Selasa, 19 November 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Maret 2011 (Bgn 8)


Andaikata anda benar-benar telah mengenal Alam Sukhavati, maka anda pasti membulatkan tekad terlahir ke sana, lebih dini lebih bagus, buat apa merana di sini?

Tetapi masalahnya, mengapa kita tidak sanggup membangkitkan ketulusan hati sepenuhnya untuk terlahir ke Alam Sukhavati? Oleh karena pengenalan yang masih belum cukup, tidak memahami secara benar, jika sudah memahaminya, barulah kita dapat membangkitkan ketulusan sepenuhnya guna terlahir di sana.

Setelah memahami dengan jelas dan dimengerti dengan benar, kini kita menjalani sisa hidup ini di dunia, apa tujuannya? Pastinya demi orang-orang yang berjodoh dengan diri kita, kita mesti mengulurkan tangan buat membantu mereka supaya tercerahkan, membawa lebih banyak para makhluk terlahir ke Alam Sukhavati.

Andaikata jalinan jodoh kita di dunia ini sudah selesai, kalau tidak berjodoh lagi, namun anda bersikukuh, muncul dan berceramah di atas podium, tidak ada orang yang berminat pada ceramahmu, tidak ada yang tertarik lagi, malah sudah tidak disukai lagi, hal ini berarti jalinan jodohmu di dunia ini telah usai, maka kita sudah boleh angkat kaki dari dunia ini.

Di tempat mana kita berjodoh maka ke sanalah kita menuju, kalau di dunia ini tidak ada lagi tempat yang berjodoh, maka sudah boleh angkat kaki, supaya para makhluk merasa bersukacita dengan kepergian diri kita.

Orang-orang yang belum tercerahkan ini, yang terlena dan tenggelam dalam tujuh perasaan emosional (suka, marah, sedih, senang, sayang, benci, nafsu keinginan) dan lima nafsu keinginan (harta, rupa, popularitas, makanan, tidur),  yang hanyut oleh keserakahan, kebencian, kedunguan, kesombongan, yang tidak sadar-sadar juga, maka biarkan saja apa maunya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Maret 2011


你要真正了解這個世界,你能不去嗎?趕快去,愈早愈好,何必在這個世界受罪?求生極樂世界的心還不切,原因是對極樂世界不認識、不了解,真正認識、了解了,你就會想到要趕快去。認識清楚、搞明白了,還想在這個世間逗留幾天,那是為什麼?肯定還有一些有緣人,這些有緣人要幫助他,要帶他一起去。如果這個世間沒有緣,沒緣就是你示現、你講演,他不喜歡聽,他不喜歡看,他討厭你,你在這個世界沒緣了,沒緣就趕快走。哪裡有緣哪裡去,沒緣就走路,令一切眾生生歡喜心。這些還沒覺悟的人,迷戀在七情五欲,迷戀在貪瞋痴慢,醒不過來,就隨他去。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一0集)  2011/3/1  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0310

 


 

Di tempat mana kita berjodoh maka ke sanalah kita menuju, kalau di dunia ini tidak ada lagi tempat yang berjodoh, maka sudah boleh angkat kaki, supaya para makhluk merasa bersukacita dengan kepergian diri kita.

Orang-orang yang belum tercerahkan ini, yang terlena dan tenggelam dalam tujuh perasaan emosional (suka, marah, sedih, senang, sayang, benci, nafsu keinginan) dan lima nafsu keinginan (harta, rupa, popularitas, makanan, tidur),  yang hanyut oleh keserakahan, kebencian, kedunguan, kesombongan, yang tidak sadar-sadar juga, maka biarkan saja apa maunya.

Mereka tidak menyukai kehadiran Buddha dan Bodhisattva, membenci Buddha dan Bodhisattva, maka Buddha dan Bodhisattva takkan datang lagi, Buddha dan Bodhisattva akan beranjak pergi.

Sampai pada suatu hari nanti, para makhluk sudah kenyang makan siksaan, tidak sudi merana lagi, barulah mereka akan teringat pada Buddha dan Bodhisattva, maka Buddha dan Bodhisattva segera datang menyelamatkan mereka.

Di dalam pintu Buddha, semua permohonan pasti terkabul, Buddha pun datang ke dunia, ketika anda memohon kehadiranNya, Buddha dan Bodhisattva segera meresponnya.

Manusia di dunia ini bisa mendendam, setiap kelahiran demi kelahiran saling balas membalas tiada usainya, Buddha dan Bodhisattva takkan memiliki niat pikiran sedemikian rupa.  

Hati yang menaruh dendam itu tidak suci, sedangkan Hati Buddha dan Bodhisattva tak ternoda sama sekali, takkan ada budi dan dendam, mengapa demikian? Oleh karena merupakan satu kesatuan. 

Namun demi membimbing para makhluk, Buddha dan Bodhisattva muncul di dunia pasti akan memperagakan membalas budi, untuk diperlihatkan kepada dirimu, supaya jangan menaruh dendam, yang juga sengaja diperlihatkan kepada dirimu.

Membimbing para praktisi pemula, membimbing para makhluk di enam alam tumimbal lahir, harus menggunakan cara sedemikian rupa. Dia (para makhluk) tidak berdaya keluar dari enam alam tumimbal lahir, ini bukanlah karena ketidaksanggupan Buddha dan Bodhisattva, tetapi oleh karena anda sendiri yang “tak sudi”.

Apakah seseorang itu dapat keluar dari enam alam tumimbal lahir, apakah bisa berhasil atau tidak terlahir ke Alam Sukhavati, apakah bisa berhasil mencapai KeBuddhaan atau tidak, semuanya ini terpulang kembali pada dirimu sendiri.

Apabila anda memang punya niat, benar-benar punya tekad begini, Buddha pasti akan membantumu, menyampaikan Dharma (kebenaran)  padamu, mengajarkan padamu metode pelatihan diri, anda melatih diri menuruti metode yang disampaikan, maka anda bisa meraih keberhasilan.

Dia (Buddha) tidak berdaya mewakili dirimu melatih diri, anda sedang menderita, Dia juga tak berdaya mewakilimu menjalani penderitaan, anda sedang berbahagia, Dia juga tak berdaya mewakilimu menikmati kebahagiaan, ini adalah fakta sesungguhnya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Maret 2011


  他們不喜歡佛菩薩,討厭佛菩薩,佛菩薩不來了,佛菩薩離開了。到哪一天受苦受難受夠了,不想再受了,再想佛菩薩,佛菩薩就來了。佛氏門中有求必應,他就來了,你有求他的時候就有感,佛菩薩就有應。世間人會記仇,冤冤相報,佛菩薩沒有這個念頭。記仇心就不清淨,佛菩薩的心一塵不染,恩怨都沒有。恩怨都沒有,為什麼?一體。但是為教化眾生,佛菩薩的示現一定表演報恩,做給你看,不計怨恨,也表演給你看。教初學、教六道眾生,得用這個方法。他出不了六道,不是佛菩薩沒能力,是你自己不願意。能不能出六道,能不能往生,能不能成佛,完全在你自己。你真有這個心,真有這個願,他幫你忙,他把這個道理講給你聽,方法教給你,你依照方法做就行了,他沒有辦法代你做,你有苦,他不能代你受苦,你有樂,他也不能代你享樂。這都是事實真相,不能不知道。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一0集)  2011/3/1  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0310

 


 

Lihatlah segala kewibawaan yang ada di Alam Sukhavati,  bagaimana semua kewibawaan ini terwujud? 48 tekad agung yang diikrarkan oleh Bhiksu Dharmakara telah mewujudkan segala kewibawaan terunggul yang tiada taranya. 

Buddha Amitabha mewujudkan Alam Sukhavati, meskipun di Alam Sukhavati terdapat benda berwujud, namun segala sesuatu di sana takkan mengalami perubahan. Makanya mengapa Alam Sukhavati disebut sebagai Alam Dharma Tunggal Sejati, berbeda dengan Sepuluh Alam Dharma (Dasa Dharmadhatu), Dasa Dharmadhatu adalah khayalan semu, sedangkan Alam Sukhavati disebut sebagai Tunggal Sejati.

Para makhluk yang terlahir ke Alam Sukhavati meskipun membawa serta Alayavijnana-nya, tetapi sesampainya di Alam Sukhavati, Alayavijnana ini tidak bisa efektif, lama kelamaan jadi pupus sudah, akhirnya nihil, tabiat yang dipelihara sejak kalpa tanpa awal, dengan sendirinya lenyap.

Bagaimana cara yang digunakan di Alam Sukhavati? Yakni dengan pengajaran, Buddha Amitabha setiap hari membabarkan Dharma tanpa terputus, sampai di Alam Sukhavati, sepanjang tahun anda mesti bersekolah, Buddha Amitabha membabarkan Dharma kepada dirimu, setelah anda memahaminya lalu tercerahkan, makanya selamanya anda takkan merasa jenuh mendengar pembabaran DharmaNya, benar-benar merupakan “Mengajar tak kenal lelah, belajar tak kenal jenuh”.

Selama menjalani proses belajar, tiap hari anda mencapai pencerahan, dari menimbun pencerahan kecil akhirnya menjadi pencerahan besar, dari menimbun pencerahan besar menjadi penerangan sempurna.

Sebelum mencapai penerangan sempurna, secara keseluruhan masih mengandalkan kekuatan pemberkatan tekad agung Buddha Amitabha, sehingga dengan statusmu yang masih belum menghapus kekotoran batin, yang membawa serta karma terlahir ke Alam Sukhavati, dapat menikmati fasilitas istimewa yang setara dengan Bodhisattva Avaivartika. Keistimewaan ini hanya ada di Alam Sukhavati saja.

Maka itu dikatakan bahwa praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati, semuanya menjadi Bodhisattva Avaivartika, Bodhisattva Avaivartika merupakan Bodhisattva Dharmakaya (Calon Buddha).

Jadi meskipun anda terlahir pada tingkatan Tanah Suci yang paling rendah, namun anda juga bisa memiliki kebijaksanaan, kemampuan gaib, kemampuan untuk menyerap ajaran, yang serupa dengan Bodhisattva Dharmakaya.

Maka itu mengapa disebut sebagai Alam Sukhavati? Sukacita, tiada sehari pun yang tidak bersukacita, tiap hari mencapai kemajuan batin, tiada sesaat pun tidak bersukacita, makanya disebut sebagai Alam Sukhavati.

Sukacita ini mengalir keluar dari dalam jiwa sejati, bukanlah karena menikmati kehidupan materialistis, namun merupakan pencerahan batiniah.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Maret 2011

Empat tingkatan Tanah Suci di Alam Sukhavati :


你看看極樂世界的莊嚴,它這個莊嚴怎麼成就的?前面我們讀過,法藏菩薩四十八願成就的,無比的殊勝莊嚴。阿彌陀佛建立極樂世界,為什麼?不是為自己享受,自己的享受在常寂光裡頭,沒有任何形相,極樂世界有形相,它沒有變化。所以這個法界叫一真,跟十法界不一樣,十法界是虛妄的,這叫一真。唯一真實,從自性所生所現,這裡頭沒有阿賴耶。往生的人,所以帶業,帶業就是有阿賴耶,但是到西方極樂世界它不起作用,時間久了自自然然就淘汰,不起作用了,時間久的時候自然就沒有了,我們講無始無明的習氣自然淘汰了。

  極樂世界用什麼方法?教學,阿彌陀佛每天教學不間斷,到那個地方是常年的去學習,佛講經說法你真聽懂了,你真有悟處,所以永遠聽不厭,真正是所謂教不倦、學不厭。你在學習的過程當中天天有悟處,積小悟就成大悟,積大悟就大徹大悟。沒大徹大悟之前,真的是靠阿彌陀佛本願加持,讓你以沒有斷煩惱的身,帶業去往生的身,享受阿惟越致菩薩的待遇,這是十方世界沒有的,只有極樂世界一個地方有。所以說一往生的人,皆作阿惟越致菩薩,阿惟越致菩薩是實報土裡面的菩薩,實報莊嚴土,也就是法身菩薩。同居土、方便土沒證法身,但是到西方極樂世界,有法身菩薩同樣的待遇,你的智慧、神通、道力,聽經接受教導的能力,都像法身菩薩一樣。所以為什麼叫極樂?歡喜,沒有一天你不歡喜,天天在進步,沒有一時不歡喜,所以叫極樂世界。這個歡喜是從自性裡流出來的,不是得到物質上外面的享受,不是的,內在的覺悟。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一0集)  2011/3/1  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0310