Jumat, 20 Desember 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Maret 2011 (Bgn 3)


Bagaimana cara untuk menjauhkan bencana? Di dalam Buddha Dharma Mahayana ada tercantum, tetapi manusia tidak percaya. Yang dapat menyelamatkan manusia dari bencana adalah “Sutra Usia Tanpa Batas”, yakni sepatah “Namo Amituofo”.

Andaikata kita serius melafal Amituofo, maka bencana dapat terurai, meskipun tidak bisa terurai secara keseluruhan, namun juga dapat menjadi ringan, waktu berlangsungnya juga akan menyusut jadi lebih singkat. 

Kita berharap supervulkan atau gunung berapi super, jangan sampai meletus. Praktisi pelafal Amituofo itu jumlahnya banyak, kita melafal Amituofo dan melakukan pelimpahan jasa sedemikian rupa, “Semoga gunung berapi di seluruh dunia baik yang berlokasi di daratan maupun di dasar laut jangan sampai meletus”.

Manfaat yang diperoleh diri sendiri sungguh tak terbayangkan, ketika bencana datang tidak usah merasa takut, kantong kulit berisi kotoran ini tidak dihendaki lagi, tiba di Alam Sukhavati.  

Buddha Dharma memberitahukan pada kita bahwa alayavijnana (kesadaran atau roh) manusia takkan mati, hanya saja tubuh fisik yang mati. Tubuh kasar ini bukanlah punyaku, kita hanya memiliki hak guna saja, tidak mempunyai hak milik.

Selama kalpa yang tak terhingga kita berputar di lingkaran enam alam tumimbal lahir, mungkin saja kita pernah terlahir menjadi Raja Dewa, Raja Manusia, atau mungkin saja pernah jatuh menjadi setan kelaparan, makhluk neraka, hewan dan sebagainya, bukankah semua wujud ini telah kita buang dan tidak dihendaki lagi?

Jadi buat apa melekat pada wujud ini, kantong kulit berisi kotoran, kalau melekat maka sudah keliru.

Selama berputar di lingkaran enam alam tumimbal lahir, sudah banyak wujud atau tubuh fisik yang pernah kita pakai dan gonta-ganti, inilah yang disebut sebagai tidak kekal.

Hendaknya mengenali jelas jiwa sejati kita, jangan lagi mendambakan tubuh kasar ini, jangan lagi menciptakan karma jelek.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Maret 2011


  怎樣能救這個災難?大乘佛法有,但是人不相信。能救災難就是這一部《無量壽經》,就是這句六字洪名。如果我們認真去念這句阿彌陀佛,這個災難就能夠化解,不能完全化解也會減輕,時間也會縮短。我們希求地球上這些超級的火山不要爆發。念佛的同學多了,我們念佛就用這個做迴向,「祈求全世界無論是地面、海底這些火山不爆發」。自己得受用不可思議,災難來了不害怕,這個臭皮囊丟掉,不要了,就到極樂世界去了。佛法告訴我們無比的一樁盛事,那就是告訴我們生命是永恆的,你是不生不滅的。身體不是我,身體是我所有,像衣服一樣,它不是我。我們無量劫來在這個六道裡搞輪迴,做過天王,也做過人王,也墮過餓鬼、地獄、畜生,不知道受多少身,這身不都丟掉了嗎?何必執著這個身,執著身錯了。才知道在六道裡頭常常換身體,這叫無常。應該要把真相搞清楚、搞明白,不再留戀,決定不造惡業。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三二0集)  2011/3/12  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0320




 

Terhadap Buddha Amitabha, kita memiliki pengenalan yang terlampau minim. Lihatlah Pangeran Ajatasatru dan 500 orang lainnya ketika mendengar nama Buddha Amitabha langsung membangkitkan perasaan sukacita.

Mereka dapat mengungkapkan keluar mengapa bisa muncul hati sukacita, mengetahui bahwa Buddha Amitabha maha sempurna, yang telah menemukan kembali jiwa sejati (Jiwa KeBuddhaan) nan sempurna.

Kita juga memiliki jiwa sejati nan sempurna ini, hanya saja kita masih belum menemukannya kembali. Kita berharap bisa serupa dengan Buddha Amitaba yang telah berhasil menemukan kembali jiwa sejati nan sempurna tersebut, sudah sepantasnya dan cita-cita ini tidaklah terlampau, merupakan kewajiban kita sebagai praktisi Buddhis.

Buddha Amitabha mengikrarkan 48 tekad agung, setiap butir tekadNya adalah demi memberi manfaat bagi semua makhluk, tidak ada sebutir tekad pun demi diri sendiri. Seluruhnya ditujukan demi kepentingan semua makhluk. Mengapa demikian?

Oleh karena Buddha Amitabha mengetahui bahwa semua makhluk dan diri sendiri merupakan satu kesatuan. Dengan perkataan lain, mewujudkan keberhasilan bagi makhluk lainnya barulah mewujudkan keberhasilan bagi diri sendiri, memberi manfaat bagi orang lain barulah memberi manfaat bagi diri sendiri, maka itu sudah sepantasnya mengerahkan segenap tenaga dan pikiran demi mengabdi bagi semua makhluk.

Pangeran Ajatasatru dan 500 orang lainnya bersukacita karena mendengar nama Buddha Amitabha, juga sekaligus bersukacita pada jalinan jodoh diri sendiri yang dapat bersua dengan Ajaran Sukhavati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Maret 2011

Artikel terkait baca juga :
Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas Bab 10


我們對阿彌陀佛認識太少太少了。你看阿闍王子他們聽到生歡喜心,人家能說得出來為什麼生歡喜心,知道阿彌陀佛究竟圓滿,證得究竟圓滿的自性。我們都有,我們迷了,沒證得。我們希望像阿彌陀佛一樣證得究竟圓滿的性德,這是應該的,這個不過分,這是我們學佛人本分的事情。他能夠發四十八願,願願都是為了利益眾生,沒有一願是為自利的,全是為眾生著想。為什麼?他知道眾生跟自己是一體,不是二體,換句話說,照顧眾生才是真正照顧自己,利益眾生才真正利益自己,真正做到了全心全力為眾生服務。

王子這些人為阿彌陀佛歡喜,也為自己這個緣分歡喜。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三二0集)  2011/3/12  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0320




 

Hari ini kita telah bersua dengan Ajaran Sukhavati, bertemu dengan Sutra Usia Tanpa Batas, berjumpa dengan Penjelasan Sutra karya Upasaka Huang Nian-zu, sehingga terhadap Alam Sukhavati, terhadap Buddha Amitabha, kita memiliki pengenalan yang selangkah lebih maju.

Meskipun demikian, kita harus terus mengejar kemajuan tersebut, mengapa demikian? Kita masih belum sanggup mewujudkan 24 jam melafal Amituofo. Ini adalah target kita, semoga dapat diwujudkan dalam kurun waktu dua tahun ini, jangan lagi mengulur waktu, takutnya tidak ada waktu lagi.

Di dunia ini, tempat manakah yang paling bagus dan ideal? Di tempat mana anda bersedia melafal Amituofo maka tempat tersebut adalah yang paling bagus dan ideal.

Seorang praktisi pelafal Amituofo sejati, maka setiap tempat baginya adalah tempat yang bagus dan ideal, tidak usah memilih-milih. Asalkan di hatimu ada Buddha Amitabha, maka Buddha Amitabha akan berada bersamamu, Dewa, Naga dan para Dewa bajik lainnya akan melindungimu.

Kebenaran ini mesti dipahami dengan jelas dan dimengerti. Pertama-tama kita harus terselamatkan dulu, membangkitkan perasaan sukacita! Barulah kemudian kita pergi menyelamatkan insan yang berjodoh.

Apa yang dimaksud dengan insan yang berjodoh? Setelah mendengar Ajaran Sukhavati dia membangkitkan perasaan sukacita, setelah mendengar, dia menerima, meyakini dan mengamalkan dengan serius, inilah yang disebut dengan insan yang berjodoh.

Jika sebaliknya setelah mendengar Ajaran Sukhavati, dia menfitnah, menolak, orang begini juga boleh dikatakan sebagai berjodoh, namun sayangnya dalam satu masa kehidupan ini jodoh tersebut tidak bisa masak, pada masa kelahiran mendatang, barulah jodohnya bisa masak.

Maka itu terhadap insan yang berjodoh, kita menghormatinya, sama halnya pula terhadap insan yang tidak berjodoh, kita juga menghormatinya, jangan sampai ada perbedaan.

Memiliki sikap hormat, memberi persembahan, saling mendukung, saling bekerja sama, sanggup melakukan berapa banyak yah sesuaikan dengan kemampuan yang ada, inilah yang disebut sebagai jasa kebajikan sempurna.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Maret 2011

Catatan :
Meskipun target kita adalah melafal Amituofo 24 jam, tetapi tidak boleh dipaksakan, biarkan segala sesuatu berjalan secara alami, sanggup melafal berapa yah berapa saja, jangan dipaksakan.


王子這些人為阿彌陀佛歡喜,也為自己這個緣分歡喜。我們今天遇到了,遇到這部經典,遇到黃老居士這樣詳細的註解,我們對西方極樂世界、對阿彌陀佛的認知又提升了一層。還要不斷提升,為什麼?我們還沒有做到二十四小時一分一秒沒有離開阿彌陀佛。這是我們的目標,這個目標希望在這兩年當中完成,不能再等,恐怕沒有時間等。世界上哪個地方好?哪個地方你肯念佛哪個地方就好。真正念佛人,那地方就是好地方,不要去選擇。你心裡有佛,阿彌陀佛就在此地,龍天善神他就擁護你,他就保佑你。這個理事我們都要清楚、都要明瞭。首先我們自己得度了,歡喜!然後我們再幫助有緣人。什麼叫有緣人?他聽了生歡喜心,聽了能接受,聽了真幹,這就是有緣人。他聽了不喜歡,聽了毀謗,聽了排斥,還是有緣人,緣這一生不成熟,來生後世會成熟。所以一切恭敬,有緣的人我們對他恭敬,沒有緣的人對他也恭敬,決定沒有差別。恭敬、供養、照顧、互助合作,能做多少就要做多少,這叫圓滿功德。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三二0集)  2011/3/12  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0320