Rabu, 13 November 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Februari 2011 (Bgn 4)


Apa manfaat dari belajar ajaran sutra? Membantu kita mengikhlaskan, setelah sanggup mengikhlaskan, barulah kita bersedia melepaskan kemelekatan, di sinilah kegunaan dari belajar ajaran sutra.

Setelah memahami kebenaran dengan jelas dan dimengerti, barulah saya sanggup melepaskan kemelekatan, setelah melepaskan kemelekatan barulah dapat tercerahkan, jika tidak sudi melepaskan kemelekatan maka tidak bisa mencapai pencerahan.

“Sutra Usia Tanpa Batas” memperkenalkan pada kita tentang kewibawaan lingkungan Alam Sukhavati di penjuru barat, menyampaikan pada kita tentang asal usul Alam Sukhavati, mengapa ada Alam Sukhavati di penjuru barat. Alam Sukhavati memiliki kewibawaan terunggul yang tiada bandingnya, dari mana asal usul segala kewibawaan tersebut.

Setelah kita membacanya, timbullah kekaguman dan membangkitkan niat untuk terlahir di Alam Sukhavati. Inilah jasa kebajikan terunggul dari sutra ini. Bagaimana cara untuk menuju ke sana?

Dengan melepaskan kemelekatan, hanya dengan melepaskan kemelekatan barulah anda memiliki pikiran terfokus, bila pikiran masih bercabang dua, artinya anda masih belum melepaskan kemelekatan.

Dengan pikiran terfokus, berarti anda telah melepaskan kemelekatan, menfokuskan pikiran melafal Amituofo berkesinambungan, pasti terlahir ke Alam Sukhavati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Februari 2011


經教這些理論不行,理論有什麼好處?幫助我們看破,看破才肯放下,經教就是好處在此地。真搞清楚、搞明白了,我就真放下了,放下才能開悟,不放下不能開悟。這部經裡頭,特別給我們介紹西方極樂世界依正莊嚴,介紹西方極樂世界是怎麼來的,為什麼會有西方極樂世界。從歷史講起,極樂世界無比殊勝莊嚴,這些莊嚴從哪裡來的。我們讀了之後嚮往、羨慕,往生淨土的心油然而生了,這就是這部經的殊勝功德。怎麼去?放下就去,只有放下你才有一心,二心你還沒放下,一心就放下了,一心一向專念就決定往生。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三0八集)  2011/2/28  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0308

 


 
 
Seorang praktisi mesti bisa memberikan teladan dalam bentuk pengamalan nyata. Anda kasih penjelasan panjang lebar pada orang lain, dia tidak percaya, tetapi anda perlihatkan pengamalan nyata padanya, barulah dia bisa percaya.

Yang paling umum adalah vegetarian, anda menasehati orang lain supaya ikut menjalani pola makan vegetarian, ini sungguh menyiksa dirinya, dia tidak sanggup mewujudkannya, tanpa menu daging rasanya makan tidak kenyang, namun di sisi lainnya dia berharap bisa memiliki tubuh yang sehat.

Selama kurun waktu bertahun-tahun, saya menghadiri konferensi perdamaian dunia yang diselenggarakan Perserikatan Bangsa-Bangsa, menjalin pertemanan dengan sahabat dari mancanegara.

Mereka selalu bertanya padaku cara memelihara kesehatan sehingga tampak awet. Saya menghadiri konferensi PBB setelah berusia 75 tahun. Para pengikut konferensi yang sebaya denganku sudah sangat jarang, walaupun ada, jumlahnya juga sangat sedikit, sebagian besar berumur 40-50 tahun, tidak melampaui usia 60 tahun.

Ketika duduk bersama, penampilan kami penuh semangat, tidak menderita penyakit, sehingga mereka memiliki kesan bahwa diri kami selalu tampak bersukacita, tiada raut kekhawatiran di wajah kami, tiada beban pikiran, berbahagia, membawa kesan mendalam di hati para peserta.

Bagaimana cara memelihara kesehatan supaya tampak awet? Gampang saja, yang pertama hati yang suci, yang kedua adalah menjalani pola makan vegetarian. Inilah jawaban yang saya sampaikan untuk mengurai rasa penasaran mereka.

Senantiasa membangkitkan perasaan sukacita, orang Tiongkok zaman dulu berkata, insan yang senantiasa bersukacita akan tampak bersemangat. Tidak ada hal yang dirisaukan, tidak ada beban pikiran, tidak bersaing dengan orang lain, tidak mengejar hal-hal duniawi, dengan demikian kita akan memiliki hubungan yang baik dengan orang lain.

Apa yang anda suka, saya takkan menghendakinya; sedangkan apa yang saya suka, anda pasti takkan menghendakinya; kita takkan jadi saingan, maka itu hubungan pun jadi akur.

Anda suka ketenaran dan keuntungan, saya takkan menghendakinya; anda suka duit, saya juga takkan menghendakinya. Saya hobi baca sutra, anda pasti takkan sudi bersaing denganku, maka itu diantara kita takkan ada perseteruan, dengan siapa saja takkan ada persaingan, maka itu jadi sahabat baik.

Perlihatkan teladan ini kepada orang lain, barulah mereka mau percaya pada ucapanmu.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Februari 2011


他為一切眾生指示,這個示就是要做榜樣,你講給他聽,他不相信,你做出來給他看,他就相信了。最普通的,素食,素食好,你勸他吃素,那就真的難為他,他做不到,沒有葷腥他吃不飽,可是他又希望身體健康。我這麼多年,參加了十幾次聯合國的世界和平會議,會議當中最特殊的一個現象,就是會友們都會找我聊天,問我養生之道,你怎麼保養的?我參加這個會議七十五歲之後,這樣的年齡在會裡面幾乎很少很少,不是沒有,也有,很少,一般年齡大概都是四、五十歲,不超過六十歲的。我們坐在一起,精神飽滿,沒有疾病,跟我們見面,覺得我們非常歡喜,沒有任何一樁憂慮的事情,快樂,給他們很好的好感。怎麼保養身體的?很簡單,一個是清淨心,一個是素食,我就告訴你兩樁事情。快樂,中國古人講人逢喜事精神爽,我們六根接觸的全是喜事,沒有憂慮、沒有煩惱,於人無爭,於世無求,我們的人際關係就好了。你要的,我全不要;我要的,你也不要,我們兩個很好相處。你要名,我不要;你要錢,我不要。所以你要的,我都不要,我要清心寡欲,你不要,我喜歡每天讀經,你不要,所以我們沒有衝突,跟任何人都沒有衝突,沒衝突就是好朋友。做出來給人看,別人就相信了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三0八集)  2011/2/28  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0308




  
Beberapa bulan yang lalu, saya berkunjung ke Indonesia, saya merasa  rindu pada mantan Presiden Indonesia, Abdurrahman Wahid, kami memiliki jalinan persahabatan yang erat, beliau telah wafat, saya berangkat ke Surabaya untuk berziarah ke makamnya yang berada di kampung halamannya di Jombang, Jawa Timur. 

Dari Jakarta menempuh perjalanan udara ke Surabaya, lalu dari Surabaya naik mobil menuju ke Jombang, pulang pergi butuh waktu sekitar 5 jam lebih, saya tidak merasa letih. Tetapi anggota rombongan kami yang lebih muda usianya 10 tahun dari usiaku, fisiknya malah tak sebanding denganku.

Buddha Dharma berkata “Segala sesuatu tercipta dari hati dan pikiran”, apabila hatimu tulus, hatimu suci, di dalam hatimu ada welas asih, ada kesetiaan, maka takkan merasa kelelahan.

Beberapa tahun yang silam, saya berangkat dari Beijing menempuh perjalanan pulang ke kampung halaman di Lujiang, Provinsi Anhui, saya memilih naik mobil, sepanjang perjalanan saya melafal Amituofo melimpahkan jasa kepada wilayah Daratan Tiongkok, semoga negara bebas dari bencana.

Dalam sehari saya menempuh perjalanan darat 15 jam lamanya, orang lain mengira hal ini sungguh melelahkan, namun sebaliknya saya malah amat bersukacita, bisa memiliki kesempatan untuk berdoa bagi permukaan alam Tanah Air Leluhur, agar kawasan ini bebas dari bencana.

Saya bilang sama penumpang lainnya dalam mobil, apabila kita penumpang satu mobil ini termasuk supirnya, melafal Amituofo, maka mobil ini adalah vihara, di atas dashboard mobil ditaruh satu rupang Buddha ukuran mini, hari ini kita melakukan kebaktian di dalam mobil, melimpahkan jasa kebajikan kepada Tanah Air Leluhur kita.

Selama 15 jam saya memimpin mereka melafal Amituofo, sepertinya ada istirahat sebanyak dua kali, yaitu waktu makan. Tanpa terasa kami sampai di tempat tujuan dan tidak merasa letih, apabila kita hanya memikirkan diri sendiri, menempuh perjalanan yang jauh pasti akan merasa lelah.

Di dalam hati kita hanya ada Tanah Air Leluhur serta para makhluk yang tak terhingga dan tanpa batas, dapat memiliki jalinan jodoh bersua dengan Buddha mendengar pembabaran Dharma, sepatah Amituofo ini, seperti yang dikatakan oleh praktisi senior zaman dulu sebagai “Begitu melintasi indra pendengaran, selamanya tertanam menjadi benih di gudang kesadaran”.

Biasanya tidak memiliki kesempatan untuk meresapinya, mobil kita hari ini adalah mobil pelafalan Amituofo, sepanjang perjalanan yang dilalui, ada satu tempat terjadi kemacetan, sekitar setengah jam lamanya, usai itu perjalanan lancar sampai di tujuan, tanpa hambatan sama sekali, kini jalan tol di Negeri Tirai Bambu sudah begitu bagus.

Maka itu melafal Amituofo hendaknya melupakan diri sendiri, jangan memikirkan diri sendiri, apapun jangan dirisaukan; jika memikirkan diri sendiri maka segala problema pun bermunculan, jadi buat apa memikirkan diri sendiri?

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Februari 2011


前幾個月我訪問印尼,特別懷念瓦希德前總統,我們交情非常好,他過世了,我到泗水他的老家墓園去看他。從雅加達飛到泗水,從泗水乘車,路還算不錯,跟我們Highfield這個路差不多,往返五個多小時,身體還行。我看那些年齡至少還小我十歲的,他們不如我。佛法講的「一切法從心想生」,你的心真誠,你的心清淨,心裡頭有仁、有義,你就不會勞累了。前些年,幾年前我在北京,回到安徽廬江,我選擇了乘車,離開北京的時候,在北京三環繞一圈,我一路念佛給中國大陸地神迴向,希望這個地方沒有災難。我一天乘車十五個小時,別人都以為很勞累,我很快樂,能有這個機緣為祖國山河大地來祈福,希望這個地區不要有災難。我告訴我們同車的人,包括司機都念佛,我說我們這個車就是道場,車裡面供的佛像,今天我們是做佛事,我們來做消災祈福的法會。十五個小時我帶著大家,當中好像只休息兩次,吃飯的時候休息。沒有想到自己你就不會累,如果想到自己,長途旅行你就會很累。我們心裡只有祖國大陸冥陽無量無邊的眾生,能有見佛聞法這個機緣,這一句佛號古人講得很多,講得好,「一歷耳根永為道種」。平常沒有機會聞到,我們這個車念佛的車,一路上只有一處遇到堵車,大概半個小時,其餘的道路上暢通無阻,現在中國大陸高速公路做得很好。所以學佛最好把自己忘掉,別去想自己,什麼事都沒有;想自己的時候什麼麻煩都來了,何必想自己?

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三0八集)  2011/2/28  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0308