Rabu, 23 Oktober 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Februari 2011 (Bgn 6)


Kemerosotan budaya warisan leluhur dimulai dari era Ibu Suri Cixi. Dia tidak menghormati ajaran insan suci dan bijak zaman dulu. Yang namanya bawahan pasti meniru atasannya, sehingga seluruh pejabat kekaisaran juga ikut-ikutan tidak menghormati ajaran insan suci dan bijak, rakyat yang tidak mengerti juga ikut meniru, mungkin inilah penyebab bermulanya keterpurukan.

Jarak waktu antara Ibu Suri Cixi dengan kita adalah seabad lebih. Setelah runtuhnya Dinasti Qing, tidak ada lagi orang yang membahas tentang budaya warisan leluhur, lantas apa yang mereka galakkan? Yakni Gerakan 54.

Gerakan 54 atau Gerakan 4 Mei 1919 adalah menggalakkan kebudayaan baru, bermaksud merobohkan ajaran Konfusius, tidak mengakui budaya warisan leluhur.

Kekacauan yang terjadi di dalam masyarakat hari ini, apakah mereka tidak ikut bertanggung jawab? Budaya warisan leluhur tidak dapat bangkit kembali, maka masyarakat ini selamanya takkan bisa harmonis, bahkan ada kekhawatiran akan runtuhnya negara.

Negara sendiri sudah tidak dihendaki lagi, dia berniat kabur ke negara lain, apakah mungkin? Orang yang tidak belajar Ajaran Buddha tidak mengetahuinya, tetapi bagi insan yang belajar Ajaran Buddha pasti tahu bahwa dia tidak bisa lolos dari Hukum Karma.

Anda menciptakan karma buruk yang sedemikian beratnya, tak peduli anda kabur ke manapun juga tidak bisa bertahan hidup, Hukum Sebab Akibat tidak pernah meleset.

Kalimat pertama dari “Risalah Balasan dan Ganjaran yang Setimpal” mengungkapkan dengan jelas, “Balasan dari perbuatan baik dan jahat, bagaikan bayangan yang mengikuti diri”, mengikuti dirimu, anda takkan memiliki tempat untuk meloloskan diri.

Jika tidak menginginkan balasan yang tidak menyenangkan, maka janganlah berbuat jahat.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Februari 2011


中國文化之衰,起源應該是慈禧太后,慈禧太后對於古聖先賢不尊重。上行下效,國家領導人不尊重,下面各個人就馬虎了,這個衰的起因應該在此地。慈禧太后距離我們現在一百多年。清朝亡國之後,不再提傳統文化了,要搞什麼?五四運動,搞新文化,打倒孔家店,否定中國傳統文化。今天社會的動亂,這些人要不要負責任?中國文化不復興,這個社會永遠不會和平,而且真的有亡國滅種之憂。國家不要了,我跑到外國去,能逃得掉嗎?不學佛的人不知道,學佛的人知道因果跑不掉,你造的這麼重的罪業,無論到哪個地方你都活不了,業因果報絲毫不爽。《太上感應篇》頭一句說,說得很清楚、很明白,「善惡之報,如影隨形」,跟著你,你沒地方可逃。要想不受惡報,就不能造惡業。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二九三集)  2011/2/20  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0293


 

 

Guru Sesepuh Aliran Sukhavati yang ke-13, Master Yin Guang berkata, “Dengan membangkitkan satu bagian ketulusan dan rasa hormat memperoleh satu bagian manfaat; dengan membangkitkan sepuluh bagian ketulusan dan rasa hormat memperoleh sepuluh bagian manfaat”.

Bila tidak punya rasa hormat dan ketulusan, maka manfaat apapun takkan bisa anda peroleh, mendengar penjelasan secara lisan, anda tidak sanggup memahaminya, demikian pula membaca penjelasan secara tulisan, anda juga tidak mampu memahaminya.

Sebaliknya insan yang memiliki rasa hormat dan ketulusan, ketika mendengar ceramah maupun membaca sutra, dia dapat memahami makna yang tersirat, umumnya kita katakan sebagai pencerahan.

Lantas bagaimana caranya supaya dapat tercerahkan? Maka harus memiliki hati yang suci, hati yang suci adalah hati yang tulus. Lihatlah Tuan Zeng Guofan (1811-1872), seorang pejabat Dinasti Qing, dalam catatan belajarnya menulis definisi “ketulusan” adalah “Sebersit niat pikiran tidak timbul disebut sebagai ketulusan”.

Ucapan Tuan Zeng Guofan serupa dengan apa yang dijelaskan dalam Buddha Dharma, tidak timbul niat pikiran, tidak membeda-bedakan dan tidak melekat, inilah yang disebut dengan ketulusan.

Bentuk-bentuk pikiran yang bermunculan, pikiran yang mengkhayal, mana ada ketulusan di dalamnya? Kalau ketulusan sudah tidak ada, mana ada manfaat yang bisa dipetik?

Maka itu pencerahan harus berasal dari samadhi (konsentrasi), samadhi adalah hati yang suci. Hal ini berkaitan dengan menfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan untuk jangka panjang.

Menfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan untuk jangka panjang, inilah yang disebut dengan samadhi, dengan tercapainya samadhi maka terbukalah kebijaksanaan.  

Oleh karena kebijaksanaan telah terbuka, maka begitu mendengar ceramah atau membaca sutra, langsung bisa memahaminya. Setelah berhasil menguasai satu judul sutra, maka semua judul sutra bisa dipahami dengan sendirinya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Februari 2011

    
印祖說,一分真誠恭敬你能體會一分,二分真誠恭敬你能體會二分,十分真誠恭敬你能體會十分。沒有真誠恭敬你什麼都體會不到,你在言語裡頭聽不懂,你在文字上也看不懂;有真誠恭敬心,才能聽到言外之音,這就是我們一般人講的悟處。讀誦、聽教,沒有悟處那都不算數。怎樣才有悟處?那一定要清淨心,清淨心就是誠心。你看曾國藩先生在讀書筆記裡頭跟「誠」下了個定義,什麼是誠?「一念不生是謂誠」,這是曾國藩先生講的,跟佛法講的完全相同,不起心不動念、不分別不執著這叫誠。起心動念,胡思亂想,這哪叫誠?誠意沒有了,你什麼都得不到。所以,悟一定是從三昧來的,三昧就是清淨心。這就講到一門深入、長時薰修,一門深入是戒,長時薰修是定,定能開慧。智慧開了,所以一聞千悟,那叫會了,一經通一切經都通了,那叫會了,你真會了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二九三集)  2011/2/20  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0293

 


 

Kesalahan yang kita perbuat bersumber dari hati dan pikiran, yang juga berarti pola pikir kita sudah salah, cara pandang kita juga sudah salah. Oleh karena pikiran kita sudah salah, lalu pandangan kita juga sudah salah, barulah menyebabkan ucapan dan tindakan kita juga ikut salah. Kita telah berbuat salah. Oleh karena telah berbuat salah, maka mengundang akibat yang buruk, inilah yang disebut sebagai balasan.

Hari ini kita hidup dalam dunia yang penuh dengan kesengsaraan, bencana menyerang bertubi-tubi, baik bencana alam maupun bencana akibat ulah manusia. Kita harus memahami sumber penyebabnya, yakni berasal dari niat pikiran buruk kita, ucapan buruk kita dan perbuatan buruk kita.

Para ilmuwan memperingatkan diri kita, hari ini masyarakat menghadapi berbagai permasalahan komplit (komplet) dan ancaman krisis, baik krisis moneter, krisis pangan, krisis sumber daya alam, krisis air bersih dan sebagainya, segala problema ini, sumber penyebabnya berasal dari mana? Yakni cara pikir kita yang salah, ucapan kita yang salah dan tindakan kita yang salah. Jadi bukanlah alam yang tidak berbelas kasih pada diri kita!

Yang paling mengerikan adalah ancaman krisis pangan dan krisis air bersih, ketika kehidupan manusia sampai pada tahapan tidak ada lagi bahan makanan yang bisa dimakan, tidak ada lagi air bersih yang bisa diminum, apa yang akan terjadi?

Para ilmuwan berulang kali memperingatkan kita bahwa permukaan tanah sudah tercemar. Selain tercemar oleh pestisida dan pupuk kimia, masih ada limbah buangan industri, di dalamnya terdapat terlampau banyak jenis materi yang membahayakan.

Materi ini meracuni permukaan tanah, sehingga tanaman pangan yang tumbuh juga ikut tercemar olehnya. Bila dikonsumsi untuk jangka waktu berkepanjangan, maka akan muncul penyakit langka dan aneh-aneh, yang hingga sekarang tidak ada obatnya.

Saya membaca di sebuah artikel terdapat sejenis penyakit dimana pasien menderita sakit tulang di sekujur tubuhnya, malam hari tidak bisa tidur, ketika diperiksa ke dokter, tidak ditemukan penyebabnya, akhirnya memeriksa makanan-nya, barulah ditemukan sumber penyebab penyakit. Butiran beras yang biasa dikonsumsinya dibawa ke laboratorium, barulah ditemukan sumber penyakitnya.

Sayuran dan buah mengandung pestisida, makanya permukaan tanah telah teracuni, bahan pangan yang tumbuh di atasnya, semuanya jadi ikut mengandung racun.

Hal ini serupa dengan kalimat yang tercantum di dalam “Sutra Usia Tanpa Batas” sebagai “Meminum sengsara dan memakan racun”, beginilah fenomena dalam kehidupan masyarakat masa kini, apa yang disampaikan oleh Buddha Sakyamuni nyata adanya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Februari 2011

「如《淨影疏》云:無有虛偽諂曲之心,明離心過。」過失的根源是心的過失,也就是說,我們想錯了、我們看錯了,因為思想上錯誤、看法錯誤,才導致我們的言語行為的過失,我們做錯了。這些錯誤感得的就是惡報,就是苦報。我們今天生活在這個世間之苦,天災人禍的苦,苦的根源必須要曉得,是我們自己錯誤的心理、錯誤的言行所感召得來的,包括現在人所講的自然災害,不例外。科學家常常提醒我們,今天世界的社會擺在面前很多危機,一觸即發,金融危機、糧食危機、能源危機、水資源的危機,從哪裡來的?是我們錯誤思想、言行造出來的,不是這個地球上本來有的。最可怕的是糧食危機跟水資源的危機,人到了沒東西吃,沒有水喝了,怎麼辦?會發生嗎?科學家不斷在給我們提醒,因為大地被染污了。除了大家熟知的農藥化肥以外,還有工業排出的一些廢料,裡面有很多對人體有嚴重傷害的物質,太多種了。這些東西散布在大地,長出來的糧食裡面含著有,稻米。長期吃這種糧食,就得很多奇奇怪怪的病,這些病現在沒有醫藥治療。我看到一篇報導叫「痛痛病」,全身骨頭痛,夜晚不能睡覺,檢查找不到病因,最後檢查飲食,拿稻米去化驗,發現了。蔬菜裡有農藥。所以土地被毒壞了,生長出來五榖雜糧統統帶著毒素,《無量壽經》講的「飲苦食毒」,在今天的社會,佛講得一點都不錯,我們確實是飲苦食毒。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二九三集)  2011/2/20  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0293