Sepanjang
hayatNya Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma, ketika Ajaran Buddha tersebar
sampai ke Tiongkok, masih dalam bentuk pendidikan. Namun dalam perkembangannya,
pola pendidikan ini malah terabaikan dan beralih menjadi upacara-upacara ritual
dan segala bentuk acara keramaian, terutama pada era belakangan ini.
Tempo
dulu kegiatan begini masih belum ada, kaisar sebagai pimpinan negara memiliki
pemikiran yang brilian, meskipun masyarakat umumnya masih menganut kepercayaan
tradisi, tetapi mereka tidak membantah adanya kebijaksanaan dan kemampuan
kebajikan, serta nasib berada dalam genggaman tangan sendiri.
Hal
ini serupa dengan apa yang disebutkan di dalam ajaran sutra Mahayana sebagai “Wajah
merupakan cerminan hati, kondisi berubah menuruti perubahan hati”, yang
dimaksud dengan hati di sini adalah niat pikiran.
Dengan
perkataan lain, niat pikiran sendiri yang menentukan berkah atau petaka yang
menimpa diri sendiri, yang juga mengatur segala perubahan alam semesta. Hal ini
banyak dibahas di dalam ajaran Mahayana.
Bagaimana
Alam Sukhavati terbentuk? Kebijaksanaan dan tekad Buddha Amitabha yang mewujudkannya,
berlangsung hingga saat ini, tidak berubah sama sekali, hal ini mengandalkan
setiap praktisi yang terlahir di sana, niat hati mereka dengan Buddha Amitabha adalah
sama dan saling terjalin, barulah Alam Sukhavati dapat bertahan dan tidak
mengalami proses perubahan.
Andaikata
penduduk Alam Sukhavati dan Buddha Amitabha tidak memiliki hati dan tekad yang
sama, maka Alam Sukhavati pun terpuruk, mengalami proses perubahan.
Maka
itu Buddha Amitabha sangat cerdas, pasti mempertahankan satu prinsip ini, yang takkan berubah buat selama-lamanya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 5 Maret 2011
世尊一生教學,佛法傳到中國來的時候還是教學。把教學疏忽了,我們相信不超過三百年。教學疏忽之後,取而代之的是經懺佛事,做種種法會搞熱鬧,應該是近代的事情。古時候沒有,古代這些帝王非常聰明,中國古人雖然是敬天地鬼神,但是他不否定人的智慧、能量,主張命運是掌握在自己的手上。正如大乘經典裡面所說的,「相由心生,境隨心轉」,心是自己的起心動念;換句話說,自己的心主宰著自己吉凶禍福,也主宰宇宙一切變化。大乘教裡關於這些言論太多了。極樂世界怎麼來的?阿彌陀佛的智慧、意念成就的,持續到現在,沒有改變,沒有起變化,這是要靠每一個往生的人,他們的心念要跟阿彌陀佛相應,極樂世界才能保持不變質。如果往生極樂世界的人跟阿彌陀佛不是同心同願,極樂世界就衰了,就產生變化。所以佛聰明,絕對堅持這一點,永遠不改變這個原則。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一七集) 2011/3/5 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0317
“Sutra
Usia Tanpa Batas” telah mencakup segala Dharma di dalamnya. Bukan hanya mencakup
segala pintu Dharma, namun juga mencakup segala ilmu pengetahuan era modern
ini, segala ilmu telah lengkap di dalam satu judul sutra ini!
Maka
itu “Sutra Usia Tanpa Batas” dapat menyelesaikan segala permasalahan. Apabila
kita bertanya, hari ini masyarakat dunia diliputi kekacauan, apakah "Sutra Usia
Tanpa Batas” juga dapat menyelesaikannya? Dapat, pasti bisa. Kalau anda tak
percaya, maka apa daya.
Lantas
apakah “Sutra Usia Tanpa Batas” dapat menyelesaikan ancaman bencana di dunia ini?
Jawabannya juga adalah pasti bisa, bahkan caranya juga gampang. Ini nyata
adanya, merupakan Dharma yang sulit dipercaya!
Bagaimana
caranya? Yakni sepatah “Namo Amituofo” maka segala problema pun teratasi. Namun
sayangnya tidak ada orang yang percaya, orang yang tidak belajar Ajaran Buddha
tidak percaya, orang yang belajar Ajaran Buddha pun tidak percaya.
Kenapa
dia tidak percaya? Oleh karena tidak memahami kebenaran; andaikata dia telah
memahami dengan jelas, dia pasti percaya.
Lantas
bagaimana caranya melafal Amituofo? Bodhisattva Mahasthamaprapta mengajarkan
pada kita bagaimana cara Beliau melafal Amituofo sehingga mencapai
keberhasilan, hal ini mesti kita wujudkan.
Bagaimana
cara Bodhisattva Mahasthamaprapta melafal Amituofo? “Mengendalikan enam
landasan indria, dengan pikiran suci melafal Amituofo berkesinambungan”, anda
menggunakan cara ini untuk melafal Amituofo, begini sudah betul.
Mengendalikan
enam landasan indria adalah melepaskan segala kemelekatan; mengendalikan enam
landasan indria adalah menfokuskan pikiran pada satu titik atau objek.
Pikiran
suci adalah tidak ragu, tidak bercabang-cabang. Melafal berkesinambungan adalah
sepatah demi sepatah, sambung menyambung tak terputus.
Selain
dapat menyelesaikan masalah diri sendiri, juga dapat menyelesaikan permasalahan
masyarakat, menyelesaikan masalah Planet Bumi ini, alam semesta beserta seluruh
isinya, maka itu disebutkan bahwa “Menfokuskan pikiran pada satu objek, takkan
ada hal yang tidak dapat tertangani”.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 5 Maret 2011
《無量壽經》跟《華嚴經》一樣,也是統統都包括。所以念老解釋《無量壽經》,用《華嚴經》解釋,用禪宗來解釋,用密宗來解釋,說明這部經的教義通一切法。不但通佛法各宗各派,還通現代的科學跟哲學,它全通!所以它能夠解決問題。我們要問,今天世界社會動亂,《無量壽經》能不能解決?能,肯定能。你不相信那就沒法子了。《無量壽經》能不能解決現前地球上的災難?答案也是肯定的,決定能,而且方法非常簡單。真的,難信之法!什麼方法?就這一句「南無阿彌陀佛」就解決了。沒人相信,不學佛的人不相信,學佛的人也不相信。他為什麼不相信?他對於這樁事情,理事不知道;真的清楚明白了,他相信了。這句佛號要怎麼念?大勢至教你的念法,你要能做到。勢至菩薩怎麼講的?「都攝六根,淨念相繼」,你用這個方法去念就對了。都攝六根是萬緣放下,都攝六根是制心一處,我們這個經上前面念過,止心一處。淨念,不懷疑、不夾雜;相續,一聲接著一聲,不要中斷。能解決自己的問題,能解決社會問題,能解決地球的問題,能解決太空裡頭許多複雜問題,所以「制心一處,無事不辦」。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一七集) 2011/3/5 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0317
Penduduk
Alam Sukhavati, rintangan karma mereka telah tereliminasi sampai bersih,
kembali menjadi suci, bersua dengan Buddha Dharma, barulah dapat terlahir ke
Alam Sukhavati dengan bebas tanpa rintangan.
Apabila
rintangan karmanya sangat berat, tidak punya hati nurani, tidak dapat kembali
ke jalan yang benar, sebanyak apapun lafalan Amituofo yang dilafalnya, juga
tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati.
Kita
mesti melakukan introspeksi diri dengan seksama, maka kita akan menyadari bahwa
sekarang hanya ada dua jalan yang terpampang di hadapan kita, yang satunya
adalah Buddha Amitabha dengan Maha Maitri Maha Karuna menuntun kita terlahir ke
Alam Sukhavati, sedangkan yang satunya lagi mungkin adalah Neraka Avici.
Hal ini
sekarang terpampang di hadapan kita, jalan mana yang kita pilih? Tentu saja
kita memilih terlahir ke Alam Sukhavati, tetapi karma buruk yang kita ciptakan
terlampau banyak, bagaimana cara mengeliminasinya?
Hanya
dengan menfokuskan pikiran pada satu objek, menfokuskan pikiran melafal
Amituofo berkesinambungan, sutra menyebutkannya dengan sangat jelas, harus
yakin, jangan ada keraguan sama sekali, sepatah Amituofo dapat mengeliminasi 8
miliar kalpa dosa berat samsara.
Lantas
sekarang kita sudah melafal Amituofo, tetapi kenapa dosa kita masih belum
tereliminasi? Sambil melafal Amituofo sambil memikirkan hal-hal lainnya, ini
namanya menciptakan karma buruk, sehingga jasa kebajikan dari melafal Amituofo
tereliminasi.
Padahal
sudah jelas bahwa melafal Amituofo mesti dengan pikiran suci, lihatlah,
mengendalikan enam landasan indria adalah melepaskan segala kemelekatan, di
dalam hati cuma ada sepatah Amituofo, segala niat pikiran lainnya takkan ada,
kekuatan ini akan sangat besar.
Inilah
yang disebut dengan “Menfokuskan pikiran pada satu objek, maka tidak ada hal
yang tidak dapat tertangani”. Karma buruk yang diciptakan sejak kalpa tanpa
awal, hanya dalam kurun waktu beberapa hari saja sudah tereliminasi hingga
bersih.
Namun
kesulitannya adalah terletak pada menfokuskan pikiran pada satu titik, inilah
kesulitannya. Kesulitan lainnya adalah tidak memahami kebenaran dengan jelas,
sehingga timbul keraguan, keraguan merupakan rintangan yang sangat besar, yakni
ketamakan, kebencian, kedunguan, kesombongan dan kecurigaan (keraguan), yang
merupakan akar kekotoran batin!
Orang
yang tidak ragu merupakan insan yang penuh berkah, yang memiliki pahala,
sebaliknya orang yang diliputi keraguan akan menemui banyak kesulitan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 5 Maret 2011
西方極樂世界的人,他們的業障都消盡、都報掉了,恢復到清淨,遇到佛法,這才順利的去往生。如果業障深重,沒有良心,不能回頭,佛號念得再多,都不能往生。我們要真的虛心去反省,就知道現在擺在我們面前兩條路,一個就是阿彌陀佛大慈大悲,攝受我們往生極樂世界,另外一條路大概就是無間地獄。這樁事情擺在我們面前,我們選擇哪一條路?選擇西方極樂世界,造的罪業這麼多,怎麼消?只要制心一處,一心專念阿彌陀佛,經上講得很清楚,要相信,不要懷疑,一聲佛號滅八十億劫生死重罪。我們念為什麼消不掉,為什麼?一面念心裡一面在浮躁,就是造業,所以把念佛號的功德抵消掉了。告訴你用清淨心念,你看都攝六根就是一切放下,心裡面只有一句佛號,其他的念頭統統沒有,這個力量就太大了,所謂制心一處,無事不辦,無始以來造的罪業幾天就消掉了。難,難在制心一處;難,難在對於這樁事情甚深的道理沒搞清楚。沒搞清楚就有懷疑,懷疑是非常大的障礙,叫貪瞋痴慢疑,根本煩惱!沒有懷疑的人有福,真的有福報,懷疑的人非常非常困難。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一七集) 2011/3/5 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0317