Bila
ingin serius mempelajari baik Dharma duniawi maupun Dharma non duniawi, maka
mesti memahaminya dengan jelas, tidak bisa cuma mengulang se-kali saja.
Maka itu
pada zaman dulu sulit, tempo dulu belajar satu judul sutra, mendengar ceramah
dari Dharma Master, beliau cuma menyampaikan satu kali saja pada dirimu, takkan
ada siaran ulangan lagi. Lantas bagaimana? Di mana ada Dharma Master
berceramah, di situlah praktisi menuju.
Pada masa
Dinasti Tang di Gunung Zhongnan, terdapat seorang Guru Vinaya yang bernama
Master Vinaya Dao Xuan. Dia mempelajari Dharmagupta-vinaya/Vinaya Mahayana (四分律), isinya
sangat panjang, sepanjang hayatnya pernah mendengar pengulangan ceramah topik
ini sebanyak 20 kali. Di mana ada orang yang menceramahkannya, ke sanalah dia
menuju, sungguh tidak gampang!
Sekarang
sudah mudah, ada VCD dan media lainnya, ceramah Dharma dapat direkam, saya
boleh mendengarnya berulang kali. Apakah dengan cara begini bisa mencapai
pencerahan? Bisa.
Bagaimana
bisa tercerahkan? Dengan pikiran terfokus dapat mencapai pencerahan. Dengan
perkataan lain, apa tujuan dari mendengar ceramah? Yakni melatih samadhi,
mendengar sekeping demi sekeping VCD ceramah, ini juga melatih samadhi (konsentrasi).
Ada
penceramah yang memakai logat yang agak kental, sehingga pendengar tidak dapat
memahaminya. Ketika saya berada di San Francisco, California, ada seorang
praktisi yang memberiku satu kotak (1 set) kaset ceramah, Master Tanxu
berceramah di Hong Kong pada kegiatan Fo Qi (pelafalan Amituofo selama 7 hari
berturut-turut).
Beliau
adalah orang Beifang (Tiongkok Utara), saya mendengar episode pertama, baru
paham tiga bagian saja, setelah mendengar episode kedua barulah paham agak
banyak.
Saya
mengulang mendengarnya sebanyak 30 kali, alhasil saya sanggup memahami isi
ceramah beliau secara keseluruhan. Makanya dalam mempelajari sesuatu, umumnya
saya akan mengulang sebanyak 30 kali, takkan kurang dari 30 kali pengulangan,
kadang kala bahkan melampaui 30 kali.
“Sutra
Usia Tanpa Batas” sudah saya ceramahkan sebanyak 11 kali, kali ini merupakan
pengulangan ke-11, sebelumnya sudah pernah saya ceramahkan sebanyak 10 kali,
tetapi baru kali ini saya ceramahkan penjelasannya.
Kalau
tidak sering mengulangi, maka tidak bisa menyelaminya, kalau tidak sanggup
memasuki kondisi batin maka ini menunjukkan bahwa “pelatihan berkesinambungan”
masih belum mencukupi.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 3 Maret 2011
世出世間法真學,一定要把它搞懂、搞明白,那一遍是不夠的。所以在從前難,從前學一部經,聽法師講經,法師講一遍,不會給你講第二遍。那怎麼辦?哪個地方有法師講經就到哪裡去聽。唐朝終南山的道宣律師他學《四分律》,《四分律》的分量很大、很長,他一生聽了二十遍,哪個地方有人講他就到哪去聽,不容易!現在方便,有錄影、有錄音,法師講經把它錄下來,我可以不斷重複的去聽。能不能開悟?能。怎麼開悟的?心定了就開悟,不是別的。換句話說,聽經是什麼?修定,一遍一遍的看,一遍一遍的聽,修定。有些人講話言語聽不懂,我在舊金山的時候,有一個同學送我一卷錄音帶,卡式的,送一卷錄音帶,倓虛法師在香港佛七當中講的開示。他是北方人,我聽第一遍大概只懂得三成,聽第二遍又多懂一些,我聽了三十遍,他講的東西我完全聽懂了。所以我學東西一般差不多都是三十遍的樣子,不會少於三十遍,有可能多於三十遍,不會少於三十遍。這個《無量壽經》我這一次是第十一次的講,以前講過十次,不是講註解,這次講註解。遍數不多不行,沒有契入進去,沒有入這個境界,薰習不夠。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一三集) 2011/3/3 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0313
Belajar
itu mesti terfokus, tidak boleh bercampur aduk, satu judul sutra dapat
membantumu tercerahkan, sutra manakah itu? Sutra mana saja juga boleh. Maka itu
pintu Dharma adalah setara, tidak ada yang lebih tinggi maupun lebih rendah,
kebenaran ini mesti dipahami.
Tetapi
yang paling ditakutkan adalah belajar terlalu beragam, campur aduk, kalut dan
kacau, sepanjang hayatmu tidak mungkin bisa berhasil, apa yang anda pelajari
hanyalah sebatas pengetahuan Agama Buddha.
Mengapa
ajaran Suciwan begitu menitikberatkan pada sila, samadhi (konsentrasi) dan
prajna (kebijaksanaan)? Hal ini bukan hanya disampaikan oleh Buddha Sakyamuni,
namun juga semua Buddha dari tiga masa di sepuluh penjuru, tidak ada yang tidak
menaati tiga prinsip tersebut.
Apa yang
dimaksud dengan sila? Peraturan, jika anda tidak menaati aturan, anda tidak
bisa memasuki pintu ajaran, dengan mematuhi peraturan barulah anda bisa
memperoleh samadhi (konsentrasi).
Menfokuskan
diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, inilah peraturan, dengan menaati
peraturan barulah pikiranmu bisa terfokus, takkan bercabang-cabang dan
berpencar.
Kapan
saja dan di mana saja, pikiran senantiasa terfokus, lama kelamaan kebijaksanaan
pun terbuka. Dengan menfokuskan diri belajar satu judul sutra saja, mudah
mencapai samadhi, kalau belajar hingga 3-4 judul sutra, sepanjang hayatmu tidak
bisa mencapai samadhi. Mengapa demikian?
Pemikiranmu
kacau balau, perhatianmu tidak mampu terpusat. Terutama dalam masyarakat
sekarang ini, kekuatan godaan terlampau besar, enam akar indria (mata, telinga,
hidung, lidah, tubuh dan pikiran) melakukan kontak dengan enam kondisi luar (rupa,
suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), semuanya ini sedang
menggoda dirimu, sedang mengacaukan pikiranmu, kalau anda senang berinteraksi
dengannya, maka habislah, sepanjang hayatmu takkan berjodoh dengan samadhi atau
pikiran terfokus.
Tanpa
adanya samadhi, dari mana muncul kebijaksanaan? Apa yang anda pelajari
sepanjang hayatmu, dengan istilah sekarang ini, anda cuma jadi pakar Agama
Buddha, anda boleh memperoleh gelar Profesor Agama Buddha, anda bisa menjadi
dosen Agama Buddha, anda juga bisa jadi penceramah yang pintar bersilat lidah,
bahkan anda juga dapat menjadi penulis tersohor, segala ketenaran dan
keuntungan duniawi bisa anda peroleh, tetapi sayangnya tidak berkaitan dengan
samadhi, tidak berkaitan dengan terbukanya kebijaksanaan, juga tidak berkaitan dengan mengakhiri samsara
dan keluar dari lingkaran tumimbal lahir.
Masa kini
orang sejenis begini banyak sekali jumlahnya, sedangkan insan yang benar-benar
mengikuti rekam jejak praktisi senior zaman dulu sudah tidak ada lagi. Makanya
dia tidak dapat meraih keberhasilan, oleh karena tidak dapat meraih
keberhasilan makanya dia tidak bisa memperoleh kebahagiaan Dharma, tidak dapat
menikmati kebahagiaan serupa dengan Buddha dan Bodhisattva.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 3 Maret 2011
學東西,實在講不要複雜,一部經能幫助你開悟,哪一部經?任何一部經都可以。所以法門平等,無有高下,這個道理要懂。最怕的是怕學得太多、學得太雜、學得太亂,你這一生不會成就,你所學的全是佛教的知識。聖學,為什麼那麼樣重視戒定慧?這不是釋迦牟尼佛講的,過去現在未來一切三世諸佛,沒有一個不遵守這個原則的。戒是什麼?規矩,你不守規矩你不能入門,守規矩你才能得定。一門深入是規矩,你心是定的,你不是散亂的。一切時、一切處,心都是定的,定久了豁然就開悟。一部經,一部經容易得定,三部四部、十部八部你一生得不了定。為什麼?你思想是亂的,你的精神意志不能集中。尤其現在這個社會,誘惑的力量太大,你六根所接觸的這個境界都在誘惑你,都在擾亂你,你要是歡喜跟它接觸就完了,你這一生與制心一處、與禪定就沒有緣,緣就斷掉了。沒有定,哪來的慧?你一生所學的,用現在人的話說,你可以成為一個佛學家,你可以拿到佛學博士學位,你可以做一個佛學教授,你也能講得天花亂墜,甚至於你也著作等身,世間名聞利養你可以撈一些,與三昧、與開悟、與了生死出輪迴毫不相干。
現在這種學佛的人多,真正依照古大德的方法去修學的人沒有了。所以他不能成就,不能成就就是他得不到法喜,他得不到像佛菩薩那樣的快樂。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一三集) 2011/3/3 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0313