Rabu, 25 Desember 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Maret 2011 (Bgn 11)


Kearifan Leluhur Tionghoa, gagasannya dalam membina diri, membangun keluarga, menata negara, mendamaikan dunia, caranya, pengalamannya, hasilnya telah terbukti, asalkan anda melakukan sesuai dengan ajaran yang tercantum di dalamnya, maka perdamaian dunia akan terwujud. Semua ini tertuang dalam buku yang berjudul “Qunshu Zhiyao”.

Setelah Dinasti Tang runtuh, buku ini hilang dari peredaran, maka itu Dinasti Song, Dinasti Yuan, Dinasti Ming dan Dinasti Qing tidak melihat buku ini.

Pada masa Dinasti Qing, Kaisar Qianlong (bertahta 1735-1799) saat berusia lanjut mengundurkan diri dan menyerahkan tahta kekaisaran kepada putranya, sementara dia sendiri menjadi Maha Kaisar, dalam perjalanan sejarah Tiongkok, satu-satunya sosok yang bersedia menyerahkan tahta dan menjadi Maha Kaisar, cuma Kaisar Qianlong satu-satunya.

Setelah Kaisar Qianlong turun tahta, dilanjutkan oleh putranya yakni Kaisar Jiaqing (bertahta 1796-1820), orang Jepang menghadiahkan padanya sebuah buku berjudul “Qunshu Zhiyao”. Demikianlah masyarakat Tiongkok menemukan kembali pusaka yang hilang.

Maka itu buku “Qunshu Zhiyao” adalah tersebar dari Jepang kembali ke Tiongkok.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Maret 2011


中國老祖宗的智慧,中國老祖宗修身、齊家、治國、平天下的理念、方法、經驗、成果,成果是證明,你真照做真的太平盛世現前。非常可惜的,就是《群書治要》這本書,唐朝亡了之後,這書就不見了,失傳了,所以宋元明清都沒有看到這個東西。乾隆皇帝退位,把王位交給兒子,他做太上皇,中國歷史上,真正做太上皇就他一個。兒子嘉慶,嘉慶皇帝登基,日本人送他一份禮物,禮物裡頭有一部《群書治要》,這才發現。所以《群書治要》這部書,從日本又回傳到中國來了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三二二集)  2011/3/13  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0322




 

Pintu Dharma ini sungguh tak terbayangkan, keunggulannya tiada bandingnya, yakni sepatah “Namo Amituofo”. Asalkan kita menaruh Amituofo di dalam hati, singkirkan segala kekhawatiran, tiap butir niat pikiran yang timbul, kapan saja dan di mana saja, di dalam hati ada Amituofo.

Dalam satu masa kehidupan ini, terlahir ke Alam Sukhavati, bersua dengan Buddha Amitabha mencapai KeBuddhaan.

Segala hal di dunia ini janganlah dipikirkan, tahu yah bagus, tidak tahu juga bagus, tidak apa-apa, tidak ada kaitannya dengan kita.

Andaikata kita ingin membantu para makhluk, maka saya nasehati anda supaya meraih keberhasilan terlebih dulu, jika diri sendiri belum berhasil, bagaimana bisa membantu orang lain.

Jika ingin berhasil maka cara yang paling cepat dan aman, tak lain adalah terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, mendekatkan diri pada Buddha Amitabha, dalam waktu singkat anda telah meraih keberhasilan.

Di dalam 48 tekad agung, pada butir tekad ke-20 kita pernah membahas bahwa terlahir ke Alam Sukhavati, meskipun pada Tanah Suci tingkatan yang paling rendah sekalipun, semuanya menjadi Bodhisattva Avaivartika.

Bodhisattva Avaivartika adalah Bodhisattva Dharmakaya, dalam Mazhab Mahayana Tiongkok, dikatakan sebagai menemukan kembali jiwa sejati, mencapai KeBuddhaan, itulah Bodhisattva Avaivartika.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Maret 2011


這個法門不可思議,法門無比殊勝,第一無上大法,就是這一句「南無阿彌陀佛」。我們只要把阿彌陀佛放在心裡,心裡面牽腸掛肚的東西統統放下,起心動念一切時一切處心裡都有阿彌陀佛,我們這一生往生極樂世界,見阿彌陀佛成佛就成功了。這個世界上事情別想它,知道也好,不知道也好,沒事,與我們不相干。我們要想是幫助這些苦難眾生,那我勸你首先成就自己,自己沒有成就,你幫不了人。自己成就最快速的、最穩當的,無過於往生淨土親近彌陀,你很快就成就了。前面我們在四十八願裡面,二十願讀過,生到西方極樂世界,即使是凡聖同居土下下品往生,皆作阿惟越致菩薩,這還得了嗎?阿惟越致菩薩是法身菩薩,在中國大乘裡面講明心見性、見性成佛,那是阿惟越致菩薩。所以我們生到西方極樂世界,到那個地方去,我們的智慧、神通、道力就跟阿彌陀佛差不多了,可以說跟釋迦牟尼佛、跟惠能大師就平等,因為他們是阿惟越致菩薩。我們才有能力、才有智慧、才有方法、才有經驗幫助這些苦難眾生。這是你真正有大慈悲心救苦救難,唯一能夠實踐的途徑,你可不能錯過。到極樂世界去的時間是愈快愈好,為什麼?早去早來。得真幹,真正能滿足你的大願。你看底下說這些人跟釋迦牟尼佛的關係。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三二二集)  2011/3/13  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0322

  

 

Seorang praktisi mesti memiliki keyakinan hati, harus memiliki kekuatan tekad; keyakinan hati dan kekuatan tekad sungguh tak terbayangkan.

“Bodhisattva Samantabhadra dengan sepuluh raja tekadNya menuntun semua makhluk pulang ke Alam Sukhavati, Buddha Amitabha dengan 48 tekadNya menjemput semua makhluk terlahir ke Alam Sukhavati”.

Aliran Sukhavati merupakan Pintu Dharma Bodhisattva Samantabhadra, setiap kali kita membahas sampai di sini, pasti akan memperkenalkan kepada praktisi sekalian Sutra Usia Tanpa Batas Bab 2 “Meneladani Bodhisattva Samantabhadra”.

Apabila anda tidak menanam dengan kokoh akar pendidikan kesusilaan, maka takkan bisa mengamalkan sepuluh butir tekad Bodhisattva Samantabhadra.

Tanpa mengamalkan sepuluh butir tekad Bodhisattva Samantabhadra, anda tidak memenuhi persyaratan untuk memasuki Alam Sukhavati, hal ini tidak boleh tidak diketahui.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Maret 2011

Penjelasan Sepuluh Tekad Bodhisattva Samantabhadra :


一個人要有信心、要有願力,信心願力不可思議。「普賢以十大願王導歸極樂,彌陀以四十八願接引眾生」。淨宗是普賢法門,這是每一次提到這個經都會向大家慎重的鄭重介紹,這部經第二品「德遵普賢」,儒釋道三個根你要是不紮穩,普賢十願做不到。十願的境界後後勝於前前,沒有普賢十願你就沒有條件進入極樂世界,這個不能不知道,普賢十願是華嚴境界。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三二二集)  2011/3/13  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0322