Minggu, 25 Agustus 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Januari 2011 (Bgn 2)


Orang Tiongkok zaman dulu berkata “Berdekatan dengan mutiara warna pun jadi jernih, berdekatan dengan tinta warna pun jadi hitam”, anda berada dalam lingkungan yang bagaimana, maka anda akan terpengaruh oleh lingkungan tersebut, oleh karena kita masih merupakan orang awam.

Hanya Bodhisattva yang takkan tercemar batinnya, sedangkan orang awam pasti terpengaruh. Maka itu memilih lingkungan pelatihan diri merupakan faktor yang amat penting, ini juga merupakan alasan mengapa praktisi zaman dulu mendirikan vihara di atas pegunungan, dimana tidak ada jejak kaki manusia, sementara itu dirinya juga tidak turun gunung, melindungi kesucian hati, agar jangan sampai tercemar oleh lingkungan luar.

Sekarang sudah susah, bahkan terlampau susah, mengapa demikian? Walaupun vihara-vihara dibangun di atas pegunungan yang tinggi, seperti Gunung Wutai atau Gunung Emei di Tiongkok, sekarang banyak bus-bus wisata yang berseliweran ke atas gunung, lihatlah betapa leluasanya, membawa segerombolan wisatawan ke sana.

Di dalam vihara juga tersedia perangkat televisi, seluruh channel siaran dunia juga bisa diterima, praktisi tidak perlu turun gunung tapi tiap hari bisa mengetahui peristiwa di seantero dunia, bagaimana hatinya takkan tercemar? Mustahil.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Januari 2011

中國古人所講「近朱則赤,近墨則黑」,你接近哪個境界,你會受這個境界的感染,凡夫。只有菩薩才不受感染,凡夫是決定受感染的。學習的環境就非常重要,所以從前修行人把道場建立在山上,人跡罕至之處,它清淨,沒人去,自己也不下山,保護自己的清淨心,不被外面環境所污染。現在難了,太難太難了,為什麼?山上建的道場,像在中國五台山、峨嵋山這些名山,現在纜車可以進去,你看多方便,遊客就很多很多了。寺廟裡有電視,全世界幾乎這些頻道都能收得到,道人不出山他天天知道天下事,他的心會不受感染嗎?就不可能。這些東西,說真話這是魔道,不是聖賢之道。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二四八集)  2011/1/22




 

Di dalam “Wen Shu Bo Re Jing (Sutra Kebijaksanaan Bodhisattva Manjusri)” tercantum : Jasa kebajikan dari melafal sepatah Amituofo adalah tak terhingga dan tanpa batas, tiada bedanya dengan jasa kebajikan dari melafal nama para Buddha yang tak terhingga”.

Setiap menjelang perayaan Imlek, vihara-vihara di Negeri Tirai Bambu sibuk menyelenggarakan “Ritual pertobatan namaskara pada sepuluh ribu Buddha”. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan ritual ini berkisar 10 hari sampai setengah bulan lamanya.

Cobalah kita pikirkan, mana yang lebih bagus, melakukan namaskara pada sepuluh ribu Buddha atau menfokuskan diri bernamakara pada Buddha Amitabha?

Saya yakin di hati praktisi sekalian sudah sangat jelas, melakukan namaskara pada sepuluh ribu Buddha adalah sama dengan menjalin jodoh dengan sepuluh ribu Buddha, hatimu jadi bercabang-cabang dan galau.

Andaikata selama kurun waktu setengah bulan, tiap hari bernamaskara  tiga ribu kali pada Buddha Amitabha, hatimu adalah terfokus, bukan bercabang-cabang, tetapi pikiran terfokus tak tergoyahkan, jasa kebajikan ini adalah tak terbayangkan.

Sebagian orang tidak sanggup sekaligus menyelesaikan tiga ribu kali namaskara dalam sehari, tetapi bila dia melakukannya secara rutin, 3-5 hari kemudian dia sudah bisa beradaptasi dan terbiasa.

Lantas seberapa besar jasa kebajikan dan berkah kebajikan yang diperoleh? Semuanya terpulang kembali pada ketulusan hati masing-masing. Bila hatimu terfokus, maka jasa kebajikan dan berkah kebajikan yang diperoleh akan besar.

Sebaliknya bila hatimu tidak terfokus, pikiran bercabang-cabang, maka hanya bisa memperoleh berkah kebajikan saja, tidak ada jasa kebajikannya. Lagi pula berkah kebajikan ini juga tak sebanding dengan jasa kebajikan menfokuskan pikiran bernamaskara pada Buddha Amitabha. Kebenaran ini mesti dipahami.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Januari 2011

Beda jasa kebajikan dan berkah kebajikan :


「《文殊般若經》云:念一佛功德無量無邊,亦與無量諸佛功德無二。」禮念阿彌陀佛,於中國佛門農曆年,一般道場都拜萬佛懺,做這個法會。萬佛懺大概至少都要十天到半個月,這個法會才能做圓滿,就拜萬佛!我們想想,是拜萬佛好,還是專拜阿彌陀佛好?我相信諸位心裡就很清楚,拜萬佛好像給一萬多尊佛結了緣,你的心念是散亂的;如果這半個月一天拜三千拜阿彌陀佛,你的心是專一的,不是散亂的,而是一心不亂,這個功德就不可思議。一般人一天三千拜他很辛苦,如果果然能夠堅持,他拜個三天、五天就會很輕鬆。這兩種法會的方法都是非常殊勝,可是功德不相同。修福德呢?福德也不相同,功德、福德都在存心,你心地要清淨專一,功德大,福德也大;心地要是散亂,只有福德,沒有功德。而且福德也不如一心拜阿彌陀佛的功德大,這個道理我們不能不懂。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二四八集)  2011/1/22

 


 
 
Praktisi pelafal Amituofo merupakan insan yang berpahala terbesar baik dalam duniawi maupun non duniawi. Berapapun besar harta kekayaan yang anda miliki, tidak ada gunanya, setelah meninggal dunia, tidak bisa dibawa serta. Sedangkan melafal Amituofo, setelah meninggal dunia dapat terlahir ke Alam Sukhavati, manalah bisa sebanding?

Meskipun hari ini anda berhasil menjadi Raja Dewa, tetapi setelah meninggal dunia harus bertumimbal lahir lagi, tidak dapat keluar dari enam alam tumimbal lahir.

Betapapun tingginya kedudukan-mu, betapapun besarnya kekuasaan-mu, betapapun berlimpahnya kekayaanmu, tidak ada gunanya, buat apa manusia berjerih payah demi hal-hal begini?

Sesungguhnya kehidupan manusia tidaklah rumit, umumnya orang makan tiga kali sehari, sehelai pakaian dapat dikenakan 2-3 tahun lamanya, apa lagi yang anda risaukan? Membangun sebuah gubuk agar dapat berteduh dari angin dan hujan, alangkah bebasnya! Ini barulah disebut bahagia, indah sempurna.

Tiada kekhawatiran, tiada kecemasan, melangkah dengan bebas dan elegannya, membangkitkan ketulusan melafal Amituofo, membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, inilah pahala terunggul dan terbesar.

Sepanjang hidup ini tidak bersaing dengan orang lain, takkan mendambakan dunia ini, alangkah bahagianya.

Pepatah Tionghoa mengatakan, “Manusia yang tidak memiliki keinginan, karakter dirinya bertambah mulia”, orang-orang di dunia memberimu gelar orang mulia, dimanakah mulianya?

Dia mulia karena tidak memiliki keinginan dan tidak bersaing. Orang lain bersaing memperebutkannya, kita mengalah padanya; orang lain menginginkannya, saya takkan berminat.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Januari 2011


念佛人是世出世間第一個大福報的人。你在這個世界上擁有千億萬的財產,億億萬的財產,沒用,死了帶不去。「阿彌陀佛」,你死了以後就到西方極樂世界作佛去,你說哪樣能比?在這個世界上你做大梵天王,做摩醯首羅天王,死了還要搞輪迴出不了六道。再高的地位,再高的權勢,再大的財富,沒用,人何必為這個去奔波,去自找苦吃?生活在這世間很簡單,一般人一天三餐飯,一件衣服可以穿二、三十年,你還操什麼心?蓋個小茅蓬可以遮蔽風雨,多自在!那叫幸福美滿。無憂無慮,無牽無掛,逍遙自在,老實念佛求生淨土,天上人間第一等大福報。在這個世間一生於人無爭,於世無求,你說你多快樂。這樣的人,中國古人講「人到無求品自高」,世間人稱你為高人,高在哪裡?高在無求、無爭。別人爭,我讓他;別人求,我不求。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二四八集)  2011/1/22




 

Ajaran insan suci dan bijak adalah menfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan selama jangka panjang, barulah anda dapat meraih keberhasilan, barulah anda dapat menemukan jalan keluar untuk selamanya terbebas dari enam alam tumimbal lahir.

Jalan keluar ini merupakan metode terunggul diantara 84 ribu pintu Dharma, dimana setiap orang juga dapat mengamalkannya. Jalan altenatif lainnya juga ada, tetapi membutuhkan kebijaksanaan dan kemampuan yang superior.

Sedangkan dalam metode terunggul ini, Buddha Amitabha menuntun diri kita, asalkan kita mengikuti diriNya, maka kita takkan kehilangan arah, takkan tersesat.

Maka itu orang awam dalam melatih diri mencapai KeBuddhaan, hendaknya memilih Pintu Dharma yang paling aman, Pintu Dharma yang paling mudah, Pintu Dharma yang paling praktis, Pintu Dharma yang paling bisa diandalkan, Pintu Dharma yang paling cepat mencapai keberhasilan, serta Pintu Dharma yang paling tinggi, kini anda telah bertemu dengannya.

Apabila anda telah memahami perkataan ini, maka sepanjang hidupmu takkan terlewatkan sia-sia, pasti terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, mendekatkan diri dan belajar pada Buddha Amitabha.

Hari ini kita berkumpul bersama di sini, kelak di kemudian hari, kita akan bersua di Alam Sukhavati, kita saling menghormati, saling mengasihi, ibarat satu keluarga.

Sampai di Alam Sukhavati, Buddha Amitabha adalah Guru Pembimbing kita, hubungan kita telah berubah jadi teman sekolah, lingkungan belajar Alam Sukhavati adalah terunggul tiada taranya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Januari 2011


聖人真實教誨,一門深入,長時薰修,你才會有成就,你才真正找到永遠解脫六道輪迴的門路。這個門路是八萬四千門路裡頭最殊勝的,通暢無阻,人人都能夠行得通。其他道路有,有相當艱難,沒有智慧、沒有能力你通不過。這個門路,阿彌陀佛在前面帶著我們走,只要跟定阿彌陀佛決定不會迷失方向,不會迷入歧途。所以凡夫修行成佛,最穩當的法門,最容易的法門,最簡單的法門,最可靠的法門,也是最快速的法門,而且成就最高的法門,你遇到了。你要把這些話真聽懂了,你這一生就沒白過,決定得生淨土,親近阿彌陀佛。今天我們在此地一會,若干年後我們在極樂世界再會,我們互相尊重、互相敬愛,如同父子兄弟姊妹。到極樂世界阿彌陀佛是我們的老師,我們的關係全變成同學,極樂世界修學的環境無比殊勝。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二四八集)  2011/1/22