,你有智慧,趕緊到極樂世界,然後再度他到極樂世界。你們在極樂世界一起學習,將來在十方去弘化可以一起去,一佛出世,千佛擁護,這才叫真實智慧。這個世間所有全是假的,沒有一樣是真的,所以不可以留戀,有一絲毫留戀的心,迷惑顛倒。要把這個世間看作一場夢,夢中境界。你能夠這樣看,這是看破,幫助你放下。真是一場夢!看破之後,一塵不染,你就放得乾乾淨淨,與道就相應了,道是自性,道是極樂世界,道是阿彌陀佛。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三0五集)  2011/2/27  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0305