Mari
kita lihat kalimat berikutnya, “Di alam saha sekarang juga terdapat istilah
tempat kediaman orang awam dan insan suci, tetapi tempat kediaman di alam saha
ini penuh dengan kekeruhan dan kejahatan, penuh dengan ketidaksucian, puing-puing,
duri, bukit dan jalanan berliku-liku, beginilah yang dimaksud dengan tempat
kediaman orang awam dan insan suci di tanah keruh”.
Ini
membahas tempat kediaman orang awam dan insan suci di Planet Bumi ini,
sementara itu di Alam Sukhavati, tanah suci tingkatan paling rendah adalah
Tanah Suci tempat kediaman orang awam dan insan suci, lantas apakah kedua
tempat ini adalah sama? Tidak sama. Mengapa demikian? Penghuni-nya tidak sama.
Kita
tahu bahwa di dalam ajaran sutra Mahayana, Buddha Sakyamuni membabarkan bahwa “Lingkungan
berubah menuruti perubahan hati”, praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati,
meskipun membawa serta tabiat jeleknya tetapi di sana tidak ada jalinan jodoh buruk,
dia tidak punya kesempatan untuk berbuat jahat, mengapa demikian? Jika kita
dapat memahami kebenaran ini, maka segala permasalahan dapat teratasi.
Di
Alam Sukhavati, Buddha Amitabha setiap hari membabarkan Dharma, membimbing
setiap penduduk Alam Sukhavati, orang bajik adalah hasil dari didikan yang
baik, demikian pula insan suci dan bijak juga dihasilkan dari pendidikan yang
bajik, Buddha dan Bodhisattva juga sama.
Di
Alam Sukhavati, banyak tenaga pengajarnya, para Buddha dan Bodhisattva setiap
hari membimbing para penduduk supaya menjadi insan bajik!
Lantas
bagaimana dengan di Planet Bumi ini?
Sejak
teknologi berkembang pesat, manusia tidak percaya pada ajaran insan suci dan
bijak, juga tidak percaya lagi pada ajaran agama, manusia belajar jadi jahat,
siapa yang mengajarinya?
Siaran
televisi yang mengajarinya, jaringan internet yang mengajarinya, tiap hari
mengajarimu kekerasan, asusila, membunuh, mencuri, berzina, berdusta.
Hari
ini manusia telah menerima pengaruh yang besar dari siaran televisi dan dunia
maya. Terutama hari ini menggalakkan kebebasan bersuara, kebebasan publikasi
dan hak asasi manusia, maka problema pun bermunculan, materi yang bajik sudah
tidak ada lagi, sedangkan konten negatif membanjiri masyarakat.
Makanya
masyarakat jadi kacau, begitu masyarakat bergolak, maka lingkungan pun mulai
berubah, bencana menyerang bertubi-tubi.
Di
Alam Sukhavati tidak pernah terdengar ada bencana gempa, juga tidak pernah
terdengar ada gunung meletus, juga tidak pernah terdengar ada bencana banjir,
bencana apapun tidak pernah terdengar. Mengapa demikian?
Segala
bentuk bencana, “Surangama Sutra” menyimpulkan dengan sangat bagus, ketamakan
mengundang bencana air.
Kebencian
mengundang bencana gunung meletus, bencana api (kebakaran), bencana kekeringan
juga termasuk di dalamnya; sekarang suhu Bumi terus mengalami peningkatan, juga
disebabkan oleh kebencian.
Kedunguan
mendatangkan bencana angin; keangkuhan mengundang bencana gempa.
Maka
itu karma apa yang diperbuat akan mengundang akibatnya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 3 Maret 2011
Empat tingkatan Tanah Suci di Alam
Sukhavati :
我們再看底下的文,「今娑婆世界亦名凡聖同居,但此土濁重多惡,不淨充滿,荊棘瓦礫,丘陵坑坎,是乃同居穢土」。這是講我們現前住的是凡聖同居土,極樂世界也有凡聖同居土,跟我們這一樣嗎?不一樣。為什麼?居民不一樣。我們知道,佛在大乘經教裡告訴我們「境隨心轉」,往生到西方極樂世界的人,雖然還帶著有惡的習氣過去,但是那裡沒有惡緣,他不造惡業了,為什麼?我們能把這些道理想通,問題馬上解決。阿彌陀佛在那裡教得好,人是教得好的,好人是教出來的,聖賢是教出來的,佛菩薩也是教出來的。極樂世界那麼多佛菩薩天天在教,把人都教好!我們這個世界呢?科學技術發達之後,大家不相信聖賢,也不相信宗教,人都教壞了,誰教?電視在教、網路在教,天天教你暴力、色情、殺盜淫妄。我們今天這個世界的世人是接受了電視的教育、網路的教育。尤其現在提倡言論自由、出版自由,提倡人權,問題就出來了,好的東西沒有了,壞的東西充斥整個社會。所以社會亂了,社會一亂,依報也就轉了,地球災難頻繁。沒聽說西方極樂世界發生地震,沒聽說西方世界有火山爆發,沒聽說西方世界哪個地方淹水,什麼災難都沒聽說過。為什麼?這些災難,《楞嚴經》上講得好,貪婪感得的是水災;瞋恚感得的是火山爆發,火災、乾旱都屬於這個,地球現在溫度不斷上升也是這個,這瞋恚造成的。愚痴是風災,傲慢是地震,所以他造的是這些業,業感來的。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一四集) 2011/3/3 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0314
Meskipun para
makhluk membawa serta kekotoran batin dan tabiatnya terlahir ke Alam Sukhavati,
namun setibanya di sana, mereka tidak punya kesempatan untuk menciptakan karma
buruk, tiap hari anda berinteraksi dengan para Buddha dan Bodhisattva, semuanya
merupakan insan berkebajikan tertinggi, bahkan peluang untuk membangkitkan
sebersit niat buruk pun takkan ada sama sekali, apalagi ingin berbuat jahat?
Walaupun
kita memiliki rintangan karma dan tabiat yang berat, Buddha Sakyamuni
mengajarkan pada kita untuk menggunakan sepatah Amituofo, meredam seluruh
rintangan karma dan tabiat, dengan demikian dapat terlahir ke Alam Sukhavati.
Tidak
perlu melenyapkan kekotoran batin hingga tuntas, yang penting harus mampu
meredamnya, mengendalikannya, dengan cara apa? Di dalam hatiku cuma ada lafalan
Amituofo.
Praktisi
sejati cuma mengandalkan satu judul sutra yakni “Sutra Usia Tanpa Batas” atau
Amitabha Sutra juga boleh dan sepatah Amituofo, selain ini, apapun tidak
dihendaki lagi.
Dalam
kurun waktu 2-3 tahun jika sudah berhasil meredam atau mengendalikan kekotoran batin
dan tabiat, hal ini dapat diketahui oleh Buddha Amitabha, Buddha pun datang
menjemput dirimu, anda dapat bersua dengan Buddha Amitabha, anda berhasil
terlahir ke Alam Sukhavati.
Ada pula
praktisi yang telah berhasil dan masih memiliki sisa usia, namun tidak
dihendaki lagi, sekarang juga ingin mengikuti Buddha Amitabha, Buddha pun
datang menjemput dirinya.
Kita
mesti berterimakasih pada Buddha Amitabha, Buddha Amitabha memiliki budi
kebajikan besar terhadap diri kita. Sejak kalpa tanpa awal di semesta alam ini,
orang yang memiliki budi kebajikan terbesar pada diri kita, yang paling utama
adalah Buddha Amitabha, kita harus tahu berterima kasih, ingat budi balas budi.
Bagaimana
cara kita membalas budi Buddha Amitabha? Buddha Amitabha berharap kita berhasil
terlahir ke Alam Sukhavati, setibanya di sana dapat melatih diri mencapai
KeBuddhaan.
Asalkan
kita memiliki niat ke sana, maka ini adalah balas budi. Alam Sukhavati memang
didirikan buat kita, para Buddha Tathagata yang begitu banyak jumlahnya
merupakan Guru terbaik, Buddha Amitabha mengundang Mereka untuk datang membimbingku.
Saya
terlahir ke Alam Sukhavati guna mewujudkan tekad Buddha Amitabha, Beliau telah
menyelamatkan diriku, mana boleh saya mengecewakan diriNya?
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 3 Maret 2011
西方世界人雖然帶著煩惱習氣,不造業了,你天天接觸的,跟你在一起都是諸佛菩薩,都是諸上善人,連起一個壞念頭的機會都沒有,何況有行為?我們雖然業障習氣重,佛教導我們用一句阿彌陀佛,把所有的業障習氣伏下去、壓下去,就能往生。不要斷煩惱,只把煩惱控制住,用什麼方法?我心裡只有阿彌陀佛。真正修行的人,一部《無量壽經》,一句阿彌陀佛,或者是一部《彌陀經》都行,什麼都不要了。二、三年就能把它控制住,煩惱習氣這一控制,這個信息阿彌陀佛就知道,他就來接引你了,你就能見到佛,你能見到極樂世界。還有壽命不要了,我現在就想去了,阿彌陀佛就來接引你,真的不是假的。我們得感激阿彌陀佛,阿彌陀佛對我們真是大恩大德。無始劫來遍法界虛空界對我們最大恩德的人,第一個人就是阿彌陀佛,要知道感恩,知恩報恩。怎麼報恩?他希望我們去,到極樂世界去學習。我們真正肯去就是報恩,極樂世界是為我建設的,諸佛如來這麼多好老師,是他為我聘請的。我到那邊去滿他老人家的願,他度了我,你還能不去嗎?
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一四集) 2011/3/3 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0314