Upacara-upacara
ritual maupun pertobatan yang diselenggarakan di Vihara-vihara masa kini, zaman
dulu tidak ada kegiatan beginian. Buddha Dharma tersebar sampai di Negeri Tirai
Bambu sudah dua ribu tahun lamanya, selama kurun waktu seribu tahun pertama, belum
ada menyelenggarakan ritual-ritual, Vihara-vihara waktu itu cuma
menyelenggarakan kegiatan ceramah, belajar mengajar.
Lantas
mengapa kegiatan belajar mengajar bisa berubah jadi upacara ritual? Saat
menjadi praktisi pemula, saya sudah memiliki pertanyaan begini. Saya bersua
dengan seorang Bhiksu senior, Master Dao An, yang juga merupakan Dharma Master
(Bhiksu penceramah), beliau sangat baik padaku dan sangat mendukungku.
Waktu itu
kami masih junior, beliau lebih tua 20-an tahun dari diriku. Saya mengajukan
pertanyaan ini padanya. Master Dao An menjawab, kegiatan ritual mungkin berasal
dari era Kaisar Tang Ming (Tang Xuan-zong).
Kaisar
Tang Ming sesungguhnya merupakan kaisar yang baik, era tahta yang paling
tersohor dari Dinasti Tang adalah era Zhen Guan (periode bertahtanya Kaisar
Tang Taizong) dan era Kai Yuan (periode bertahtanya Kaisar Tang Xuanzong).
Kegagalan
Kaisar Tang Ming karena terlampau memanjakan selirnya yang bernama Yang
Gui-fei. Sebelum mengambil Yang Gui-fei sebagai selir, Kaisar Tang Ming masih
merupakan kaisar yang bijak! Bayangkan prestasinya dapat sebanding dengan
Kaisar Tang Taizong.
Setelah
kemunculan Yang Gui-fei, Kaisar Tang Ming kehilangan akal sehatnya, yang
kemudian berujung pada terjadinya pemberontakan yang dilakukan An Lu-shan, yang
hampir meruntuhkan Dinasti Tang, barulah kemudian Kaisar bersedia menjatuhkan
hukuman mati pada Yang Gui-fei.
Guo Zi-yi
berhasil meredakan pemberontakan, korban jiwa yang berjatuhan baik dari pihak
militer dan sipil, jumlahnya banyak sekali. Melihat hal ini, Kaisar Tang Ming
memerintahkan di tiap bekas medan pertempuran, dibangun sebuah vihara, yang
dinamakan sebagai Vihara Kaiyuan.
Di Negeri
Tirai Bambu, yang namanya Vihara Kaiyuan itu jumlahnya sangat banyak,
vihara-vihara ini dibangun pada era Kaiyuan (Tahun 713-741 Masehi). Apa
tujuannya? Untuk mengenang para korban perang baik dari pihak militer maupun
sipil.
Setahun
se-kali diselenggarakan upacara ritual guna mengenang para korban tragedi
perang, dimulai dari negara yang menyelenggarakannya. Perlahan-lahan tradisi
ini mulai menjalar ke dalam lapisan masyarakat, ketika ada anggota keluarga
hartawan yang meninggal dunia, mereka juga akan mengundang anggota Sangha
datang untuk melakukan upacara ritual. Itupun kadang kala, tidak rutin.
Di luar
dugaan, tradisi ini berkembang ke arah yang keliru, mulai berubah tujuannya,
Vihara-vihara sibuk menyelenggarakan upacara ritual dan mulai mengabaikan
kegiatan ceramah.
Jadi
mungkin berasal dari era pemerintahan Kaisar Tang Ming, inilah yang disampaikan
Master Dao An kepadaku, sungguh beralasan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 28 Maret 2011
現代這些寺廟裡面法會、經懺佛事,在那個時候完全沒有。佛法傳到中國來兩千年了,頭一個一千年的時候也沒有,中國佛教寺院庵堂都是講經教學。為什麼講經教學會變成經懺佛事搞超度?我在初學佛的時候我就有這個疑問。我遇到一個老和尚,道安老法師,也是個講經法師,這個老人對我很好,很愛護。我們是晚輩,他大我二十多歲,父親一輩的人。我就向他請教這個問題,他告訴我,他說這個事情大概是唐明皇搞出來的。唐明皇也是個好皇帝,唐朝最著名的貞觀、開元,唐明皇就是開元。唐明皇實在講是敗在楊貴妃的手上,楊貴妃沒有進宮,好皇帝!可以跟唐太宗媲美,遇到楊貴妃,完了,變了心。所以他遭了難,安祿山造反,幾乎亡了國,才殺了楊貴妃。郭子儀平定這個動亂,死傷軍民很多。明皇不錯,在每個戰場建一個寺廟,叫開元寺。大陸上開元寺很多,開元年間建造的。目的是什麼?是追悼死亡的將士平民、人民,是個追悼的意思。一年大概做一次大規模的追悼會,國家帶頭,要超度這些陣亡將士。所以以後民間家裡有人過去了,也請個法師來做超度,偶爾的。沒有想到以後變質了,寺院庵堂全做了超度,講經教學不要了,變質了。大概就是唐明皇帶頭搞的,這道安法師告訴我的,有道理。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三四七集) 2011/3/28 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0347
Hari
ini hanya ada dua jalan yang terpampang di hadapan kita, yang satunya adalah
menuju ke Alam Sukhavati, yang satunya lagi adalah jatuh ke Neraka Avici, manakah
yang dipilih? Diri sendiri memiliki hak untuk menentukan pilihan.
Mungkin
kita akan bertanya, kita tidak punya akar kebajikan dan berkah kebajikan
sedemikian rupa, apalagi karma buruk yang kita perbuat terlampau banyak, diri
sendiri sudah tahu kelak akan jatuh ke Neraka, bagaimana mungkin bisa terlahir
ke Alam Sukhavati?
Dalam
satu masa kehidupan ini, berjodoh bersua dengan Buddha Dharma, bertemu dengan
Ajaran Mahayana, berjumpa dengan Ajaran Tanah Suci, bersua dengan “Sutra Usia
Tanpa Batas” versi rangkuman Upasaka Xia Lian-ju, ini membuktikan bahwa anda
merupakan insan yang memiliki akar kebajikan, berkah kebajikan dan jalinan
jodoh, anda telah memenuhi persyaratan.
Jika
persoalannya adalah akar kebajikan dan berkah kebajikan belum mencukupi, hal
ini mungkin saja, tetapi masih bisa disempurnakan. Butuh waktu berapa lama
barulah dapat menyempurnakannya? Tidak tentu, jika mempunyai ketulusan dan rasa
hormat, maka akan sangat cepat.
Di
dalam “Amitabha Sutra” disebutkan sehari hingga tujuh hari, anda sudah dapat
menyempurnakan akar kebajikan dan berkah kebajikan, anda telah berhasil
terlahir ke Alam Sukhavati belajar pada Buddha Amitabha.
Master
Yin Guang berkata, “Dengan membangkitkan satu bagian ketulusan dan rasa hormat
memperoleh satu bagian manfaat; dengan membangkitkan sepuluh bagian ketulusan
dan rasa hormat memperoleh sepuluh bagian manfaat.”
Semuanya
terpulang kembali pada diri sendiri. Bagaimana caranya untuk menyempurnakannya?
Di dalam “Sutra Usia Tanpa Batas” dikatakan, “Membangkitkan Bodhicitta,
memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan”, dengan demikian anda telah
menyempurnakannya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 28 Maret 2011
Catatan
:
Akar
kebajikan = dapat meyakini dan dapat memahami
Berkah
kebajikan = dapat bertekad dan dapat mengamalkan
Jalinan
jodoh = dapat bersua dengan Ajaran Sukhavati
今天擺在我們面前兩條路,一個是極樂世界,一個是無間地獄,我們走哪一條?自己有權決定,自己有權選擇。也許我們會問,我們沒有那個善根、福德,我們造的罪業太多,自己知道肯定墮地獄,怎麼能往生?你在這一生當中,有這個緣分遇到淨土,遇到佛法、遇到大乘、遇到淨土、遇到這一部《無量壽經》會集本,就說明了你是一個有善根、福德、因緣的人,你這個條件具足了。至於善根福德不夠,這個有可能,但是能補得過來。要多少時間才能補過來?這個不一定,如果你是真心、你是誠意,真誠恭敬心,你就會補得很快。至誠恭敬,《彌陀經》上講的一日到七日,你就把這個善根福德統統補滿,你就能到極樂世界去親近阿彌陀佛。印光大師說得好,十分誠敬你就能補得十分的善根福德,一分恭敬你就補得一分,都在你自己。怎麼個補法?《無量壽經》上告訴我們,「發菩提心,一向專念」,你就補過來了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三四七集) 2011/3/28 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0347