Minggu, 22 Desember 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Maret 2011 (Bgn 4)


Lihatlah betapa praktis dan mudahnya metode ini, cuma melafal enam aksara saja yakni Na-Mo-A-Mi-Tuo-Fo. Asalkan anda bersedia melafalnya! Praktisi sejati adalah seperti yang dikatakan oleh Bodhisattva Mahasthamaprapta sebagai “Mengendalikan enam landasan indria, dengan pikiran suci melafal Amituofo berkesinambungan”.

Harus melafal berapa lama barulah bisa terlahir ke Alam Sukhavati? “Amitabha Sutra” menyebutkan bahwa praktisi yang memiliki akar kebijaksanaan yang tajam, akar kebajikan yang mendalam dan tebal, hanya butuh waktu sehari sudah berhasil; kategori menengah butuh waktu 2-5 hari; kategori rendah, butuh waktu 6-7 hari sudah bisa berhasil.

Tujuh hari pasti sudah bisa terlahir ke Alam Sukhavati, dengan syarat tujuh hari melafal Amituofo tanpa muncul sebutir pun bentuk pikiran, apa alasannya? Dia telah melepaskan kemelekatan hingga tuntas.

Mengapa saat melafal Amituofo bisa bermunculan bentuk-bentuk pikiran? Oleh karena tidak sanggup melepaskan kemelekatan, yakni hal-hal di dunia ini yang membuatnya khawatir itu terlampau banyak, bentuk-bentuk pikirannya bisa bangkit kapan saja, sehingga merusak keterampilanmu melafal Amituofo.

Kalau begini, niat pikiran melafal Amituofo-mu telah bercampur dengan keraguan. Apa yang diragukan? Dunia kita sekarang ini sangat bagus, sedangkan Alam Sukhavati belum pernah saya lihat dengan mata kepala sendiri, entah benar ada atau tidak? Inilah keraguan.

Kalau tidak ragu, mana mungkin niat pikiran begini bisa muncul. Maka itu orang yang tidak diliputi keraguan, jumlahnya terlampau sedikit, dari sepuluh ribu orang mungkin seorang pun tidak dapat dijumpai.

Apakah anda boleh mengatakan dia tidak memiliki keraguan pada Alam Sukhavati? Jika tidak memiliki keraguan pada Alam Sukhavati, berarti takkan mendambakan dunia ini.

Hidup di dunia ini, yang paling bernilai adalah tahu diri, hal ini terlampau penting adanya. Andaikata terhadap dunia ini, saya masih memiliki secuil perasaan mendambakan, maka terhadap Alam Sukhavati masih memiliki secuil keraguan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Maret 2011


你說這個方法多簡單、多容易,就是一句南無阿彌陀佛,六個字。你要肯真念!真念的人像大勢至菩薩所說的,「都攝六根,淨念相繼」。念多久能往生?《彌陀經》上講的,根利的,善根深厚的,一天就行了;中等根性的,二天、三天、四天、五天;根性極差的,甚至講沒有善根的人,六天、七天都能成功。七天決定往生,這七天念佛,一個雜念都沒有,為什麼?徹底放下了。為什麼念佛會有雜念?沒放下,就是說這個世間牽腸掛肚的事情太多,不定什麼時候又一個念頭起來,把你念佛的功夫破壞了。你這個念佛的念頭裡頭有夾雜、有懷疑。懷疑是什麼?我們這個世界很好,極樂世界我還沒見到,到底是真的是假的?這懷疑。如果不懷疑的話,這個念頭不會生的。所以不懷疑的人太少太少了,一萬人當中一個都找不到。你能說他對極樂世界不懷疑嗎?對極樂世界不懷疑,就對這個世界不會貪戀。我們人在這個世間,最可貴的是有自知之明,這就太重要了,我對這個世間還有絲毫毫留戀,我對極樂世界就還有絲毫毫的懷疑。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三二一集)  2011/3/13  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0321




 

Kegunaan terbesar dari ajaran sutra, Buddha Sakyamuni membabarkannya selama 49 tahun, tak kenal jenuh memberi nasehat, mengapa demikian?

Ajaran sutra dapat membantumu memecahkan kesesatan membuka pencerahan, ini adalah kegunaannya yang pertama. Setelah anda memahaminya dengan jelas dan dimengerti, tidak ragu lagi, segenap hati ingin terlahir ke Alam Sukhavati, mana ada aturan tidak berhasil!

Kita telah berulang kali membahas bahwa sepatah Amituofo memiliki jasa kebajikan yang tak terhingga dan tanpa batas, dapat membantumu mencapai KeBuddhaan.

Apakah anda percaya? Tidak percaya. Apa alasannya? Hari ini tubuh fisikku tidak sehat, saya sudah melafal Amituofo beberapa lafalan, tapi juga tidak kunjung sembuh, bayangkan cuma masalah sepele gitu, Buddha Amitabha tidak sanggup mengatasinya, apalagi urusan mencapai KeBuddhaan, memangnya Beliau dapat menyelesaikannya?

Perkataannya kayaknya sungguh beralasan, padahal sesungguhnya tidak masuk akal. Mengapa demikian? Anda tidak memiliki pengenalan secara benar terhadap Buddha Amitabha, cara anda melafal Amituofo juga tidak benar.

Mengapa orang lain melafal Amituofo tampak hasilnya, sementara anda tidak?

Bhiksu Ying Ke yang hidup pada masa Dinasti Song, hanya melafal Amituofo selama tiga hari tiga malam, Buddha Amitabha muncul di hadapannya, bersua dengannya.

Bhiksu Ying Ke merupakan Bhiksu pelanggar sila, yang penuh dengan dosa, mengapa dia mampu dalam kurun waktu tiga hari tiga malam mengundang kehadiran Buddha Amitabha?

Ini menjelaskan apa yang dikatakan di dalam “Amitayurdhyana Sutra” sebagai “Sepatah Amituofo dapat mengeliminasi 8 miliar kalpa dosa berat samsara”.

Meskipun karma berat yang diciptakannya sungguh terlampau berat, dia melafal Amituofo secara benar, tiga hari tiga malam, dosa-dosanya sejak kalpa tanpa awal telah tereliminasi hingga tuntas.

Bagaimana cara melafal Amituofo secara benar? Mengendalikan enam  landasan indria, dengan pikiran suci melafal Amituofo berkesinambungan, pikirannya tidak ragu, tidak terpencar, tekadnya sudah bulat, hanya ingin terlahir ke Alam Sukhavati, hal lainnya tidak dipikirkan lagi, tidak ada yang dihendaki lagi, akhirnya dia berhasil.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Maret 2011


經教最大的作用,釋迦牟尼佛講了四十九年,苦口婆心,為什麼?經教能幫助你破迷開悟,這就是它第一個作用。你真搞清楚、真搞明白,不懷疑了,一心嚮往極樂世界,哪有不成就的道理!前面講得太多,這一句佛號功德無量無邊,能幫助你成佛。你相不相信?不相信。為什麼?我今天身體不健康,我念這句阿彌陀佛都沒用處,我這點小事情,阿彌陀佛不能解決,成佛,他能解決嗎?講的話不錯,很有道理。好像是有道理,其實他沒道理。為什麼?你對阿彌陀佛根本不認識,你念的阿彌陀佛根本不如法。為什麼有些人念佛很有效,你念佛沒效?宋朝瑩珂法師只念了三天三夜的佛,阿彌陀佛就現身,跟他見面。那是個破戒的比丘,一身的罪孽,為什麼人家三天三夜就把阿彌陀佛念來?那就說明了,《觀經》上所說的,「一句阿彌陀佛名號,能消八十億劫生死重罪」。他造的業雖然是很重很重,他念佛念得如法,三天三夜,他無始劫來的罪業都消盡了。為什麼?都攝六根,淨念相繼,他不懷疑、不夾雜了,他不要命了,只想到極樂世界,其他不想了,身體什麼都不想了,成功了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三二一集)  2011/3/13  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0321