Setelah belajar Ajaran Buddha,
7 tahun kemudian, saya meninggalkan keduniawian, satu dekade kemudian, saya
telah menceramahkan “Avatamsaka Sutra”, “Surangama
Sutra”, “Sutra Lotus”, ketiga judul sutra ini membantuku memasuki pintu agung
Aliran Sukhavati.
Padahal sebelumnya, Guru Li (Upasaka
Li Bing-nan) telah menasehatiku supaya melatih metode Tanah Suci, menasehatiku
berulang kali, bahkan mengatakannya langsung padaku : “Pintu Dharma ini sejak
dulu hingga sekarang, berapa banyak insan yang memiliki etika moral, insan yang
memiliki pendidikan tinggi, juga melatihnya, banyak praktisi yang jatuh ke jalan yang salah, kita silap satu kali saja bukanlah
masalah”.
Dengan ucapan ini guna
menasehatiku, saya tidak membantah perkataan Guru Li, saya juga begitu
menghormati Pintu Dharma Tanah Suci, tetapi saya tetap tidak berminat
mempelajarinya.
Setelah saya menceramahkan “Avatamsaka
Sutra” sekitar separuh bagian yang telah memakan waktu satu dekade lamanya, total
waktu yang saya gunakan untuk menceramahkan “Avatamsaka Sutra” adalah belasan
tahun lamanya, suatu hari mendadak saya jadi tercerahkan.
Saya jadi terpikir Bodhisattva
Manjusri dan Bodhisattva Samantabhadra, kedua Maha Bodhisattva ini melatih
Pintu Dharma apa sehingga meraih keberhasilan? Sudhana-kumara merupakan murid
favorit Bodhisattva Manjusri, Pintu Dharma apa yang dilatihnya?
Semua ini tercantum di dalam “Avatamsaka
Sutra”, akhirnya saya jadi menyadari ternyata Bodhisattva Manjusri dan
Bodhisattva Samantabhadra adalah melatih Pintu Dharma Pelafalan Amituofo dan
membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 15 Maret 2011
我學佛七年出家的,大概又過了十年,我講《華嚴經》,講《楞嚴經》、講《法華》、講《華嚴》,實在是這三部經幫助我走進淨宗的大門。
沒有這三部經,在這之前李老師勸我,勸我修淨土,多次的勸告,甚至於說,這他老人家跟我講的:這個法門自古以來,多少有德行的人、有學問的人他們都修了,那麼多人走路走錯了,我們錯一次也無所謂。用這種話來勸我,我不反對,我對這個法門也很尊敬,但是我不想學。《華嚴經》講到差不多一半講了十年,我總共講了十幾年,有一天也是偶然心血來潮,忽然想起來,文殊、普賢是修什麼法門成就的?善財童子是文殊得意門生,他修什麼法門?這些經文都在《華嚴經》後面沒講到,我翻到後面仔細去查查,找到了,文殊、普賢是修念佛法門求生極樂世界。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三二六集) 2011/03/15 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0326
Bodhisattva Manjusri dan
Bodhisattva Samantabhadra, kedua Maha Bodhisattva ini melatih Pintu Dharma apa
sehingga meraih keberhasilan? Sudhana-kumara merupakan murid favorit
Bodhisattva Manjusri, Pintu Dharma apa yang dilatihnya?
Semua ini tercantum di dalam “Avatamsaka
Sutra”, akhirnya saya jadi menyadari ternyata Bodhisattva Manjusri dan
Bodhisattva Samantabhadra adalah melatih Pintu Dharma Pelafalan Amituofo dan
membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati.
Kemudian sampai pada topik
Sudhana-kumara mengunjungi 53 Kalyanamitra, ternyata Kalyanamitra yang berada
di urutan pertama dan terakhir adalah melatih Pintu Dharma Pelafalan Amituofo.
Sudhana-kumara merupakan murid
Bodhisattva Manjusri, yang telah menemukan kembali jiwa sejatinya, mencapai
KeBuddhaan. Sang Guru yakni Bodhisattva Manjusri menyuruh Sudhana-kumara supaya
pergi berkelana memperkaya ilmu.
Sebelum mencapai pencerahan,
mesti memfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya
berkesinambungan selama jangka panjang, mengikuti seorang guru saja.
Setelah berhasil mencapai
pencerahan, barulah boleh memperkaya ilmu.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 15 Maret 2011
文殊、普賢是修什麼法門成就的?善財童子是文殊得意門生,他修什麼法門?這些經文都在《華嚴經》後面沒講到,我翻到後面仔細去查查,找到了,文殊、普賢是修念佛法門求生極樂世界。
再看看《四十華嚴》,善財童子五十三參,我也講一半,粗心大意,依照清涼大師的註疏講這部經。你看都講過了沒發現,現在回頭再仔細的看,看到了,原來善財童子徹始徹終就是念阿彌陀佛。善財在文殊會上,文殊是他的老師,證得根本智,也就是禪宗所說的大徹大悟、明心見性,這是根本智。他的老師文殊菩薩叫他出去參學,參學是什麼意思?廣學多聞。沒有開悟之前一門深入,長時薰修,跟一個老師;開悟之後可以,可以廣學多聞,廣學多聞成就你的後得智,無所不知。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三二六集) 2011/03/15 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0326